Apakah Anda sudah mempersiapkan Dana Pensiun? Lajang juga harus mempersiapkan dana pensiun loh!

Mari simak artikel berikut selengkapnya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Dana Pensiun Untuk Lajang

Kehidupan lajang memiliki kelebihan, tidak sedikit di antaranya adalah kebebasan dari kewajiban keuangan keluarga tertentu. Jika tidak ada anak, lajang mungkin tidak perlu fokus menabung untuk kuliah atau meninggalkan harta waris.

Tetapi mereka juga menghadapi tantangan keuangan yang sangat spesifik – terutama dalam hal perencanaan pensiun.

Mempersiapkan Dana Pensiun Untuk Lajang 02 Dana Pensiun 2 - Finansialku

[Baca Juga: Tujuan Dana Pensiun Mengapa Penting Untuk Dimiliki]

 

Jika Anda lajang, berikut adalah lima hal yang dapat Anda lakukan sekarang untuk membantu memastikan bahwa Anda dapat menikmati gaya hidup Anda jauh dari tahun-tahun kerja Anda dan bahwa harta warisan Anda diteruskan kepada orang-orang yang paling Anda sayangi.

Yang termasuk lajang disini adalah yang tidak menikah, cerai hidup atau pun mati.

Pada artikel ini penulis dibantu dengan sudut pandang Debra Greenberg. Debra Greenberg adalah seorang Direktur, IRA (Individual Retirement Account) Product Management di Merrill Lynch. IRA Product Management kurang lebih kalau di Indonesia adalah DPLK.

Iklan Perencanaaan Hari Tua - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Hal Spesifik Yang Harus Diperhatikan Jika Pensiun Lajang

Tentunya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar Anda dapat mempersiapkan semuanya dengan matang sejak dini, perhatikan hal-hal berikut ini:

 

#1 Mempunyai Dana Darurat

Tanpa penghasilan pasangan untuk bersandar, para lajang harus dengan hati-hati membangun keuangan mereka sendiri. Itu dimulai dengan dana darurat untuk membawa Anda melalui krisis.

Aturan praktisnya adalah untuk menjaga biaya hidup tiga hingga enam bulan dalam tabungan jangka pendek, tetapi Greenberg menyarankan bahwa, mungkin masuk akal untuk menyimpan antara 9 dan 12 bulan pengeluaran, atau bahkan suatu dana darurat lebih tergantung pada situasi Anda.

 

#2 Asuransi Kesehatan

Asuransi Kesehatan wajib dipunyai oleh para lajang, termasuk riders penyakit kritis. Biarkanlah orang-orang yang berkata; pakai BPJS saja, tidak perlu riders. Ingat, Anda yang akan melalui ini, bukan mereka.

Visualisasikan jika Anda sakit, sendiri dan harus berjuang antri BPJS. Apakah Anda mau menunggu giliran berobat dalam keadaan sakit? Alokasikan dana untuk kenyamanan dan kesehatan Anda untuk hari tua Anda.

 

#3 Memiliki Long Term Care

Jika Anda tidak memiliki keluarga, Anda harus mempertimbangkan memiliki asuransi cacat dan perawatan jangka panjang. Sebagian besar perusahaan menawarkan cacat jangka pendek dalam bentuk cuti sakit.

Namun, Anda masih perlu mempertimbangkan cakupan cacat jangka panjang untuk mengisi kesenjangan dalam pendapatan dan tabungan pensiun, jika Anda tidak bekerja selama beberapa bulan.

Asuransi perawatan jangka panjang (long term care) juga bisa berperan; membantu membayar perawatan profesional jika Anda sakit dan membutuhkan bantuan untuk melakukan tugas sehari-hari seperti mandi, berpakaian, dan makan.

Di Indonesia, asuransi ini belum tersedia karena orang Indonesia hampir kebanyakan, bertempat tinggal dan hidup tidak jauh dengan kerabatnya.

