Apakah Anda tahu bahwa daftar BPJS Kesehatan dapat mengatasi masalah kesehatan Anda?

BPJS Kesehatan merupakan sesuatu yang sangat penting dan tak bisa diremehkan. Bagaimana tidak, di zaman sekarang harga obat semakin lama, semakin mahal. Karena itu, kesehatan menjadi sebuah aset yang sangat berharga dalam hidup ini.

 

Apa Hubungannya Pendaftaran BPJS dengan Kartu Keluarga?

Salah satu dokumen yang harus dibawa saat akan mendaftar BPJS adalah Kartu Keluarga (KK). Jika Anda tidak mempunyai KK, Anda disarankan untuk segera mengurusnya di Disdukcapil.

KK menjadi data rekomendasi untuk menegaskan bahwa seluruh anggota keluarga yang tertulis pada KK harus terdaftar menjadi peserta BPJS, semua WNI baik tua ataupun muda, kaya atau miskin, seluruhnya harus sudah menjadi peserta BPJS kesehatan.

Mulai 1 November 2014 setiap pendaftaran BPJS Kesehatan wajib mendaftarkan semua anggota keluarga yang terdapat dalam KK.

 

banner -cara memilih dan alasan penting asuransi kesehatan

 

Jadi Bisakah Daftar BPJS Kesehatan Hanya Untuk 1 Orang Saja Dalam Satu KK?

Sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada peraturan BPJS Kesehatan, jika salah satu anggota keluarga memutuskan untuk mendaftar BPJS Kesehatan, maka seluruh anggota keluarga tersebut wajib didaftarkan juga.

Jadi, bagi Anda yang ingin mendaftar sebagai anggota BPJS Kesehatan, Anda juga harus siap untuk membayar iuran bulanan seluruh anggota keluarga yang didaftarkan.

 

Solusi Bagi Keluarga Yang Tidak Mampu Membayar Iuran BPJS Setiap Bulannya

BPJS sebenarnya tidak ingin memberatkan pesertanya mengenai iuran bulanan, apa lagi peserta tersebut tergolong kurang mampu. Oleh karena itu, BPJS Kesehatan membuat solusi bagi keluarga yang tidak mampu agar tetap bisa menerima layanan BPJS Kesehatan, yaitu dengan cara mendaftar sebagai peserta PBI. Baca juga cara mudah daftar BPJS PBI.

Peserta PBI dibebaskan dari biaya iuran perbulannya, karena pemerintah yang akan membayar iuran tersebut.

 

Kesimpulannya, untuk menjadi peserta BPJS perorangan atau individu, Anda tidak bisa mendaftar seorang diri saja, namun semua anggota keluarga yang tercatat dalam KK Anda juga harus ikut didaftarkan.

Kenaikkan iuran BPJS Kesehatan individu hingga 100 persen dirasa cukup memberatkan peserta BPJS. Apalagi bagi mereka yang memiliki anggota keluarga lebih dari satu orang.

Namun, ada pengecualian khusus yang memperbolehkan satu orang ikut BPJS Kesehatan tanpa harus mendaftarkan anggota keluarganya yang lain.

 

Bagi Anda yang ingin daftar BPJS Kesehatan mandiri, informasi ini sangat bermanfaat. Sekarang Anda sudah mengetahui bahwa daftar BPJS Kesehatan bisa hanya dengan satu orang saja dalam KK, tetapi dengan syarat dan kondisi tertentu.

Jangan lupa bagikan artikel ini pada keluarga dan teman-teman Anda agar mereka juga tahu.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Apakah Bisa Daftar BPJS Kesehatan Hanya untuk 1 Orang Saja dalam Satu Kartu Keluarga. Bantuanbpjs.com – https://bit.ly/2RjfymJ
  • Himam Miladi. 5 September 2019. Ikut BPJS Kesehatan Mandiri Untuk Satu Orang Saja? Bisa Kok. Kompasiana.com – https://bit.ly/2Rkoybj

 

Sumber Gambar:

  • Kartu Indonesia Sehat – https://bit.ly/3uZeAdS
  • BPJS Kesehatan Aktif – https://bit.ly/3tB1OSD
  • Hal yang ditanggung BPJS Kesehatan – https://bit.ly/3su3uMl