Apakah Anda masih bingung dengan laporan keuangan Anda? Apakah Anda masih bingung bagaimana cara rekap keuangan selama setahun dengan mudah?

Untuk Anda yang memiliki usaha atau perusahaan tentu rekap keuangan selama setahun menjadi PR besar untuk Anda. Lalu, bagaimana cara rekap keuangan selama setahun dengan mudah? Simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Pelaku Usaha

Memiliki usaha tentu sudah menjadi cita-cita bagi beberapa orang yang sudah mulai bosan sebagai karyawan atau sedang memikirkan bagaimana caranya mendapatkan passive income.

Usaha yang dilakukan pun beragam, ada yang mulai dari nol, memulai segalanya sendiri bahkan ada yang usaha franchise. Semua jenis usaha yang dilakukan pasti sudah melalui pertimbangan yang matang oleh para pelaku usaha.

Sebut lah salah satu pelaku usaha yang baru memulai usahanya satu tahun belakangan ini. Panggillah dia Adi, seorang pelaku usaha yang masih merintis usahanya.

Bagaimana Cara Rekap Keuangan Selama Setahun Dengan Mudah 02 Konveksi - Finansialku

[Baca Juga: Karyawan Mau Punya Usaha? Berikut Cara Mengelola Keuangan Usaha]

 

Dengan berbekal niat dan tekad kuatnya mendirikan sebuah usaha, jadilah sebuah usaha konveksi yang sudah bisa menghasilkan omzet yang lumayan.

Dari omzetnya ini sendiri, Adi pun memiliki keinginan untuk mengembangkan usahanya.

Tetapi dibalik kesuksesannya dalam setahun ini, Adi pun menyimpan sebuah kegundah-gulanaan. Iya, Adi masih belum mengerti bagaimana caranya merekap keuangan setahun dengan mudah.

Usut punya usut, ternyata Adi tidak punya background dari perekonomian, sehingga memiliki laporan keuangan yang biasanya ditemui sebuah usaha tentu menjadi kelemahan Adi.

Adi pun ingin sekali supaya keuangan usahanya ini mulai diperbaiki dan direkap, namun Adi masih belum bisa mempekerjakan seorang akuntan atau bahkan seorang lulusan keuangan.

Selama ini, Adi hanya meraba-raba keuangan usahanya, Adi hanya membaca-baca dari satu artikel ke artikel lain mengenai laporan keuangan dan bagaimana cara rekap keuangan selama setahun.

Setelah membaca sekian banyak artikel, Adi pun mulai bertanya-tanya ke temannya ataupun kenalannya yang paham mengenai keuangan. Hingga suatu hari, Adi datang ke saya untuk menanyakan keuangan usahanya.

Saya pun kaget mengetahui bahwa Adi belum sadar akan pentingnya laporan keuangan bagi usahanya. Mengetahui, bahwa usaha Adi ini sendiri sudah mulai berkembang, laporan keuangan merupakan hal yang penting untuk usaha Adi.

Akhirnya, tanpa berlarut-larut, Adi pun menanyakan bagaimana caranya merekap keuangan selama setahun dengan mudah kepada saya.

 

Laporan Keuangan

Sebelumnya, saya mengajak Adi untuk mengetahui terlebih dahulu apa itu laporan keuangan. Secara umum, laporan keuangan yang sering kita jumpai ada tiga, yaitu laporan laba rugi, laporan neraca keuangan dan laporan arus kas.

Ketiga laporan keuangan ini saling berhubungan satu sama lain. Kemudian, kita kan mengetahui apa saja fungsi dari masing-masing laporan keuangan tersebut.

 

#1 Laporan Laba Rugi

Sering kali, laporan pertama yang dibaca oleh investor atau analis adalah laporan laba rugi. Apa sih isi dari laporan laba rugi ini?

Laporan laba rugi ini menunjukkan kinerja dari sebuah bisnis sepanjang masing-masing periode, menunjukkan pendapatan dari penjualan atau sales revenue di bagian paling atas.

Laporan ini kemudian dikurangi oleh Cost Of Goods Sold, berapa Biaya dari barang yang terjual untuk menemukan laba kotor atau gross profit.

Kemudian, laba kotor ini akan dipengaruhi oleh Biaya operasional dan pendapatan lainnya yang tergantung pada bisnis yang dilakukan, untuk mendapatkan laba bersih di bagian bawah yang merupakan “the bottom line” untuk sebuah bisnis.

Bagaimana Cara Rekap Keuangan Selama Setahun Dengan Mudah 03 Laporan Keuangan - Finansialku

Laporan Keuangan

 

Biasanya ditemukan hal berikut dalam laporan laba rugi:

  1. Menunjukkan pendapatan dan pengeluaran dari sebuah bisnis,
  2. Biasanya memiliki periode waktu tertentu (1 tahun, 1 kuartal. Tahun-ke-Tanggal, dan lain-lain),
  3. Menggunakan prinsip akuntansi seperti matching dan accruals untuk menggambarkan angka (tidak digambarkan dalam tunai),
  4. Digunakan untuk menilai profitabilitas.

 

#2 Laporan Neraca Keuangan

Laporan neraca keuangan ini menunjukkan aset, kewajiban dan ekuitas pemegang saham dari sebuah perusahaan. Seperti yang Anda tahu, bahwa aset harus sama dengan kewajiban ditambah ekuitas.

Bagian aset dimulai dengan kas dan setara kas, dimana harus sama dengan saldo yang ditemukan di akhir laporan arus kas. Kemudian, lama arus kas pun diperlihatkan perubahan dalam setiap akun utama.

Laba bersih dari laporan laba rugi berada di laporan neraca keuangan sebagai perubahan laba ditahan (disesuaikan dengan pembayaran dividen).

Dalam laporan neraca keuangan, Anda akan menemukan hal-hal berikut:

  1. Menunjukkan posisi keuangan dari sebuah bisnis
  2. Menggambarkan sebagai sebuah “snapshot” atau titik dalam waktu (misalnya pada tanggal 31 Desember 2017)
  3. Memiliki tiga bagian : aset, kewajiban dan ekuitas pemegang saham
  4. Aset = kewajiban + ekuitas pemegang saham
Bagaimana Cara Rekap Keuangan Selama Setahun Dengan Mudah 04 Neraca Keuangan - Finansialku

Neraca Keuangan

 

#3 Laporan Arus Kas

Laporan arus kas sendiri ini kemudian mengambil laba bersih dan menyesuaikannya untuk pengeluaran non-tunai lainnya.

Lalu, menggunakan perubahan dalam neraca keuangan, pemakaian dan penggunaan uang tunai akan ditemukan.

Laporan arus kas menampilkan perubahan kas per periodenya, serta saldo awal dan saldo akhir dari kas tersebut.

 

Dalam laporan arus kas, biasanya Anda akan menemukan hal-hal berikut:

  1. Menunjukkan penambahan dan pengurangan dalam kas
  2. Dinyatakan selama periode waktu tertentu (1 tahun, 1 kuartal, Tahun-Ke-Tanggal, dan lain-lain)
  3. Tidak menggunakan semua prinsip akuntansi untuk menunjukkan pergerakan uang kas secara murni.
  4. Terdiri dari 3 bagian: kas dari operasi, kas yang digunakan dalam investasi dan kas dari pembiayaan.
  5. Menunjukkan perubahan bersih dalam saldo kas dari awal hingga akhir dari periode.
Bagaimana Cara Rekap Keuangan Selama Setahun Dengan Mudah 05 Laporan Arus Kas - Finansialku

Laporan Arus Kas

 

Sekarang, tidak hanya Adi saja yang mengetahui mengenai apa saja laporan keuangan yang seharusnya mulai dimiliki tetapi Anda juga sudah mengetahuinya.

Tenang, Adi pun masih sulit memahaminya, mari kita ulas kembali apa saja tips yang dapat membantu Adi dan juga Anda dalam merekap keuangan selama setahun.

 

Tips Rekap Keuangan Selama Setahun dengan Mudah

Sekarang sudah waktunya Anda membuat laporan keuangan yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Pemilik UMKM, Kenali Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana 01 - Finansialku

[Baca Juga: Membedah Laporan Tahunan Perusahaan Terbuka, Apa Bedanya Dengan Laporan Keuangan?]

 

Saat perjalanan membuat laporan keuangan pun, Adi mendapatkan kesulitan, lalu apalagi tips lainnya dalam rekap keuangan selama setahun dengan mudah?

 

Tips #1 Berlakukan Kode atau Seri Teratur untuk Mempermudah Proses Identifikasi

Saat waktu sudah berjalan setahun, Anda pun pasti tahu bahwa banyak barang yang masuk dan keluar. Maka dari itu, Anda harus memberikan kode atau seri terhadap setiap kategori maupun jenis barang.

Mengapa hal ini perlu dilakukan? Hal ini perlu Anda lakukan untuk mempermudah proses identifikasi yang biasa Anda lakukan. Dengan begitu, Anda bisa melihat efektivitas penjualan barang dalam periode tertentu.

Kapan barang Anda sangat laku, kapan barang Anda tidak selaku biasanya. Apalagi jika Anda tidak hanya menjual satu barang saja, pasti dapat terlihat perbandingan kekuatan barang satu dengan barang lainnya.

Selain itu, dengan memberlakukan kode juga akan membantu Anda dalam menyiapkan strategi penjualan berikutnya.

 

Tips #2 Disiplin dengan Deadline dan Waktu Penyampaian

Anda pun bisa membuat deadline penyelesaian laporan keuangan tahunan Anda dan Anda juga harus disiplin dengan tenggat waktu yang telah Anda tentukan.

Laporan keuangan ini tentu membutuhkan Analisis target dan prospek penjualan tahun depan. Selain itu, laporan keuangan ini juga membutuhkan banyak waktu dan data sebagai pertimbangan untuk menentukan langkah selanjutnya.

Jika jadwal penyusunan laporan terlambat, maka akan menghambat langkah selanjutnya. Jangan sampai, Anda kalah start dengan competitor yang sudah mulai start duluan.

 

Tips #3 Laporan Sederhana dan Kevalidan Data DIsusun Secara Sistematis

Anda juga bisa melakukan rekap dengan cara mutasi rekening dari bank untuk memastikan semua penerimaan dan pembayaran memang sudah sesuai. Hal ini perlu dilakukan untuk kevalidan data.

Anda pun bisa menguraikan data yang dihimpun dengan lebih akurat dan bisa dituliskan dengan gaya dan Bahasa sederhana. Supaya Anda mudah untuk memahaminya.

 

Tips #4 Menggunakan Bantuan Profesional

Jika sampai saat ini Anda masih kebingungan untuk menuliskan dan membuat laporan keuangan. Sudah saatnya Anda menggunakan bantuan profesional. Anda bisa meng-hire seorang akuntan untuk bekerja di kantor Anda.

Anda pun bisa memilih untuk menggunakan jasa konsultan akuntan untuk mengerjakan laporan keuangan Anda. Tidak ada salahnya untuk menggunakan bantuan profesional.

 

Pelajari Caranya atau Serahkan Pada Ahlinya

Jika Anda masih semangat dalam mempelajari hal yang baru, sudah saatnya Anda memperdalam ilmu keuangan untuk membantu keuangan perusahaan Anda.

Tetapi akan lain halnya jika Anda memang tidak memiliki waktu, sudah saatnya Anda menggunakan jasa profesional untuk mengatur keuangan perusahaan Anda.

Jika Anda masih ingin belajar sendiri, saya akan memberikan Anda ebook GRATIS mengenai perencanaan keuangan untuk usia 20 an yang akan berguna untuk Anda.

Anda bisa download ebook tersebut dengan cara klik link di bawah ini. Cukup mudah bukan?

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Selain itu, Anda dapat menggunakan bantuan Aplikasi Finansialku untuk merencanakan dan mengelola keuangan Anda. Aplikasi Finansialku dapat dengan mudah Anda download melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store, selamat mencoba.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Baru-baru ini Finansialku mengeluarkan buku panduan rencana keuangan “Make A Plan and Get Your Financial Dreams Come True“.

Buku ini berisi strategi mudah dalam menyusun rencana keuangan mulai dari menyiapkan dana darurat hingga cara memilih investasi yang tepat untuk mewujudkan tujuan keuangan.

Untuk order buku Finansialku, Anda bisa langsung klik “Order Buku” dibawah ini:

Order Buku

Setelah membaca artikel ini, saya yakin Anda telah mengetahui cara rekap keuangan selama setahun dengan mudah.

Bagikan informasi ini kepada teman atau saudara Anda yang belum mengetahui cara rekap keuangan selama setahun dengan mudah. Semoga bermanfaat!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. What Are The Three Financial Statements. Corporatefinanceinstitute.com – https://goo.gl/E3DGvN
  • Putriana Cahya. 20 Desember 2017. 4 Tips Mudah Menyusun Laporan Keuangan Akhir Tahun, Cepat dan Akurat!. Idntimes.com – https://goo.gl/tmSbY8

 

Sumber Gambar:

  • Akuntan – https://goo.gl/4ogeiV
  • Konveksi – https://goo.gl/gLdCGR