Untuk Anda yang sedang merencanakan pernikahan, cara menabung dana pernikahan dengan pasangan ini bisa menjadi solusi agar dana pernikahan bisa cepat terkumpul.

Pernikahan merupakan moment spesial bagi kalian pasangan muda-mudi yang sudah merencanakan pernikahan. Biaya yang dibutuhkan untuk pernikahan dapat disesuaikan dengan perencanaan keuangan yang baik, tidak perlu utang, lho!

Yuk, simak pembahasan berikut mengenai cara menabung biaya pernikahan dengan pasangan kalian.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Berapa Biaya Pernikahan?

Dana atau biaya untuk pernikahan seringkali menjadi hal yang sangat membingungkan karena jumlah dana bisa bervariasi.

Maksudnya bervariasi? Ya, itu semua tergantung dari Anda dan pasangan mau pernikahan yang seperti apa, lokasi pernikahan di mana, pakaian yang akan digunakan akan seperti apa dan banyak hal lainnya.

Sebelum pusing memikirkan biaya pernikahan ada baiknya Anda menentukan hal-hal dibawah ini.

 

#1 Tetapkan Mau Pernikahan Seperti Apa

Sangatlah penting menentukan pernikahan seperti apa yang diinginkan oleh Anda dan pasangan.

Misalkan, Anda menginginkan pernikahan yang sederhana, sedangkan pasangan Anda menginginkan pernikahan yang mewah. Hal itu perlu dipikirkan baik-baik, akan lebih baik jika dikondisikan dengan pernikahan impian Anda.

Sebagai contoh, Anda dan pasangan menginginkan pernikahan dengan tema outdoor. Setelah mengetahui pernikahan seperti apa, tinggal sesuaikan dengan dana keuangan Anda.

 

#2 Membuat List Kebutuhan Pernikahan

Dalam perencanaan pernikahan, membuat list kebutuhan sangatlah penting. Sebagai contoh untuk pernikahan outdoor, maka yang perlu Anda siapkan kurang lebih adalah sebagai berikut.

 

Wedding Organizer/Wedding Planner

Pertama, Anda mungkin sangat memerlukan wedding organizer atau wedding planner untuk membantu dalam mengurus pernikahan.

Apalagi jika Anda dan pasangan sibuk bekerja setiap harinya, pasti akan direpotkan sekali jika tidak memiliki wedding planner. Pilihlah wedding planner yang sesuai dengan tema pernikahan Anda.

 

Venue

Untuk menentukan vendor venue, pastikan dulu Anda sudah memiliki konsep pernikahan, karena biasanya vendor venue tergantung dari konsep pernikahan Anda. Misalnya ingin konsep outdoor, indoor, mewah atau lebih intimate.

Hotel juga bisa Anda jadikan sebagai tempat menikah. Pastikan Anda memiliki konsep pernikahan yang matang agar tidak kebingungan dalam menentukan venue.

Pusing Mikirin Dana Pernikahan Yuk, Menabung Bareng Pasangan 03 - Finansialku

[Baca Juga: Persiapan Dana Pernikahan Di Tengah Pandemi Corona Dengan Reksa Dana Pendapatan Tetap]

 

Gaun dan Jas

Penampilan Anda dan pasangan pada saat pernikahan akan menjadi hal yang penting.

Pilihlah gaun dan jas yang sesuai dengan konsep pernikahan Anda. Anda bisa juga memilih untuk membeli atau sekadar menyewa pakaian pernikahan tersebut. Semua tergantung kebutuhan Anda dan pasangan.

 

Make Up

Make up merupakan hal yang penting terutama untuk wanita, make up yang sempurna di hari pernikahan akan terkenang terus sampai tua nanti.

Pilih make up yang sesuai dengan pakaian dan tema pernikahan Anda dan pastinya pilih yang sesuai dengan budget pernikahan.

 

Dekorasi

Pesta pernikahan selalu membutuhkan dekorasi. Inilah yang bisa membedakan acara biasa dengan acara pernikahan.

