Menurut Anda, cincin tunangan itu disemat di jari mana? Apakah benar di jari manis? Yuk, simak jawaban pastinya dalam artikel Finansialku berikut ini.

 

Summary:

  • Posisi penyematan cincin tunangan berbeda-beda tiap tradisinya. Di Indonesia, umumnya cincin tunangan berada di jari manis kiri, dan cincin kawin berada di jari manis kanan.
  • Cincin tunangan dan cincin kawin memiliki beberapa perbedaan, seperti posisi pemakaian, jumlahnya, desain, hingga bahannya. Namun, hal ini tergantung budaya masing-masing daerah.

 

Letak Cincin Tunangan di Jari Mana?

Umumnya sebelum menikah pasangan akan melaksanakan pertunangan. Salah satu proses pertunangan yang harus ada adalah tukar cincin antara kedua calon pengantin yang dipercaya sebagai simbol komitmen cinta.

Lantas, cincin tunangan dipasang di jari mana, ya?

Secara tradisional, letak pemasangan cincin tunangan adalah di jari manis sebelah kiri.  Tradisi tersebut berasal dari adat budaya masyarakat Yunani, Romawi hingga Mesir.

Kala itu, masyarakat di ketiga negara tersebut yakin bahwa ada pembuluh darah yang terhubung dari jari manis kiri ke jantung yaitu vena amoris. Vena amoris disebut juga Vein of Love atau pembuluh darah cinta.

Maka sampai sekarang pasangan biasa memakai cincin di jari manis kiri, yang dianggap terhubung langsung ke jantung tempat di mana perasaan cinta akan tumbuh.

Namun tidak semua pasangan mengenakan cincin di jari manis kiri, karena kebiasaan dan tradisi tempat tinggal juga menentukan posisinya.

Misalnya, pasangan di beberapa negara di Eropa timur dan utara seperti Rusia, Polandia, dan Denmark memakai cincin tunangan mereka di tangan kanan.

 

Fakta Cincin Tunangan

Cincin kerap menjadi simbol pengikat untuk melangkah ke jenjang yang serius, seperti tunangan dan perkawinan.

Selain perbedaan tradisi yang mendasari penyematannya, ternyata cincin tunangan memiliki beberapa fakta yang mungkin Anda belum tahu. Apa saja? 

 

#1 Posisi Pemakaian

Menurut tradisi barat, baik itu cincin kawin maupun cincin tunangan penggunaannya di jari manis tangan di sebelah kiri.

Oleh karena itulah, ketika menikah, pasangan pengantin biasanya memindahkan cincin tunangannya terlebih dahulu ke jari manis di tangan kanan.

Setelah upacara pernikahan selesai, cincin tunangan berlian akan dikembalikan ke tangan kiri dan ditumpuk (stack) dengan cincin kawin.

Tradisi tersebut berbeda dengan pasangan di Indonesia. Umumnya, cincin tunangan berada di jari manis tangan kiri. Sementara itu, cincin kawin ada di jari manis tangan kanan.

 

#2 Jumlah Cincin

Cincin tunangan umumnya hanya berjumlah satu. Cincin ini diberikan oleh pria kepada pasangannya. Namun, di Indonesia, cincin tunangan biasanya dipakai oleh kedua calon pengantin.

Sementara itu, cincin kawin harus berjumlah dua. Pasalnya, cincin tersebut pengantin gunakan sebagai pengikat janji.

[Baca Juga: 10 Cara Mengukur Cincin Agar Pas di Jari, Bisa Pakai Benang!]

 

#3 Desain Cincin

Setiap cincin memiliki desain yang beragam. Tidak hanya berfokus pada penempatannya, namun juga penting untuk melihat desainnya.

Terlebih pasangan yang ingin hidup bahagia juga perlu mengetahui tentang arti dari rangka cincin tersebut.

Walaupun tak ada aturan pasti, cincin kawin biasanya berdesain sederhana. Pasalnya, cincin ini digunakan setiap hari. Desain ini dinilai tidak akan mengganggu kegiatan sehari-hari.

Namun, belakangan, sejumlah pasangan mulai memilih cincin kawin dengan batu berlian tunggal dan sederhana pada bagian tengahnya, yaitu cincin berlian solitaire.

Sementara itu, cincin tunangan biasanya memiliki desain mewah dan unik. Sebagai contoh, diamond engagement ring dengan desain yang unik dan berbeda.

