Apa sih doa bayar utang yang cocok untuk hidup live debt free? Siapa sangka, doanya sangat sederhana, lho!

Ini doa dan beberapa info lain seputar terbebas utang, hanya di Finansialku. 

 

Summary

  • Jika seseorang ingin live debt free atau hidup bebas utang, maka perlu mengetahui cara mengatur keuangan dan cara melunasi semua utangnya.
  • Sesuai prinsip Ora et Labora, kita akan sangat sulit jika bekerja tanpa diiringi doa.
  • Setelah berusaha dan berdoa, hal penting lain adalah menjaga etika membayar utang, seperti tepat waktu, tidak mengurangi jumlah utang, dan tidak menambah utang baru.

 

Pengertian Live Debt Free, Hidup Tanpa Utang 

Untuk bisa menjalani hidup yang live debt free, seseorang harus berusaha melunasi utang dibantu dengan doa bayar utang. Sebelum lebih lanjut, apa itu live debt free?

Jadi, sebenarnya live debt free adalah cara agar hidup kita terbebas dari utang yang memberatkan.

Sehingga seseorang perlu untuk mengetahui cara mengatur keuangan, juga bagaimana caranya agar semua utang dapat dilunasi.

Banyak sekali kiat untuk memulai hidup tanpa utang, yang pertama adalah membuat perencanaan keuangan. Perencanaan keuangan atau financial planning adalah salah satu yang penting untuk mengatur keluar masuknya pendapatan.

Mengetahui seberapa besar kemampuan diri sendiri untuk membeli sesuatu, membuat Anda dapat terhindar dari utang.

Menyesuaikan keuangan berdasarkan keperluan, jika memiliki utang maka disegerakan untuk membayarnya.

Live debt free juga artinya adalah kestabilan finansial yang dapat membantu seseorang merasa cukup dengan apa yang dimiliki.

Sehingga, orang tersebut tidak akan memiliki pemikiran untuk menumpuk utang karena permasalahan kebutuhan.

Cara lain untuk mencapai live debt free adalah dengan meminimalkan pembelian secara mencicil, apalagi kebutuhan sekunder. Misalnya mobil dan barang-barang elektronik.

Lebih baik untuk membeli barang bekas sesuai kemampuan, daripada harus mencicil barang baru.

Prinsip ini diperlukan untuk meminimalkan cicilan yang menumpuk, yang bisa sangat merugikan karena bunga yang harus dibayar juga besar.

 

Ora Et Labora dan Doa Bayar Utang 

Jangan lupa untuk mendisiplinkan diri menabung beberapa persen dari pemasukan Anda setiap jangka waktu tertentu. Misalnya menabung 10% dari total gaji bulanan Anda.

Menabung dengan cara ini tidak akan terasa menghabiskan uang, karena Anda bisa mengatur sendiri.

Berapa persen sekiranya yang bisa Anda tabung dengan rutin, tabungan ini juga bisa menjadi dana darurat di kala membutuhkan.

 

#1 Pengertian Ora Et Labora 

Ora Et Labora jika dipisah per suku kata, Ora artinya doa dan Labora adalah bekerja. Sehingga Ora Et Labora menjelaskan bahwa sangat sulit untuk bekerja tanpa diiringi doa.

Ora Et Labora juga mengajarkan prinsip untuk bekerja ataupun berusaha dengan sekuat tenaga. Hal tersebut bisa diartikan bahwa, untuk mencapai live debt free, kita harus terus bekerja dan disiplin dalam berusaha.

Karena sejatinya kestabilan finansial Anda adalah sesuatu yang harus dicapai dengan usaha yang kuat. 

[Baca Juga: 5 Cara Melunasi Utang Menumpuk Dengan Cepat Tanpa Riba]

 

#2 Doa Membayar Utang 

Ini adalah salah satu doa bayar utang yang bisa diamalkan agar utang yang dimiliki bisa cepat terbayarkan. Jika tidak terlalu lancar membaca dalam bahasa Arab, Anda bisa melafalkannya dalam bahasa Indonesia.

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu, dari kesusahan maupun kesedihan, dari kelemahan maupun kemalasan, dari ketakutan dan kekikiran. Dikalahkan oleh utang serta penguasaan orang lain.”

 

Doa bayar utang  di atas adalah doa yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW yang bisa menjadi amalan di samping usaha untuk menerapkan Ora Et Labora yang baik.

 

#3 Usaha Membayar Utang 

Doa bayar utang sejatinya ada banyak, tetapi intinya adalah untuk memudahkan kita membayar utang. Selain itu, Ora Et Labora juga membuat kita memiliki prinsip untuk berusaha melunasi utang.

Usaha-usaha yang dilakukan tersebut linear dengan bagaimana seseorang nantinya akan memiliki kehidupan yang bebas utang.

 

#4 Hidup Bebas Utang 

Inti dari pembahasan Ora Et Labora adalah bagaimana seseorang bisa terbebas dari utang dan cicilan. Gaya hidup bisa diubah untuk membantu memenuhi kehidupan yang free dept. 

