15 daerah perbatasan terunik di luar negeri ini akan membuat Anda terheran-heran. Mau tahu bagaimana kondisi daerah perbatasan terunik di luar negeri?

Mari sama-sama simak informasi yang pastinya akan menambah wawasan ilmu pengetahuan Anda!

Selamat membaca ya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

15 Daerah Perbatasan Terunik di Luar Negeri

Pandangan di masa lalu, daerah perbatasan merupakan wilayah yang perlu diawasi secara ketat. Hal ini dikarenakan daerah perbatasan adalah daerah yang rawan keamanan. Pandangan pembangunan daerah perbatasan lebih mengutamakan pada pendekatan keamanan daripada pendekatan kesejahteraan.

Hal inilah yang menyebabkan daerah perbatasan di beberapa daerah atau negara menjadi tidak tersentuh oleh dinamika pembangunan.

Pandangan di masa lalu tentunya berbeda dengan pandangan di masa kini atau sekarang.

Pandangan di masa kini, daerah perbatasan digunakan sebagai pintu gerbang aktivitas ekonomi dan perdagangan dengan negara tetangga. Hal ini yang menyebabkan daerah perbatasan lebih mengutamakan pendekatan kesejahteraan daripada pendekatan keamanan.

Tujuan dari pembangunan daerah perbatasan yaitu terutama untuk menjamin keutuhan dan kedaulatan wilayah, sebagai pertahanan keamanan nasional, serta yang terpenting adalah meningkatkan kesejahteraan rakyat di daerah perbatasan.

15 Daerah Perbatasan Terunik di Luar Negeri 17 - Finansialku

[Baca Juga: Mata Uang Dunia: Daftar Mata Uang Tertinggi dan Terendah di Dunia]

 

Sebuah negara pasti memiliki aturan-aturan sendiri tentang daerah perbatasan. Biasanya, jika kita ingin melintas dan memasuki daerah tersebut, maka kita harus mendapatkan izin dengan menyerahkan paspor untuk diperiksa.

Seperti layaknya Anda bertamu ke rumah orang lain. Untuk memasuki rumah tersebut, Anda perlu izin dari pemilik rumah tersebut, bukan? Jika tuan rumah memberi izin, maka Anda boleh memasuki rumah itu.

Aturan perizinan satu rumah dengan rumah lainnya pasti berbeda-beda. Hal ini yang membuat perlakuan memasuki sebuah negara di daerah perbatasan pun berbeda-beda.

Sebagai contoh, ada beberapa negara yang memberlakukan visa atau suatu formulir saat memasuki sebuah negara di daerah perbatasan, disamping paspor yang harus dimiliki oleh warga negara.

15 Daerah Perbatasan Terunik di Luar Negeri 18 - Finansialku

[Baca Juga: Misteri dan Fakta Unik di Berbagai Mata Uang Rupiah]

 

Tahukah Anda, apa yang membedakan perbatasan daerah satu dengan daerah lainnya?

Batas daerah perbatasan biasanya dibuat dengan membuat tanda, seperti pagar tembok, patok batu, pos penjagaan atau kawat besi berduri yang berdiri tegak hingga ratusan kilometer.

Akan tetapi, di beberapa daerah perbatasan di luar negeri, batas daerah ini dibuat dengan sesuatu yang unik.

Berikut ini 15 daerah perbatasan terunik di luar negeri yang hadir untuk memisahkan kedaulatan kedua bahkan lebih dari dua negara.

 

#1 Daerah Perbatasan Amerika Serikat dan Meksiko

15 Daerah Perbatasan Terunik di Luar Negeri 01 - Finansialku

Perbatasan antara negara Amerika Serikat dan Meksiko ditandai dengan perbedaan penggunaan lahan, yaitu lahan industri (bagian kiri) dan perumahan (bagian kanan)

 

Pernahkah Anda melihat gambar tersebut? Daerah pada gambar ini merupakan daerah perbatasan antara negara Amerika Serikat dengan negara Meksiko.

Perbedaan daerah perbatasan yang sangat kontras antara kedua negara tersebut terdapat pada perbedaan penggunaan lahan.

Bagian kiri merupakan daerah milik Amerika Serikat yang dimanfaatkan sebagian besar untuk industri sedangkan bagian kanan merupakan daerah milik Meksiko yang dimanfaatkan untuk perumahan.

 

#2 Daerah Perbatasan Haiti dan Republik Dominika

Daerah perbedaan terunik selanjutnya adalah daerah perbatasan antara negara Haiti dan negara Republik Dominika.

