Ngekos dengan berbagi kamar atau shared room adalah trik ampuh menghemat budget. Tapi apa saja kebutuhan barang kosan mahasiswa yang berbagi kamar?

Yuk simak ulasannya dalam artikel Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Mengapa Memilih Berbagi Kamar Kos?

Kejiwaan dan pemikiran mahasiswa kadang berubah. Bisa jadi, pengelolaan keuangan pun berubah. Dari yang awalnya bisa afford kosan untuk diri sendiri, kini harus berbagi kamar dengan orang lain.

Oleh karena itu, demi mendapatkan suasana baru yang lebih segar tentu beberapa barang harus dilakukan. Fungsinya adalah untuk mendapatkan kenyamanan dengan roommate.

 

7 Daftar Kebutuhan Barang Kosan untuk Mahasiswa Shared Room

Memiliki roommate sama halnya dengan berbagi banyak hal dan membutuhkan penyesuaian yang baru. Sebagai mahasiswa tentu sangat penting untuk dapat menyamankan diri baik dengan lingkungan atau dengan manusianya.

Jika merasa tidak nyaman, tentu hal ini akan membuat kegiatan yang lain (kegiatan mahasiswa) yang banyak tersebut menjadi terbengkalai.

Oleh karena itu pastikan untuk bisa get along dengan teman sekamar. Tujuannya agar hunian menjadi terasa paling nyaman.

Namun tinggal di kosan sekamar berdua atau lebih bukanlah hal yang mudah. Karena kamu harus membawa barang-barang tertentu dengan jumlah yang harus menyesuaikan kondisi.

Agar dapat efisien, barang apa saja yang perlu dibawa? Di bawah ini ada daftar kebutuhan barang kosan yang recommended.

 

#1 Rak Buku Portable

Rak buku portable diperlukan bagi yang suka dengan aktivitas membaca buku. Kemudian rak itu dimanfaatkan untuk meletakkan buku dengan orang lain yang satu kamar denganmu tanpa harus memakan banyak tempat.

 

#2 Rak Sepatu Portable

Rak sepatu juga demikian, kamu bisa meletakkan sepatumu dan temanmu di rak sepatu tersebut. Dengan rak itu, diharapkan kamar kos akan tampak lebih rapi.

 

#3 Alat kebersihan

Begitu juga demikian dengan alat kebersihan seperti sulak, dan sapu. Barang itu memang penting, tetapi bawa saja secukupnya.

Pilih alat kebersihan yang ukurannya kecil seperti mini vacuum cleaner, mini mop dan kanebo untuk memastikan kebersihan dari ruangan kamar.

 

#4 Lilin/Emergency Light

Barang ini diperlukan untuk emergensi, atau siap-siap jika sedang terjadi lampu gelap. Kamu bisa memilih lilin atau emergency light yang bisa di-charge, jadi menggunakan tenaga baterai.

Mahasiswa, Yuk Ceklist 7 Daftar Kebutuhan Barang Kosan Shared Room 04 - Finansialku

[Baca Juga: Lulus S1, Pilih Kerja atau Kuliah S2? Berapa Dana Yang Harus Disiapkan?]

 

Karena tentunya jika menggunakan lilin yang sebenarnya maka ada risiko terkena percikan api atau asap ketika listrik mati.

 

#5 Kipas Angin

Kipas angin merupakan barang bawaan yang tidak terlalu penting namun dibutuhkan. Apalagi ketika hanya suhu tubuh berubah drastis.

Tiba-tiba saja terjadi lampu mati, ya kipas angin tadi digunakan. Namun pada waktu lampu mati, kipas angin tersebut tidak bisa digunakan.

 

#6 Baju Penghangat dan Selimut

Baju penghangat digunakan pada saat tubuh terlalu dingin karena kondisi cuaca belum stabil. Sedangkan selimut digunakan ketika suhu tubuh terlalu dingin.


Dengan hal tersebut berarti kedua-duanya merupakan alat yang penting agar kamu tidak kedinginan dan kepanasan.

 

#7 Sandal Basah dan Kering

Alat lain yang perlu dibawa adalah sandal kering dan basah, fungsinya adalah untuk menjaga kekeringan tubuh. Sandal basah digunakan ketika kalian masuk kamar mandi, sandal ini untuk di dalam kamar mandi.

Mahasiswa, Yuk Ceklist 7 Daftar Kebutuhan Barang Kosan Shared Room 07 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Memilih Kuliah Kelas Karyawan dan Perencanaan Biaya Pendidikan]

 

Sedangkan sandal yang sifatnya kering digunakan di luar kamar mandi, sebagai pengering tempat, yang nantinya akan meringankan aktivitas bersih-bersih lantai.

 

Lengkapi Shared Room di Kosan dengan Alat yang Efisien

Demikian beberapa rekomendasi alat-alat yang perlu dibawa saat kamu ingin pindah ke kos lain.

Barang seperti ini merupakan alat yang dapat digunakan untuk berjaga-jaga agar tidak terjadi apa-apa. Seperti lilin, yang harus dibawa, untuk mengantisipasi saat hujan.

 

Setelah membaca artikel di atas, tentunya kamu akan lebih mudah dalam membeli perlengkapan untuk berbagi kamar kost. Karena informasi ini sangat penting, yuk berbagi dengan sesama anak kosan, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 4 Maret 2019. 33+ Barang yang Wajib Anda Bawa Ketika Mau Kos. Trenkampus.com – http://bit.ly/2uBiH6I

 

Sumber Gambar:

  • Kebutuhan Kosan – http://bit.ly/2OVlnTk