 

#4 Bahan Cincin

Di saat sedang melangsungkan tunangan, banyak pasangan yang memilih cincin berbahan platinum. Bahan platinum dinilai lebih cocok karena merupakan bahan utama dalam pembuatan perhiasan.

Bahan tersebut banyak mengandung hypoallergenic atau tidak membuat kulit alergi sehingga aman ketika menggunakannya.

Namun ketika akan menikah, pasangan biasanya akan mengganti cincin dengan bahan emas.

[Baca Juga: Nggak Sembarangan! Ini Arti Cincin di Jari Tangan dan Maknanya]

 

#5 Penggunaan Cincin Sebelum Tunangan atau Menikah

Apakah boleh mengenakan cincin di jari manis jika belum menikah atau bertunangan?

Konon katanya, menggunakan cincin tanpa komitmen di jari manis adalah kurang pantas atau pamali karena dapat membawa sial bagi sang pengguna cincin.

Namun di luar mitos atau takhayul apapun, mengenakan cincin apapun di jari manis biasanya berarti sang pemakai cincin sudah dalam hubungan berkomitmen, yang dapat menjadi bumerang jika Anda justru sedang berusaha untuk mencari pasangan.

 

#6 Dipakai Sepanjang Waktu

Karena praktis dan nyaman, banyak pasangan jarang sekali melepas cincin dan justru mengenakannya sepanjang waktu.

Namun mengenakan cincin setiap saat dapat berisiko merusak cincin tersebut apalagi jika kegiatan sehari-hari Anda tergolong aktif.

Entah logam tergores, permata tergores atau dudukan batu menjadi longgar, kerusakan ini dapat terjadi jika mengenakan cincin setiap saat.

Lepaskan cincin ketika hendak membersihkan rumah, mandi, atau melakukan kegiatan aktif lainnya. Jangan lupa pula untuk membersihkannya secara berkala.

 

Pilih Cincin yang Tepat dan Cermat

Sekarang Anda telah mengetahui cincin tunangan di jari apa, tradisi, dan beberapa faktanya. Selanjutnya adalah mengenai pilihan cincin tunangan dan cincin kawin sesuai keinginan.

Apalagi, momen ini merupakan momen sakral dalam hidup, sudah pasti kita tidak ingin ada kesalahan dalam memilih cincin yang menjadi simbol ikatan cinta yang mendalam.

Selain memilih model, desain, maupun bahan cincin, jangan lupa untuk menyesuaikan dengan kemampuan finansial Anda. Pilihlah cincin tunangan atau cincin kawin yang on budget, ya.

Alangkah baiknya, jika Anda sudah memiliki rencana keuangan untuk membelinya dari jauh hari, sehingga keuangan Anda tidak akan terganggu. 

Karena, kita tahu bahwa pengeluaran untuk lamaran dan pernikahan tidaklah sedikit. Jika Anda ingin mewujudkan pernikahan impian Anda, yuk mulai rencanakan anggarannya dari sekarang.

Gunakan ebook ini sebagai panduannya, ya!

Ebook Gratis! Rahasia Bangun Pernikahan Penuh Berkah

dana menikah

 

Sudah tahu kan cincin tunangan penggunaannya di jari apa? Yuk bagikan artikel ini agar lebih memahami terkait fakta cincin tunangan, terima kasih.

 

Editor: Ratna Sri H.

Sumber Referensi

  • Admin. 1 September 2022. CINCIN KAWIN, DI TANGAN KANAN ATAU TANGAN KIRI? frankncojewellery.com – http://bit.ly/3YXYUXo 
  • Aningtias Jatmika. 21 Maret 2022. Jangan Salah Pilih, Kenali Perbedaan Cincin Tunangan dan Cincin Kawin. lifestyle.kompas.com – http://bit.ly/3xDUxVX 
  • Sunbhio Pratama. 29 Agustus 2022. Sebaiknya Cincin Tunangan Di pakai di Jari yang Mana? kompas.tv – http://bit.ly/3YIHSwV 
  • Karina Leviani. 12 Oktober 2022. Cincin Kawin, di Jari Tangan Kanan atau Kiri? bridestory.com – http://bit.ly/3ElKLLJ 
  • Dina Lathifa. 16 Juni 2022. Letak Cincin Tunangan, Di pasang di Jari Mana? Kiri atau kanan? popbela.com – http://bit.ly/3kgkk3d