Inilah sejumlah contoh pantun jenaka yang bisa kamu lontarkan untuk membuat suasana kumpul bersama kembali ceria dan menyenangkan.

Yuk, simak penjelasan selengkapnya di artikel Finansialku berikut ini.

 

Summary:

  • Pantun jenaka merupakan jenis pantun untuk menghibur dan memberikan pesan dengan cara lebih humoris.
  • Jenis pantun ini bisa dipakai untuk membangun suasana menyenangkan dan menjadi cair.

 

Pengertian Pantun Jenaka

Pantun merupakan karya sastra lama yang awalnya berupa ujaran untuk mengungkapkan perasaan dengan menggunakan kata-kata yang menarik untuk orang dengar atau baca .

Mengacu pada laman Kemendikbud.go.id, pantun adalah salah satu di antara bentuk syair Melayu yang berguna untuk mengungkapkan gagasan maupun emosi.

Kata pantun sendiri berasal dari bahasa Minangkabau, yakni patutun yang berarti penuntun. Dalam bahasa Jawa, masyarakatnya lebih mengenal pantun sebagai parikan. Sementara masyarakat Sunda menyebutnya sebagai paparikan.

Umumnya, pantun berisi empat baris dengan sajak a-b-a-b yang terdiri dari 8-12 suku kata.

Baris pertama dan kedua pada pantun adalah sampiran, sedangkan baris ketiga dan keempat pada pantun adalah isi.

Seiring berjalannya waktu, pantun memiliki beragam jenis, salah satunya adalah pantun jenaka. Berbeda dengan pantun nasihat, pantun jenaka sendiri berisi candaan atau humor lucu dan menarik yang sifatnya menghibur.

Tak jarang, pantun jenaka kerap menjadi media untuk saling menyindir dalam suasana yang penuh keakraban, sehingga dapat menghindari rasa tersinggung.

Selain dapat menghibur seseorang, pantun juga mengandung ide kreatif dan kritis. Dengan demikian, proses pembuatan karya ini mampu mengasah kreativitas dan imajinasi seseorang.

[Baca Juga: 6 Contoh Essay Ilmiah Menarik dan Panduan Penulisannya]

 

Ciri dan Karakteristik Pantun Jenaka

Untuk membedakannya dengan karya sastra lain, pantun memiliki beberapa ciri dan karakteristik. Ciri-ciri pantun jenaka sendiri sama dengan pantun pada umumnya, yakni:

  • Terdiri dari empat baris (larik) dalam setiap bait.
  • Setiap barisnya terdiri dari 8-12 suku kata.
  • Baris pertama dan kedua merupakan sampiran.
  • Baris ketiga dan keempat merupakan isi.
  • Mempunyai pola sajak a-b-a-b.
  • Isi syair bisa berupa nasihat, petuah, ataupun cerita.

 

Contoh Pantun Jenaka

Agar suasana kumpul bersama teman ataupun keluarga jadi lebih menyenangkan, berikut adalah contoh pantun jenaka yang bisa kamu lontarkan.

 

#1 Contoh Pantun Jenaka yang Lucu dan Menghibur

Inilah pantun jenaka yang bisa membuat suasana jadi lebih seru dan menghibur, antara lain:

