Dana pendidikan anak tentunya menjadi salah satu hal penting yang harus disiapkan oleh orangtua. Lalu, bagaimana tips untuk mempersiapkannya?

Dewasa ini tak ada lagi yang bisa menyangkal pentingnya pendidikan untuk anak-anak. Meski bukan satu-satunya, pendidikan tetap dihitung sebagai faktor penting dalam menentukan kesuksesan di masa depan.

Tak heran bila banyak orang tua merasa khawatir tak mampu memberikan pendidikan terbaik bagi anak-anaknya. Orang tua mana yang ingin melihat anaknya kebingungan menentukan arah masa depan?

Sayangnya keinginan orang tua memberikan pendidikan terbaik untuk anak kerap jadi salah kaprah. Orang tua justru memilihkan sekolah karena tuntutan gengsi yang tinggi. Semakin mahal sebuah sekolah dianggap semakin bagus.

Meski tak salah, dana pendidikan dan kualitas pendidikan serta kebahagiaan anak tetaplah menjadi faktor yang wajib dipertimbangkan saat memilih sekolah.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Tips Mempersiapkan Dana pendidikan

Seingin apapun orang tua mengirimkan anaknya ke sekolah terbaik akan sulit terwujud jika terbentur masalah dana. Dana pendidikan memang tak bisa dianggap sepele dan harus dipersiapkan sedini mungkin.

Beberapa orang bahkan sudah memutuskan mempersiapkan dana untuk pendidikan sebelum sang anak lahir. Bagi Anda yang sudah memiliki anak tak usah khawatir karena tidak ada kata terlambat asalkan segera Anda persiapkan.

Ini dia beberapa tips mempersiapkan biaya pendidikan yang bisa Anda praktikkan demi masa depan si kecil:

 

#1 Diskusikan Masalah Sekolah dengan Anak Anda

Jika memungkinkan, cobalah ajak anak untuk berdiskusi sekolah seperti apa yang mereka inginkan. Kesampingkan dulu gengsi orang tua dalam memilih sekolah, libatkan anak secara aktif agar nantinya anak benar-benar nyaman menjalankan proses pendidikan mereka.

Bila anak sudah lebih dewasa bisa pula mulai dirancang apa yang menjadi cita-cita mereka. Cita-cita itu bisa dijadikan acuan dalam merancang dana pendidikan.

Jangan Terlambat Lagi! Begini Cara Menyiapkan Dana Pendidikan di Awal Tahun 04 Pendidikan Anak - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Ini Dia Tempat Menyimpan Dana Pendidikan yang Aman dan Mudah]

 

#2 Rencanakan untuk Setiap Jenjang

Anda tentunya ingin menyekolahkan anak setinggi-tingginya. Agar perencanaan tepat, rencanakanlah untuk setiap jenjang. Buat estimasi dana mulai dari pendidikan dasar, pendidikan menengah, hingga pendidikan tinggi.

Pada kebanyakan kasus tabungan pendidikan hanya disiapkan untuk jenjang tertinggi, yakni pendidikan di universitas. Hal itu dilakukan karena memang pendidikan di universitas lah yang memakan biaya paling banyak.

Jika Anda merasa biaya pendidikan hingga SMA masih bisa dipenuhi tanpa tabungan, maka Anda juga bisa melakukan cara yang demikian. Intinya sesuaikan semua dengan situasi dan kondisi finansial Anda.

 

#3 Membuka Tabungan Khusus Pendidikan

Bank-bank konvensional maupun syariah yang ada di Indonesia menyadari betul pentingnya menyiapkan dana pendidikan anak bagi nasabah mereka. Oleh karena itu bank-bank tersebut menawarkan produk khusus berupa tabungan khusus pendidikan.

Produk tersebut bisa Anda manfaatkan sebagai upaya mempersiapkan pendidikan terbaik bagi anak-anak Anda. Konsultasikan dengan pihak bank berapa besaran yang perlu Anda setorkan setiap bulannya.

 

#4 Mengikuti Asuransi Khusus Pendidikan

Selain tabungan, asuransi khusus pendidikan tak kalah pentingnya bagi Anda yang mulai sibuk menyiapkan dana pendidikan.

Asuransi pendidikan menjamin anak Anda tetap bisa sekolah setinggi-tingginya sekalipun nantinya Anda dan keluarga mengalami hal-hal tak terduga yang mengganggu stabilitas keuangan.

 

#5 Mulai Berinvestasi

Tabungan seringkali tak cukup untuk menjamin biaya pendidikan. Anda juga harus mulai berinvestasi untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Pilihlah asuransi jangka panjang atau jangka pendek yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Investasi yang tepat, jelas lebih menguntungkan ketimbang tabungan.

 

Pendidikan = Bekal Terbaik

Tak hanya untuk pendidikan pokok, bila dirasa perlu persiapkan juga dana pendidikan untuk berbagai kursus yang sesuai degan bakat dan minat anak Anda. Ingatlah selalu bahwa pendidikan adalah bekal terbaik yang bisa diberikan orang tua kepada anaknya.

Anda bisa merencanakan dana pendidikan Anda dengan membaca ebook dari Finansialku di bawah ini. Yuk rencanakan dengan tepat, agar terhindar dari utang! Selamat membaca..

Bagaimana Caranya Menyekolahkan Anak dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Silakan download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Sekarang

 

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda ya! Semoga bermanfaat, terima kasih..

 

Sumber Gambar:

  • Dana Pendidikan Anak – http://bit.ly/2lWjwCd

 

Artikel ini ditulis oleh: Adita Widya Pangestika