Bagaimana cara cari pinjaman dana pendidikan syariah yang tepat? Ternyata, ada beberapa langkah yang bisa Anda ambil.

Biar tak bingung, ikuti ulasan ala Finansialku kali ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Pentingnya Dana Pendidikan Syariah

Dana pendidikan syariah adalah alternatif terbaik bagi mereka yang hendak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Penyedia dana syariah yang paling mudah diakses adalah fintech.

Saran dari pemerintah untuk menghindari  fintech abal-abal harus menjadi perhatian khusus.

  

Adakah Pinjaman Dana Pendidikan Syariah Yang Mudah Didapatkan?

Sumber dana terbaik untuk pendidikan adalah sistem syariah, karena peminjam dana tidak akan merasa berat dalam proses pengembalian dananya. 

Cek 6 pinjaman dana pendidikan syariah terbaik di bawah ini dan nikmati manfaatnya untuk melanjutkan pendidikan.

 

#1 Investree

Layanan ini tersedia bagi mereka yang akan meminjam dana, dan juga menjadi sumber dana. Imbalan cukup memuaskan, di mana pendana mendapatkan 20% keuntungan. 

Investree memberi pinjaman untuk usaha, bisnis dan pendidikan. Syarat cukup mudah, yakni mengisi data pribadi dan juga menyediakan KTP. Kejujuran dalam pengisian data sangat dibutuhkan. 

Cek Deh 6 Pinjaman Dana Pendidikan Syariah Berikut Ini! 01 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Investasi Syariah untuk Dana Pendidikan Anak yang Cocok Bagi Anda]

 

Jika dana ini untuk keperluan usaha, maka usaha tersebut diharapkan bukan bentuk usaha yang tidak sejalan dengan syariat Islam.

Plafon pinjaman variatif, mencapai Rp 2.000.000.000. Sedangkan para pendana, dapat menginvestasikan sejumlah uang minimal Rp 5.000.000

 

#2 Danaku Syariah

Pinjaman berbasis online dari Danaku Syariah memudahkan mereka yang membutuhkan pinjaman multiguna atau multi jasa. Pinjaman uang tunai merupakan bagian dari pinjaman multijasa.

Peminjam dapat memanfaatkannya untuk  beasiswa dana pendidikan, dengan tenor 3 hingga 12 bulan. Tenor untuk pinjaman multiguna juga sama. Pinjaman multiguna disini juga berbasis syariah, sehingga ujrah tidak memberatkan.

Syarat utama dari pengajuan pinjaman multiguna adalah karyawan aktif, dengan pinjaman maksimal Rp 10.000.000.

Danaku Syariah juga menyediakan kalkulator pinjaman, sehingga calon peminjam dapat mengkalkulasi kemampuan membayar mereka.

 

#3 Alamisharia

Alamisharia masih memberlakukan peraturan sama seperti Fintech lainnya bagi calon peminjam.  Namun demikian, syarat utama dari calon peminjam adalah pelaku wirausaha dalam bentuk usaha kecil menengah.

Hal ini tentu memudahkan mereka yang selama ini ingin melanjutkan studi, tetapi masih sibuk dengan usaha yang dijalankannya.

Mereka yang ingin memiliki pinjaman dana pendidikan syariah dapat mencoba melakukan pengajuan pinjaman di sini. Tentu, bidang usaha yang digeluti harus jauh dari usaha yang melanggar syariat Islam.

 

#4 Duha Syariah

Pinjaman dana dalam Duha Syariah memang tidak secara spesifik menyebutkan tentang pinjaman dana pendidikan Indonesia. Tetapi, peminjam dapat menggunakan dana pinjaman dari sini untuk melanjutkan  pendidikan.

Duha Syariah menyediakan pinjaman dana untuk keperluan konsumtif, di mana peminjam dapat melakukan pembelian perlengkapan sekolah atau kuliah di beberapa situs belanja daring secara kredit.

Cek Deh 6 Pinjaman Dana Pendidikan Syariah Berikut Ini! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Deposito Syariah Buat Dana Pendidikan Anak? Cek Dulu Faktanya]

 

Semua barang dibeli dapat dicicil melalui aplikasi ini, dengan ujrah yang tidak tinggi, yakni 2% per bulan. Tenor yang tersedia adalah 3 hingga 12 bulan.

Sedangkan pinjaman untuk perjalanan umroh dapat mencapai plafon Rp 30.000.000, dengan tenor 12, 24, dan 36 bulan.

Ujrah 1,5% berlaku untuk pinjaman perjalanan umroh ini. Syarat utama untuk pemohon pengajuan biaya umroh adalah karyawan, terutama karyawan dari perusahaan yang sudah menjalin kerjasama dengan Duha Syariah.

 

#5 Dana Syariah

Fintech ini memberi kesempatan bagi mereka yang ingin meminjam dan juga menjadi peminjam.  Syarat utama dari pemohon pinjaman adalah mereka yang bergerak di bidang properti. 

Syarat utama dari pemohon adalah proposal untuk proyek yang berhubungan dengan properti. Setelah Dana Syariah melakukan verifikasi, maka pemohon pinjaman yang memenuhi syarat  akan mendapatkan dana pinjaman.

 

#6 Syarfi

Syarfi menawarkan dua jenis bentuk pinjaman dana. Pertama adalah pinjaman usaha. Sedangkan pinjaman lainnya adalah pinjaman sosial.

Pinjaman usaha diberikan untuk nasabah yang perlu modal kerja, dengan sistem pengembalian melalui cicilan bulanan, disertai bagi hasil. 

Bagi peminat pinjaman sosial, mereka dapat mengajukan pinjaman untuk pelunasan hutang yang diakibatkan oleh riba, dan lain-lain.

Proses pinjaman dengan akad Qardh sangat memudahkan peminjam. Tentu tidak ada salahnya menggunakan pinjaman dana di sini untuk dana pendidikan syariah

 

Tambahan Beasiswa Dana Pendidikan

Jadi, tak perlu lagi bingung apabila belum mendapatkan bantuan dana pendidikan dari pemerintah. Alternatif pinjaman tersebut di atas dapat memberi kemudahan dalam bentuk dana pendidikan syariah bagi siapa saja.

Untuk menambah pengetahuan Anda tentang keuangan Syariah, yuk simak video berikut ini.

 

 

Mau Menyekolahkan Anak dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang?

Silakan download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Sekarang

 

Jadi, pilihan manakah yang akan Anda ambil? Yuk bagikan informasi penting ini pada anggota keluarga terdekat untuk merencanakan pendidikan, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Gesti Weningtyas. 20 Februari 2020. Tanpa Riba, Cek Pinjaman Online Syariah Terbaik Ini. cekaja.com – https://bit.ly/2NIMyje
  • Admin. Khazanah. danasyariah.id – https://bit.ly/3eGFyzk

 

Sumber Gambar:

  • Dana 1 – https://bit.ly/2NHOad6
  • Dana 2 – https://bit.ly/2CVeVsv
  • Dana 3 – https://bit.ly/2VxlaJw