Semua vendor akan saling melengkapi satu dan yang lainnya, termasuk vendor dekorasi. Karena, jika Anda sudah memakai gaun dan jas yang keren, namun tidak memiliki dekorasi khas pernikahan, maka pesta pernikahan tampak ada yang kurang.

Pusing Mikirin Dana Pernikahan Yuk, Menabung Bareng Pasangan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Masterclass: Persiapan Dana Pernikahan]

 

Katering

Katering merupakan hal yang paling penting dalam pernikahan, walaupun dekorasinya bagus, tapi kalau katering gak enak, wah sudah pasti Anda dan pasangan akan menjadi bahan gunjingan oleh para tamu.

Maka dari itu, pilihlah katering yang enak di lidah dan pastikan juga harganya terjangkau.

Perhitungkan mengenai jumlah minimum pemesanan dengan jumlah undangan. Mungkin Anda dapat melakukan konsultasi kepada vendor katering Anda. Jangan sampai kurang maupun berlebihan, ya!

 

Cincin Pernikahan

Cincin merupakan simbol pengikatan antara pasangan suami istri, maka dari itu penting sekali memilih cincin pernikahan.

Sebelum membeli, ada baiknya Anda melakukan survei ke beberapa toko perhiasan untuk mendapatkan harga yang cocok dan model yang Anda dan pasangan sukai.

 

Dokumentasi

Dalam acara pernikahan tanpa adanya dokumentasi serasa ada yang kurang, karena di balik acara, ada memori yang dapat disimpan sampai tua nanti.

Dengan adanya dokumentasi, semua kenangan indah bersama pasangan, keluarga, kerabat hingga teman dekat tersebut akan terekam melalui foto dan video.

 

Undangan dan Suvenir

Pesta pernikahan selalu melibatkan banyak orang. Tamu undangan memegang peran penting demi kelangsungan pesta pernikahan yang meriah.

Karena itu, Anda butuh undangan pernikahan untuk mengundang orang-orang yang disayangi serta tak lupa untuk memberikan tanda terima kasih dengan memberikan suvenir bagi mereka yang menyempatkan hadir di pesta pernikahan Anda.

 

#3 Merencanakan Biaya Pernikahan

Jumlah biaya pernikahan sangatlah bervariasi dan semuanya tergantung Anda dan pasangan mau menetapkan berapa budget untuk pernikahan Anda.

Banyak kok pasangan yang menetapkan budget minim, tapi memiliki pernikahan yang sangat berkesan.

Sesuaikan dengan kondisi keuangan Anda dan pasangan, apakah selain pernikahan ada kebutuhan lain yang perlu dibayar atau hal lainnya.

Untuk dapat menghitung dana pernikahan, Anda dapat menggunakan aplikasi Finansialku. Selain mudah dan praktis, Anda dapat langsung mengakses aplikasi ini melalui smartphone Anda.

Langsung saja unduh aplikasi Finansialku di Appstore atau Google Store dan coba mulai hitung dana pernikahan Anda.

Untuk lebih lengkapnya Anda dapat membaca artikel berikut ini.

Cara Hitung Dana Pernikahan Melalui Aplikasi Finansialku

 

#4 Mengalokasikan Anggaran Dana Khusus Pernikahan

Anggaran sangat penting dibuat karena dengan adanya anggaran Anda dan pasangan dapat menjaga pengeluaran pernikahan Anda ada di jalurnya.

Anggaran sangat tergantung dari berapa jumlah undangan dan list apa saja yang disiapkan untuk pernikahan.

Sebagai contoh, mengundang 20 atau 30 anggota keluarga dan teman terdekat Anda ke pesta pernikahan di halaman belakang. Sudah jelas biayanya jauh lebih murah daripada mengundang tamu ratusan.

Yang harus diperhatikan untuk membuat anggaran pernikahan agar sesuai dengan budget adalah.

