Sobat Finansialku begini nih cara cek tagihan Listrik PLN secara online! Caranya mudah dan cepat loh… Simak di artikel berikut ini.

 

PLN Online

Cek tagihan PLN merupakan suatu kegiatan rutin yang harus dilakukan tiap bulan. Hal ini guna mengecek tagihan listrik Anda selama bulan tersebut. Dengan demikian maka tidak akan ada keterlambatan dalam pembayaran listrik.

Karena jika terlambat membayar listrik, maka arus listrik yang ada di rumah Anda juga bisa diputus oleh pihak PLN. Saat ini pihak PLN memberikan segala kemudahan bagi kita untuk melihat tagihan listrik bulanan. Yaitu dengan cara mengecek secara online

Dengan adanya fasilitas online ini maka memudahkan kita untuk melihat. Serta kita pun dapat melakukan pembayaran secara online di situ. Tidak hanya untuk tagihan saja, namun kita juga bisa melakukan pemantauan history pembayaran setiap bulannya.

PLN sendiri menerapkan 2 proses pembayaran. Yaitu pembayaran pasca bayar dan juga pembayaran pra bayar. 

 

Cara Cek Tagihan Listrik PLN Online

Biasanya untuk pembayaran listrik prabayar yaitu berupa pulsa atau token. Namun jika pembayaran pasca bayar yaitu pembayaran listrik yang setelah digunakan pada bulan sebelumnya.

Anda bisa mengecek semua tagihan ini melalui onlineTerdapat berbagai cara untuk melakukan pengecekan secara online. Berikut ini cara-caranya. 

 

#1 Melalui Website 

Dimulai dari metode yang pertama yaitu pengecekan tagihan melalui situs website. Dengan cara ini Anda bisa langsung mengunjungi situs website cekbill.com. 

Kemudian Anda bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut. Yang pertama yaitu memilih navigasi Cek Tagihan Listrik PLN pada bagian kiri halaman web.

Kemudian Anda bisa memasukkan ID pelanggan PLN pada kolom yang telah disediakan. Setelah itu baru masukkan kode captcha untuk verifikasi. Selanjutnya Anda bisa langsung klik Cek Tagihan.

Maka tagihan listrik Anda akan muncul beserta status pembayaran. Status pembayaran ini menerangkan apakah Anda sudah membayar atau belum.

 

#2 Melalui iOS

Selain melalui web, terdapat juga beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk melakukan pengecekan tersebut. Seperti PLN Mobile yaitu selaku aplikasi resmi dari PLN. Kemudian Info cek tagihan listrik PLN, hingga Tagihan PLN. 

Anda bisa download aplikasi tersebut melalui play store atau apps store terlebih dahulu.

Kemudian pada aplikasi tersebut, Anda juga bisa melakukan cek konsumsi listrik berdasarkan kWh, info loket pembayaran dan juga transaksi token, hingga info progres permohonan dan yang terakhir layanan pengaduan. 

Adanya layanan PLN pengaduan ini juga memudahkan Anda jika ingin mengadukan permasalahan listrik yang ada di rumah. 

Seperti terjadinya korsleting listrik atau pemadaman yang tidak kunjung usai. Sehingga nantinya bisa mendapatkan penanganan yang cepat. 

 

#3 Melalui PLN Mobile 

Cara yang ketiga adalah dengan melalui aplikasi PLN Mobile ini. Anda bisa mulai membuka aplikasinya. Kemudian Anda bisa memilih menu Informasi pada tab menu.

Setelah memilih menu informasi maka selanjutnya pilih menu Informasi Tagihan dan Token Listrik.

Kemudian Anda bisa mulai memasukkan ID pelanggan atau nomor meteran. Setelah itu langsung klik cari pada halaman tersebut. Maka setelah itu akan muncul tagihan di situ.

 

#4 Aplikasi Android

Tidak hanya melalui iOS, PLN juga menyediakan aplikasi mobile berbasis sistem operasi Android. Aplikasi PLN ini, yakni PLN Mobile for Android sebagai aplikasi resmi dari PT PLN.

Aplikasi ini pun bisa Anda dapatkan dengan mendownload secara gratis. Nantinya di dalam aplikasi ini, Anda juga akan mendapatkan fitur komunikasi langsung dengan pusat pelayanan PLN 123.

Fitur ini sudah dilengkapi dengan Voice Over Internet Protocol (VoiP). Sehingga ketika ingin berkomunikasi dari pihak konsumen tidak lagi memerlukan sambungan telepon rumah maupun seluler saat berkomunikasi. 

Selain itu, juga terdapat beberapa fitur lainnya. Yaitu Anda juga bisa memanfaatkan fitur layanan lain, salah satunya informasi pemeliharaan listrik bagi lokasi pelanggan PLN yang terdampak.

