Mempunyai penyakit asam lambung pasti sangat menyiksa dimana perut akan terasa perih. Penasaran apa penyebab dan cara mengatasi asam lambung?

Agar lebih jelas, mari simak ulasannya berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Penyakit Asam Lambung

Jika kamu sering merasakan nyeri di daerah ulu hati dan merasakan sensasi panas di dada hingga ke tenggorokan, itu tandanya kamu memiliki gangguan pencernaan yang biasa disebut dengan asam lambung.

Asam lambung merupakan zat asam yang ada di dalam lambung. Zat ini masuk dalam golongan asam hidroklorat (HCl), zat ini berfungsi sebagai desinfeksi atau pembunuh kuman dan mengubah pepsinogen menjadi pepsin.

Kenali Gejala dan Penyebab Penyakit Asam Lambung, Berikut Dengan Cara Mengatasinya 02 Asam Lambung 2 - Finansialku

[Baca Juga: Kenali Cara Pengobatan Penyakit Kulit dan Jenis-jenisnya! Awas BAHAYA!]

 

Asam lambung tinggi adalah kondisi dimana ketika isi perut naik ke kerongkongan. Hal ini terjadi dikarenakan sfingter esophagus bagian bawah (LES) yang memungkinkan asam lambung naik dan masuk ke kerongkongan.

Selain itu asam lambung berfungsi membunuh bibit penyakit yang masuk ke dalam tubuh bersama-sama dengan bahan makanan. Pada dinding lambung terdapat lendir yang disebut mukus yang berfungsi melindungi lambung.

Namun, apabila jumlah lendir terlalu sedikit, atau sebaliknya asam lambung terlalu banyak, maka dapat terjadi luka pada dinding lambung.

Asam lambung yang tinggi biasanya diiringi dengan sejumlah gejala. Di antaranya gangguan pernafasan dan bau nafas yang kurang sedap.

Seorang yang memiliki asam lambung tinggi juga sering bersendawa dan perut kembung, sering mengalami sakit pada bagian tenggorokan dan terkadang disertai batuk berdahak. 

Jika asam lambung ini terjadi lebih dari dua kali dalam seminggu, maka dapat digolongkan ke dalam penyakit Gastroesophageal (GERD). GERD mirip dengan refluks asam lambung.

Namun meski sama-sama membuat asam lambung naik, refluks asam lambung dan GERD tidaklah sama. Asam lambung akibat GERD bersifat kronis yang terjadi lebih dari dua kali dalam seminggu.

 

Penyebab Asam Lambung

Penyebab dari asam lambung adalah adanya kelainan di perut yang disebut dengan hernia hiatus. Hal ini terjadi ketika bagian atas perut dan LES bergerak di atas diafragma, otot yang memisahkan perut dari dada.

Secara umum penyebab asam lambung naik karena lower esophageal sphincter (LES) tidak bekerja sebagaimana mestinya. LES berfungsi sebagai pintu otomatis yang akan terbuka ketika makanan atau minuman turn ke lambung.

Setelah makanan masuk, LES akan menutup untuk mencegah asam dan makanan yang ada di lambung agar tidak naik kembali ke esofagus.

Jika LES menjadi longgar dan tidak menutup dengan baik, asam lambung bisa keluar dari perut dan menyebabkan penyakit asam lambung. 

Dalam beberapa kasus, penyebab asam di lambung naik juga dapat karena adanya tekanan pada perut saat kehamilan, stres, faktor obesitas, atau memiliki sindrom hernia perut. 

 

Selain itu, seseorang yang mengonsumsi alkohol dalam jumlah berlebih, merokok, memiliki diabetes, asma, dan penyakit jaringan ikat juga berisiko tinggi terkena penyakit ini.

Inilah penjelasan rinci penyebab asam lambung naik.

 

#1 Faktor Makanan

Penyebab asam lambung biasanya dipengaruhi oleh faktor makanan. Terutama makanan yang banyak mengandung lemak, mengkonsumsi kafein terutama kopi secara berlebihan juga bisa memicu asam lambung naik.

