Definisi Bank Indonesia adalah Bank sentral negara Republik Indonesia. Ayo ketahui tugas Bank Indonesia serta informasi lengkap lainnya melalui artikel berikut ini.

Selamat membaca!

 

Definisi Bank Indonesia Adalah

Definisi Bank Indonesia adalah bank sentral negara Republik Indonesia berdasarkan Pasal 23D Undang-Undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia dan Undang-Undang (UU) Nomor 23 tahun 1999 tentang Bank Indonesia.

Sebelumnya, Bank Indonesia merupakan De Javasche Bank (ketika pemerintahan Hindia Belanda).

De Javasche Bank didirikan pada tahun 1828 oleh pemerintah Hindia Belanda dengan tujuan sebagai bank sirkulasi yang bertugas untuk mencetak serta mengedarkan uang.

Kemudian, pada tahun 1953 Undang-Undang Pokok Bank Indonesia menetapkan Bank Indonesia untuk menggantikan fungsi dari De Javasche Bank sebagai bank sentral.

Seperti Apa Kinerja Reksa Dana Di Tahun 2019 03 Bank Indonesia - Finansialku

[Baca Juga: Definisi Rekonsiliasi Bank Adalah]

 

Di tahun 1968 muncullah Undang Undang Bank Sentral yang mengatur kedudukan serta tugas dari Bank Indonesia sebagai bank sentral, terpisah dari bank-bank komersial.

Pada tahun 1999, Bank Indonesia memiliki sejarah baru karena disahkannya UU No.23/1999 yang berisi tujuan tunggal dari Bank Indonesia.

Tujuan dari Bank Indonesia adalah untuk mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah.

Kestabilan nilai rupiah ini mencakup dua dimensi yakni kestabilan nilai mata uang terhadap barang dan jasa domestik (inflasi) dan kestabilan terhadap mata uang negara lain (kurs).

Setelah itu, Undang-Undang (UU) Bank Indonesia mengalami amandemen pada tahun 2004 dan 2008.

Pada tahun 2004, amandemen Bank Indonesia berfokus pada aspek penting yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas serta wewenang dari Bank Indonesia termasuk penguatan governance.

Sedangkan pada tahun 2008, Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang No.2 tahun 2008 tentang Bank Indonesia sebagai bagian dari upaya untuk menjaga stabilitas sistem keuangan.

Amandemen ini bertujuan untuk meningkatkan ketahanan perbankan nasional dalam menghadapi krisis global.

 

Kedudukan Bank Indonesia

Bank Indonesia memiliki 2 kedudukan yang penting. Bank Indonesia berkedudukan sebagai lembaga negara yang independen dan sebagai badan hukum.

Yang dimaksud Bank Indonesia berkedudukan sebagai lembaga negara yang independen adalah Bank Indonesia memiliki otonomi yang penuh dalam merumuskan dan melaksanakan setiap tugas serta wewenangnya sebagaimana yang telah ditetapkan di dalam Undang-Undang (UU).

Jadi, pihak luar tidak diizinkan untuk ikut campur dalam tugas Bank Indonesia dan Bank Indonesia juga memiliki hak untuk menolak intervensi dalam bentuk apapun.

SLIK OJK Rilis Sistem Terbaru untuk BI Checking 05 Finansialku Bank Indonesia

[Baca Juga: Definisi Siklus Akuntansi Adalah]

 

Tujuan dari kedudukan ini adalah agar Bank Indonesia dapat melaksanakan peran dan fungsinya sebagai otoritas moneter dengan efektif dan efisien.

Sedangkan yang dimaksud Bank Indonesia sebagai badan hukum publik atau perdata adalah Bank Indonesia memiliki kewenangan untuk menetapkan peraturan-peraturan hukum.

Menetapkan peraturan-peraturan hukum yang merupakan pelaksanaan dari Undang-Undang (UU) yang mengikat seluruh masyarakat luas sesuai dengan tugas dan wewenangnya.

 

3 Pilar Bank Indonesia

Untuk mencapai tujuan Bank Indonesia dalam menjaga kestabilan nilai rupiah, maka terdapat 3 pilar yang mendukungnya.

3 pilar tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter
  2. Mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran
  3. Mengatur dan mengawasi perbankan di Indonesia

 

Sekilas Tentang Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia didirikan dengan latar belakang ketidaktahuannya masyarakat tentang Bank Indonesia, sejarah, serta peran dan fungsi dari Bank Indonesia.

Sebagai dasar filosofis tentang pembangunan Museum Bank Indonesia merupakan peran penting dari Bank Indonesia itu sendiri yang termasuk dalam UU No.23 tahun 1999.

Museum Bank Indonesia merupakan sarana yang sangat penting bagi Bank Indonesia untuk mengedukasi masyarakat Indonesia.

