Buat kamu yang mau lanjut studi dan mencapai cita-cita, yuk simak dulu daftar sekolah kedinasan terfavorit & terbaik Tanah Air.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Sekolah Kedinasan

Sekolah kedinasan perguruan tinggi di tanah air memang banyak menyedot perhatian para peminat Perguruan Tinggi Kedinasan atau PTK.

Di Indonesia tergolong cukup banyak perguruan tinggi negeri yang mencetak para pejuang masa depan bangsa dari segi pendidikan.

Berbeda dengan Perguruan Tinggi Negeri atau PTN, Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) menawarkan berbagai kelebihan, seperti pendidikan gratis karena tersedianya beasiswa, dan ladang pekerjaan langsung kepada para mahasiswa yang telah lulus dari perguruan tinggi.

 

Daftar Sekolah Kedinasan (PTK)

Mau intip-intip informasi tentang Perguruan Tinggi Kedinasan atau PTK? Simak daftar sekolah kedinasan berikut ini!

 

#1 STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara)

Sejak berdirinya tahun 1952, STAN telah disebut juga dengan sebutan PKN STAN, Politeknik Keuangan Negara STAN, sebuah pendidikan tinggi kedinasan yang berada di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan RI.

Nama STAN memang sudah menjadi buah bibir di kalangan masyarakat sebagai Perguruan Tinggi Kedinasan yang terbaik dan favorit setiap tahunnya.

10+ Daftar Sekolah Kedinasan Terfavorit & Terbaik Tanah Air Tahun 2020 01 - Finansialku

[Baca Juga: Simak Kata-kata Bijak Napoleon Bonaparte Agar Anda Jadi Pemimpin Disegani]

 

Salah satu yang menjadi daya tarik bersekolah di STAN adalah karena tidak adanya biaya yang akan dipungut oleh pihak perguruan tinggi kepada pihak mahasiswa, baik uang selama pembelajaran maupun uang untuk asrama sekalipun.

Selain itu, STAN juga memberlakukan sistem ikatan dinas, sehingga para lulusan atau alumni PKN STAN secara otomatis akan diangkat menjadi CPNS.

STAN menyelenggarakan berbagai jenjang studi dari lulusan SMA, MA dan juga SMK dengan jenjang jurusan Diploma I dan III.

Berikut ini beberapa daftar jurusan STAN dan juga daftar program studi STAN non regular.

Daftar Jurusan STAN:

  • Diploma III / IV Akuntansi
  • Diploma I / III Pajak
  • Diploma III Penilai / Pajak Bumi dan Bangunan
  • Diploma I / III Kepabeanan dan Cukai
  • Diploma I / III Kebendaharaan Negara
  • Diploma III Manajemen Aset

 

Program Studi STAN non-reguler:

  • Diploma IV Akuntansi (Tugas Belajar)
  • Diploma III Akuntansi dengan Kurikulum Khusus
  • Diploma III Pajak dengan Kurikulum Khusus

 

Bagi para mahasiswa program studi Diploma I, perkuliahan akan dilaksanakan selama 2 semester atau 1 tahun di Kampus STAN Jakarta dan Balai diklat keuangan di Medan, Palembang, Makassar, Balikpapan, Manado, Cimahi, Malang, Yogyakarta.

Sedangkan program studi diploma III dilaksanakan selama 6 semester (3 tahun) hanya bertempat di Kampus PKN STAN Jakarta.

 

#2 STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik)

Tertarik untuk belajar statistik, matematika, data dan komputer?

STIS atau Sekolah Tinggi Ilmu Statistik bisa menjadi salah satu pilihan Sekolah Kedinasan yang akan memberikan gelar S.ST (Sarjana Sains Terapan) bagi para alumninya.

Berdiri sejak tahun 1958, STIS dikelola oleh Bada Pusat Statistik dengan daftar program studi sebagai berikut.

 

Daftar Program Studi STIS:

  • Program Studi D-IV Statistika, terdiri dari peminatan Ekonomi dan peminatan Sosial Kependudukan
  • Program Studi D-IV Komputasi Statistik.

 

Dalam praktiknya, Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) menyuguhkan 2 jurusan untuk program Diploma IV, yaitu Jurusan Statistik dan Jurusan Komputasi Statistik dengan jumlah beban studi masing-masing berkisar antara 140 hingga 160 SKS.

Program Studi Statistika memiliki 2 peminatan, yaitu Statistika Ekonomi yang lebih menyorot tentang pelaksanaan kegiatan dan analisis data statistik mengenai perekonomian, dan Statistika Sosial Kependudukan yang menggali ilmu statistika di bidang kependudukan, statistik sosial serta demografi.

Program Studi Komputasi Statistik  mempelajari tentang teknik pengolahan data, analisis data, membuat program dan juga menyusun sistem informasi statistik.

Mahasiswa mau belajar investasi? Ini saat yang tepat!

Pelajari pada video ini yaa

 

#3 STSN (Sekolah Tinggi Sandi Negara)

Para peminat dunia keamanan data dan internet, jurusan di kuliah ini bisa jadi salah satu yang perlu masuk dalam daftar.

Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) merupakan Sekolah Kedinasan yang secara langsung berada di bawah Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dimana para mahasiswanya akan merampungkan pendidikannya selama 4 tahun dengan gelar Diploma IV.

Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) mengadakan 2 program studi, diantaranya:

  • Program Studi D-IV Manajemen Persandian
  • Program Studi D-IV Teknik Persandian, terbagi menjadi 2:
    • Teknik Kripto
    • Teknik Rancang Bangun Peralatan Sandi

 

STSN melakukan pembagian program studi saat semester 1, sedangkan di semester 3 pada Program Studi Teknik Persandian akan dilaksanakan peminatan.

Para calon mahasiswa yang ingin masuk ke STSN perlu mengetahui bahwa Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru STSN melakukan sistem gugur yang dilaksanakan secara bertahap.

 

#4 STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara)

Berada di bawah pengawasan Badan Intelijen Negara, STIN atau Sekolah Tinggi Intelijen Negara merupakan sekolah kedinasan yang kampusnya terletak di daerah Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Para taruna di Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) tidak hanya belajar tentang ilmu intelijen, tetapi juga tentang ketahanan fisik serta mental.

STIN sendiri berdiri dengan mengemban tujuan untuk mempersiapkan taruna yang merupakan anggota masyarakat intelijen dengan kemampuan akademik dan keahlian profesional sehingga dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu intelijen, ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni bidang intelijen untuk menjaga persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) menyelenggarakan 2 program studi, diantaranya adalah Agen dan Analisis.

 

#5 AKMIL (Akademi Militer)

Menjadi calon pembela negara di garda terdepan bisa dicapai salah satunya dengan masuk sebagai anggota AKMIL atau Akademi Militer yang merupakan pendidikan TNI Angkatan Darat yang lokasinya berada di Kota Magelang, Jawa Tengah.

Para lulusan AKMIL akan menjadi perwira TNI angkatan darat dengan gelar S.ST.Han atau Sarjana Terapan Pertahanan, dimana mereka akan memiliki pangkat Letda (Letnan Dua).

Para taruna akan menempuh masa pendidikan selama 4 tahun, di mana pada tahun pertama akan dilaksanakan Pendidikan Dasar Keprajuritan Chandadimuka yang dilakukan bersama taruna Akademi Angkatan Laut (AAL), Akademi Angkatan Udara (AAU) dan Akademi Kepolisian (AKPOL).

Salah satu lulusan dari AKMIL adalah Mantan Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono, sehingga membuat AKMIL menjadi salah satu Sekolah Kedinasan terfavorit di Tanah Air.

Berikut ini adalah berbagai jurusan atau program studi yang ditawarkan dalam AKMIL, antara lain.

  • D-IV Manajemen Pertahanan
  • D-IV Teknik Mesin Pertahanan
  • D-IV Teknik Sipil Pertahanan
  • D-IV Teknik Elektronika Pertahanan
  • D-IV Administrasi Pertahanan

 

#6 AAL (Akademi Angkatan Laut)

Para taruna Akademi Angkatan Laut atau AAL akan menjalani masa pendidikan selama 4 tahun dengan gelar S.ST.Han serta mendapatkan pangkat Letda (Letnan Dua), sama seperti lulusan dari AKMIL (Akademi Militer).

Pendidikan Akademi Angkatan Laut ini berlokasi di Krembangan, Surabaya dengan jurusan atau program studi yang ditawarkan sebagai berikut.

  • D-IV Manajemen Pertahanan Matra Laut
  • D-IV Manajemen Pertahanan Matra Laut Aspek Darat
  • D-IV Manajemen Logistik dan Keuangan Matra Laut
  • D-IV Teknik Mesin Kapal Perang
  • D-IV Teknik Elektronika Kapal Perang

 

#7 AAU (Akademi Angkatan Udara)

Sama seperti para taruna lulusan AKMIL (Akademi Militer) dan AAL (Akademi Angkatan Laut), para taruna lulusan AAU (Akademi Angkatan Udara) akan mendapatkan gelar S.ST.Han dan mendapatkan pangkat Letda (Letnan Dua) dimana pendidikan ini berlokasi di Yogyakarta, dekat dengan Bandara Adi Sucipto dengan masa pendidikan selama 4 tahun.

Berikut ini adalah jurusan atau program studi yang ditawarkan dalam AAU (Akademi Angkatan Udara).

  • D-IV Teknik Aeronautika Pertahanan
  • D-IV Teknik Elektronika Pertahanan
  • D-IV Teknik Manajemen Industri Pertahanan

10+ Daftar Sekolah Kedinasan Terfavorit & Terbaik Tanah Air Tahun 2020 02- Finansialku

[Baca Juga: Pelajari Gaya Kepemimpinan Ridwan Kamil Yang Sering Memboyong Berbagai Penghargaan]

 

#8 AKPOL (Akademi Kepolisian)

Mau jadi Polisi?

Akademi Kepolisian adalah lembaga pendidikan tinggi yang menelurkan para lulusan yang dengan pangkat perwira POLRI.

Para taruna akan mengenyam pendidikan di Kota Semarang, Jawa Tengah dengan masa studi selama 4 tahun dimana para lulusannya akan dianugerahi pangkat Ipda (Inspektur Pangkat Dua) dengan gelar STK (Sarjana Terapan Kepolisian).

Ada berbagai macam tes yang harus dilewati untuk menjadi para taruna Angkatan Kepolisian (AKPOL), diantaranya seperti tes akademik, tes fisik, tes psikologi dan juga tes kesehatan.

Mau siapkan dana untuk daftar sekolah kedinasan? Siapkan saja dananya dengan Aplikasi Finansialku. Gunakan Kode Promo: CUAN50 untuk harga berlangganan Aplikasi Finansialku MEMBER PREMIUM.

Konsultasi gratis dulu aja dengan Perencana Keuangan Finansialku yang siap memberikan berbagai pertimbangan seputar keuangan supaya studimu lancar.

Download aplikasinya di sini ya!

playstore icon
appstore icon

 

#9 IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri)

Sekolah Kedinasan IPDN atau Institut Pemerintahan Dalam Negeri berada di bawah naungan Departemen Dalam Negeri Republik Indonesia dengan tujuan untuk mempersiapkan para kader pemerintah baik di tingkat pusat maupun daerah.

Beberapa program studi yang ditawarkan dalam Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) ini antara lain:

  • D-IV Politik Pemerintahan
  • D-IV Manajemen Sumber Daya Aparatur
  • D-IV Pembangunan Dan Pemberdayaan
  • D-IV Administrasi Kependudukan Dan Catatan Sipil
  • D-IV Keuangan Daerah
  • S1 Manajemen Keuangan
  • S1 Manajemen Pembangunan
  • S1 Manajemen Pemerintahan
  • S1 Manajemen Sumber Daya Manusia
  • S3 Ilmu Pemerintahan

 

Mau tahu cara mengatur keuangan ala mahasiswa? Pelajari melalui e-Book Finansialku berikut!

Ebook Perencanaan Keuangan Untuk MAHASISWA

Download Sekarang, GRATISSS!!!

Ebook Mahasiswa

Download Ebook Sekarang

 

#10 STTD (Sekolah Tinggi Transportasi Darat)

Di bawah naungan Kementerian Perhubungan, Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) ini merupakan pendidikan berbasis akademik dan vokasi dalam bidang transportasi darat dengan lokasi kampus di Bekasi, Jawa Barat.

Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) mulanya adalah Sekolah Kedinasan dengan nama Akademi Lalu Lintas atau AAL yang kemudian berubah hingga saat ini.

Berbagai Program Studi Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) antara lain:

  • Diploma II Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB)
  • Diploma III Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan (LLAJ)
  • Diploma III LLASDP
  • Diploma III Perkeretaapian
  • Diploma IV Transportasi Darat

 

Para calon taruna di Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) diwajibkan untuk lulus dalam setiap tahapan seleksi, diantaranya Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), Tes Akademik, Psikotes, dan Wawancara.

 

#11 STPI (Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia)

Didirikan pada tahun 1952 di Jakarta Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) adalah sekolah kedinasan yang berada di bawah Kementerian Perhubungan Indonesia dengan nama awalnya adalah API (Akademi Penerbangan Indonesia).

Setidaknya ada 4 jurusan atau program studi yang ditawarkan, diantaranya adalah:

  • Jurusan Penerbangan
  • Jurusan Teknik Penerbangan
  • Jurusan Keselamatan Penerbangan
  • Jurusan Manajemen Penerbangan

 

Para taruna di STPI (Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia) adalah mereka yang berhasil lulus dari berbagai tes yang diselenggarakan, seperti tes akademik, tes kesehatan, psikotes, dan seleksi wawancara.

Para lulusan STPI (Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia) dapat bekerja di berbagai perusahaan maskapai penerbangan, perusahaan penyedia lalu lintas udara, dan perusahaan pengelola bandara.

 

#12 STMKG (Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika)

Berada di bawah BMKG (Badan meteorologi Klimatologi dan Geofisika), para taruna Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) ini akan diangkat menjadi para PNS BMKG yang akan ditempatkan di berbagai kantor BMKG di seluruh penjuru Tanah Air.

Ada 4 program studi atau jurusan yang ditawarkan Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG), yaitu:

  • Meteorologi
  • Klimatologi
  • Geofisika
  • Instrumentasi

 

Berbagai tes harus dihadapi untuk menjadi taruna Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG), diantaranya adalah Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Tes Akademik mata pelajaran Matematika, Fisika, dan Bahasa Inggris.  

Setelah itu, tes seleksi dilanjutkan dengan seleksi wawancara dan tes kesehatan.

Para lulusan akan ditempatkan langsung menjadi CPNS di bawah Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika.

 

Tertarik untuk menimba ilmu di salah satu sekolah pada daftar sekolah kedinasan terbaik dan terfavorit di tanah air?

Tentukan pilihanmu dan tuliskan komentar serta tanggapanmu pada kolom yang tersedia di bawah ini!

Kamu juga dapat membagikan informasi dari artikel di atas atau informasi seputar keuangan dari website Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 12 Daftar Sekolah Kedinasan Terbaik dan Favorit 2020. Kampusaja.com – https://bit.ly/3jrtyo4

 

Sumber Gambar:

  • Sekolah 01 – https://bit.ly/32RQuag
  • Sekolah 02 – https://bit.ly/2CEV9lo
  • Sekolah 03 – https://bit.ly/30G7RrU