  1. Pergi ke sungai melihat deret
    Ada serigala di dekat rawa
    Ini pantun jenaka lucu banget
    Wajib dibaca agar tertawa
  1. Makin ke sana makin ke seini
    Berlari-lari bersama pria
    Ayo simak pantun jenaka lucu ini
    Dijamin harimu makin ceria
  1. Sungguhlah besar hewan badak
    Jika berjalan terseok-seok
    Nenek tertawa terbahak-bahak
    Melihat kakek bermain TikTok
  1. Jalan-jalan ke rawa-rawa
    Jika lelah duduk di pohon palm
    Geli hati menahan tawa
    Melihat katak memakai helm
  1. Ke pasar membeli gunting
    Jangan lupa membeli pita
    Sangatlah heran si induk kucing
    Melihat tikus naik kereta
  1. Limau perut di tepi rawa
    Buah belimbing belum masak
    Sakit perut sebab tertawa
    Melihat kucing duduk berbedak
  1. Tumbuh ilalang di semak-semak
    Semak-semak lalu dibersihkan
    The power of emak-emak
    Sein ke kiri belok ke kanan
  1. Duduk manis di bibir pantai
    Lihat gadis tiada dua
    Masa muda kebanyakan santai
    Sudah renta sulit tertawa
  1. Buah apel buah tomat
    Disimpan dekat lemari
    Bingung mencium bau menyengat
    Rupanya ada yang belum mandi
  1. Jalan-jalan ke Kota Sumedang
    Ada kambing makan rumput
    Anak-anak begitu senang
    Melihat kakek bergoyang dangdut
  1. Di kebun binatang ada badak
    Di kamar mandi ada kecoak
    Ini memang pantun kocak
    Dijamin bikin kamu ngakak
  1. Mencari lintah di rawa-rawa
    Lintahnya pergi naik bis
    Perutku sakit karena tertawa
    Melihat rambutnya tercukur habis
  1. Burung perkutut
    Burung kutilang
    Kamu kentut
    Nggak bilang-bilang
  1. Ke SPBU membeli bensin
    Bensin bagus di Pangandaran
    Menahan diri agar tak bersin
    Malah kentut tak tertahankan
  1. Tak usah takut
    Tak usah khawatir
    Ini kentut
    Bukan petir
  1. Beli sabun di sebuah warung
    Warung baru milik Sukiran
    Diam-diam menutup hidung
    Bau kentut penuhi ruangan
  1. Anjing bermain dengan tali
    Kera duduk membaca koran
    Bagaimana hati tak geli
    Kepala botak suka sisiran
  1. Ada Soimah
    Megang kayu
    Terus masalah
    Buat you?
  1. Si Anda bernyanyi dengan kecapi
    Sambil bernyanyi, ia menari sebisanya
    Siapa orang yang tidak akan tertawa hati
    Disangka waras eh ternyata orang gila
  1. Di dekat sungai ada rumah kosong
    Di sampingnya pohon tembakau
    Bukannya aku berbohong
    Memang ada katak memikul kerbau
  1. Ada Arjuna ada Pandawa
    Sedang turun mencari kali
    Jika monyet sedang tertawa
    Wajahnya terlihat lucu sekali
  1. Si Tono rambutnya jambul
    Suka diam di atas genteng
    Biar dikata kurang gaul
    Yang penting tetap ganteng
  1. Jalan-jalan bersama Putri
    Lihat kucing lagi kerokan
    Emang nasib aku ini
    Sudah tampan jadi rebutan
  1. Pohon nanas di tepi rawa
    Ada lebah menyimpan madu
    Kami melihat nenek tertawa
    Tampak kakek bermain gundu
  1. Pagi-pagi minum kopi
    Jangan diminum dengan ampasnya
    Bagaimana kamu ini
    Satu tambah dua masa tak bisa

[Baca Juga: 20+ Contoh Pantun Nasihat yang Penuh Makna Tentang Kehidupan, Related!]

 

#2 Contoh Pantun Jenaka untuk Bahan Candaan

Selain contoh di atas, berikut adalah pantun jenaka yang bisa kamu gunakan sebagai bahan candaan, di antaranya:

  1. Pak tani ke ladang membawa karung
    Dibawanya dengan jemari
    Wajah kamu jangan murung
    Kayak belum makan tiga hari
  1. Buah pisang buah tomat
    Disimpan di dalam lumbung padi
    Pantas tercium bau menyengat
    Rupanya kamu belum mandi
  1. Nonton TV acara Si Unyil
    Nontonnya sambil rebahan
    Kenangan indah masa kecil
    Tidak pernah terima tagihan
  1. Kalau ada sumur di ladang
    Bolehlah kita menggosok gigi
    Kalau Anda di warung Padang
    Bolehkah kita ditraktir lagi
  1. Duduk santai membaca koran
    Membacanya sambil makan petisan
    Seenak-enaknya makan di restoran
    Lebih enak makan gratisan
  1. Hendak mengisi biodata
    Pena hilang entah ke mana
    Hai teman yang duduk di sana
    Jangan pada melamun saja
  1. Ajak kekasih makan di restoran
    Bertemu mantan yang kini jadi teman
    Hati bingung dan tak karuan
    Ternyata, mantannya minta balikan
  1. Aku ingin ke Korea Selatan
    Kamu justri ingin ke Jepang
    Walaupun kita sudah jadi mantan
    Namun, aku masih tetap sayang
  1. Ingin makan mencari laksa
    Malah hujan, badan pun basah
    Meminjam uang setengah memaksa
    Bayar utangnya sangatlah susah
  1. Hari Senin sudah siang
    Setelah siang, datanglah petang
    Ditunggu-tunggu, tidak jua datang
    Sekali datang, malah menagih utang
  1. Lihat ayah membawa bawang
    Pulang ke rumah dari gang sempit
    Seringkali meminjam uang
    Giliran dipinjam malah pelit
  1. Musim kemarau musim penghujan
    Kata ibu janganlah nakal
    Yang Muslim silakan Jumatan
    Jangan lupa gembok amankan sendal
  1. Makan siang pakai tempe
    Sore dikit pakai jagung
    Tampangnya memang oke
    Tapi sayang otaknya linglung
  1. Hujan deras hari Selasa
    Sangatlah baik untuk kebun lada
    Mulut yang manis rupanya berbisa
    Pandai berjanji, buktinya tak ada
  1. Sungguh enak makan konyal
    Apalagi ditambah sayur asem
    Ayo, jangan mudah kesal
    Nanti, wajahmu tambah asem

