Bagaimana cara membuat skala prioritas dalam mengatur keuangan keluarga? Apa pengaruh penerapannya?

Kali ini Finansialku akan membahas tentang cara membuat skala prioritas dalam mengatur keuangan keluarga Anda.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Pengertian Skala Prioritas

Yang dimaksud dengan skala prioritas adalah urutan terkait dengan aneka jenis kebutuhan seseorang atau sebuah keluarga.

Dalam mengatur keuangan keluarga, skala prioritas sangat dibutuhkan. Tetapi, tidak hanya ketika berkeluarga saja namun seseorang yang masih single pun harus memiliki skala prioritasnya sendiri.

Hal ini akan meningkatkan kemampuan manajemen keuangan setelah berumah tangga.  

Ketika seseorang sudah terbiasa mengatur keuangan pribadi secara rinci dan disiplin menjalankannya, maka ketika berkeluarga akan banyak manfaat finansial yang diperoleh.

Misalnya saja, kedisiplinan dalam menerapkan skala prioritas serta pengaturan pengeluaran. Hal ini sangat penting karena sistem keuangan keluarga tentu lebih kompleks dibanding ketika masih single.

Cara Membuat Skala Prioritas Dalam Mengatur Keuangan Keluarga Anda 02 Perencana Keuangan - Finansialku

[Baca Juga: Pekerja Sosialita, Gaji Rp 4 Juta Sebulan Ingin Beli Tas Louis Vuitton, Apakah Bisa?]

 

Manfaat Skala Prioritas untuk Mengatur Keuangan Keluarga

Manfaat utama skala prioritas dalam mengatur keuangan keluarga adalah untuk memaksimalkan alokasi pendapatan. Jika pendapatan bisa diatur hingga segala kebutuhan terpenuhi ditambah ada tabungan, maka hal ini akan sangat menguntungkan.

Selain itu, skala prioritas juga akan membantu mencegah perilaku hidup konsumtif yang bisa berakibat fatal bagi keuangan keluarga.

Selain untuk memaksimalkan alokasi pendapatan, skala prioritas juga mempunyai manfaat untuk menganalisis apakah sebuah keluarga perlu tambahan pendapatan atau tidak. Jika ya, maka perencanaan usaha sampingan pun bisa dimulai.

 

Cara Membuat Skala Prioritas Dalam Mengatur Keuangan Keluarga Anda

Membuat skala prioritas dalam mengatur keuangan keluarga membutuhkan suatu cara dan trik khusus. Berikut ini adalah 7 cara paling efektif yang bisa membantu memaksimalkan rancangan skala prioritas.

 

#1 Buat Catatan

Catat semua hal yang diperlukan baik kebutuhan maupun keinginan. Apapun yang dicatat bisa dibicarakan bersama seluruh anggota keluarga. Tidak perlu menyortir dahulu, proses tersebut akan dilakukan kemudian. Jadi, Anda hanya perlu mencatat dan mencatat.

Proses ini tidak bisa dilakukan dalam sekali waktu. Minimal butuh waktu sebulan untuk memastikan semua hal sudah dicatat. Karena skala prioritas akan digunakan dalam jangka panjang maka sebaiknya rencanakan secara detail dan teliti.

Libatkan seluruh komponen keluarga dalam perencanan ini. Terutama jika dalam rumah ada keluarga besar.

Jasa konsultan atau perencana keuangan juga dibutuhkan untuk memaksimalkan rencana jika perlu. Intinya, buat daftar selengkap mungkin supaya proses penyortiran bisa lebih optimal.

Jika Anda membutuhkan jasa perencana keuangan Finansialku, jangan sungkan untuk menghubungi kami. Anda bisa download aplikasi Finansialku dan merasakan manfaat luar biasa yang akan Anda dapatkan.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#2 Letakkan Daftar Kebutuhan Paling Penting di Bagian Atas

Setelah mencatat semuanya, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk meletakkan kebutuhan paling penting di bagian atas.

Anda bisa meletakkan kebutuhan yang memerlukan biaya paling besar di atas. Setelah itu, disusul kebutuhan lain yang tidak terlalu membutuhkan biaya.

Pertimbangan lain yang bisa dilihat adalah memilih kebutuhan yang paling mendesak, misalnya pembayaran sekolah atau kesehatan. Karena tidak mungkin ditunda, maka hal ini harus diutamakan.

Membuat Prioritas Tujuan Keuangan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Pekerja Sosialita, Ini Cara Mengatur Keuangan di Tengah Paksaan Gaya Hidup Glamor]

 

Pastikan untuk meletakkan 3 prioritas utama dan 5 peringkat dalam hal ini. Mengapa demikian? Tujuannya adalah untuk membatasi dan setengah “memaksa” Anda mengeliminasi kebutuhan yang kurang mendesak.

 

#3 Atur Ulang Prioritas Setiap Periode

Setiap tahun atau bahkan setiap bulannya, sebuah keluarga bisa memiliki skala prioritas yang bergeser. Bergeser bukan berarti berubah sepenuhnya, tetapi membutuhkan revisi.

