Apakah pembayaran BPJS untuk 1 orang dalam 1 Kartu Keluarga (KK)? Temukan jawabannya dalam artikel berikut ini!

Selengkapnya dalam artikel Finansialku berikut ini!

 

Apa Hubungannya Pendaftaran BPJS dengan Kartu Keluarga?

Salah satu dokumen yang harus dibawa saat akan mendaftar BPJS adalah Kartu Keluarga (KK). Jika Anda tidak mempunyai KK, Anda disarankan untuk segera mengurusnya di Disdukcapil.

KK menjadi data rekomendasi untuk menegaskan bahwa seluruh anggota keluarga yang tertulis pada KK harus terdaftar menjadi peserta BPJS, semua WNI baik tua ataupun muda, kaya atau miskin, seluruhnya harus sudah menjadi peserta BPJS kesehatan.

Mulai 1 November 2014 setiap pendaftaran BPJS Kesehatan wajib mendaftarkan semua anggota keluarga yang terdapat dalam KK.

 

Jadi Bisakah Daftar BPJS Kesehatan Hanya Untuk 1 Orang Saja dalam Satu KK?

Sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada peraturan BPJS Kesehatan, jika salah satu anggota keluarga memutuskan untuk mendaftar BPJS Kesehatan, maka seluruh anggota keluarga tersebut wajib didaftarkan juga.

Jadi, bagi Anda yang ingin mendaftar sebagai anggota BPJS Kesehatan, Anda juga harus siap untuk membayar iuran bulanan seluruh anggota keluarga yang didaftarkan.

[Baca Juga: Cara Daftar BPJS Kesehatan Online & Offline Terbaru 2022]

 

Langkah-langkah Pendaftaran BPJS Kesehatan Secara Online

Bagi Anda yang ingin mendaftar program BPJS Kesehatan, maka bisa dilakukan dengan mudah secara online. Setidaknya ada beberapa tahapan yang perlu Anda lakukan antara lain sebagai berikut:

  • Unduh aplikasi Mobile JKN dari App Store atau Google Play Store.
  • Jika sudah, buka aplikasi tersebut.
  • Siapkan kelengkapan data yang diperlukan, yaitu Nomor Induk Kependudukan (NIK), Kartu Keluarga (KK), dan Nomor Rekening Bank.
  • Pada aplikasi Mobile JKN, pilih menu “Daftar” dan kemudian klik “Pendaftaran Peserta Baru”.
  • Bacalah dengan seksama syarat dan ketentuan pendaftaran, dan jika setuju, pilih persetujuan dengan mengklik “Saya Setuju”.
  • Klik “Selanjutnya”.
  • Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan kode Captcha, lalu klik “Cari”.
  • Data calon peserta akan muncul sesuai dengan yang terdaftar dalam Dukcapil.
  • Jika Anda sudah mendapati data tersebut ada, maka masukkan data diri secara lengkap dan klik “Selanjutnya”.
  • Pilih Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan kelas yang diinginkan.
  • Masukkan alamat email Anda.
  • Klik “Simpan”. Kode verifikasi akan dikirimkan ke alamat email yang didaftarkan.
  • Cek e-mail dan salin kode verifikasi ke aplikasi Mobile JKN..
  • Peserta akan mendapatkan virtual account untuk pembayaran premi.
  • Pembayaran premi dapat dilakukan melalui mobile banking, ATM, kantor pos, atau di berbagai merchant BPJS Kesehatan seperti minimarket dan supermarket.
  • Setelah melakukan pembayaran, peserta sudah resmi terdaftar di BPJS Kesehatan.
  • Anda akan mendapatkan kartu BPJS Kesehatan secara virtual di aplikasi Mobile JKN. Kartu tersebut bisa Anda download.

