Bagaimana cara menghemat listrik mesin cuci? Apakah penghematan listrik mesin cuci berpengaruh signifikan terhadap pengeluaran rumah tangga?

Kali ini Finansialku akan membahas cara menghemat listrik mesin cuci yang dapat mengurangi pengeluaran rumah tangga.

 

Rubrik Finansialku

 Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Penggunaan Mesin Cuci di Rumah

Dengan berkembangnya teknologi, makin banyak alat elektronik yang dibuat untuk mempermudah kehidupan manusia. Salah satu alat elektronik yang ada hampir di setiap rumah adalah mesin cuci.

Keberadaan mesin cuci di rumah sangat membantu menyelesaikan masalah baju kotor. Apalagi bila seluruh anggota keluarga sibuk beraktivitas di luar rumah, seperti ayah dan ibu yang bekerja, serta anak-anak yang bersekolah, kuliah.

Seperti yang Anda ketahui, pakaian yang bersih adalah kebutuhan setiap orang terutama saat berkecimpung di dunia profesional. Oleh karena itu, mesin cuci sangat dibutuhkan untuk menghemat waktu serta tenaga dalam membersihkan pakaian.

 

Signifikansi Penghematan Mesin Cuci Terhadap Anggaran

Meskipun fungsi dari mesin cuci sangat banyak, tidak dapat dipungkiri bahwa mesin cuci juga membutuhkan lebih banyak air, detergen, dan daya listrik dibanding mencuci dengan tangan.

Alhasil, jumlah pengeluaran akibat mesin cuci bisa membengkak jika pemilik kurang hati-hati dalam memanfaatkan mesin cuci.

Efektivitas dan efisiensi mesin cuci perlu dioptimalkan supaya pengeluaran keluarga dari sektor tersebut bisa diminimalisasi. Karena mencuci adalah kegiatan yang dilakukan hampir setiap hari, maka signifikansi penghematan mesin cuci terhadap anggaran sangat besar.

 

Cara Menghemat Listrik Mesin Cuci

Ada beberapa cara untuk menghemat listrik pada mesin cuci. Langkah-langkah penghematan berikut sangat penting untuk diterapkan jika ingin menekan jumlah pengeluaran.

Selain listrik, mesin cuci yang efisien juga dapat menghemat penggunaan air, detergen, dan pewangi.

Tidak hanya itu, proses pengeringan juga lebih cepat sehingga tidak hanya menghemat biaya, tetapi juga menghemat waktu. Berikut adalah ulasannya.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Cara Mengatur Keuangan yang Benar Untuk Ibu Rumah Tangga

Ebook Mommy and Money

Download E-book Sekarang

 

#1 Menyesuaikan Kapasitas Mesin Cuci Dengan Kebutuhan

Saat membeli mesin cuci, kapasitasnya harus sesuai dengan kebutuhan. Misalnya saja untuk keluarga kecil, maka tidak perlu membeli mesin cuci dengan kapasitas tinggi.

Hal ini berkaitan dengan jumlah tenaga yang dikeluarkan. Mesin cuci berkapasitas tinggi akan lebih banyak membutuhkan daya listrik sehingga pemakaiannya akan lebih boros.

Tidak masalah jika memang jumlah anggota keluarga cukup banyak. Namun, besarnya kebutuhan daya ini bisa diminimalisasi jika anggota keluarga hanya sedikit.

Cara Menghemat Listrik Mesin Cuci 01 Finansialku

[Baca Juga: 5 Pengeluaran Terbesar Anda Setiap Bulan]

 

Jika beberapa anggota keluarga masih bayi atau mempunyai lebih banyak pakaian yang tidak bisa dicuci di mesin cuci, maka pilihlah mesin cuci yang lebih kecil. Kapasitas rendah dari mesin cuci akan menghemat biaya listrik karena daya yang dibutuhkan juga lebih kecil.

Sisa dari pakaian yang harus dicuci dengan tangan bisa diselesaikan sedikit demi sedikit sambil menunggu mesin cuci berproses. Jadi, seluruh cucian bisa selesai tepat waktu dengan lebih hemat listrik.

 

#2 Memilih Jenis Mesin Cuci Hemat Air

Ada banyak merk mesin cuci di pasaran, dan mereka memiliki kekurangan serta keunggulannya masing-masing.

Untuk penghematan listrik dan air, biasanya harga mesin cuci akan lebih mahal. Namun, harga tersebut sesuai dengan jumlah penghematan yang akan diberikan.