Bagian kiri pada gambar adalah wilayah negara Haiti, sedangkan bagian kanan pada gambar adalah wilayah negara Republik Dominika. Kedua negara kecil ini terletak pada satu pulau yang sama di Laut Karibia, Amerika Tengah.

15 Daerah Perbatasan Terunik di Luar Negeri 02 - Finansialku

Antara negara Haiti dan Republik Dominika dibatasi oleh perbedaan hutan, hutan yang lebat (bagian kanan) dan hutan yang gundul (bagian kiri)

 

Kedua negara ini saling bertanding dalam kebijakan dan peraturan perlindungan hutan.

Republik Dominika adalah negara yang peduli akan kelestarian lingkungan hutan. Negara ini pernah dinobatkan sebagai salah satu negara yang masih memiliki cadangan hutan yang melimpah.

Namun, sebaliknya, negara Haiti adalah negara yang sering merusak lingkungan hutan. Hanya tinggal 2% dari negara Haiti yang masih memiliki pohon, sisanya sudah habis ditebang sampai ke daerah perbatasan.

 

#3 Daerah Perbatasan Hungaria, Slovakia dan Austria

Daerah perbatasan unik yang ketiga adalah perbatasan antara negara Hungaria, Slovakia dan Austria yang letaknya ada di belahan bumi Eropa.

Perbatasan tiga negara ini tergolong unik karena terdapat meja segitiga beserta kursinya. Meja tersebut tampak seperti meja segitiga biasanya.

Namun, meja dan kursi tersebut dimiliki oleh ketiga negara. Sisi pertama meja dimiliki oleh negara Hungaria, sisi kedua meja dimiliki oleh negara Slovakia dan sisi ketiga meja dimiliki oleh negara Austria.

15 Daerah Perbatasan Terunik di Luar Negeri 03 - Finansialku

Meja segitiga dan kursi dijadikan sebagai tanda di daerah perbatasan antara negara Hungaria, Slovakia dan Austria

 

Gambar atau logo negara yang terpampang di permukaan meja inilah yang menjadi simbol kepemilikan dari barang itu.

Jika kita bersama-sama duduk dengan teman-teman kita, maka kita sedang berbincang di wilayah tiga negara yang berbeda. Menakjubkan bukan?

 

#4 Daerah Perbatasan Amerika Serikat dan Meksiko

Ada perayaan setiap tahun antara warga Naco Arizona dengan warga Naco Meksiko untuk mengadakan pertandingan bola voli di perbatasan kedua negara.

Uniknya, net (jaring) yang terpasang dalam permainan tersebut menjadi pagar pembatas kedua negara. Pagar pembatas ini memisahkan antara negara Amerika Serikat dengan negara Meksiko.

15 Daerah Perbatasan Terunik di Luar Negeri 04 - Finansialku

Warga di perbatasan negara Amerika Serikat (bagian kiri) dan negara Meksiko (bagian kanan) menggunakan pagar besi sebagai net (jaring) untuk bermain dan bertanding bola voli

 

Sebelah kiri gambar yaitu wilayah Amerika Serikat dan sebelah kanan gambar yaitu wilayah Meksiko yang masing-masing di antara mereka sedang bermain bola voli.

Dua komunitas warga ini dahulu dapat dengan bebas berlalu lalang melintasi jalan di perbatasan. Namun, kini sebuah pagar setinggi 6 meter dibangun di sepanjang jalan lintas negara.

 

#5 Daerah Perbatasan Belgia dan Belanda

Ada sebuah kota di benua Eropa bernama kota Baarle yang memiliki sebutan yang berbeda. Di wilayah Belanda, kota ini sering disebut dengan kota Baarle-Nassau. Di wilayah Belgia, kota ini disebut dengan Baarle-Hertog.

Perbatasan antara negara Belanda dan negara Belgia tidak hanya dipisahkan oleh sebuah garis, namun perbatasan ini memiliki wilayah eksklave. Wilayah eksklave adalah wilayah negara yang berada di wilayah negara lain.

15 Daerah Perbatasan Terunik di Luar Negeri 05 - Finansialku

Tanda plus berwarna putih dijadikan sebagai batas antara negara Belanda dan negara Belgia di kota Baarle

 

Untuk memisahkan antara kedua negara, kota Baarle ini diberi tanda plus-plus berwarna putih serta tanda NL untuk negara Belanda dan tanda B untuk negara Belgia.

