Bagaimana cara mendapatkan penghasilan tambahan bagi first jobber dan fresh graduate? Bisakah mendapatkan uang dari internet?

Kali ini Finansialku memberi bahasan lengkap untuk masalah itu.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Penghasilan Tambahan dan Kebutuhan

Tiap orang punya kebutuhan yang berbeda. Beberapa merasa cukup dengan mengantongi pendapatan bulanan. Sementara beberapa lainnya merasa perlu berbuat lebih agar pundi-pundi rupiah bertambah.

Pertanyaannya:

  • Apakah kamu termasuk karyawan dan first jobber yang hanya mengandalkan gaji, bonus, dan tunjangan?
  • Apakah kamu hanya mendapat satu pemasukan dalam sebulan?
  • Apakah kamu ingin menambah penghasilan?

 

Jika ketiga pertanyaan di atas kamu jawab ya, maka kamu perlu mendengar petuah Warren Buffett, seorang investor dan salah satu orang terkaya di dunia.

Never depends on single a income make investment to create a second source.

– Warren Buffet

 

Maksudnya, jika kamu bisa, janganlah bergantung pada satu pemasukan. Tetapi, berinvestasilah untuk mendapatkan sumber pemasukan kedua.

Dalam buku “Cashflow Quadrant” karya Robert T. Kiyosaki, ada 4 jenis pemasukan yang mewakili sumber keuangan seseorang, diantaranya:

  1. Employee (penghasilan sebagai pekerja atau karyawan)
  2. Self employee (penghasilan sebagai pekerja mandiri)
  3. Businessman (penghasilan sebagai pebisnis)
  4. Penghasilan sebagai investor

 

Ada tiga sumber pemasukan utama masyarakat era sekarang, yaitu:

 

#1 Penghasilan aktif

Pemasukan ini didapat setelah seseorang bekerja dengan waktu, tenaga, dan pikiran.

Contohnya, kamu bekerja sebagai karyawan swasta dan mendapat gaji, bonus, serta tunjangan. Lebih dari setengah populasi di Indonesia mendapatkan pemasukan dari active income.

 

#2 Penghasilan Investasi

Pemasukan ini didapat karena uang seseorang bekerja dan menghasilkan pendapatan baru.

Contohnya, kamu berinvestasi saham dan mendapat dividen atau bagi hasil keuntungan perusahaan. Atau bisa juga kamu menyimpan uang di deposito dan mendapatkan bunganya.

Keuangan 2019 Memaksimalkan Penghasilan Tambahan dari Rumah 02 Penghasilan Rumah - Finansialku

[Baca Juga: 8 Kebiasaan Profesional Yang Membawa Kesuksesan Anda]

 

Banyak orang yang ingin investasi, tapi belum berani melakukannya karena berbagai risiko yang dihadapi. Tapi, sebaiknya jika ingin berinvestasi, pelajari terlebih dahulu hal tersebut.

 

#3 Penghasilan Pasif

Pemasukan ini didapat karena aset seseorang bekerja dan mendatangkan pendapatan. Contohnya, kamu menyewakan mobil dan mendapatkan uang sewa.

 

Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Anda bisa mendapat penghasilan tambahan dari internet. Dalam artikel ini, saya tidak akan membahas investasi online, karena pembahasannya cukup detail.

Kali ini saya akan membahas mengenai active dan passive income dari internet. Penyebutan merek di bawah bukan bagian dari saran, melainkan sarana edukasi.

 

#1 Active Income

Beberapa active income dari online business antara lain:

  1. Menjadi tutor

Kamu bisa memanfaatkan situs seperti brainly, ruang guru, atau zenius untuk memulainya.

  1. Menjadi

Menjadi freelancer mengharuskan kamu memiliki satu skill khusus. Misalnya jago desain, coding, dan sebagainya. Website yang bisa dicoba adalah sribulancer.com dan projects.co.id.

  1. Bekerja sebagai selebgram, buzzer media sosial, atau Key Opinion Leader
  2. Membuka toko online

 

#2 Passive Income

Sebetulnya, passive income di sini tidak pure 100%. Kamu tetap perlu membuat website, mendatangkan banyak pengunjung, dan berinteraksi dengan mereka.

Berikut beberapa passive income yang bisa didapat dari internet:

  1. Penghasilan dari web pribadi

Harus diakui, memulai sebuah blog atau website memang cukup sulit dan membutuhkan waktu lama. Kamu harus berusaha agar pengunjung, viewers dan pelanggan artikel cukup banyak.

Sumber penghasilan dari sebuah website bisa didapat dari tiga sumber, yaitu:

    1. Penghasilan iklan. Dalam hal ini, kamu perlu bekerjasama dengan google adsense untuk menerima iklan. Kamu juga bisa menerima iklan langsung dari pemilik produk.
    2. Menjual produk digital. Kamu bisa menjual produk seperti desain, template sosial media, e-book, dan aplikasi.
    3. Menjadi affiliate dari produk-produk digital orang lain. Bisa saja kamu tidak punya produk sendiri, tetapi memasarkan produk orang lain.

Salah satu blogger Amerika yang sukses mencetak pemasukan hingga ratusan ribu dolar adalah Pat Flynn, founder SmartPassiveIncome.com.

  1. Penghasilan dari website orang lain

Selain membangun website sendiri, kamu juga bisa memperoleh pemasukan dari penjualan produk digital di marketplace. Kamu juga bisa memasarkan lagu di iTunes atau mendaftarkan font buatan sendiri ke fontsquirrel.

 

Teruslah Melangkah

Harus diakui, mendapat passive income dan investasi tergolong susah untuk first jobber dan fresh graduate. Carilah peluang sekecil apapun, meskipun artinya kamu harus membangun dari nol.

Sebagai langkah pertama, kamu bisa berinvestasi reksa dana atau di P2P Lending. Atau, jika punya waktu lebih, kamu bisa mempelajari tentang investasi dan trading.

Untuk melakukan investasi ini, kamu bisa melakukan konsultasi dengan para perencana keuangan yang sudah tersertifikasi dari Finansialku melalui fitur Konsultasi Keuangan yang bisa kamu akses di aplikasi Finansialku.

Kamu bisa download aplikasi ini secara gratis di Google Play Store (android) maupun App Store (iOS).

Terakhir, ciptakan duniamu dalam website atau blog pribadi. Jika aktif membuat konten, pasti jumlah pengunjung website akan tinggi.

 

Bagaimana pendapatmu dengan artikel ini? Kami ingin tahu jawabannya. Kamu bisa bagikan pendapatmu pada kolom komentar di bawah ini.

Jangan lupa share artikel ini pada rekan-rekanmu, karena bisa jadi salah seorang dari mereka sedang membutuhkan informasi ini. Terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan – http://bit.ly/3b4CkUO