Museum Bank Indonesia ini diresmikan pada tanggal 21 Juli tahun 2009 oleh Presiden Republik Indonesia yaitu Susilo Bambang Yudhoyono.

Oh ya, siapa saja boleh mengunjungi Museum Bank Indonesia ini secara gratis lho, apakah Anda berminat?

Kota Tua Jakarta 02 (Museum Bank Indonesia) - Finansialku

[Baca Juga: Definisi Sistem Informasi Akuntansi Adalah]

 

Di Museum Bank Indonesia, Anda bisa mendapatkan ilmu pengetahuan seputar perjalanan Bank Indonesia, dampak dari kebijakan-kebijakan yang pernah diambil dari waktu ke waktu yang juga merupakan bagian dari perjalanan bangsa Indonesia yang sangat bernilai.

Museum Bank Indonesia ini terletak di Jalan Pintu Besar Utara No. 3, Jakarta Barat. Pemilihan lokasi ini tentunya sangat strategis karena sebelumnya gedung tersebut merupakan lokasi De Javasche Bank.

Lokasi tersebut merupakan bangunan yang sudah ditetapkan sebagai cagar budaya oleh pemerintah dan sekarang dimanfaatkan sebagai Museum Bank Indonesia.

Selain di Museum Bank Indonesia Kota, sekarang Bank Indonesia juga telah merencanakan untuk mendirikan Museum Bank Indonesia di daerah-daerah dengan memanfaatkan bangunan-bangunan yang sudah tidak terpakai lagi.

Bahkan, informasi yang didapatkan adalah kini Bank Indonesia sudah mempersiapkan Museum Mini Bank Indonesia atau MMBI di Kota Padang.

Beberapa fasilitas yang disediakan di Museum Bank Indonesia adalah Pusat Informasi Bank Indonesia (Bank Indonesia Information Centre), perpustakaan, dan lain sebagainya.

Di Bank Indonesia Information Centre, Anda akan melihat berbagai macam informasi dalam bentuk time series dari masa ke masa yang merangkum semua perjalanan Bank Indonesia.

Jadi, Anda tidak perlu repot-repot untuk mengakses informasi tersebut karena semua informasi sudah dikemas dalam perangkat multimedia.

Bank Indonesia Information Centre tidak hanya menyajikan informasi yang berasal dari dalam negeri saja.

Bank Indonesia juga menyediakan beragam informasi yang berasal dari luar negeri.

Jika Anda ingin fasilitas yang lebih modern, Anda dapat memanfaatkan Bank Indonesia Virtual Museum sebagai sarana untuk mengakses informasi tentang Bank Indonesia melalui jaringan internet, menarik kan?

Dengan begitu, Museum Bank Indonesia sangat bermanfaat bagi siapapun termasuk Anda yang ingin memperluas pengetahuan mereka atau siapa saja yang ingin melakukan penelitian yang berhubungan dengan sejarah dari Bank Indonesia.

 

Mengenal Bank Indonesia

Setelah mengetahui definisi Bank Indonesia, sejarah, tugas, fungsi, dan sebagainya, tentunya sekarang Anda sudah semakin mengenal Bank Indonesia.

Kehadiran Bank Indonesia bertujuan untuk mewujudkan perekonomian Indonesia yang lebih baik dengan cara menjaga kestabilan nilai rupiah.

Dengan lebih mengenal Bank Indonesia, setidaknya Anda dapat membantu mewujudkan fungsi serta tugas Bank Indonesia tersebut sesuai dengan posisi Anda masing-masing.

Salah satu hal sederhana yang dapat Anda lakukan adalah dengan bertransaksi menggunakan rupiah serta menggunakan produk lokal Indonesia.

Apakah Anda sudah merencanakan keuangan Anda dengan baik?

Jangan khawatir, Anda bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini secara GRATIS, agar tujuan keuangan Anda bisa tercapai sesuai rencana. Selamat membaca.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

 

Jadi, sudahkah Anda berkontribusi untuk membantu mewujudkan tugas Bank Indonesia? Silahkan berikan komentar dan pendapat Anda di kolom yang telah tersedia.

Anda juga dapat membagikan artikel ini kepada rekan-rekan Anda sehingga semakin banyak orang yang mengenal Bank Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 23 Juli 2017. Sejarah Bank Indonesia Mulai dari Awal Keberadaan Sampai Saat Ini. Uangteman.com – https://bit.ly/2JF9Cyq
  • Admin. 5 Juli 2018. Selamat Hari Bank Indonesia! Yuk, Kenali Sejarah dan Tugasnya. Banksinarmas.com – https://bit.ly/2LrE5ls

 

Sumber Gambar:

  • Definisi Bank Indonesia – http://bit.ly/2YaaGxZ