Batas negara ini dapat Anda temukan di kebun, pertokoan, rumah, trotoar dan beberapa tempat lainnya.

Uniknya, pada setiap rumah yang terbelah dan terdapat tanda plus-plus berwarna putih, maka rumah tersebut akan masuk dan berada di dalam wilayah negara Belanda atau negara Belgia berdasarkan pada letak pintu depan rumah tersebut.

Terhitung, ada 26 bagian rumah yang terpisah menjadi perbatasan antara negara Belanda dan negara Belgia.

Jadi, kita bisa melakukan aktivitas di dua negara berbeda hanya pada satu bangunan saja. Luar biasa, bukan?

 

#6 Daerah Perbatasan Argentina, Paraguay dan Brazil

Pernah tidak mencoba jalan-jalan di tiga negara dalam waktu bersamaan? Ya, paling seru jalan-jalan mengunjungi tiga negara dalam waktu yang bersamaan.

Pergilah mengikuti tur keliling Sungai Iguazu dengan perahu untuk mengunjungi tiga negara dalam waktu bersamaan. Hal ini dikarenakan, ada bagian di Sungai Iguazu yang menjadi perbatasan antara tiga negara, yaitu negara Brazil, Argentina dan Paraguay.

15 Daerah Perbatasan Terunik di Luar Negeri 06 - Finansialku

Tiga negara, yaitu Argentina, Brazil, dan Paraguay dilalui oleh Sungai Iguazu sebagai batas negara

 

Tur keliling Sungai Iguazu akan membawa Anda menyusuri sungai selama lebih kurang dua jam yang melintasi tiga negara, yaitu Argentina, Brazil dan Paraguay.

Selain itu juga, pemandangan cantik lainnya berupa air terjun Iguazu akan menjadi pesona alam indah selama perjalanan tur Anda.

Mau mencobanya? Ayo berkunjung ke perbatasan tiga negara ini.

 

#7 Daerah Perbatasan Ukraina dan Polandia

15 Daerah Perbatasan Terunik di Luar Negeri 07 - Finansialku

Crop circle berbentuk ikan pada bidang tanah dijadikan sebagai batas wilayah perbatasan antara negara Polandia (bagian kiri) dan negara Ukraina (bagian kanan)

 

Tidak semua orang diberi bakat yang luar biasa. Ada seorang seniman yang memiliki jiwa seni profesional yang dapat melakukan hal yang luar biasa.

Jaroslaw Koziara adalah seorang seniman yang membuat crop circle berbentuk ikan pada bidang tanah di antara kota Horodyszcze (Polandia) dan kota Warez (Ukraina) untuk Art Festival Tanah tahun 2011.

Jaroslaw Koziara sudah menanam 23 jenis tanaman di sepanjang perbatasan kedua negara yang akhirnya membentuk sebuah gambar ikan.

Tujuan dari pembuatan crop circle ini adalah untuk melambangkan sejarah persatuan dan perdagangan di sepanjang perbatasan antara negara Ukraina dan negara Polandia.

 

#8 Daerah Perbatasan Jerman dan Republik Ceko

15 Daerah Perbatasan Terunik di Luar Negeri 08 - Finansialku

Negara Jerman (bagian kiri) memiliki lahan subur yang dipenuhi oleh tanaman sedangkan negara Ceko (bagian kanan) tidak memiliki lahan subur yang dipenuhi oleh tanaman mati.

 

Perbatasan antara negara Jerman dan negara Ceko terletak di benua Eropa.

Ada yang unik di daerah perbatasan antara negara Jerman dan negara Ceko. Bagian kiri pada gambar adalah wilayah milik Jerman, sedangkan bagian kanan pada gambar adalah wilayah milik Ceko.

Bagaimana tidak unik, perbatasan negara ini dibatasi oleh area yang memiliki perbedaan kontras.

Negara Jerman memiliki lahan subur yang dipenuhi oleh tanaman. Berbeda kontras dengan negara Ceko. Negara Ceko tidak memiliki lahan yang dipenuhi oleh tanaman hijau, melainkan lahan dengan pohon mati yang menyisakan batang.

Perbedaan ini dipengaruhi oleh kebijakan dan peraturan dari masing-masing negara.

 

#9 Daerah Perbatasan Spanyol dan Portugal

15 Daerah Perbatasan Terunik di Luar Negeri 09 - Finansialku

Terdapat zipline, Limited Zero yang berada di antara perbatasan negara Spanyol dan negara Portugal

 

Ada yang unik dari perbatasan daerah antara negara Spanyol dengan negara Portugal, yaitu di sungai Rio Guadiana.

