Kalau kamu merasa penghasilan bulananmu selalu kurang, mungkin kamu harus tahu cara menambah penghasilan kurang dari satu tahun berikut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Penghasilan Bulanan Selalu Kurang

“Akhir bulan telah datang, rasanya gaji yang selama ini direncanakan hingga akhir bulan selalu tidak pernah cukup. Semakin besar, semakin mandiri, semakin banyak pula pengeluarannya.

Saat masih single dan sedang meniti karir, pengeluaran yang tidak terduga berasal dari kebutuhan orang tua maupun saudara-saudara.

Ketika orang tua minta, rasanya malu kalau ditolak. Lagipula buat orang tua, segalanya aku coba akomodasikan.

Keluarga kami bukanlah keluarga yang sudah teredukasi tentang keuangan. Banyak keluarga yang pensiun tanpa adanya persiapan, padahal anak-anak mereka masih di usia sekolah.

Biaya hidup sehari-hari sangat pas-pasan, apalagi ditambah biaya sekolah dan biaya les. Melihat hal ini, saya ingin membantu memajukan saudara-saudara saya dengan membantu hingga selesai sekolah.

Meskipun tidak membiayai secara penuh, saya dan kakak-kakak yang sudah bekerja bekerja sama membantu biaya sekolah saudara-saudara kami tersebut.

Saya juga sudah memiliki pasangan. Sewaktu kami ingin melangkah ke hubungan yang lebih serius, ternyata pengeluaran yang harus disiapkan cukup banyak.

Menikah dengan hasil keringat sendiri tidaklah semudah itu. Meskipun mendapat gaji yang lebih menjanjikan dibanding teman-teman sebaya, tetap saja rasanya sulit sekali.

Lalu setelah menikah, saya pikir pengeluaran akan semakin terkontrol, karena sebagai orang tua pastinya akan sadar kalau saya memiliki keluarga yang harus dibiayai.

Namun ternyata setelah menikah, pengeluaran kami semakin banyak. Apalagi saat istri melahirkan dan kami memiliki anak.

Apa yang salah dengan pengelolaan keuangan kami ini? Bisakah kakak memberi tahu bagaimana caranya mencukupi kebutuhan yang semakin lama semakin melimpah?”

 

Begitulah sekilas cerita dari salah satu tiket yang masuk ke aplikasi Finansialku. Ya, kamu bisa curhat langsung ke perencana keuangan soal keresahan keuangan kamu.

Kalau kamu bingung mengenai keuangan kamu, jangan ragu untuk meminta bantuan pada ahlinya. Kamu bisa menghubungi saya atau perencana keuangan Finansialku melalui aplikasi Finansialku.

 

Caranya:

  1. Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store dan Apple Apps Store (klik tautan untuk download aplikasi)
  2. Gunakan menu Konsultasi Keuangan
Cara Konsultasi Keuangan dengan aplikasi Finansialku

Cara Konsultasi Keuangan dengan aplikasi Finansialku

 

Apakah kalian juga mengalami hal yang sama? Merasa pendapatan selalu tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari? Mungkin sudah saatnya kamu menambah penghasilan kamu dengan mengikuti tips di bawah ini.

 

Beginilah Cara Menambah Penghasilan Kurang Dari Satu Tahun

Untuk memenuhi kebutuhan dan mencapai tujuan keuangan yang banyak, kamu tentu harus sadar bahwa kamu harus menambah penghasilan kamu.

Tapi mungkin kamu bingung bagaimana cara menambah penghasilan tersebut.

Berikut adalah tips yang bisa kamu lakukan untuk menambah penghasilan ala perencana keuangan.

Tips-tips di bawah ini, juga saya ulas di kanal youtube resmi Finansialku, yang bisa kamu tonton di bawah ini:

 

Cara #1 Mulai Review Keuangan Kamu

Banyak orang yang melewatkan langkah ini sebelum mencari tambahan penghasilan. Apa itu? Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah kamu perlu review keuangan kamu.

Banyak orang belum menyadari bahwa keuangannya sedang sakit. Apakah sakitnya flu, radang atau infeksi? Kamu bisa mengetahuinya dari cek kesehatan keuangan kamu.

Kamu bisa cek kesehatan keuangan kamu di aplikasi Finansialku. Kamu bisa download aplikasinya terlebih dahulu dibawah ini.

Download Finansialku di Google Play Store
Download Finansialku di Apps Store

 

Kamu bisa cek kesehatan keuangan lewat aplikasi, kamu tinggal like kesehatan keuangan dan kemudian akan muncul beberapa form yang harus kamu isi.

Mulai dari pendapatan bulanan, pengeluaran bulanan, aset, kewajiban dan investasi yang kamu miliki.

 

Di akhir Financial Check Up, kamu pun bisa klik bagikan untuk mendapatkan laporan keuangan kamu secara lengkap atau kamu bisa langsung tanya hasil keuangan kamu ke perencana keuangan.

