Apakah kamu seorang karyawan yang baru memulai kehidupan berkeluarga? Merasa kesulitan untuk mengatur keuangan bersama pasangan?

Tentunya membagi gaji untuk yang sudah berkeluarga menjadi tantangan tersendiri, apalagi untuk pasangan yang baru menikah.

Jangan biarkan keuangan rumah tangga Anda berantakan, simak cara-cara berikut ini untuk membagi gaji secara adil!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Pentingnya Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Saat baru menjalani kehidupan berumah tangga, tentunya diperlukan penyesuaian dalam segala aspek. Salah satunya aspek finansial dalam keluarga.

Misalnya saja, uang yang selama ini bisa langsung kita nikmati secara bebas setelah tanggal gajian, sekarang tidak lagi dapat kita habiskan sendiri.

Mulai bermunculan tanggung jawab finansial tambahan, seperti tagihan listrik, air, internet, asuransi, cicilan, dan lain-lain. Terlebih apabila sudah memiliki anak, maka pengeluaran pun akan bertambah.

Para Karyawan, Ini Cara Membagi Uang Gaji Suami dengan Pasangan 01 Finansialku

[Baca Juga: Siapa yang Harus Mengurus Keuangan Keluarga, Suami atau Istri?]

 

Untuk tahap awal dalam memulai rumah tangga, penting bagi suami dan istri sama-sama memiliki pengetahuan yang mumpuni dalam mengatur keuangan, agar tidak terperosok dalam jurang kebangkrutan.

Lalu, seperti apa cara cerdas membagi uang gaji suami dengan pasangan? Simak penjelasannya di bawah ini.

 

Cara-cara Membagi Uang Gaji dengan Suami Secara Adil

Rasa senang dan puas setiap kali gajian tentunya dirasakan setiap orang. Hasil kerja keras yang selama ini dilakukan selama sebulan akhirnya dapat Anda rasakan.

Namun, banyak orang yang terlena menghabiskan seluruh uang gajinya dalam waktu singkat. Hal ini tentunya harus dicegah, terutama bagi Anda yang sudah berkeluarga.

Hidup berkeluarga, artinya Anda harus mulai tegas terhadap pengeluaran dan memegang prinsip tidak boleh sampai besar pasak daripada tiang.

Untuk memulai kehidupan berkeluarga secara adil dengan pasangan, simak cara-cara berikut ini:

 

Cara #1: Pembagian Uang Gaji yang Rata

Cara ini merupakan cara yang biasa dilakukan pasangan suami istri. Di mana, setiap gajian, baik suami maupun istri segera menggabungkan gajinya untuk membayar kebutuhan utama.

Untuk itu, Anda perlu menghitung segala kebutuhan utama, seperti biaya makan semua anggota keluarga selama sebulan, tagihan air, listrik, internet, biaya keamanan, biaya transportasi, cicilan mobil, asuransi, dan lain sebagainya.

Setelah menggunakan gaji Anda dan pasangan untuk kebutuhan utama, bagi dua sisa uang tersebut untuk Anda dan pasangan. Simpan uang tersebut di tempat yang aman atau bisa juga langsung disimpan di bank dengan rekening berbeda.

 

Cara #2: Membagi Uang Gaji Berdasarkan Pendapatan Masing-masing

Cara ini bisa Anda gunakan untuk menentukan jumlah uang yang akan dipakai untuk keperluan bersama.

Bagilah uang gaji berdasarkan persentase. Dengan cara ini, uang yang disetorkan masing-masing bisa lebih adil.

Sebagai contoh, gaji suami sebesar Rp8.000.000 per bulan, sedangkan gaji istri adalah Rp4.000.000. Maka, total kedua gaji tersebut adalah Rp12.000.000.

Setelah menjumlahkan total gajinya, lalu bagi total gaji per individu.

 

  • Pembagian Gaji Suami

Rp8.000.0000 : Rp12.000.000.000 x 100% = 67%

 

  • Pembagian Gaji Istri

Rp4.000.000 : Rp12.000.000,- x 100% = Rp 33%

 

Berdasarkan perhitungan tersebut, maka uang yang harus disetorkan oleh istri untuk keperluan bersama adalah sebesar 33% dari Rp4.000.000 yaitu Rp 1.320.000.

Sedangkan, uang suami yang harus disetorkan adalah sebesar 67% dari Rp8.000.000 yaitu Rp5.360.000.

Dengan pembagian secara persentase ini, maka akan terasa lebih adil dan tidak perlu merasa sakit hati karena gajinya dipotong secara tidak sesuai.

 

Cara #3: Kesepakatan Bersama

Pada cara ketiga ini, uang gaji suami dan istri dibagi berdasarkan kesepakatan yang telah disetujui dari awal.

