Adakah cara untuk meningkatkan penghasilan bulanan seorang pebisnis? Berikut adalah dua cara untuk meningkatkan penghasilan Anda.

Simak selengkapnya pada panduan belajar cara meningkatkan penghasilan untuk pebisnis ala Finansialku berikut ini. Selamat membaca..

 

Penghasilan Bulanan bagi Self Employed

Siapa di antara Sobat Finansialku yang merupakan self-employed? Beda dengan karyawan lainnya, self-employed ini punya penghasilan bulanan yang nggak pasti besarannya.

Kadang, di bulan pertama, bisa dapat penghasilan yang banyak, tapi nggak menjamin juga di bulan selanjutnya, para self-employed ini akan dapat penghasilan yang sama. Kadang bisa lebih banyak, malah bisa lebih sedikit nilainya.

Untuk informasi tambahan, self-employed adalah orang yang tidak bekerja untuk perusahaan atau terikat kontrak dengan perusahaan apa pun, dan tidak diberikan nilai gaji atau upah yang konsisten setiap bulannya.

Contoh self-employed di antaranya adalah penulis, pedagang, investor, freelancer, dokter praktek mandiri, pengacara independen, dan orang-orang yang mendapatkan penghasilan lewat usahanya sendiri, dan tidak berada dalam naungan sebuah perusahaan.

Kemudian, pertanyaan selanjutnya adalah, bagaimana caranya menambah penghasilan untuk para self-employed?

Melvin Mumpuni, salah satu perencana keuangan sekaligus founder dan CEO dari Finansialku, dalam video online course Finansialku, Income Breakthrough, mengatakan kalau sebenarnya ada dua cara buat menambah penghasilan untuk para self-employed, yaitu:

  • Kejar income minimal sesuai dengan pengeluaran. Contohnya, jika pengeluaran Sobat Finansialku per bulannya adalah Rp 5 juta, maka setidaknya usahakan untuk bekerja sampai penghasilan Sobat Finansialku bisa menutupi kebutuhan pengeluaran bulanan. Setelah itu, Sobat Finansialku bisa mulai mencari penghasilan tambahan untuk kebutuhan lainnya, seperti tabungan atau investasi, atau untuk membeli kebutuhan produktif yang bisa menunjang pekerjaan Sobat Finansialku.
  • Bangun penghasilan yang bisa stabil atau penghasilan yang menciptakan ladder. Menciptakan ladder ini bisa dilakukan dengan tiga cara, yaitu meningkatkan CaLM Value (Communication, Leadership, Money Management).

 

Selanjutnya, Sobat Finansialku dapat membaca panduan belajar: Cara Meningkatkan Penghasilan untuk Freelancer.

 

Jika Sobat Finansialku membutuhkan informasi lanjut mengenai cara mengingkatkan penghasilan atau memiliki pertanyaan seputar perencanaan keuangan lainnyaserta membutuhkan konsultasi dengan ahlinya secara langsung, Anda dapat berkonsultasi dengan Financial Planner Finansialku.

 

Download juga aplikasi Finansialku yang punya banyak tools penting yang bisa bantu wujudkan tujuan keuangan Anda.

Dapatkan aplikasinya di Google Play Store maupun Apple Apps Store sekarang dan dapatkan keuntungan diskon Rp 50 ribu untuk berlangganan fitur premium satu tahun dengan kode voucher WEBTAHUNAN.

 

Berikut 5 cara mengelola keuangan usaha yang bisa Anda tiru untuk meningkatkan performa bisnis Anda. Simak selengkapnya pada video berikut ini. Jangan lupa untuk subscribe Youtube Finansialku untuk update tips keuangan lainnya.

 

Editor: Nurdevi Noviana

Sumber Gambar:

  • Cover – https://bit.ly/3wPObjl