Berikut ini langkah-langkah untuk mengecek tagihan melalui aplikasi ini. Yang pertama adalah Pilih menu Informasi pada tab menu. Kemudian Anda pilihlah menu Informasi Tagihan dan Token Listrik. 

Tidak ketinggalan juga, masukan ID pelanggan atau nomor meteran Anda pastikan nomor tersebut sudah benar. Lalu klik Cari. Kemudian dari aplikasi akan menampilkan status tagihan listrik serta besaran nominalnya.

Aplikasi Android sangat bisa menolong kita, untuk banyak hal, termasuk aplikasi Finansialku untuk Android. Karena aplikasi Finansialku ada audiobok yang bisa menolong Sobat semua untuk belajar mengatur keuangan.

Termasuk mengatur keuangan pos listrik. Anda bisa mendengarkan salah satu audiobooknya di bawah ini.

banner -cara sukses atur gaji ala karyawan

 

#5 Melalui Langganan Email Resmi PLN

Selain melalui beberapa aplikasi di atas, pengecekan tagihan listrik juga bisa Anda dapatkan melalui pesan elektronik email. Pesan berupa email ini nantinya akan Anda dapatkan berupa e-billing resmi dari PT PLN.

Namun syarat utamanya adalah Anda harus terdaftar terlebih dahulu dalam sistem. Lalu bagaimana cara mendaftarnya? Anda hanya tinggal menghubungi pihak customer service PLN di nomor 123 atau langsung melalui email ke alamat pln123@pln.co.id.

 

#6 Melalui Bukalapak 

Mungkin kita mengenal aplikasi bukalapak merupakan aplikasi pembelanjaan. Namun dengan aplikasi ini pun kita juga bisa melihat tagihan listrik secara online.

Anda tinggal memasukkan nomor ID ke dalam aplikasi tersebut, maka Akan muncul tagihan pada bulan tersebut. 

 

#7 Website Pascabayar

Ketika masuk ke halaman webnya maka Anda akan disuguhi kolom untuk mengisi ID dan juga nomor telepon. Setelah itu Anda bisa langsung menekan cek tagihan.

Maka akan langsung muncul tagihan bulanan dan jika Anda memiliki tunggakan maka akan muncul pula pada web tersebut. 

 

Segera Lunasi Setelah Melakukan Cek Tagihan PLN

Saat ini listrik sudah menjadi kebutuhan primer bagi kita. Bahkan bisa dibilang kita tidak bisa hidup tanpa listrik. Karena saat ini semua membutuhkan listrik dari memasak, mencuci hingga melakukan kegiatan sekolah ataupun pekerjaan kantor. 

Maka dari itu dengan segala kemudahan yang sudah diberikan oleh pihak PLN ini diharapkan kita juga memberikan feedback yang baik. Yaitu dengan rutin membayar tagihan listrik.

Karena pihak PLN juga bisa memutuskan arus listrik atau aliran listrik yang menuju ke rumah kita jika kita telat atau menunggak dalam pembayaran tersebut.

Dengan adanya beberapa aplikasi di atas juga kita bisa melakukan pembayaran atau pengecekan di mana saja dan kapan saja.

Sehingga kita tidak harus datang ke loket pembayaran resmi karena semuanya sudah bisa diakses secara online melalui handphoneDengan penyediaan riwayat listrik bulanan maka Anda juga bisa melakukan evaluasi Dari bulan ke bulan.

Sehingga jika dirasa penggunaan listrik terlalu banyak maka Anda bisa mengurangi di bulan-bulan berikutnya dengan melihat dari history pembayaran pada bulan sebelumnya. Dengan adanya aplikasi tersebut.

Selain bisa untuk mengecek tagihan juga bisa untuk pembelian token listrik bagi yang menggunakan fasilitas listrik dengan prabayar ini. 

Karena Anda tidak bisa menunda pembelian token listrik ini karena token rumah nantinya akan terus berbunyi jika tidak kunjung di di isi dengan pulsa. 

Maka dari itu pihak PLN berharap dengan adanya kemudahan dan aplikasi-aplikasi online ini maka bisa membuat kita sebagai pengguna listrik merasakan segala kemudahan dari PT PLN. 

 

Lebih mudah kan untuk cek tagihan PLN setelah membaca artikel di atas? Karena itu, jangan lupa share informasi ini pada orang terdekat Anda, terima kasih. 

 

Editor: Rincani Sinaga

Sumber Referensi: 

  • Nur Jamal Shaid. 31 Desember 2021. Cara Cek Tagihan Listrik PLN dengan Mudah dan Cepat. Kompas.com – https://bit.ly/3LZxJGf