  • Mengenali apa saja pengeluaran untuk pernikahan Anda
  • Menyiapkan dana tidak terduga
  • Menentukan prioritas
  • Selalu ingat tujuan awal untuk menikah, bukan untuk pamer
  • Tidak membandingkan dengan pesta pernikahan orang lain

 

#5 Lakukan Financial Check Up Bersama Pasangan

Pada saat menentukan budget pernikahan, lebih baik lakukan financial check up terlebih dahulu.

Mengapa harus melakukan financial check up? Karena, dalam pernikahan keuangan sangatlah penting, jika tidak ada keterbukaan mengenai keuangan maka akan menjadi masalah ke depannya.

Sebagai contoh, Vano dan Dina akan menikah, mereka melakukan financial check up dan ternyata Dina memiliki cicilan mobil sisa pinjaman selama 1 tahun dengan cicilan per bulannya adalah Rp 4 juta rupiah.

Dengan adanya financial check up jadi jelas berapa tabungan pernikahan yang harus disiapkan serta berapa anggaran untuk pernikahan.

Selain financial check up, ada beberapa tips untuk merencanakan financial untuk pernikahan Anda. Cobalah dengarkan tipsnya dalam audiobook berikut ini.

banner -mengapa perlu merencanakan dana pernikahan (1)

 

Buat Anda yang mau melakukan financial check up, ada acara mudah

  • Download aplikasi Finansialku. Kemudian daftarkan diri Anda dengan nomor handphone/ Facebook/ akun Gmail.
  • Masuk ke Menu Financial Check Up

 

#6 Upgrade Pengetahuan Mengenai Keuangan

Keuangan dalam pernikahan merupakan hal yang sangat penting, pelajari bagaimana cara mengendalikan keuangan Anda kelak.

Jika masih bingung, di aplikasi Finansialku Anda dapat berkonsultasi langsung dengan perencana keuangan yang pastinya sudah berpengalaman dalam merencanakan keuangan.

 

#7 Miliki Keuangan Sehat Untuk Mencapai Pondasi Keluarga Bahagia

Jika sudah mengetahui mengenai keuangan yang sehat, sudah pasti Anda akan memiliki keluarga yang bahagia.

Mengapa demikian? Karena, banyak sekali kasus perceraian yang disebabkan karena faktor keuangan, tidak adanya satu tujuan antara suami dan istri mengenai keuangan.

Maka dari itu, penting sekali pasangan memiliki keterbukaan mengenai keuangan dan lakukan perencanaan keuangan dengan baik. 

 

Gak Usah Pusing Mikirin Pernikahan, Rencanakan dengan Matang!

Tidak perlu ada kata bingung dalam merencanakan pernikahan, hanya perlu merencanakannya dengan matang.

Jika masih bingung konsultasikan dengan perencana pernikahan Anda agar pernikahan tetap dapat berjalan dengan baik tanpa membuat kantong bolong.

Jika Anda bisa mengatur dengan baik, maka kehidupan keuangan Anda akan sehat. Lakukanlah Financial Check Up di aplikasi Finansialku dan Anda bisa langsung konsultasi dengan para ahlinya.

 

Sudahkah Anda merencanakan pernikahan impian Anda? Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ada baiknya mulai menabung dana pernikahan bersama pasangan agar dana cepat terkumpul.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Bagikan pula artikel ini pada rekan-rekan pasangan yang akan menikah, ya. Terima kasih.

 

 

Sumber Referensi:

  • Rebecca Lake. 26 Juni 2020. How to Save for a Wedding. Investopedia.com – https://bit.ly/382sSkU
  • Rizki Ati Hulwa. 19 Desember 2019. List Vendor Pernikahan Lengkap. Weddingku.com – https://bit.ly/3b9dNQt
  • Admin. 4 Februari 2020. 5 Hal tentang Membuat Anggaran Pernikahan Sesuai Kemampuan Finansial. Qmfinancial.com – https://bit.ly/306XMV1

 

Sumber Gambar:

  • Pernikahan 1 – http://bit.ly/3sXdwWV
  • Pernikahan 2 – http://bit.ly/3c8s27H
  • Pernikahan 3 – http://bit.ly/38kEKin