Ketahui bacaan doa Lailatul Qadar dan tanda-tanda datangnya malam kemuliaan tersebut melalui artikel ini.

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Bacaan Doa Lailatul Qadar dan Tanda dari Datangnya Malam itu

Bulan suci Ramadan tinggal beberapa hari lagi.

Memasuki bagian 10 malam terakhir umat Islam biasanya berduyun-duyun mencari Lailatul Qadar atau dikenal juga sebagai malam kemuliaan.

Malam Lailatul Qadar sangat dinantikan oleh para muslimin. Malam ini digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan lainnya.

Ada banyak banyak rahmat yang diturunkan Allah di malam ini, salah satunya, turunnya Al Quran melalui Nab Muhammad SAW.

Menurut hadis yang diriwayatkan Aisyah, Nabi Muhammad SAW memerintahkan: “Carilah Lailatul Qadar itu pada tanggal gasal dari sepuluh terakhir pada bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari)

Dikutip dari Aljazeera melalui detik.com, tak ada yang tahu pasti tanggal turunnya malam Lailatul Qadar. Tetapi, malam kemuliaan itu diyakini berlangsung di salah satu hari pada 10 malam terakhir bulan Ramadan.

Ada banyak umat Islam yang percaya Lailatul Qadar terjadi di malam hari ke-27 bulan Ramadan atau tanggal ganjil. Ini mengacu pada hadits riwayat Bukhari, Nabi Muhammad SAW bersabda Lailatul Qadar terjadi di malam ganjil.

“Carilah Lailatul Qadar itu pada tanggal gasal dari sepuluh terakhir pada bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari)

Bacaan Doa Lailatul Qadar Seusai Riwayat Hadis Di Sini 02

[Baca Juga: Begini Cara Itikaf Di Rumah Menyambut Lailatul Qadar]

 

Kemudian, tanda-tanda lain dari malam Lailatul Qadar bisa diindentifikasi lewat cuaca, riwayat dari Ibnu Abbas, Rasullulah SAW bersabda:

“Lailatul Qadar adalah malam yang penuh kemudahan dan kebaikan, tidak begitu panas, juga tidak begitu dingin, pada pagi hari matahari bersinar tidak begitu cerah dan tampak kemerah-merahan yang begitu menghangatkan dan menenangkan.” (HR. Al Baihaqi)

Meski tidak diketahui secara pasti kapan Lailatul Qadar akan datang di salah satu malam bulan Ramadan, umat Islam dianjurkan memperbanyak amalan-amalan ibadah pada setiap malam Ramadan.

Nah, Sobat Finansialku, berikut ini adalah bacaan doa amalan Lailatul Qadar beserta artinya;

Diriwayatkan dari Aisyah, ia berkata:

“Aku bertanya, “Ya Rasulullah. Apa pendapat engkau jika aku tahu kapan malam Lailatul Qadar (terjadi), apa yang harus aku Dzikir kan/baca?”

Rasulullah menjawab, ‘Bacalah;

اَللَّهُمَّ اِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى

Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni’”

 

Artinya: “Wahai Tuhan, Engkau Maha Pengampun, menyukai orang yang minta ampunan, ampunilah aku”

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Usia 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang malam Lailatul Qadar yang penuh kemuliaan ini? Kamu bisa berbagi pandangan lewat kolom komentar di bawah, ya.

Oh iya, sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat.

 

Sumber Referensi:

  • Beni Jo. 14 Mei 2020. Bacaan Doa Amalan Malam Lailatul Qadar: Tulisan Arab-Latin & Makna. Tirto.id – https://bit.ly/3cQtM4G
  • Admin. 19 Mei 2020. Bacaan Doa & Zikir Menggapai Malam Lailatul Qadar, Keutamaan di 10 Hari Terakhir Bulan Ramadhan. Serambinews.com – https://bit.ly/3cRH5BK
  • Puti Yasmin. 18 Mei 2020. Malam Lailatul Qadar, Apa Artinya?. Detik.com – https://bit.ly/2WMvezt
  • Dandy Bayu Bramasta. 16 Mei 2020. Beragam Hal yang Perlu Diketahui soal Malam Lailatul Qadar. Kompas.com -https://bit.ly/2zPbvpN

 

Sumber Gambar:

  • Lailatul Qadar 01 – https://bit.ly/2XekEQz
  • Lailatul Qadar 02 – https://bit.ly/2ZmwSsX