CEO TikTok, Kevin Mayer mengundurkan diri setelah menjabat kurang dari setengah tahun. Ketahui informasi selengkapnya dalam artikel Finansialku!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

CEO TikTok, Kevin Mayer Mengundurkan Diri

Belum beranjak setahun CEO TikTok, Kevin Mayer mengundurkan diri dari posisinya, tepatnya pada Rabu tengah malam waktu Amerika Serikat (27/08) lalu.

Diketahui, pengunduran diri Mayer sudah sempat terdengar sejak beberapa jam sebelumnya ketika platform video pendek tersebut sedang berjuang melawan perintah eksekutif Presiden Donald Trump.

Pada awal bulan Agustus ini, Trump resmi menandatangani surat perintah eksekutif yang memaksa TikTok untuk berhenti beroperasi di negaranya apabila ByteDance menolak untuk menyerahkan bisnis TikTok kepada perusahaan AS.

Belum Genap 3 Bulan, Kevin Mayer, CEO TikTok Mengundurkan Diri 2

[Baca Juga: Sempat Simpang-Siur, Akhirnya Microsoft Siap Beli TikTok]

 

Alasan yang paling sering dilontarkan Pemerintah AS adalah tudingan bahwa TikTok dapat mengancam risiko keamanan nasional.

Melansir IDN Times, Mayer telah mengirimkan memo internal kepada para karyawan TikTok bahwa dirinya memilih mundur dari posisinya.

Untuk sementara, General Manager Vanessa Pappas akan menggantikan Mayer memimpin TikTok di tengah periode yang membuat perusahaan asal Tiongkok itu jadi sorotan publik selama beberapa bulan terakhir.

 

Jejak Karir Kevin Mayer

Seperti diketahui, pada pertengahan Mei lalu perusahaan induk TikTok, ByteDance, menjadikan Mayer sebagai CEO. Sebelumnya, Mayer merupakan chairman untuk layanan streaming seperti Disney+ dan Hulu.

Pengalamannya dalam membuat dua platform itu melejit membuat ByteDance percaya ia bisa memimpin TikTok di Amerika Serikat.

Selain itu, Mayer juga diberi tanggung jawab untuk menjadi COO ByteDance yang bertugas mendorong pengembangan secara global, termasuk di bidang musik dan game.

Pria berumur 58 tahun ini resmi menjabat pada 1 Juni. Namun, belum sampai setengah tahun, Mayer memutuskan untuk mengakhiri masa jabatannya.

“Dalam beberapa minggu terakhir, kondisi politik berubah drastis, saya telah melakukan perenungan yang signifikan tentang perubahan struktural korporat apa yang akan diperlukan, dan apa artinya bagi peran global yang saya emban,” kata Mayer, mengutip dari Kontan, Jumat (28/06).

“Dengan latar belakang ini, dan sebagaimana kita harapkan untuk mencapai suatu penyelesaian masalah secepatnya, dengan berat hati saya ingin Anda tahu bahwa saya telah memutuskan untuk meninggalkan perusahaan,” lanjutnya.

 

Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala KARYAWAN

Download Sekarang, GRATISSS!!!

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

Hengkangnya Mayer dari TikTok diketahui saat aplikasi video pendek ini sedang naik daun. Di Amerika Serikat sendiri, TikTok memiliki 100 juta pengguna harian, dan sekitar 800 juta pengguna aktif secara global.

Saking populernya, TikTok disebut telah diunduh sebanyak 2 miliar kali.

Sementara itu, Pendiri dan CEO ByteDance, Zhang Yiming mengatakan dalam surat terpisah bahwa perusahaan “bergerak cepat untuk menemukan resolusi atas masalah yang kami hadapi secara global, terutama di AS dan India”.

Dia bilang, Mayer telah bergabung dengan perusahaan itu tepat pada saat itu “memasuki momen yang paling menantang”.

“Tidak pernah mudah untuk menjadi pemimpin di sebuah perusahaan yang bergerak secepat kami, dan keadaan setelah kedatangannya membuat semuanya menjadi lebih kompleks,” kata Zhang.

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang artikel di atas? Kamu bisa berbagi komentar lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya.

 

Sumber Referensi:

  • Redaksi. 27 Agustus 2020. Kevin Mayer Mengundurkan Diri dari Kursi CEO Tiktok. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/2G2gMx7
  • Redaksi. 27 Agustus 2020. CEO TikTok Resmi Mengundurkan Diri. Idntimes.com – https://bit.ly/3hNJ7oM
  • Kevin Rizky Pratama. 27 Agustus 2020. CEO TikTok Kevin Mayer Mundur Setelah 100 Hari Menjabat. Kompas.com – https://bit.ly/2YHopiY
  • Redaksi. 27 Agustus 2020. Baru tiga bulan gabung, CEO TikTok mengundurkan diri. Kontan.co.id – https://bit.ly/3hETv28

 

Sumber Gambar:

  • Kevin Mayer 01 – https://bit.ly/32A0GCu
  • Kevin Mayer 02 – https://bit.ly/34HpfAa