Sungai ini membagi dua wilayah negara, yaitu wilayah Sanlucar de Guadiana (milik Spanyol) dan wilayah Alcoutim (milik Portugal).

Kedua negara yang bersebelahan ini memiliki zona waktu yang berbeda. Spanyol memiliki waktu 1 jam lebih cepat dari Portugal.

Terdapat zipline (bernama Limite Zero) yang menghubungkan dari Sanlucar de Guadiana, Spanyol ke Alcoutim, Portugal. Zipline ini melintasi sungai pada 50 kaki di atas permukaan laut.

Kecepatan zipline ini dapat menempuh 72 km/jam.

Jika Anda ingin mengukur kemampuan sekaligus mencoba uji adrenalin, maka Anda dapat membayar uang sebesar 17 euro per orang (Rp250 ribu) untuk menaiki wahana zipline.

 

#10 Daerah Perbatasan Brazil dan Bolivia

15 Daerah Perbatasan Terunik di Luar Negeri 10 - Finansialku

Perbedaan lahan hijau (bagian kanan) dan lahan gundul (bagian kiri) dijadikan sebagai perbatasan antara negara Brazil dan negara Bolivia di kawasan Amerika Selatan

 

Apakah Anda bisa membedakan antara dua wilayah pada gambar di atas? Perbedaan apa yang Anda temukan? Ya, adanya bagian lahan hijau dan lahan gundul.

Daerah perbatasan antara negara Brazil dan negara Bolivia dibatasi oleh adanya perbedaan lahan.

Bagian kiri atas adalah bagian hutan gundul yang dimiliki oleh negara Brazil. Bagian kanan bawah adalah bagian hutan hijau yang dimiliki oleh negara Bolivia.

Hutan yang berdiri lebat di negara Bolivia masih dimanfaatkan oleh negara tersebut sebagai upaya pelestarian lingkungan hidup. Paru-paru negara Bolivia ini memberikan kontribusi oksigen yang besar kepada negara ini.

Berbeda hal yang dialami oleh negara Brazil, hutan di bagian daerah perbatasan di negara ini telah beralih fungsi menjadi lahan-lahan pemukiman.

Perbedaan kontras inilah yang digunakan sebagai daerah pembatas antara negara Brazil dengan negara Bolivia.

 

#11 Daerah Perbatasan Meksiko dan Amerika Serikat

15 Daerah Perbatasan Terunik di Luar Negeri 11 - Finansialku

Daerah perbatasan negara Meksiko (bagian kanan) dan negara Amerika Serikat (bagian kiri) ditandai dengan pemukiman warga dan padang pasir

 

Ketika Anda melihat gambar tersebut? Apa kesan yang dapat Anda berikan terhadap daerah perbatasan negara Meksiko dengan negara Amerika Serikat?

Bagian kanan merupakan kawasan Meksiko yang memiliki daerah sebagai perumahan padat, sedangkan bagian kiri merupakan kawasan Amerika Serikat yang memiliki daerah padang pasir kosong nan gersang yang sedikit dihuni oleh manusia.

Wilayah dua negara unik ini dijadikan sebagai daerah perbatasan negara, antara Amerika Serikat dan Meksiko.

Kini, daerah tersebut dibatasi dengan dibangunnya pagar pembatas yang berdiri tegak sepanjang ratusan kilometer memisahkan negara Amerika Serikat dan negara Meksiko.

 

#12 Daerah Perbatasan Belanda, Belgia dan Jerman

Ada hal menarik apa lagi di daerah perbatasan di benua Eropa?

Perbatasan antara Aachen (Jerman), Liege (Belgia) dan Maastricht (Belanda) disebut sebagai Drielandenpunt.

15 Daerah Perbatasan Terunik di Luar Negeri 12 - Finansialku

Drielandenpunt adalah tugu perbatasan antara negara Jerman, Belgia dan Belanda

 

Drielandenpunt sebenarnya adalah sudut tiga negara, yaitu sebuah kawasan yang memiliki tugu perbatasan yang dijadikan sebagai batas tiga negara, yaitu antara negara Jerman, Belanda dan Belgia.

Selain tugu perbatasan, titik pertemuan tiga perbatasan tersebut dibuatkan sebuah dudukan melingkar dengan tiga bendera yang berada di tengah.

Tugu perbatasan ini dibangun pada tahun 1926 yang merupakan tempat terkenal di daerah tersebut.