Biasanya saat hendak membeli mesin cuci, penjual akan memberikan paparan terkait kelebihan dan kekurangan setiap jenis produk. Dengan demikian, calon pembeli bisa lebih memahami karakteristik mesin cuci mana yang cocok dengan kebutuhan atas penghematan tersebut.


Ada lagi cara yang lebih praktis tanpa harus melakukan survei di toko secara langsung, yaitu melalui internet. Calon pembeli bisa mencari tipe-tipe mana saja dari mesin cuci yang cenderung hemat dalam pemakaiannya.

Melakukan riset kecil di website resmi maupun forum-forum tanya jawab akan membantu dan meyakinkan Anda untuk membeli tanpa terjadi kesalahan.

 

#3 Efektifkan Pemakaian Air

Mesin cuci yang lebih hemat air adalah mesin cuci jenis front loading. Dengan penggunaan air yang lebih hemat, maka pengeluaran rumah tangga pun bisa diperkecil.

Jika aliran air menggunakan tenaga listrik dan bukan PDAM, maka biaya listrik juga bisa terpengaruh menjadi lebih hemat.

Mesin cuci jenis front loading biasanya dibanderol dengan harga cukup mahal, tetapi kekuatan dan daya hematnya jauh lebih besar. Selain hemat uang, penghematan air juga sangat bermanfaat untuk lingkungan.

 

#4 Mengutamakan Mesin Cuci yang Cepat Mengeringkan

Mesin cuci yang cepat mengeringkan tidak butuh banyak tenaga listrik dalam prosesnya. Oleh karena itu, hal ini akan sangat mendukung upaya penghematan biaya.

Bila perlu, cuci beberapa baju sekaligus sehingga tidak berkali-kali menghidupkan dan mematikan mesin.

Selain butuh tenaga untuk pemanasannya, jumlah air dan detergen yang diperlukan juga meningkat. Jika detergen atau pewangi pakaian bisa ditekan penggunaannya, maka akan lebih hemat secara keseluruhan.

Cara Menghemat Listrik Mesin Cuci 03 Finansialku

[Baca Juga: Ubah 12 Sifat Boros Ini Dan Kamu Akan Menjadi Lebih Hemat Pengeluaran]

 

Apabila kondisi cuaca sedang cerah atau terik, maka jemurlah secara manual supaya bisa membantu mengurangi kinerja mesin cuci. Dengan demikian pekerjaan tetap terselesaikan tanpa menambah biaya listrik.

Proses pengeringan yang dibantu oleh mesin dapat dimanfaatkan saat kondisi cuaca tidak memungkinkan untuk menjemur, misalnya saat hujan atau mendung. Cara ini juga pilihan jika pemilik mempunyai waktu luang lebih saja.

 

#5 Pemilihan Jenis Front Loading

Mesin cuci bukaan depan atau jenis front loading memang bisa dibilang lebih baru dibanding mesin cuci bukaan atas. Karena itulah, pengembangan teknologi pada mesinnya pun lebih modern.

Proses pencucian, pengeringan, hingga sistem hemat daya listrik dan air yang dimiliki mesin cuci jenis front loading selalu dikembangkan oleh produsen sehingga dapat memberikan keuntungan secara langsung pada pemiliknya.

Meskipun mesin cuci bukaan atas juga didesain dengan teknologi yang semakin tinggi, tetapi mesin cuci jenis front loading masih unggul di bidang ini.

Tidak heran bahwa para pengusaha laundry lebih banyak memanfaatkannya.

 

Menghemat Daya Mesin Cuci Lebih Optimal Saat Membeli

Kesimpulannya, menghemat daya mesin cuci sangat berpengaruh pada penghematan pengeluaran rumah tangga.

Akan tetapi penghematan akan bisa lebih optimal jika saat membeli mesin cuci, terlebih dahulu dilakukan pengamatan dan pencarian informasi mana merk, jenis, dan spesifikasi yang paling cocok dengan pemiliknya.

Simak juga cara praktis menyusun budget rumah tangga melalui video Finansialku berikut ini!

 

Apakah Anda memiliki tips lain untuk menghemat daya listrik mesin cuci? Bagikan cara-cara Anda di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Tips Hemat Listrik dan Air Saat Memakai Mesin Cuci. Rinso.com – https://goo.gl/3nCZPt

 

Sumber Gambar:

  • Mesin Cuci Hemat – https://goo.gl/ni1K1J
  • Baju menumpuk – https://goo.gl/8Q51e6
  • Deterjen – https://goo.gl/Ps6tgA