 

#2 Kelebihan Berat Badan (Obesitas)

Mengalami kelebihan berat badan atau obesitas ternyata bisa membuat tekanan tinggi di dalam perut, dan hal ini diduga kuat menjadi penyebab otot LES melemah

 

#3 Stres

Stres atau terlalu banyak beban pikiran juga bisa membuat LES melemah dan mengakibatkan asam lambung menjadi naik

 

#4 Pola Makan Yang Tidak Teratur

Jika kamu termasuk orang yang tidak teratur dalam makan, asam lambung pun bisa saja naik dengan mudah. Terkadang dengan padatnya aktivitas seharian membuat kamu tidak makan tepat waktu.

 

Gejala Asam Lambung

Pada saat seseorang mengalami asam lambung yang naik, bagian mulut dan dinding kerongkongan yang teriritasi akan terasa tidak nyaman seperti perih dan melilit di daerah perut.

Ketika asam lambung naik, jaringan di sepanjang dinding kerongkongan akan teriritasi oleh asam lambung. Dengan begitu sensasi panas atau nyeri di dada yang kadang menyebar hingga kerongkongan akan terasa.

Beberapa penderita bahkan merasakan ada yang mengganjal di daerah kerongkongan, maka tidak sedikit orang yang sedang mengalami asam lambung naik tidak nafsu makan dan selalu mual.

Kenali Gejala dan Penyebab Penyakit Asam Lambung, Berikut Dengan Cara Mengatasinya 03 Asam Lambung 3 - Finansialku

[Baca Juga: Pria 19 Tahun Mengidap Penyakit Mengerikan Karena Main Ponsel Hingga Larut Malam]

 

Asam lambung atau GERD biasanya ditandai dengan gejala-gejala berikut ini:

  1. Mulut terasa asam
  2. Sakit tenggorokan
  3. Mual
  4. Muntah
  5. Makanan terasa naik dan mengganjal di kerongkongan
  6. Perut kembung
  7. Asam pada bagian belakang mulut
  8. Batuk
  9. Suara Serak
  10. Nyeri dada, terutama ketika berbaring pada malam hari

 

Jika kamu merasa gejala seperti di atas yang semakin parah dan rasa sakit di daerah perut dan dada yang semakin sering, mual dan sesak napas, segera menghubungi dokter adalah pilihan yang paling tepat. 

 

Cara Mengatasi Asam Lambung

Mengatasi asam lambung sebenarnya cukup mudah yaitu dengan memperbaiki gaya hidup menjadi gaya hidup yang lebih sehat dengan makan yang teratur.

Karena salah satu penyebab naiknya asam lambung adalah makan yang tidak teratur. Jadi usahakan makan tepat pada waktunya dan lakukan secara rutin di jam-jam tertentu.

Perhatikan juga porsi makan, karena dalam porsi besar dapat memicu refluks. Untuk mengatasi, sebaiknya kamu makan lebih sering dengan porsi yang lebih sedikit.

Yang perlu diperhatikan, dalam mengunyah makanan pun harus benar hingga benar-benar halus.

Hal ini dapat dapat membantu enzim pencernaan mengolah dan mencerna makanan dengan lebih mudah sehingga mengurangi risiko asam lambung naik atau memperburuk gejala GERD yang kamu alami.

 

#1 Makanan Yang Baik Dikonsumsi Bagi Penderita Asam Lambung

Berikut ini beberapa makanan yang baik dikonsumsi bagi penderita asam lambung:

 

1. Pisang

Pisang dipercaya dapat menetralisir asam di lambung dan membantu meringankan gejalanya. Pasalnya, pisang memiliki tingkat keasaman yang rendah dengan kadar pH sekitar 4,5 hingga 5,2.

 

2. Kunyit

Bahan herbal ini sangat ampuh dalam mengobati penyakit asam lambung. Cukup dengan memarut kunyit berukuran 2 jari tangan lalu diperas dengan menggunakan kain bersih, kemudian diamkan dan ambil airnya.

Minumlah minuman herbal ini dua kali pada pagi sebelum makan dan pada malam hari sebelum tidur. Jika kamu kurang suka dengan aromanya, kamu bisa menambahkan gula merah atau madu kedalam air kunyit tersebut.

 

3. Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu makanan yang mengandung gandum utuh yang kaya akan serat sehingga dapat mencegah isi lambung naik kembali. Selain oatmeal, kamu juga bisa memakan biscuit yang mengandung gandum.