Revisi ini diperlukan untuk menyesuaikan skala prioritas dengan kondisi keluarga baik secara finansial atau fisiknya.

Sebagai contoh apabila ayah atau ibu naik jabatan, maka skala peringkat 1 – 5 bisa ditingkatkan menjadi 10. Karena penghasilan yang dimiliki saat ini dapat men-cover kebutuhan sampai 10 peringkat utama.

Selain itu, kebutuhan sekunder dan tersier pun akan bisa terpenuhi. Sebaliknya, jika ada yang terkena PHK, maka penyusutan kebutuhan harus dilakukan meskipun sebenarnya masih harus memenuhi daftar tersebut.

 

#4 Catat Keperluan yang Melibatkan Banyak Orang di Atas

Jika ada 2 atau lebih kebutuhan yang membingungkan Anda karena terlihat sama-sama penting, maka catat keperluan yang melibatkan lebih banyak orang.

Misalnya saja, kebutuhan sewa rumah. Tanpa menyewa rumah tentu seluruh anggota keluarga bisa mendapat masalah.

Penting! Selain Asuransi Kesehatan Keluarga, Anda Perlu Membeli Asuransi-asuransi Ini! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Hedonisme dan Gaya Hidup Konsumtif yang Dapat Merusak Keuangan Anda]

 

Oleh karena itu, keperluan sewa rumah harus diletakkan di atas kebutuhan pembayaran SPP meskipun kedua hal tersebut sebenarnya sama-sama penting.

Bisa jadi keduanya ditekan dengan memilih hunian lebih kecil seperti kost dan sekolah yang lebih murah atau dekat sehingga tidak membutuhkan biaya transportasi.

 

#5 Sortir Kebutuhan dari Semua Daftar

Dari semua daftar yang sudah dibuat, maka penyortiran harus dilakukan secara tepat. Ingat, karena berhubungan dengan seluruh anggota keluarga maka libatkan semua komponen yang ada di dalamnya.

Selain itu, karena daftar kebutuhannya sudah disusun lama dengan berbagai pertimbangan maka sortir dari yang ada saja.

Jangan menambahkan kebutuhan baru karena bisa merusak rancangan yang dilakukan sejak awal.

 

#6 Hitung Secara Akurat

Menghitung pengeluaran adalah salah satu langkah yang amat penting dalam memaksimalkan skala prioritas. Karena ketika sebuah keluarga memiliki pendapatan yang kurang dari pengeluaran hal ini bisa jadi masalah.

Seminar dan Konsultasi Arus Kas Keuangan Keluarga Cash Flow Keluarga -Finansialku

[Baca Juga: Financial Hacks! Atur Uang Sebelum Uang Mengatur Anda]

 

Pastikan persentase yang dibuat adalah 50% untuk kebutuhan primer, 30% untuk kebutuhan sehari-hari lainnya, dan 20% untuk tabungan atau asuransi.

 

#7 Pastikan Ada Sejumlah Tabungan Hari Tua

Tabungan untuk hari tua juga harus dianggarkan meskipun jumlahnya terbatas. Sesuaikan jumlah tabungan hari tua dengan pendapatan, pengeluaran, dan tabungan lainnya. Karena bisa jadi sebuah keluarga memiliki lebih dari satu jenis tabungan.

Sebagai contoh, ada keluarga yang memilih asuransi kesehatan dan pendidikan selain tabungan hari tua. Tentunya, biaya ini juga akan mengurangi jumlah tabungan hari tua.

Yang perlu digarisbawahi adalah tabungan harus dianggarkan dari rencana dan bukan disisihkan. Karena jika tabungan disisihkan maka jumlahnya bisa berbeda-beda tiap bulan dan akan menyulitkan perencanaan.

Selain dalam bentuk tabungan, simpanan hari tua juga bisa dipilih dalam bentuk deposito berjangka atau investasi.

 

Skala Prioritas Dalam Mengatur Keuangan Penting

Dalam mengatur keuangan keluarga dibutuhkan yang namanya skala prioritas. Jika tidak memiliki prioritas, maka keluarga akan sulit dalam mengeluarkan uang untuk hal-hal yang penting dan yang tidak penting.

Dahulukan kebutuhan daripada keinginan.

 

Bagaimana Anda akan memulai daftar prioritas keluarga? Cara manakah yang paling relevan dengan kehidupan Anda?

Diskusikan jawaban Anda dengan keluarga dan bagikan informasi penting tersebut, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Dow Jones. How Do I Figure Out My Financial Priorities? Time.com – https://goo.gl/ef8hTo

 

Sumber Gambar:

  • Cara Membuat Skala Prioritas – https://goo.gl/b9nkuk
  • Prioritas Keuangan – https://goo.gl/9DcE17

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

Summary
Cara Membuat Skala Prioritas Dalam Mengatur Keuangan Keluarga Anda
Article Name
Cara Membuat Skala Prioritas Dalam Mengatur Keuangan Keluarga Anda
Description
Bagaimana cara membuat skala prioritas dalam mengatur keuangan keluarga? Apa pengaruh penerapannya? Kali ini Finansialku akan membahas
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo