Sobat Finansialku, inilah daftar negara terkaya di dunia. Kira-kira Indonesia termasuk nggak, ya?

Temukan jawabannya dalam artikel Finansialku kali ini.

 

Summary:

  • Sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki oleh setiap negara, berpengaruh pada tingkat perekonomian dan kemajuan negara tersebut.
  • Terdapat 10 negara yang termasuk ke dalam daftar negara terkaya di dunia, dengan jumlah miliarder yang cukup banyak di negaranya.

 

Daftar Negara Terkaya di Dunia

Berbicara tentang kekayaan seseorang memang tak akan ada habisnya, tapi apakah Anda penasaran, negara mana yang memiliki jumlah kekayaan tertinggi?

Baik yang berasal dari sistem pemerintahannya, pengelolaan sumber daya alam atau bahkan pengelolaan sumber daya manusianya.

Yuk, simak beberapa daftar negara terkaya di dunia menurut Forbes!

 

#1 Amerika Serikat

Daftar miliarder tahunan Forbes mengungkapkan, bahwa Amerika Serikat masih menjadi salah satu negara terkaya di seluruh dunia.

Mengutip Kompas.com pada Mei 2022, Amerika Serikat sempat menduduki posisi delapan sebagai negara terkaya.

Global Finance Magazine bahkan menilai melalui Produk Domestik Bruto (PDB), dimana pencapaian PDB-nya US$ 69.375 atau sekitar Rp 994 juta.

Oia, perlu diketahui salah satu indikator yang masuk pada perhitungan PDB ialah investasi.

Saat ini sudah banyak jenis investasi yang ditawarkan kepada masyarakat. Tak jarang hal ini membuat kita bingung untuk memilih produk investasi yang tepat.

Tapi sekarang ini Anda bisa menghilangkan kebingungan itu, karena Finansialku punya ebook gratis yang bisa dipelajari untuk membantu menentukan instrumen investasi yang sesuai kebutuhan.

Ebook GRATIS, Panduan Praktis Menuju Investasi yang Sukses

Banner Ebook Panduan Praktis Menuju Investasi yang Sukses - Web
Banner Iklan Ebook Panduan Praktis Menuju Investasi yang Sukses - HP

 

Kembali tentang Amerika Serikat, mengutip dari tirto.id, Negara Paman Sam juga memiliki hasil industri yang besar, itulah yang menyebabkan negara satu ini memiliki tingkat perekonomian tinggi, dengan total kekayaan bersih mencapai US$ 4,7 triliun.

 

#2 China

Negara yang sempat ramai diperbincangkan saat awal penyebaran pandemi Covid-19 ini, dikutip dari Forbes menduduki posisi kedua sebagai negara terkaya di dunia.

China memiliki jumlah orang terkaya sebanyak 39 miliarder. Salah satu diantaranya yakni Zhong Shanshan, duduk di posisi nomor satu.

Dia adalah pemilik perusahaan minuman terbesar di Tiongkok, kekayaannya mampu menggeser pendiri Alibaba, Jack Ma,hingga ke posisi lima.

Zhong Shanshan sudah didapuk menjadi orang kaya sejak November 2021 dengan total kekayaan US$ 65,9 miliar atau setara Rp 935,78 triliun per minggu.

[Baca Juga: Yuk Tiru! 10+ Tips Sukses Orang China Dalam Berbisnis]

 

#3 India

Selanjutnya adalah India. Negara asal Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak ini menduduki posisi ketiga sebagai negara terkaya di dunia menurut Forbes.

India memiliki jumlah total kekayaan bersih sebesar US$ 750 miliar. Miliarder di India juga meningkat pesat dibandingkan tahun lalu.

Menurut sindonews.com, India mampu mencetak rekor dengan memiliki 166 miliarder di tahun ini.

Terdapat 60 perusahaan yang mampu mengumpulkan US$ 15,6 miliar berdasarkan laporan tahun lalu.

Kekayaan gabungan para miliarder di India juga tumbuh hingga 26%.

Selain itu, perkembangan sektor teknologi di negara itu, mencatat rekor pendapatan hingga 200 dolar AS pada tahun fiskal baru-baru ini.

 

#4 Jerman

Posisi ke empat menurut Forbes ialah Jerman. Menurut tirto.id, Jerman terkenal sebagai pemimpin dunia dalam inovasi di bidang IPTEK.

Negara ini menjadi rumah bagi berbagai lembaga penelitian di bidang teknik, informasi, medis  dan manufaktur.

Tahun 2016, Jerman tercatat sebagai negara dengan GDP (Gross Domestic Product) tertinggi keempat di dunia yaitu sebesar US$ 3.466,6 miliar.

Hal ini berkat sektor industri yang berkembang pesat dibandingkan negara-negara Eropa lainnya.

Sementara di tahun ini, Jerman memiliki total kekayaan bersih mencapai US$ 608 miliar.

 

#5 Rusia

Forbes memilih Rusia sebagai negara terkaya ke 5 dunia dengan kekayaan total bersih US$ 320 miliar.

Miliarder terkaya Rusia merupakan Vladimir Potanin, salah satu orang terdekat dengan Sang Presiden Rusia yaitu Vladimir Putin.

Kekayaan Vladimir Potanin menurut Forbes sebesar US$ 18,5 miliar per 17 Maret 2022, angka itu setara dengan Rp 259 triliun.

Namun akibat invasi sebenarnya kekayaan Potanin turun dibandingkan tahun 2021, mencapai 33% atau sebesar US$ 27 miliar dan menduduki peringkat ke-55 menurut Forbes di tahun lalu.

[Baca Juga: Rusia Stop Ekspor Gas, Negara-Negara Ini Mulai Pusing!]

 

#6 Hongkong

Pernah ke Hongkong? Negara yang dikenal sebagai pusat keuangan dan bisnis global ini, menjadi negara ke-6 terkaya di dunia menurut Forbes.

Hongkong menjadi salah satu negara yang memisahkan diri dari China, namun negara ini masih dianggap sebagai gerbang penting antara perekonomian China ke seluruh dunia.

Miliarder terkaya di Hongkong ialah Li Ka Shing, Forbes bahkan mengakui kerja kerasnya, sehingga kekayaannya mencapai US$ 36 miliar, atau setara dengan Rp 514,8 triliun.

Kerja keras Li Ka Shing bahkan dimulai dengan menjadi seorang penasehat perusahaan, bekerja di perusahaan plastik, berbisnis real estate, mendirikan pelabuhan dunia, hingga ke bidang teknologi.

 

#7 Kanada

Memiliki total kekayaan bersih US$ 178 miliar, Kanada terpilih menjadi negara terkaya ke-7 oleh Forbes.

Negara dengan ibu kota Ottawa ini menjadi negara kedua terluas dunia setelah Rusia.

Dengan luas teritorial sebesar 9.985 juta kilometer persegi, Kanada dikenal memiliki sumber daya alam yang kaya, sumber minyak, uranium, gas alam, nikel, timah, batu bara, gypsum dan masih banyak lagi.

Selain itu, mereka dikenal memiliki kekayaan laut yang dimanfaatkan untuk pangan rakyatnya. Ada 52 miliarder kaya di Kanada, salah satunya yang paling terkaya ialah, Changpeng Zao.

 

#8 Brazil

Negara yang dikenal sebagai negara terpadat di Amerika Selatan ini menduduki posisi ke-8 sebagai negara terkaya menurut Forbes.

Memiliki jumlah miliarder sebanyak 62 orang, Brazil dikenal dengan produk ekspornya seperti jeruk, kopi, tebu, singkong, pepaya dan masih banyak lagi.

Tahun 2019, Brazil bahkan berhasil menduduki posisi ke-4 sebagai negara terkaya di Amerika Selatan.

 

#9 Italia

Giovanni Ferrero disebut sebagai miliarder terkaya di Italia, dengan kekayaan mencapai US$ 34,9 miliar.

Inilah salah satu alasan yang membuat Italia terpilih menjadi negara ke-9 sebagai negara terkaya di dunia versi Forbes.

Italia juga dikenal sebagai salah satu negara dengan pengangguran terendah di Uni Eropa yaitu 8,5%.

Negara ini juga memiliki banyak tempat wisata terkenal, seperti Colosseum atau Air Mancur Trevi.

Bukan hanya wisata, Italia pun memiliki banyak kuliner khas yang bermacam-macam, seperti spaghetti, pizza, pasta, carbonara dan masih banyak lagi.

 

#10 Taiwan

Taiwan dikenal menjadi negara yang industrinya maju di Asia selain Jepang dan China.

Taiwan menjadi negara pengekspor elektronik handphone dan suku cadang mobil terbesar di dunia.

Taiwan, menjadi negara ke-10 menurut Forbes, dengan 51 miliarder di negaranya. Sementara kekayaan bersihnya mencapai US$ 35 miliar Dolar AS.

Zhang Congyuan merupakan salah satu miliarder Taiwan yang memiliki kekayaan US$ 12,1 miliar.

Selain itu Taiwan dikenal memiliki kekayaan artefak yang paling kaya di Asia, yaitu sebanyak 35.000.

Ini mengapa wisata museum di Taiwan sangatlah banyak dengan berbagai tempat bersejarah.

Karena inilah Taiwan selalu terpilih menjadi salah satu tempat destinasi wisata favorit para turis.

[Baca Juga: TKW di Taiwan Dapat Warisan Rp 1 Miliar Dari Aktor Senior!]

 

Demikian 10 negara yang termasuk ke dalam daftar negara terkaya versi Forbes. Seperti yang kita tahu, rata-rata dari negara tersebut memiliki jumlah miliarder yang begitu banyak.

Tentunya, untuk menyandang predikat sebagai miliarder memang diperlukan usaha dan kerja keras, ya. Tapi, di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin, lho!

Seperti kisah Jejouw yang mengubah barang bekas jadi pundi-pundi uang dengan jumlah fantastis. Simak kisah inspiratifnya di video berikut ini:

 

Itulah 10 negara yang dipilih oleh Forbes sebagai negara terkaya di dunia, menurut Anda, apa yang menjadi faktor utama hingga daftar negara di atas menjadi negara yang memiliki miliarder terbanyak di dunia? Yuk, kita diskusikan di kolom komentar!

 

Editor: Ismyuli Tri Retno

Sumber Referensi:

  • Ikhsan Permana SP. 23 Mei 2022. 10 Negara Pencetak Orang Kaya Terbanyak di Dunia, Ada 4 Negara Asia. Inews.id – https://bit.ly/3xOdCEH
  • Admin. 20 Oktober 2012. Ini Rahasia Kemajuan Industri Taiwan. Finance.detik.com – https://bit.ly/3xSq1sg
  • Wulandari. 3 Februari 2022. Contoh Amerika Serikat Sebagai Negara Maju dan Profilnya. Tirto.id – https://bit.ly/3mNlXmC
  • Taufiq Renaldi Arfiansyah. 19 Maret 2022. Daftar 10 Negara Terkaya di Dunia, Luksemburg Urutan Pertama. Kompas.com – https://bit.ly/3xm8BTq
  • Thea Fathanah Arbar. 11 November 2021. Ini Sumber Cuan Zhong Shanshan hingga Berhasil Depak Jack Ma. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/3b3GQHT
  • Anto Kurniawan. 10 April 2022. 10 Miliarder Terkaya India Tahun 2022, 2 Posisi Teratas Tak Punya Tandingan di Asia. Ekbis.sindonews.com – https://bit.ly/3QrFcjA
  • Yonada Nancy. 13 Maret 2022. Profil Jerman Sebagai Salah Satu Negara Maju di Dunia. Tirto.id – https://bit.ly/3MRglTe
  • Dinda Audriene. 20 Maret 2022. Vladimir Potanin, Raja Nikel Rusia Berharta Rp 259 T. Cnnindonesia.com – https://bit.ly/3HqoaOn
  • Vera Khairifah. 14 Agustus 2020. 10 Negara Terkaya di Amerika Selatan, Mampu Bangkit dari Kritis. Cekaja.com – https://bit.ly/3OdTdPN