Jika Anda pergi ke daerah perbatasan tersebut, Anda wajib untuk mengambil gambar dan ber-selfie ria bersama dengan tugu Drielandenpunt tersebut.

 

#13 Daerah Perbatasan Norwegia dan Swedia

15 Daerah Perbatasan Terunik di Luar Negeri 13 - Finansialku

Tulisan “Sverige” (bagian kiri) dan Norge (bagian kanan) pada jembatan adalah batas wilayah antara negara Swedia dan negara Norwegia

 

Daerah perbatasan selanjutnya masih terdapat di daerah Eropa, yaitu perbatasan antara negara Swedia dan negara Norwegia.

Antara negara Swedia dan negara Norwegia dibatasi oleh garis berwarna putih di tengah-tengah jembatan yang membagi dua wilayah negara.

Pada gambar tampak tulisan “Sverige” (Swedia) di sebelah bagian kiri dan tulisan “Norge” (Norwegia) di sebelah bagian kanan.

Jembatan ini melayang tinggi di atas kawasan yang bernama Svinesund.

 

#14 Daerah Perbatasan Lithuania dan Belarus

15 Daerah Perbatasan Terunik di Luar Negeri 14 - Finansialku

Warga negara Belarus dan warga negara Lithuania sedang berkomunikasi. Namun, komunikasi ini terpisahkan oleh pagar besi sebagai batas kedua negara tersebut

 

Selanjutnya, apa yang ada di benak Anda ketika melihat gambar tersebut?

Gambar ini merupakan gambar perbatasan antara dua negara, tepatnya berada di benua Eropa, yaitu negara Belarus dan negara Lithuania.

Pagar besi yang cukup menjulang tinggi merupakan batas kedua negara tersebut.

Batas ini digunakan oleh antar warga kedua negara yang masih sekerabat sebagai sarana komunikasi. Mereka dapat berbincang dengan warga negara lain yang dibatasi oleh pagar besi.

Meskipun dijaga oleh tentara, tidak mengurungkan niat mereka untuk tetap saling berkomunikasi satu sama lain.

Luar biasa harmonis bukan hubungan mereka, meskipun berbeda warga negara?

 

#15 Daerah Perbatasan Polandia, Ceko dan Jerman

15 Daerah Perbatasan Terunik di Luar Negeri 15 - Finansialku

Perbatasan antara negara Jerman, Polandia dan Ceko ditandai dengan bendera Uni Eropa yang berada di titik tengah sungai

 

Daerah perbatasan terunik di luar negeri terakhir yaitu pada perbatasan tiga negara, yaitu negara Jerman, Polandia dan Ceko.

Seperti yang Anda ketahui bahwa negara-negara tersebut terdapat di belahan benua Eropa.

Apa yang menjadi tanda dari daerah perbatasan tersebut? Coba Anda perhatikan? Bisakah Anda menemukannya?

Benar sekali, bendera Uni Eropa (berada di tengah pada gambar) menjadi tanda perbatasan di sungai antara negara Jerman, Polandia dan Ceko.

Bendera Uni Eropa yang berdiri di titik tengah sungai adalah salah satu tempat yang diincar oleh para wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

 

Daerah Perbatasan Terunik Di Dunia

Itulah berbagai potret dan deskripsi dari daerah perbatasan terunik di dunia.

Selain digunakan untuk menjamin keutuhan dan kedaulatan wilayah, pertahanan keamanan nasional, dan gerbang ekonomi perdagangan antar negara, ternyata batas negara tersebut dapat dimanfaatkan untuk hal-hal lain yang berguna oleh warga sekitar.

Apakah Anda berencana ingin mengunjungi daerah perbatasan tersebut?

Tetap berhati-hati dan waspada ya. Namanya juga daerah perbatasan, pasti ada saja hal-hal atau kejadian yang akan terjadi yang tidak kita inginkan.

 

Daerah perbatasan terunik mana yang mau Anda kunjungi? Silakan beri komentar Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Adi Nugroho. 15 Wilayah Perbatasan Negara Yang Unik di Seluruh Dunia. Boombastis.com – https://goo.gl/eRNcBx

 

Sumber Gambar:

  • Daerah Perbatasan Terunik di Dunia – https://goo.gl/jPN99J
  • Daerah Perbatasan Terunik – https://goo.gl/eRNcBx
  • Tentara NKRI – https://goo.gl/5N9Twe
  • Perbatasan Myanmar, Laos dan Thailand – https://goo.gl/KysN4i

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang