Ternyata ada dua cara untuk ganti nomor m-banking BCA kamu. Yuk, simak penjelasan selengkapnya dalam artikel Finansialku berikut ini.

 

Summary:

  • Jika kamu berencana untuk ganti nomor m-banking BCA tak perlu repot ke kantor cabang, karena bisa melakukannya lewat ATM.
  • Ada beberapa langkah yang perlu kamu ikuti secara tepat agar proses penggantian nomor m-banking BCA dapat berhasil. 

 

Apa Itu M-Banking BCA?

Mobile Banking (m-BCA) adalah produk perbankan dari BCA yang dapat nasabah akses melalui smartphone.

Layanan ini bisa kamu akses menggunakan menu yang sudah tersedia di SIM Card, SMS, ataupun menu pada aplikasi BCA Mobile.

Untuk menggunakan layanan m-BCA, kamu harus memiliki nomor HP yang terkoneksi dengan kartu ATM BCA melalui proses registrasi m-BCA.

Perlu kamu ingat bahwa satu nomor HP hanya bisa terkoneksi ke satu kartu ATM BCA. Sementara satu kartu ATM BCA dapat terkoneksi maksimal ke 10 nomor HP.

Jadi, jika Sobat Finansialku ingin mengganti nomor HP yang tersambung ke m-banking BCA, maka kamu harus mengakhiri fasilitas m-banking BCA saat ini.

Mengakhiri fasilitas bukan berarti kamu harus menutup rekening. Akan tetapi, kamu harus menginformasikan kepada pihak BCA bahwa kamu ingin menggunakan nomor HP baru.

Namun, kamu tidak bisa mengganti nomor m-banking BCA secara langsung. Dengan kata lain, kamu hanya bisa menghapus saja. Setelah terhapus, kamu bisa mendaftarkan nomor baru pada layanan m-BCA melalui ATM ataupun kantor cabang.

Caranya pun sama persis seperti saat pertama kali Sobat Finansialku mendaftar m-BCA dulu.

 

Cara Mudah Mengganti Nomor M-Banking BCA

Ada dua pilihan yang bisa kamu lakukan untuk ganti nomor m-banking BCA, yaitu melalui ATM ataupun melalui kantor cabang terdekat

Berikut penjelasan selengkapnya terkait cara ganti nomor m-BCA.

 

#1 Mengganti Nomor M-Banking BCA Lewat ATM

Saat ini, kamu bisa mengganti nomor m-banking BCA tanpa harus pergi ke bank. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

#1 Hubungi CS Hallo BCA

Langkah pertama yaitu kamu perlu menghubungi CS Hallo BCA untuk meminta menghapuskan nomor lama m-banking BCA kamu.

Kamu bisa menghubungi CS Hallo BCA di nomor 1500888. Lalu, sampaikan bahwa kamu ingin menghapus nomor lama agar bisa menggantinya ke nomor yang baru.

Setelah berhasil terhapus, aplikasi BCA Mobile kamu otomatis tidak bisa terbuka karena tidak ada nomor yang terdaftar.

 

#2 Registrasi Nomor Baru Melalui ATM

Selanjutnya, kamu harus mendaftarkan nomor HP baru melalui ATM BCA. Caranya yaitu:

  • Datang ke ATM BCA terdekat
  • Masukkan kartu ATM BCA ke mesin ATM. Masukkan PIN ATM kamu, dan pilih bahasa.
  • Pada halaman menu, silakan pilih Daftar E-Banking/Autodebet, lalu klik Lanjutkan atau YA.
  • Masukkan nomor HP baru yang ingin kamu daftarkan. Jika sudah benar, klik Benar.
  • Setelah itu, masukkan PIN ATM kamu yang terdiri dari 6 digit angka.
  • Ulangi proses verifikasi dengan memasukkan kembali PIN ATM. Lalu, klik Benar.
  • Proses penggantian nomor HP baru telah berhasil.
  • Cabut kartu ATM kamu dari mesin.

[Baca Juga: BCA Segera Hapus Fitur QRku, Ternyata Ini Gantinya!]

