Kamu freelancer? Apa kamu tahu bahwa freelancer tidak punya jenjang karir? Apa kamu juga tahu bahwa keuangan kamu bisa membawa karir kamu lebih stabil?

Simak pembahasan menarik mengenai freelancer dan keuangannya di artikel Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Bekerja Menjadi Freelancer

Setelah kamu lulus dari kuliah, tentu kamu memiliki keinginan atau idealism dalam memilih karir.

Ada yang memilih untuk mencari pekerjaan yang bergengsi, seperti menjadi ASN, pegawai BUMN dan juga ada yang ingin menjadi freelancer.

Mengapa karir freelancer menjadi pilihan banyak anak muda saat ini? Menjadi seorang freelancer tentu banyak sekali kelebihan dan kekurangannya. Salah satu kelebihannya adalah bisa mengikuti passion dari orang tersebut.

Jadi, jangan heran kalau kamu menemukan orang yang menikmati pekerjaannya meskipun jika dilihat dari pendapatannya, tidak sebanding dengan kamu.

Tetapi, ada sesuatu yang tidak bisa diukur dengan uang yang mungkin, kamu belum mendapatkan hal tersebut.

Freelancer Indonesia - Finansialku

[Baca Juga: 5 Faktor Pendukung Kesejahteraan Freelancer, Kamu Sudah Punya?]

 

Selain itu, keuntungannya bisa dari jam kerjanya, kita bisa menentukan jam kerja kita sendiri sebagai freelancer.

Kamu bisa memiliki hari libur yang kamu inginkan. Meskipun jam kerjanya bisa dibilang fleksibel, tentu saja sebagai freelancer pasti punya tanggung jawab tersendiri juga.

Sebagai freelancer juga, kamu bisa berpindah-pindah pekerjaan tanpa harus terikat. Karena kamu hanya dikontrak berdasarkan project, maka kamu bisa memilih pekerjaan mana yang ingin kamu ambil atau tidak ingin kamu ambil.

Dibalik keuntungan memilih pekerjaan sebagai freelancer, tentu ada juga kekurangan yang dimiliki dari pekerjaan freelancer.

Yang paling kita pahami bahwa freelancer ini memiliki pekerjaan yang tidak tetap dan keuangannya bisa tidak tetap juga.

Maksudnya, bisa saja bulan ini kamu bisa mendapatkan pendapatan yang cukup besar, bisa saja di bulan depan, pendapatan kamu lebih kecil 50% dari bulan kemarin.

Sebagai seorang freelancer, ketidakpastian menjadi teman yang sering hadir.

Seharusnya, dengan hadirnya ketidakpastian ini, baik dalam pekerjaan maupun dalam keuangan seorang freelancer, membuat kita menjadi sadar bahwa hidup kita ini berbeda dengan orang-orang yang memiliki jadwal yang tetap.

Kita harus bisa beradaptasi dengan berbagai macam kemungkinan yang hadir.

Bagaimana jika kamu tidak bisa beradaptasi? Tentu kamu akan menemui kesulitan baik dalam keuangan maupun dalam karir kamu.

Maka dari itu, sebagai seorang freelancer kamu harus mulai mengubah cara kamu memandang pekerjaan kamu dan juga keuangan kamu.

Jika kamu ingin membuat perubahan yang lebih baik untuk keuangan kamu, maka kamu akan saya bantu untuk memperbaiki. Kamu pun hanya perlu smartphone kamu dan kamu bisa download aplikasi Finansialku.

Interface Aplikasi Finansialku 1

 

playstore icon
appstore icon

 

Setelah kamu men-download aplikasi Finansialku, kamu bisa didampingi oleh saya dalam pengaturan keuangannya. Meskipun, saya tidak berada di sekitar kamu saat ini. Bagaimana, sangat mudah bukan?

 

Tidak Ada yang Pasti Di Dunia Ini

Seperti judulnya, tidak ada yang pasti di dunia ini, apalagi sebagai seorang freelancer. Banyak sekali kekhawatiran yang hadir, terlebih lagi kamu sudah mulai berkeluarga dan banyak sekali masalah keuangan yang menghampiri.

Seorang teman saya yang bekerja sebagai freelancer, bertanya bagaimana caranya untuk mempersiapkan diri ketika ada hal yang tidak diinginkan terjadi, seperti:

 

#1 Tidak Adanya Pekerjaan Di Bulan Tersebut

Sebagai freelancer, siapa sih yang bisa memastikan kalau di bulan berikutnya kamu bisa mendapatkan pekerjaan yang sama seperti di bulan kemarin? Apalagi ketika adanya pandemi ini, siapa yang menyangka pandemi ini akan datang?

Ini lah kekhawatiran pertama dari seorang freelancer. Kalau sampai tidak ada pekerjaan di bulan itu, bagaimana saya akan hidup? Bagaimana saya akan membayar cicilan per bulan?

Apakah kamu sedang berpikir bahwa betul juga ya, kalau ini sampai terjadi, apa yang harus saya lakukan?

