Pemerintah resmi membuka program kartu prakerja gelombang 46. Ketahui cara daftar, syarat, dan manfaat dari kartu prakerja dalam artikel Finansialku di bawah ini! Jangan sampai ketinggalan!

 

Pemerintah Segera Membuka Kartu Prakerja Gelombang 46

Sebelumnya Presiden Joko Widodo telah menetapkan Kartu Prakerja untuk membantu masyarakat yang terdampak COVID-19 dan kena PHK.

Nah, Sobat Finansialku, kabar baiknya pemerintah akan segera membuka untuk gelombang 46. Cara daftar Kartu Prakerja bisa kamu akses lewat situs www.prakerja.go.id.

 

Syarat Mendapatkan Kartu Pra Kerja

Bagi, kalian yang sudah tahu pasti jadwal pendaftarannya langsung saja daftarkan diri.

Untuk mengingatkan lagi, berikut kriteria penerima Karu Prakerja untuk:

  1. WNI berusia di atas 18 tahun
  2. Tidak sedang menjalani pendidikan formal
  3. Korban pemutusan hubungan kerja (PHK)
  4. Pekerja yang ingin meningkatkan keterampilan
  5. Prioritas program untuk pencari kerja usia muda.

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Untuk Mahasiswa

Ebook Mahasiswa

Download Ebook Sekarang

Cara Daftar Kartu Pra Kerja

Jika kalian tertarik untuk mengikuti program kartu pra kerja serta ingin langsung mendaftar, berikut ini adalah cara daftar kartu pra kerja. Ada pun tahapannya antara lain sebagai berikut:

  • Masuk ke situs Prakerja.go.id
  • Kemudian kamu bisa langsung memasukkan e-mail yang sedang aktif pada halaman depan situs prakerja. Jika sudah, kamu bisa mengklik icon bulatan berwarna biru yang terletak di sebelah kanan kolom.
  • Masukkan kembali alamat e-mail tetapi kali ini beserta dengan kata sandinya.
  • Berikan tanda ceklist pada kolom persetujuan, setelah itu klik “Daftar.”
  • Sistem akan mengirimkan pesan untuk verifikasi yang akan dikirimkan langsung ke e-mailmu.
  • Buka email yang masuk dan verifikasi akun dengan mengklik teks “verifikasi sekarang” pada email.
  • Proses pembuatan akun Kartu Pra Kerja telah selesai.

[Baca Juga: Jokowi Keluarkan Kartu Pra Kerja Antisipasi PHK Akibat Covid-19]

Cara Login Dashboard Pra Kerja

Setelah melakukan pendaftaran, kamu bisa langsung melakukan login ke dashboard Kartu Pra Kerja. Dalam dashboard, kamu bisa melengkapi dokumen-dokumen serta memperoleh informasi lainnya. Ada pun langkah-langkah yang perlu kamu lakukan untuk login ke dashboard Pra Kerja antara lain sebagai berikut:

  • Masuk ke situs Prakerja.go.id
  • Kemudian klik icon “Masuk” yang letaknya berada di bagian sebelah kanan atas laman website.
  • Kamu bisa memasukkan email dan kata sandi.
  • Setelah masuk ke akun, kamu bisa memulai proses pendaftaran dengan mengisikan data diri dan mengunggah dokumen yang diperlukan.
  • Kemudian kamu bisa memasukkan nomor ponsel yang juga terdaftar untuk akun rekening/e-wallet untuk menyalurkan dana insentif nantinya, jika lolos seleksi. Pilihannya adalah rekening BNI, rekening BCA, OVO, GoPay, LinkAja, dan Dana.

Apa Saja Manfaat Dari Kartu Pra Kerja?

Lantas apa sajakah manfaat yang akan kamu dapatkan dengan mengikuti program Kartu Pra Kerja? Nah berikut ini adalah pembahasan selengkapnya 

#1 Memberikan Wadah Untuk Pelatihan

Melalui program Kartu pra Kerja, pemerintah memberikan fasilitas sekaligus wadah bagi masyarakat yang membutuhkan pelatihan untuk bidang keahlian tertentu. Ada banyak sekali pelatihan yang tersedia dan bisa kamu pilih sesuai dengan keahlian dan minat yang kamu miliki. 

#2 Memperoleh Insentif

Di samping itu, pemerintah juga akan memberikan insentif berupa tunjangan bagi para peserta Kartu Pra Kerja. Pemberian tunjangan yakni sepanjang program pelatihan berlangsung untuk membantu para peserta yang membutuhkan biaya dalam menjalani pelatihan.

#3 Memperoleh Skill Baru

Dengan mengikuti pelatihan-pelatihan yang tersedia, kamu juga berkesempatan untuk memperoleh pengetahuan serta skill-skill yang baru. Harapannya adalah dengan mengikuti pelatihan tersebut maka peserta bisa mengembangkan keahlian dalam bidang tertentu sebagai bekal untuk mencari pekerjaan.

 

 

Untuk peserta yang lolos, maka selanjutnya dapat mengikuti pelatihan secara online. Akan tetapi bagi peserta yang tak lolos tahap awal bisa mendaftarkan dirinya di tahap selanjutnya, dan seterusnya tanpa harus membuat akun baru di laman resmi Kartu Pra Kerja.

“Apabila pendaftaran belum diterima, bisa mendaftar di gelombang berikutnya. Tidak perlu mengulang dari awal. Akan ada petunjuk di web,” Kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, mengutip dari detik.com, Senin.(13/04).

Selain untuk membantu para pekerja yang terkena PHK, pelaku UMKM dapat mengikuti program kartu pra kerja ini.

“Tujuan dari Kartu Pra Kerja yang semula meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kini juga meringankan beban biaya hidup terutama membantu daya beli, terutama kebutuhan sehari-hari. Dengan kata lain Kartu Pra Kerja juga berfungsi sebagai instrumen berikan bantuan sosial atau jaring pengaman sosial,” ujar Airlangga mengutip dari cnbcindonesia.com, Senin (13/04).

Jika masih kepo, Sobat Finansialku bisa mencari informasi lebih lanjut mengenai program ini, pemerintah menyediakan pusat bantuan di (021) 25541246 yang beroperasi setiap hari Senin-Jumat pukul 08.00-19.00 WIB, atau e-mail info@prakerja.go.id.

Siapa saja yang akan ikut mendaftarkan diri dalam program Kartu Prakerja ini tak perlu cemas tak dapat kartu.

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Denni Purbasari memberikan atensinya soal itu.

“Tidak usah galau atau takut tak mendapatkannya (kartu prakerja). Tidak perlu buru-buru semuanya mendaftar. Manajemen pelaksana akan mengatur rekrutmen secara bergelombang. Per gelombang atau batch itu setiap seminggu,” katanya mengutip dari katadata.co.id.

Untuk diketahui, peserta yang terpilih akan mendapat bantuan Rp 3,55 juta per orang.

Insentif itu terdiri dari Rp 1 juta untuk pelatihan, lalu Rp 600 ribu setiap bulan selama empat bulan.

Sisanya Rp 150 ribu untuk survei kerja yang pembayarannya langsung ke lembaga pelatihan.

 

Penerima Kartu Prakerja Dapat Pelatihan

Nantinya, peserta akan mendapat beragam pelatihan secara bertahap. Mulai dari keterampilan teknis hingga cara membangun usaha.

Jenis-jenis pelatihan tersebut di antaranya adalah cara berjualan secara online, menjadi fotografer, menguasai aplikasi komputer, kursus bahasa, keterampilan perawatan kecantikan, menjadi pelatih kebugaran, cara mendapatkan penghasilan dari media sosial, dan lain-lain.

[Baca Juga: 5 Ide Cemerlang Pekerjaan Sampingan Online Untuk Anda]

Sementara itu, melansir dari Kompas.com, terdapat paket pelatihan untuk Program Kartu Prakerja yang ditawarkan oleh Kemnaker, berikut beberapa diantaranya:

  1. Pelatihan rias pengantin
  2. Belajar membuat game
  3. Pelatihan resepsionis
  4. Junior desain grafis
  5. Copywriter
  6. dll

 

Sobat Finansialku bagaimana menurutmu tentang artikel di atas? Kamu bisa tuangkan pendapat lewat kolom komentar di bawah ini.

Oh iya, sebarluaskan informasi ini kepada kawan dan sanak-saudara lewat platform yang tersedia.

Semoga bermanfaat, ya!

 

Sumber Referensi:

  • Vadhiya Lidyana. 12 April 2020. Kartu Pra Kerja Resmi Dibuka, Buruan Daftar! Detik.com – https://bit.ly/2XuOVfK
  • Vina Fadhrotul Mukaromah. 13 April 2020. Pelatihan Program Kartu Prakerja Dilakukan Secara Online dan Offline, Berikut Infonya Kompas.com – https://bit.ly/2V51BbJ
  • Desy Setyowati. 12 April 2020. Bantuan Tunai yang Didapat Dari Program Kartu Prakerja Bisa Dipakai Untuk Membeli Sembako. Pendaftarannya Dibuka Setiap Pekan. Katadata.co.id – https://bit.ly/34AOh1J
  • Admin. 13 April 2020. Dicari 164.000 Peserta, Ini Cara Daftar di Prakerja.go.id Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/3b45IdH
  • Adi Wikanto. 15 Agustus 2022. Login di Prakerja.go.id, Ini Cara & Syarat Daftar Kartu Prakerja Gelombang 41. Kontan.co.id – https://bit.ly/3QPRKQN
  • Farah Nabilah. 21 Juni 2022. Pendaftaran Gelombang 33 Dibuka Lagi, Ini Manfaat Kartu Prakerja! Suara.com – https://bit.ly/3xfv0T9

 

Sumber Gambar:

  • Kartu Pra Kerja – https://bit.ly/2JZFLQn