Lewat fitur terbaru Instagram, pebisnis dan creator Indonesia bisa menjajakan produknya langsung! Ini cara mengaktifkan Instagram Shopping.

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Cara Mengaktifkan Instagram Shopping

Layanan media sosial populer, Instagram resmi meluncurkan fitur anyar yaitu Instagram Shopping dan sudah bisa dicoba untuk pengguna di Indonesia.

Lewat fitur Instagram Shopping pebisnis dan para kreator Indonesia bisa menjajakan produknya langsung lewat Instagram, layaknya menjajakan produk di sebuah marketplace.

“Instagram menjadi wadah penggerak bagi pebisnis dalam memasarkan produk dan mendorong penjualan, terutama di tengah masa pandemi ini,” kata Country Director Facebook di Indonesia, Pieter Lydian dikutip dari Cnnindonesia.

Cara Mengaktifkan Instagram Shopping, Fitur Baru Instagram 2

[Baca Juga: Wow! Reels Rilis di Instagram, Mark Zuckerberg Jadi Centimiliarder!]

 

Bagi Sobat Finansialku yang tertarik menggunakan fitur Instagram Shopping ada beberapa langkah yang mesti dilakukan, sebagai berikut:

 

#1 Cara Menggunakan Fitur Shopping

Untuk menggunakan fitur Shopping, hal pertama yang mesti dilakukan para pelaku bisnis adalah membuat Toko melalui Commerce Manager Facebook.

Setelah dibuat, selanjutnya pelaku bisnis dapat mengajukan permohonan untuk mengaktifkan fitur Instagram Shopping dengan cara:

  1. Buka pengaturan profil dengan menekan ikon tiga baris yang terdapat di laman profil Instagram, lalu pilih Pengaturan.
  2. Pilih Bisnis dan klik Siapkan Instagram Shopping.
  3. Ikuti langkah yang tertera dan ajukan peninjauan untuk akun. Demi menjaga keamanan pengguna pada platform Instagram, seluruh proses peninjauan untuk permohonan fitur Shopping dilakukan oleh manusia (human reviewer) untuk meminimalkan kesalahan. Oleh karena itu, proses peninjauan ini biasanya memerlukan waktu beberapa hari, bahkan terkadang dapat memerlukan waktu yang lebih lama.
  4. Untuk melihat status peninjauan akun bisnis, kunjungi Belanja di Pengaturan.

 

Jika permohonan telah disetujui, pelaku bisnis dapat mengaktifkan fitur Shopping dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka pengaturan profil dengan menekan ikon tiga baris yang terdapat di laman profil Instagram Anda, lalu pilih Pengaturan.
  2. Pilih Bisnis dan klik Shopping. Jika pelaku bisnis tidak dapat menemukan pilihan Shopping pada menu Bisnis di Pengaturan, besar kemungkinan akun tersebut masih dalam proses peninjauan atau permohonan untuk mendapatkan Instagram Shopping ditolak.
  3. Tekan Selesai dan pelaku bisnis dapat langsung menggunakan tag Shopping dalam postingan-postingan mereka.

 

#2 Cara Belanja di Instagram Shopping

Dari sisi pembeli, Instagram Shopping bisa ditemukan di feed akun Instagram gerai online atau kreator, dengan ikon sebuah gambar tas. Ikon tersebut berjajar dengan ikon galeri, IGTV, dan tagged di laman profil.

Ikon yang sama juga akan muncul di IGTV apabila produk dipromosikan lewat video IGTV. Di IGTV, ikon tas muncul di sisi bawah, sejajar dengan ikon sukai (like), komentar, dan bagikan.

Setelah mengklik ikon belanja, pengguna akan disuguhkan katalog yang berisi produk, nama produk, serta harga.

Setelah memilih salah satu produk, klik “View on website” yang akan membawa pengguna ke situs resmi toko tersebut untuk menyelesaikan proses belanja, termasuk pembayaran.

Country Director Facebook Indonesia Pieter Lydian mengatakan, Instagram Shopping saat ini akan diluncurkan secara bertahap di Indonesia. Jadi, jika belum menemukannya, harap bersabar.

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang artikel diatas? Kamu bisa berbagi pandangan lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya.

 

Ebook Perencanaan Keuangan ENTREPRENEUR & FREELANCE

Download Sekarang, GRATISSS!!!

3 Ebook Perencanaan Keuangan Entrepreneur dan Freelancer

 

Sumber Referensi:

  • Virgina Maulita Putri. 06 Oktober 2020. Cara Mendaftar Instagram Shopping untuk Jualan Online. Inet.detik.com – https://bit.ly/3ixpcu0
  • Wahyunanda Kusuma Pertiwi. 06 Oktober 2020. Cara Bikin Akun Instagram Shopping bagi Pebisnis dan Kreator. Kompas.com – https://bit.ly/2F89jwp
  • Redaksi. 06 Oktober 2020. Cara Aktifkan Fitur Instagram Shopping. Cnnindonesia.com – https://bit.ly/3d53We1

 

Sumber Gambar:

  • Instagram 01 – https://bit.ly/30H5JRq
  • Instagram 02 – https://bit.ly/34AKgLh