 

Setelah mengetahui cara daftar BPJS secara online, tidak ada salahnya jika Sobat Finansialku perluas wawasan seputar pentingnya asuransi kesehatan dan cara memilih yang tepat dalam ebook gratis dari Finansialku Anti Pusing Mikirin Biaya Kalau Sakit

 

Solusi Bagi Keluarga yang Tidak Mampu Membayar Iuran BPJS Setiap Bulannya

BPJS sebenarnya tidak ingin memberatkan pesertanya mengenai iuran bulanan, apa lagi peserta tersebut tergolong kurang mampu.

Oleh karena itu, BPJS Kesehatan membuat solusi bagi keluarga yang tidak mampu agar tetap bisa menerima layanan BPJS Kesehatan, yaitu dengan cara mendaftar sebagai peserta PBI. Baca juga cara mudah daftar BPJS PBI.

Peserta PBI dibebaskan dari biaya iuran per bulannya, karena pemerintah yang akan membayar iuran tersebut.

 

Kesimpulannya, untuk menjadi peserta BPJS perorangan atau individu, Anda tidak bisa mendaftar seorang diri saja, namun semua anggota keluarga yang tercatat dalam KK Anda juga harus ikut didaftarkan.

Kenaikkan iuran BPJS Kesehatan individu hingga 100% dirasa cukup memberatkan peserta BPJS. Apalagi bagi mereka yang memiliki anggota keluarga lebih dari satu orang.

Namun, ada pengecualian khusus yang memperbolehkan satu orang ikut BPJS Kesehatan tanpa harus mendaftarkan anggota keluarganya yang lain.

Dengan mengikuti program BPJS Kesehatan, Anda bisa secara efektif mengalokasikan serta menekan risiko akan kebutuhan biaya untuk kesehatan.

Bicara soal alokasi, sudahkah Anda mengetahui cara mengalokasikan dana secara tepat?

Jika belum, Anda bisa melakukan konsultasi keuangan terlebih dahulu bersama Financial Planner dari Finansialku. 

Anda akan memperoleh saran-saran seputar keuangan langsung dari Perencana Keuangan yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan Anda sehari-hari.

Hasilnya, kondisi keuangan Anda bisa lebih baik lagi! Caranya mudah kok, Anda bisa langsung buat janji melalui WhatsApp di nomor ini 0851 5866 2940.

Jadi tunggu apalagi, yuk konsultasikan sekarang juga dan klik banner di bawah ini untuk informasi lebih lanjut!

konsul - PERENCANAAN KEUANGAN Q3 23

 

Disclaimer: Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan di Indonesia yang melayani konsultasi keuangan bersama Certified Financial Planner (CFP) seputar perencanaan keuangan, rencana pensiun, dana pendidikan, review asuransi dan investasi.

Finansialku bukan platform pinjaman online dan tidak menerima layanan konsultasi di luar hal-hal yang disebutkan sebelumnya. Artikel ini dibuat hanya sebagai sarana edukasi dan informasi.

 

Bagi Anda yang ingin daftar BPJS Kesehatan mandiri, informasi ini sangat bermanfaat. Sekarang Anda sudah mengetahui bahwa daftar BPJS Kesehatan bisa hanya dengan satu orang saja dalam KK, tetapi dengan syarat dan kondisi tertentu.

Jangan lupa bagikan artikel ini pada keluarga dan teman-teman Anda agar mereka juga tahu.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Apakah Bisa Daftar BPJS Kesehatan Hanya untuk 1 Orang Saja dalam Satu Kartu Keluarga. Bantuanbpjs.com – https://bit.ly/2RjfymJ
  • Himam Miladi. 5 September 2019. Ikut BPJS Kesehatan Mandiri Untuk Satu Orang Saja? Bisa Kok. Kompasiana.com – https://bit.ly/2Rkoybj
  • Nur Jamal Shaid. 21 Februari 2022. Cara Daftar BPJS Kesehatan Online lewat Aplikasi Mobile JKN. Kompas.com – https://bit.ly/42NvMDC