Bank Indonesia (BI) wajibkan nasabah ganti kartu ATM magnetic stripe ke ATM berbasis chip paling lambat tanggal 31 Desember 2021.

Simak selengkapnya dalam artikel Finansialku berikut.

 

Cara Ganti Kartu ATM Lama Ke Kartu ATM Teknologi Chip

Perbankan di Indonesia meminta kepada para nasabahnya untuk segera mengganti kartu ATM magnetic stripe ke kartu ATM berbasis chip, demi meningkatkan keamanan.

Penggantian ini sesuai dengan Surat Edaran Bank Indonesia (BI) No.17/52/DKSP tentang Implementasi Standar Nasional Teknologi Chip dan Penggunaan Personal Identification Number Online 6 (Enam) Digit untuk Kartu ATM dan/atau Kartu Debet yang Diterbitkan di Indonesia.

“Pada prinsipnya, Kartu ATM/Debet yang diterbitkan di Indonesia wajib menggunakan teknologi chip yang telah disepakati oleh industri dan ditetapkan oleh Bank Indonesia sebagai standar nasional teknologi chip untuk Kartu ATM/Debet,” tulis Bank Indonesia (BI) mengutip dari laman kompas.com.

BI menjelaskan, proses pergantian dari kartu ATM lama ke kartu ATM teknologi chip ini paling lambat dilakukan pada tanggap 31 Desember 2021.

Apabila sampai 31 Desember 2021 belum diganti, kartu ATM yang memakai teknologi magnetic stripe masih bisa dipakai, namun hanya berlaku untuk transaksi pada rekening yang diperjanjikan bersaldo maksimal Rp 5 juta.

 

Perbedaan Kartu ATM Lama dan Kartu ATM Teknologi Chip

Nah, bagi Sobat Finansialku yang masih belum tahu apa itu kartu ATM magnetic stripe yang dimaksud, yuk, pahami dulu ciri-cirinya supaya tidak salah mengambil tindakan.

Mengutip kompas.com, dari sisi fisik jika diamati secara teliti kita bisa mudah mengenali ciri-ciri kartu ATM magnetic stripe atau kartu ATM lama.

Penampilan fisik kartu ATM yang masih berbasis magnetic stripe memiliki pola garis hitam memanjang pada bagian belakang kartu.

Pita hitam di bagian belakang kartu itu menyimpan data dan akan terbaca ketika kamu melakukan transaksi. Bila pita hitam pada kartu ATM berbasis magnetic stripe rusak, maka kartu ATM sulit terbaca.

Cara Ganti Kartu ATM Jadi Berteknologi Chip Sesuai Peraturan BI 02

[Baca Juga: Cek Jenis Kartu Kredit BCA & Berbagai Fitur Penawaran Menariknya!]

 

Hal ini berbeda dengan ciri fisik kartu ATM teknologi chip atau versi terbaru setelah ditukar. Ciri fisik kartu ATM teknologi chip, tentunya, memiliki chip di salah satu bagian kartu.

Chip tersebut ada di bagian depan kartu, dan kebanyakan terletak di sisi kiri kartu ATM. Chip pada kartu ATM tak jauh berbeda dengan kartu perdana ponsel yang kamu miliki.

Chip berbentuk kotak kecil, umumnya berwarna gold atau emas, disertai beberapa garis di bagian dalamnya.

Adapun dari sisi teknologi, kartu ATM berbasis chip lebih aman ketimbang kartu ATM berbasis magnetic stripe. Kartu chip ini mengurangi risiko terjadinya aksi kejahatan, seperti skimming pada kartu ATM.

Jika kartu ATM milikmu masih berbasis magnetic stripe, kamu bisa segera menggantinya dengan mendatangi kantor cabang bank masing-masing. Hal ini terkait pula dengan aspek keamanan.

Perlu diingat, kartu ATM berbasis magnetic stripe mudah digandakan karena data nomor kartu, expire date, nama nasabah, dan lainnya disimpan pada magnetic stripe.

Terminal dan bank host pun tidak dapat memastikan keaslian kartu yang digunakan pada saat transaksi.

Sedangkan kartu berbasis chip tidak mudah digandakan karena data yang disimpan dapat lebih banyak di dalam chip yang memiliki CPU, memory, sistem operasi, aplikasi, dan fungsi kriptografi.

Bukan cuman itu saja, keaslian kartu dapat dipastikan dengan metode Offline CAM dan Online CAM.

 

banner -milenial membuat kartu kredit mudah

 

Cara Ganti Kartu ATM

Setelah mengetahui ciri-cirinya, bagi Sobat Finansialku pemegang kartu ATM berbasis magnetic stripe yang ingin menggantinya menjadi kartu ATM chip perlu tahu cara-cara berikut, melansir dari beberapa sumber:

Untuk mengganti kartu ATM lama ke kartu baru yang berbasis chip dapat dilakukan di kantor cabang bank terdekat.

Pertama-tama, nasabah membawa kartu ATM lama dan KTP yang kemudian diserahkan pada Customer Service yang bertugas saat jam operasional bank. Kemudian, petugas akan membuatkan kartu ATM dengan sistem chip.

Sebagai catatan, pergantian kartu ATM ini tidak dikenakan biaya alias gratis.

Untuk nasabah PT BCA Tbk., Sobat Finansialku diingatkan untuk mengganti kartu tidak lebih dari 1 Januari 2022 karena magnetic stripe praktis sudah tidak dapat digunakan untuk bertransaksi.

Mengutip laman resminya, BCA menyebut ada dua langkah mudah mengganti kartu, yaitu:

  1. Kunjungi kantor cabang BCA untuk menukarkan Paspor BCA lama Anda melalui Customer Service. Penggantian ke Paspor BCA berbasis chip dapat dilakukan di seluruh cabang BCA di seluruh Indonesia.
  2. Di mesin CS Digital. CS Digital adalah layanan bagi nasabah untuk melakukan transaksi perbankan yang terkait dengan layanan Customer Service (CS) dalam satu mesin secara self service di cabang.

 

Sama seperti Bank BCA, nasabah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk juga diminta untuk mendatangi bank cabang terdekat untuk menggantikan kartu magnetic stripe.

Sobat Finansialku dapat memilih beberapa desain yang disediakan tanpa dikenakan biaya.

Hal serupa juga disampaikan oleh PT BNI (Persero) Tbk, yaitu penggantian dapat dilakukan di kantor cabang terdekat.

“Jangan lupa untuk membawa identitas diri seperti KTP dan kartu debit atau ATM Anda,” ujar BNI seperti dikutip dari laman resminya.

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang artikel di atas? Kamu bisa berbagi pendapat lewat kolom komentar di bawah ini.

Bagikan informasi ini lewat berbagai platform yang tersedia, kepada kawan atau sanak-saudara mu, agar mereka juga tahu apa yang kamu ketahui.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 02 Maret 2021. Cara Ganti Kartu ATM Chip. Cnnindonesia.com – https://bit.ly/3vNO5JM
  • Muhammad Choirul Anwar. 23 Maret 2021. Ciri-ciri Kartu ATM Lama yang Harus Segera Diganti Sebelum Diblokir. Kompas.com – https://bit.ly/3tJdDWE
  • Mia Della Vita. 22 Maret 2021. Wajib Ganti Sebelum 31 Desember 2021, Inilah Keunggulan Kartu ATM Berbasis Chip, Punya Teknologi Canggih Buat Hindari Skimming. Grid.id – https://bit.ly/3shxegq

 

Sumber Gambar:

  • 01 – https://bit.ly/3ceUUwm
  • 02 – https://bit.ly/3vQN03M