 

#2 Pengeluaran Tidak Terduga

Tidak hanya freelancer, masih banyak juga orang di luar sana yang selalu mengalami pengeluaran yang tidak terduga.

Tapi bayangkan jika ini terjadi pada kalian. Jika kamu tiba-tiba, di bulan tersebut ada anggota keluarga yang sakit atau misalnya kita membutuhkan uang untuk perbaikan kendaraan atau bahkan untuk perbaikan rumah kita nantinya.

Apa yang akan kamu lakukan?

Apakah menambah cicilan baru menjawab itu semua? Atau sebenarnya, pengaturan keuangan yang lebih tepat bisa membantu kamu dengan lebih tepat? Apa yang akan kamu pilih?

 

#3 Bencana Alam yang Membuat Kondisi Menjadi Tidak Stabil

Seperti yang kamu tahu, posisi Indonesia ini berada di cincin api dan juga berada di banyaknya lempengan-lempengan, yang jika bergeser, bencana alam bisa terjadi kapanpun.

Ada juga bencana alam yang disebabkan oleh manusia. Contoh saja di Jakarta, ketika sedang banjir dan tidak bisa pulang ke rumah, ternyata kita harus mengeluarkan budget yang lebih untuk menginap di penginapan.

Ternyata, dari gaji per bulan kamu tidak mencukupi untuk membayar penginapan tersebut. Apa yang akan kamu lakukan?

 

#4 Ingin Memiliki Tabungan dan Kehidupan yang Jauh Lebih Sejahtera

Tidak hanya freelancer, masalah tabungan ini sering sekali menghampiri kebanyakan orang. Masih banyak orang di luar sana yang masih memiliki kesusahan untuk menabung.

Jika orang-orang yang berpenghasilan tetap saja masih bingung bagaimana cara menabung? Bagaimana dengan freelancer yang pendapatannya tidak tetap? Apakah menabung merupakan hal yang mustahil?

 

#5 Ingin Mendapatkan Keamanan Dalam Melakukan Keputusan Keuangan

Keputusan keuangan, seperti menambah cicilan baru, membeli barang baru yang harganya cukup mahal dan kehadiran anggota keluarga baru. Tentu memiliki keputusan yang cukup besar.

Lalu, bagaimana caranya supaya kamu bisa memiliki keputusan dalam menentukan langkah apa yang harus kamu pilih dan bisa melihat risiko ke depannya? Inginkah kamu memiliki kemampuan seperti itu?

 

Lalu, Apa yang Harus Saya Lakukan?

Jadi, sebagai seorang freelancer, kamu membutuhkan yang namanya perencanaan keuangan yang tepat.

Perencanaan keuangan ini membuat keadaan yang tidak pasti menjadi lebih terkontrol dan kamu bisa memegang kendali terhadap keuangan kamu.

Perencanaan keuangan akan membantu kamu untuk pengaturan keuangan dengan kondisi keuangan kamu saat ini menuju tujuan keuangan kamu.

Dari arti perencanaan keuangan saja, sudah dapat disimpulkan bahwa perencanaan keuangan ini bisa menjawab semua kekhawatiran dari seorang freelancer.

Kamu tidak perlu khawatir, jika kamu mendapatkan kesulitan dalam perencanaan keuangan kamu.

Karena, Finansialku tidak akan meninggalkan kamu sendiri, kamu bisa bertanya dengan Perencana Keuangan dari Finansialku jika memiliki pertanyaan keuangan lainnya.

 

Ebook Perencanaan Keuangan ENTREPRENEUR & FREELANCE

Download Sekarang, GRATISSS!!!

Mockup ebook entrepreneur dan freelancer

Download Ebook Sekarang

 

Ayo Ubah Yang Tidak Pasti Menjadi Sebuah Kepastian

Tenang, selama kamu memegang prinsip perencanaan keuangan, kamu bisa mengubah keadaan tidak pasti kamu menjadi sebuah kepastian.

Perencanaan keuangan untuk seorang freelancer memang unik, tetapi pasti bisa dan mudah untuk dilakukan.

Kalau kamu masih bingung bagaimana caranya mengatur keuangan kamu sebagai seorang freelancer, kamu bisa menanyakan langsung ke perencana keuangan loh.

Caranya:

  1. Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store maupun Apple Apps Store.
  2. Gunakan menu Konsultasi Keuangan
Cara Konsultasi Keuangan dengan aplikasi Finansialku

Cara Konsultasi Keuangan dengan aplikasi Finansialku

 

Setelah membaca artikel ini, saya yakin kamu telah mengetahui bagaimana cara Mengamankan Keuangan Freelancer Untuk Membawa Karir Kamu Lebih Stabil.

Bagikan informasi ini kepada teman atau saudara kamu yang belum mengetahui tentang bagaimana cara Mengamankan Keuangan Freelancer Untuk Membawa Karir Kamu Lebih Stabil. Semoga bermanfaat!