Semisal, gaji suami adalah Rp10.000.000 dan gaji istri adalah Rp5.000.000. Suami dapat menyepakati perjanjian bahwa dengan gajinya, maka ia harus membayar pengeluaran yang jumlahnya lebih besar, contoh seperti cicilan rumah, cicilan mobil, uang sekolah anak, dan lain-lain.

Perbedaan Ibu Rumah Tangga dan Wanita Karir 04 Perbedaan Sikap - Finansialku

[Baca Juga: Cara Mengelola Keuangan Keluarga yang Baik]

 

Sedangkan sang istri dengan jumlah gaji sekian dapat membantu untuk membayar pengeluaran listrik, air, internet, dan sebagainya.

Terlepas dari apa saja pos-pos pengeluarannya, lebih bijak bila sejak awal menikah disepakati terlebih dahulu.

Jangan lupa untuk menyisihkan uang tabungan dan investasi setiap bulannya.

Sudahkah Anda memahami investasi reksa dana? Miliki panduan yang tepat dalam berinvestasi reksa dana dengan men-download ebook dari Finansialku berikut ini:

Free Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

Cara #4: Menyerahkan Semuanya pada Manajer Keuangan Rumah Tangga

Cara terakhir ini merupakan cara yang efektif, namun bisa berujung riskan apabila manajer keuangan rumah tangga tidak tegas terhadap pengeluaran setiap bulannya.

Dalam cara ini, uang gaji suami sepenuhnya disetorkan kepada sang istri, selaku manajer keuangan rumah tangga.

Setelah disetorkan ke istri, maka istri memiliki kewenangan untuk mengatur ke mana saja uang tersebut harus dialokasikan.

Istri dapat mengalokasikan sendiri uang yang telah diberikan untuk uang belanja dapur, cicilan, tagihan, uang sekolah anak, dana liburan, tabungan, investasi, dan dana hiburan.

Cara Menghitung Uang Pesangon Penghargaan Penggantian Hak 01 - Finansialku

[Baca Juga: Anda Tidak Percaya Diri Mengelola Keuangan Keluarga? Ini Solusinya]

 

Apabila menggunakan cara ini, maka pastikan pula bahwa istri memiliki pemahaman yang luas mengenai keuangan dan kemampuan untuk menahan diri tidak berbelanja secara berlebihan.

Cara ini bisa efektif, tapi bisa juga riskan. Efektif apabila sang istri terampil dan rapi dalam mencatat keuangan setiap harinya, namun riskan apabila sang istri doyan belanja dan tidak bisa menahan nafsunya untuk berhemat.

Untuk memudahkan Anda memantau pengeluaran rumah tangga setiap bulannya, Anda bisa mengunduh Aplikasi Finansialku melalui Google Play Store. Bila Anda tidak memiliki smartphone Android, Anda bisa akses Aplikasi Finansialku lewat browser di PC maupun di smartphone Anda.

Aplikasi ini berguna untuk menjaga pengeluaran bulanan Anda supaya tidak melebihi pendapatan yang Anda miliki.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Keuangan Rumah Tangga yang Baik Menjadi Salah Satu Faktor Keluarga Harmonis

Memilih untuk menikah berarti memilih untuk hidup dengan tanggung jawab yang lebih banyak.

Seringkali pasangan muda, bahkan yang tua sekalipun, menyepelekan urusan keuangan sejak masih pacaran, karena takut dibilang matre atau menyakiti hati pasangan yang rupanya memiliki gaji lebih sedikit.

Pembicaraan mengenai keuangan sangat penting untuk didiskusikan dari awal. Jangan sampai keluarga baru kamu terjebak dalam jurang kebangkrutan hanya karena suami-istri yang tidak bisa mengatur keuangan finansialnya.

Apabila sudah mulai tercium adanya permasalahan keuangan keluarga, maka segera diskusikan dengan pasangan kamu sebelum terlambat.

Anda juga bisa meminta bantuan perencana keuangan profesional untuk membantu Anda menyelesaikan masalah keuangan keluarga.

 

Sudahkah kamu mengatur keuangan keluarga dengan baik? Apakah kamu punya teman yang masih kesulitan mengatur keuangan rumah tangganya?

Bagikan artikel ini kepada teman-temanmu, agar kamu menjadi pahlawan keuangan bagi mereka!

 

Sumber Referensi:

  • Fita Nofiana. 6 April 2018. Ingin Pembagian Keuangan Suami dan Istri Adil? Coba Terapkan Tips Ini!. Nakita – https://goo.gl/KiMXMg
  • Prita Ghozie. 11 Februari 2016. Mengelola Keuangan bersama Pasangan. Pritaghozie – https://goo.gl/HvaaoB
  • Aprilia Ika. Tips Sehat Pembagian Uang Suami dan Istri.¬†Kompas.com – https://goo.gl/BY9r9B

 

Sumber Gambar:

  • Pernikahan – https://goo.gl/iVEzrX
  • Membagi gaji – https://goo.gl/jCU8SQ
  • Membagi gaji 2 – https://goo.gl/Y3mT9Q