 

#3 Lakukan Aktivasi di BCA Mobile

Setelah proses registrasi nomor HP baru berhasil, kamu perlu melakukan aktivasi di aplikasi BCA Mobile. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi BCA Mobile.
  • Pada halaman menu, silakan pilih m-BCA.
  • Lalu, pilih m-Admin, dan klik OK.
  • Selanjutnya, baca syarat dan ketentuan yang muncul di layar HP kamu. Silakan klik Accept.
  • Kemudian, kamu harus memasukkan 16 digit nomor kartu ATM BCA kamu. Nomor kartu tersebut nantinya akan berguna untuk registrasi m-BCA. Lalu, klik OK.
  • Setelah itu, masukkan PIN m-BCA kamu untuk proses verifikasi. Kemudian, notifikasi “Selamat datang di Layanan m-BCA” akan muncul pada layar HP kamu.
  • Tunggu SMS verifikasi dari BCA (69888) untuk selanjutnya memasukkan kode akses. Kode akses tersebut terdiri dari 6 karakter kombinasi huruf dan angka.
  • Proses aktivasi nomor HP baru di aplikasi BCA Mobile telah selesai.

 

#4 Hubungi CS Hallo BCA Kembali untuk Membuka Fitur

Langkah terakhir yang harus kamu lakukan yaitu menghubungi kembali CS Hallo BCA untuk membuka fitur m-banking BCA yang lebih lengkap.

Karena setelah proses aktivasi m-banking BCA berhasil, kamu hanya bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk transaksi non finansial. Seperti, cek saldo, cek mutasi, dan aktivitas non finansial lainnya.

Maka dari itu, kamu perlu menghubungi CS Hallo BCA kembali melalui nomor 1500888, dan sampaikan bahwa kamu ingin mengaktifkan transaksi finansial m-banking BCA.

 

#2 Mengganti Nomor M-Banking BCA Lewat Kantor Cabang

Cara berikutnya untuk ganti nomor m-banking BCA adalah dengan mendatangi kantor cabang BCA terdekat. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan.

 

#1 Siapkan Dokumen Pribadi

Pertama, kamu harus menyiapkan beberapa dokumen pribadi, seperti kartu debit BCA, buku tabungan, KTP, dan nomor HP baru kamu.

 

#2 Datangi Kantor Cabang BCA Terdekat

Selanjutnya, datang ke kantor cabang BCA terdekat dan ambil nomor antrian CS. Tunggu di tempat yang telah tersedia hingga nomor antrian kamu dipanggil.

 

#3 Minta CS untuk Mengganti Nomor HP M-Banking

Setelah bertemu CS, sampaikan bahwa kamu ingin mengganti nomor HP m-banking BCA.

Lalu, serahkan dokumen yang CS minta. Kemudian, CS akan menanyakan beberapa pertanyaan yang perlu kamu jawab sebagai proses verifikasi.

 

#4 Tunggu Hingga Proses Ganti Nomor M-Banking BCA Selesai

Terakhir, CS akan memproses penggantian dan registrasi nomor m-banking BCA kamu. Tunggu hingga prosesnya selesai dan berhasil.

[Baca Juga: Jenis-Jenis Kartu ATM BCA, Segini Biaya dan Limitnya!

 

Bijak Mengatur Keuangan

Mudah bukan cara ganti nomor m-BCA? Jika kamu ingin mendapat arahan yang lebih jelas, Finansialku sarankan untuk mengganti nomor m-banking BCA dengan mendatangi kantor cabang terdekat.

Sebab, pegawai bank akan membantu kamu tanpa perlu repot dan bingung mengenai langkah-langkahnya. Terkecuali kamu memiliki keterbatasan waktu.

Nah, kalau aplikasi BCA Mobile kamu sudah bisa melakukan transaksi, jangan lupa untuk mencatat setiap transaksi keuangan tersebut di Aplikasi Finansialku, ya.

Supaya cash flow tetap right on the track dan meminimalisasi adanya bocor halus pengeluaran yang bisa membuat boncos keuangan.

Melalui aplikasi tersebut, kamu juga bisa menyusun anggaran, merencanakan tujuan keuangan yang ingin direalisasikan, sampai berkonsultasi seputar keuangan dan investasi pada ahlinya, Perencana Keuangan Finansialku.

Download aplikasinya di Google Play Store atau AppStore atau klik banner di bawah ini untuk buat janji konsultasi, ya.

Banner Konsultasi WA - DM NEW

 

Itu dia cara ganti nomor m-BCA yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Bagikan informasinya dan ajak orang-orang terdekatmu untuk mengatur keuangan bersama Aplikasi Finansialku. Terima kasih.

 

Editor: Ari A. Santosa 

Sumber Referensi:

  • Admin. Cara Mudah Ganti Nomor m-BCA Terbaru 2022. Cekpremi.com – https://bit.ly/3FfhaEw
  • Rio Quiserto. 23 Juni 2022. 2 Cara Ganti Nomor M Banking BCA mudah [Terlengkap 2022]. Duwitmu.com – https://bit.ly/3AXZ2wF