Hasil Cek Kesehatan Keuangan (Financial Health Check Up) Aplikasi Finansialku 001

Hasil Cek Kesehatan Keuangan (Financial Health Check Up) Aplikasi Finansialku

 

Dari sini, akan terlihat bagaimana kondisi keuanganmu, juga apa yang harus kamu lakukan untuk mengatur keuanganmu.

 

Cara #2 Masih Mengandalkan Gaji Saja? Tambah Penghasilan Berikut Ini

Apa kamu masih hanya mengandalkan gaji untuk memenuhi kebutuhan? Apa kamu tahu kalau hanya mengandalkan gaji saja akan sulit untuk kamu mencapai kebebasan keuangan?

Ya betul sekali, jika kamu hanya mengandalkan gaji saja, kamu akan kesulitan mengatur keuanganmu. Kamu juga harus menambah keran pendapatan kamu.

Seperti yang sudah sering saya jelaskan, pendapatan dibagi menjadi tiga:

  • Pendapatan yang pertama adalah pendapatan aktif, dimana kamu menukarkan waktu, tenaga, pikiran dan perasaan untuk kamu tukarkan dengan uang atau biasa disebut gaji.
  • Pendapatan yang kedua adalah pendapatan investasi. Dimana kamu mendapatkan pendapatan dari investasi yang kamu lakukan di reksa dana, saham, obligasi, P2P Lending dan lainnya.
  • Pendapatan yang ketiga adalah pendapatan pasif, dimana aset yang kamu miliki bisa menghasilkan uang. Jadi, kamu tidak perlu menukarkan waktu, pikiran, perasaan dan tenaga untuk ditukarkan dengan uang. Cukup aset kamu yang bekerja dan mendapatkan uang.

 

Jadi, kamu harus menambah keran pendapatan selain mengandalkan pendapatan aktif kamu saja ya.

 

Cara #3 Punya Skill Tertentu?

Apa kamu memiliki skill tertentu? Coba mulai kenali dirimu sendiri, apakah kamu punya bakat tertentu yang bisa memberikan kesempatan untuk memperoleh pendapatan yang baru.

Carilah skill yang bisa membantu kamu untuk mendapatkan pendapatan tambahan. Kamu juga bisa menambah skill sesuai dengan pekerjaan kamu.

Kira-kira skill apa yang harus diasah supaya mendapatkan tambahan dari pekerjaanmu?

 

Cara #4 Punya Hobi? Yuk Tekuni Biar Jadi Cuan

Buat yang memiliki hobi, pernahkah terpikirkan untuk mengubah hobi kamu menjadi sumber pendapatan tambahan? Kamu bisa mengubah hobi menjadi pendapatan tambahan lho.

Kamu suka foto? Kamu suka mendandani orang? Kamu suka belanja?

Jika kamu suka foto, kamu bisa menjadi fotografer. Jika suka mendandani orang, kamu bisa menjadi make up artist, youtuber atau buka kelas make up privat.

Buat kamu yang suka belanja, kamu bisa buka jastip, bisnis yang kini bertebaran di mana-mana.

Tidak ada kata sulit dalam mencari pendapatan tambahan. Kamu hanya perlu menekuni hobi dan mencari peluang yang ada di hobi kamu.

 

Cara #5 Tambah Ilmu Baru

Di jaman modern ini, kamu tidak akan berkembang jika bergantung pada satu ilmu saja. Sudah saatnya kamu menambahkan ilmu baru. Kamu bisa mengalokasikan pendapatan kamu untuk menambah ilmu baru.

Kamu bisa mengikuti seminar-seminar yang bisa menambah ilmu baru dan menukarnya dengan pendapatan tambahan.

 

Menambah Penghasilan Untuk Bebas Finansial

Di zaman sekarang, rasanya akan sulit jika hanya mengandalkan gaji saja untuk mencapai tujuan keuangan sekaligus memenuhi kebutuhan kamu.

Selain itu, kamu juga harus menambah ilmu agar bisa digunakan untuk menambah penghasilan tambahan.

Salah satu ilmu yang bisa kamu tambah adalah ilmu keuangan. Tidak perlu sulit mencari panduan untuk belajar keuangan, kamu bisa tambah ilmu secara gratis dengan membaca e-book berikut ini.

Setelah membaca e-book berikut, kamu akan lebih mengerti mengenai perencanaan keuangan. Kamu akan bisa mengatur keuanganmu lebih tertata lagi. Apabila kamu lebih menekuni ilmu ini, kamu bahkan bisa memperoleh sertifikasi CFP dan menjadi Konsultan Keuangan.

Yuk download e-book-nya secara gratis berikut ini sekarang karena perubahan tidak akan terjadi tanpa langkah pertama.

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

 

Download Ebook Sekarang

 

Setelah membaca artikel ini, saya yakin kamu telah mengetahui bagaimana caranya membuat anggaran untuk keuangan kamu.

Bagikan informasi ini kepada teman atau saudara Anda yang belum mengetahui tentang bagaimana caranya membuat anggaran untuk keuangan kamu. Semoga bermanfaat!