Apa itu floating loss dan profit? Simak definisi floating loss melalui pembahasan artikel berikut ini!

Yuk simak..

 

Rubrik Finansialku

Rubrik-Finansialku-Finansialku-Dictionary

 

Definisi Floating Loss Adalah

Floating Loss dan Profit (untung dan rugi mengambang) juga dikenal sebagai keuntungan perdagangan terbuka atau kerugian perdagangan terbuka.

Istilah ini merujuk kepada keuntungan atau kerugian yang diperoleh pedagang ketika mereka memegang satu atau beberapa posisi terbuka. Floating Loss dan Profit berubah sesuai dengan posisi terbuka tersebut.

Floating Loss dan Profit mengambang membantu para investor untuk melacak posisi terbuka mereka dan melihat kapan waktunya untuk menutupnya. Penutupan posisi terbuka memblokir setiap perubahan dan menunjukkan deposit tetap.

Untuk investasi jangka panjang yang dibeli, Floating Loss dan Profit mengacu pada perbedaan antara harga saat ini dan harga pembelian.

Untuk investasi yang dijual dalam jangka pendek, Floating Loss dan Profit mengacu pada perbedaan antara harga saat dijual dan harga saat ini.

Floating Loss dan Profit dapat menetapkan nilai aktiva bersih reksa dana (NAB), penilaian portofolio, dan beberapa perlakuan perpajakan. Ketergantungan ini disebut mark to market (MTM).

 

Kapan Floating Loss atau Profit (Untung atau Rugi Mengambang) Terjadi?

Floating Profit biasanya terjadi ketika harga sekuritas saat ini melebihi harga yang awalnya dibayarkan investor untuk sekuritas.

Selain itu, Floating Profit atau laba yang belum direalisasi terkadang terjadi karena mengadakan investasi dalam jangka waktu yang lama menurunkan beban pajak atas laba tersebut.

Misalnya, jika seorang investor memiliki saham lebih dari satu tahun, tarif pajak mereka dikurangi menjadi pajak capital gain jangka panjang.

Floating Profit terjadi ketika investor menahan investasi yang merugi, seperti saham yang nilainya turun setelah posisi dibuka.

Seperti Floating Profit, kerugian akan terjadi setelah posisi ditutup untuk kerugian. Ada dua alasan mengapa investor dapat memilih untuk menjual dalam keadaan rugi: kebutuhan uang tunai pada saat itu atau pencegahan kerugian lebih lanjut dalam sekuritas yang harganya diperkirakan akan turun lebih rendah.

Definisi Floating Loss Adalah 02

[Baca Juga: Pahami Terlebih Dahulu Definisi Capital Loss Adalah]

 

Saat pasar berfluktuasi, posisi Floating Profit pada akhirnya dapat berubah menjadi posisi dengan Floating Loss dan sebaliknya.

Floating Loss dan Profit juga disebut untung atau rugi yang belum direalisasi, tidak tercatat, atau belum diputuskan.

Floating Loss dan Profit yang belum direalisasi juga disebut untung atau rugi kertas karena keuntungan atau kerugian aktual tidak dapat ditentukan sampai posisi ditutup.

Ketika seorang pedagang membuka perdagangan pada hari ke-1 dan menutup perdagangan pada hari ke-5 untuk mendapatkan keuntungan Rp 1.000.000 (satu juta rupiah), ini disebut laba yang direalisasikan.

Keuntungan yang direalisasikan dapat dikonversi menjadi uang tunai dan ditambahkan ke saldo akun Anda. Kerugian yang terealisasi dapat dikonversi menjadi uang tunai dan dikurangkan dari saldo akun.

Antara hari 1 dan 5, sebelum perdagangan ditutup, harga perdagangan dapat bergerak sehingga untung atau rugi tidak akan terealisasi karena Anda belum menutup perdagangan.

Jadi ini adalah representasi teoritis dari keuntungan tunai Anda jika Anda segera menutup perdagangan.

Banyak investor menghitung nilai saat ini dari portofolio investasi mereka berdasarkan nilai yang belum direalisasi.

 

 

Anda dapat membagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan!

Apabila Anda memiliki kesulitan dalam perencanaan keuangan, Anda dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku yang siap membantu Anda.

Jika Anda memiliki saran, tanggapan atau pertanyaan, Anda dapat menuliskannya pada kolom yang telah tersedia di bawah ini. Terima kasih!

 

Ebook GRATIS, Panduan BERINVESTASI SAHAM Untuk PEMULA

9 Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

 

Sumber Referensi:

  • Floating Profit or Loss (P&L). Monfex.com – https://bit.ly/3944Dma
  • Pelatihan Profit Internasional. 16 November 2019. Mengenal Stop Loss, Take Profit dan Trailing Stop Dalam Trading. Pelatihanprofitinternasional.com – https://bit.ly/2LgH7dv
  • Dosen Investor. 4 Strategi Cut Loss Saham Agar Tidak Rugi. Doseninvestor.com – https://bit.ly/2L3CS59

 

Sumber Gambar:

  • FloatingLoss – https://bit.ly/3ozHA9k, https://bit.ly/3oymjwS