 

4. Sayuran

Sayuran hijau seperti brokoli, kacang hijau, seledri, kol, bayam, dan lainnya adalah pilihan makanan untuk asam lambung terbaik.

Hal ini karena sayuran-sayuran tersebut rendah akan asam sehingga membuatnya baik dikonsumsi untuk meringakan gejala refluks yang sedang kamu alami.

 

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

#2 Makanan Yang Harus Dihindari Bagi Penderita Asam Lambung

Bagi kamu penderita asam lambung jangan nakal ya! sebaiknya kamu menghindari beberapa makanan berikut ini:

 

1. Cokelat

Coklat merupakan salah satu makanan yang harus dihindari bagi penderita asam lambung. Karena cokelat dapat memicu kenaikan asam lambung dengan menyebabkan otot sfingter melemas.

Hal itu terjadi karena cokelat mengandung kafein dan stimulant lainnya yaitu theobromine, selain itu cokelat mengandung lemak yang tinggi.

 

2. Soda

Soda dapat membuat perut kembung, soda dan minuman berkarbonasi dapat jadi pemicu asam lambung naik dan akan membuat kondisi asam di lambung semakin buruk.

 

3. Susu Berlemak Tinggi

Meskipun susu baik untuk tubuh, tapi bagi penderita asam lambung sebaiknya hindari konsumsi susu. Karena susu memiliki kandungan lemak yang tinggi.

 

4. Kafein

Kafein dapat meningkatkan refluks. Kafein tidak hanya ditemukan di kopi tapi juga pada teh. Jika kamu ingin mengkonsumsi teh, minumlah teh yang tidak mengandung kafein, biasanya ada di dalam teh herbal seperti chamomile.

 

Mulai Melangkah dan Atasi Penyakitnya

Itulah penjelasan mengenai penyakit asam lambung hingga cara mengobati asam lambung yang bisa kamu coba.

Meski begitu, hal penting lain yang harus diperhatikan adalah tidak semua cara di atas bisa digunakan untuk penderita asam lambung.

Semua kembali lagi kepada kondisi tubuh dan kebutuhan tubuh dari penderita asam lambung. Jika kamu sudah melakukan beberapa cara namun tak kunjung sembuh segera hubungi dokter ya. Segera atasi penyakitnya dan lekas sembuh!

Oh iya, terkadang biaya untuk berobat ke dokter itu tidak murah loh, oleh karena itu kamu perlu merencanakan dana darurat sedini mungkin. Kamu nggak tau kan kapan akan terjadi hal-hal yang tidak kamu inginkan seperti sakit dan harus ke dokter?

Dengan mempersiapkan dana darurat kamu akan siap menghadapi berbagai keadaan darurat yang membutuhkan pengeluaran kedepannya. Kamu bisa menggunakan bantuan Aplikasi Finansialku untuk merencanakan dana darurat.

Aplikasi Finansialku bisa dengan mudah kamu download melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store, selamat mencoba.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Bagaimana pendapat kamu setelah membaca artikel di atas? Apakah kamu mempunyai pengalaman mengenai penyakit asam lambung? Berikan pendapat serta pengalaman kamu pada kolom komentar di bawah ini.

Ayo bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat kamu, terutama buat teman-teman kamu yang memiliki penyakit asam lambung. Semoga bermanfaat, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Rahman Indra. 16 Mei 2017. Cara Mengatasi Asam Lambung Berlebih. Cnnindonesia.com – https://bit.ly/2Il2Q0h
  • Risky Candra Swari. 5 Cara Terbaik Mengatasi Asam Lambung Naik, Plus Panduan Menu Makannya Agar Tidak Sering Kambuh. Hallosehat.com – https://bit.ly/2VvZrzr
  • Marianti. 6 Maret 2017. Penyakit Asam Lambung. Alodokter.com – https://bit.ly/2GbHeCh

 

Sumber Gambar:

  • Asam Lambung 1 – https://bit.ly/2VDtm98
  • Asam Lambung 2 – https://bit.ly/2uRrKNh
  • Asam Lambung 3 – https://bit.ly/2YXHbkJ