 

#3 Contoh Pantun Jenaka dengan Unsur Komedi Romantis

Butuh referensi pantun komedi yang romantis, berikut ini contohnya yang bisa kamu gunakan, antara lain:

  1. Pasar Banjar ada di kota
    Perginya belanja mempunyai uang saku
    Bilanya kau dikejar cinta
    Sembunyilah dalam hati aku
  1. Makan pagi sepiring berdua
    Rasanya enak tiada tara
    Awas cowok pandai menggoda
    Diam-diam watak buaya
  1. Nasi kuning dimakan saat anget
    Membelinya di pinggir jalan
    Yang duduk manis banget
    Boleh dong meminta kenalan
  1. Senang liburan di Kota Paris
    Banyak bangunan berbaris-baris
    Tak apa mati di ujung keris
    Asal dapat Dinda yang manis
  1. Jalan-jalan ke Surabaya
    Jangan lupa oleh-olehnya
    Bila wajah kita ceria
    Hidup ini pun terasa bahagia
  1. Ke rawa mencari papan
    Malah nyasar ke atas awan
    Duduk berdua bersama gebetan
    Hati jadinya tak karuan
  1. Jika sudah namanya cinta
    Hati suka berbunga-bunga
    Kalau sudah terbawa suasana
    Senyum sendiri kayak orang gila
  1. Hewan omnivore menangis tersedu
    Mendengar musik sedang diputar
    Senyummu manis bagaikan madu
    Membuat hatiku makin bergetar
  1. Kota Malang banyak perunggu
    Kota Makassar membangun tugu
    Janji bertemu di malam Minggu
    Apa daya gerimis menunggu
  1. Pergi ke Solo menonton wayang
    Tidak lupa membawa bekal
    Banyak uang aku disayang
    Tidak ada uang, malah ditinggal

 

Cairkan Suasana Saat Kumpul Bersama

Demikian kumpulan contoh pantun jenaka yang siap menghibur saat kumpul bersama. Secara umum, pantun ini sama seperti pantun lainnya. Hanya saja isi pesan yang disampaikan lebih bersifat lucu dan menyenangkan.

Pantun jenaka juga mengandung ide kreatif dan kritis serta padat kandungan maknanya. Sehingga berpantun dapat menjadi upaya untuk menghibur seseorang.

Selain menghibur, Finansialku juga ingin mengajak kamu untuk mulai mewujudkan mimpi dengan perencanaan keuangan yang matang. Sebagai referensi, yuk, baca ebook Finansialku berikut ini.

Ebook GRATIS, Cara Wujudkan Mimpi kamu dengan Perencanaan Keuangan

Banner Iklan Ebook Cara Wujudkan Mimpi kamu dengan Perencanaan Keuangan - PC
Banner Iklan Ebook Cara Wujudkan Mimpi kamu dengan Perencanaan Keuangan - HP

 

Itulah 50 contoh pantun jenaka yang lucu dan menghibur, beserta ciri-cirinya. Punya contoh pantun jenaka lainnya? Tuliskan pantun versi Sobat Finansialku di kolom komentar, ya! Terima kasih.

 

Editor: Omri Cristian

Sumber Referensi:

  • Emier Abdul Fiqih P. 26 Januari 2023. 60 Contoh Pantun Jenaka Lucu Yang Menghibur Berbagai Tema. Lengkap Dengan Pengertian, Ciri-Ciri, Dan Manfaatnya! 99.co – https://bit.ly/3UukYYS
  • Alfi Yuda. 30 Agustus 2022. 20 Contoh Pantun Jenaka yang Lucu dan Menghibur. Bola.com – https://bit.ly/3zLJHOE
  • Anisa Rizki Febriani. 27 Desember 2022. 35 Contoh Pantun Lucu Jenaka yang Menghibur, Yuk Simak! Detik.com – https://bit.ly/3GzEMEa
  • Admin. Simak 30 Contoh Pantun Jenaka dan Ciri-Ciri Pantun dalam Bahasa Indonesia. Theasianparent.com – https://bit.ly/3o5d4sw