728x90 hitung sekarang - single
300x250 - Hitung Sekarang - single

 

#4 Dana Pensiun dan Aktivitas Saat Pensiun

Menurut Debra Greenberg, direktur, Manajemen Produk IRA di Merrill Lynch, dewasa lajang cenderung menghabiskan lebih sedikit waktu untuk merencanakan pensiun daripada rekan-rekan mereka yang menikah, tetapi kita juga tahu bahwa kebanyakan orang memiliki visi tentang apa yang ingin mereka capai dalam pensiun.

Namun, itu tidak berarti orang dewasa lajang tidak memiliki tujuan lain. Sementara orang yang sudah menikah sering merencanakan pensiun di sekitar keluarga mereka, orang lajang mungkin ingin bepergian, terlibat dalam pekerjaan sukarela atau memulai bisnis mereka sendiri.

Anda harus memikirkan dan mempertimbangakan visi pensiun Anda ketika Anda merencanakan berapa banyak yang harus Anda tabung.

 

#5 Waris

Jika Anda lajang, Anda harus memiliki arahan untuk perawatan kesehatan dan menunjuk seseorang yang mengambil kuasa untuk keuangan dan kesehatan Anda. Banyak lajang menandatangani kuasa ini kepada saudara kandung atau kerabat lainnya.

Jika Anda tidak memiliki keluarga yang tinggal di dekat Anda, teman dekat atau bahkan pengacara Anda mungkin merupakan pilihan yang lebih baik. Greenberg mengatakan:

“Memastikan keinginan Anda dijabarkan sangat penting sehingga Anda dapat memastikan aset Anda didistribusikan sesuai keinginan Anda.”

 

Mempersiapkan Dana Pensiun Sejak Dini

Pada akhirnya, manusia akan kembali ke hakikatnya yaitu tutup usia. Hal itu alami, akan terjadi pada setiap living individuals, dilakukan seorang diri dan tidak akan mengajak orang lain. Jangan memberi jawaban atas persoalan ini dengan ‘makanya menikah’.

Hal tersebut jelaslah bukan solusi yang SMART (Specific, Measurable, Achievable, Realistic and Timely). Mulailah melakukan investasi untuk pemenuhan kebutuhan pensiun Anda sehingga bisa pensiun mandiri, tidak berutang dan tidak menyusahkan orang lain.

Ayo siapkan dana pensiun Anda sejak dini, jangan sampai terlambat. Selain itu, Anda juga harus merencanakan keuangan Anda dengan baik. Anda bisa membaca ebook Perencanaan Keuangan untuk usia 30 an di bawah ini secara GRATIS, agar keuangan Anda tepat sasaran.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Anda juga bisa dengan mudah menggunakan bantuan Aplikasi Finansialku untuk merencanakan dan mengelola keuangan Anda. Aplikasi Finansialku dapat Anda download melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store, selamat mencoba.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Terimakasih telah membaca artikel ini hingga selesai. Saya yakin Anda sudah mendapatkan pandangan mengenai investasi untuk dana pensiun sangatlah penting dan tidak ada salahnya dimulai sejak dini.

Mungkin ada teman atau kenalan Anda yang perlu membaca artikel ini untuk melakukan lebih memahami mengenai persiapan hidup pada saat pensiun.

Jika Anda share informasi ini, maka Anda akan membuka pemahaman baru akan pembentukan dana pensiun.

 

Sumber Referensi:

  • Rick Pendykoski. 14 Desember 2018. How Singles Should Plan For Retirement. Born2invest.com – https://goo.gl/H922sQ
  • Admin. Retirement Planning for Singles: 5 Tips for Flying Solo. Money.com – https://goo.gl/TDoyPG
  • Admin. The Single Person’s Guide to Retirement. Merrilledge.com – https://goo.gl/nuCHqv

 

Sumber Gambar:

  • Dana Pensiun – https://goo.gl/WMmo9J
  • Dana Pensiun 2 – https://goo.gl/fCT842