Mengutamakan prinsip menabung dibanding dengan kredit, juga mengutamakan benda atau produk apa yang lebih penting dan urgent untuk dibeli.

Cobalah perlahan untuk mengubah mindset Anda tentang utang dan cicilan. Untuk mengubahnya bisa melalui beberapa hal seperti dalam ebook gratis berikut ini.

Banner Iklan Ebook Cara Terbebas dan Terhindar dari Utang - PC
Banner Iklan Ebook Cara Terbebas dan Terhindar dari Utang - HP

 

#5 Budayakan Sabar

Salah satu kunci untuk hidup bebas utang adalah sabar, karena dengan bersabar Anda bisa tahu mana yang utama. Lebih lagi, sabar dapat membantu Anda berpikir jernih dan panjang sehingga tidak impulsif ketika menginginkan sesuatu.

 

#6 Membuat Financial Planning

Perencanaan finansial membantu Anda untuk mengatur keuangan lebih rapi dan tertata. Hal ini memudahkan untuk mengetahui persentase dana yang harus dikeluarkan untuk suatu hal.

 

Bagaimana Etika Membayar Utang?

Jika sudah berusaha bahkan melafalkan doa bayar utang, cara melunasi utang  yang baik dan benar adalah memerhatikan etika. Bagaimanapun, seseorang yang berutang adalah seseorang yang memiliki tanggung jawab untuk mengembalikan.

Tentunya dalam proses pengembalian itu, etika sebagai peminjam adalah yang paling utama diperhatikan. Etika dalam melunasi utang yang pertama adalah tepat waktu sesuai hari yang sudah disepakati.

Bertekad untuk membayar sesuai waktu yang diminta menjadi salah satu etika baik untuk dilakukan oleh peminjam. Selain itu, sopan dan berterima kasih ketika mengembalikan pinjaman juga adalah salah satu hal penting.

Sebagai pihak yang berutang, penting untuk menjaga sopan santun kepada orang yang telah membantu meminjamkan uangnya kepada kita.

Maka itu, hendaknya mengucapkan terima kasih setelah mendapat pinjaman dan ketika mengembalikan pinjaman.

Selanjutnya adalah, tidak mengurangi jumlah uang pinjaman yang hendak dikembalikan. Penting untuk mengembalikan pinjaman sesuai dengan nominal yang dipinjam, tanpa mengurangi sedikitpun.

[Baca Juga: Terbukti Efektif! 5 Cara Ampuh Melunasi Utang Segunung!]

 

Hal ini berkaitan dengan kepercayaan yang terbangun antara yang meminjam dan yang meminjamkan. Anda akan dinilai sebagai orang yang amanah karena uang tersebut kembali sesuai dengan jumlah yang dipinjam.

Yang terakhir etika seseorang dalam membayar utang adalah sebisa mungkin tidak membuat utang baru. Jika sudah menyelesaikan pembayaran utang, hendaknya seorang yang meminjam tidak lagi berutang.

Membuat pinjaman baru sangat dihindari agar tidak ada lagi utang yang menumpuk dan cicilan yang harus dibayar. Karena tujuannya adalah mencapai live debt free, maka sebisa mungkin untuk menghindari utang  baru.

Dengan begitu, Anda dapat fokus untuk menabung dan hidup penuh syukur dengan sesuatu yang sudah dimiliki. Dibanding mengusahakan sesuatu yang belum dimiliki dengan berutang, lebih baik untuk menabung dan mewujudkannya di masa depan.

Ternyata obrolan tentang doa bayar utang  dan juga Ora Et Labora membawa banyak sekali pelajaran berharga tentang berutang. Obrolan ini menjadi pembelajaran untuk lebih berhati-hati lagi meminjam uang dan memikirkan konsekuensinya.

Dalam hal ini pula pembelajaran lain yang bisa diterima adalah untuk lebih bijak lagi dalam mengatur keuangan Anda. Mementingkan kebutuhan disamping keinginan bisa menjadi salah satu hal penting yang dapat diterapkan.

Sedari dini sadar pengaturan keuangan adalah hal yang baik, sehingga kedepannya bisa mencapai target hidup tanpa utang. Apalagi dengan mengatur keuangan, seseorang bisa mencapai kehidupan finansial yang stabil dan teratur, serta lebih bersyukur.

Jika Anda masih merasa terbebani dengan utang Anda, cobalah untuk berdiskusi dan konsultasi dengan Perencana Keuangan supaya bisa mendapat solusi terbaik.

Anda bisa menghubungi Perencana Keuangan Finansialku melalui menu ‘Konsultasi Finansialku’ di aplikasi Finansialku atau melalui WhatsApp di nomor 0851 5866 2940.

Banner Iklan Konsultasi via Apps - PC
Banner Iklan Konsultasi Apps - HP

 

Setelah membaca artikel di atas, apakah Anda semakin bersemangat dalam mewujudkan live debt free? Jika ya, pastikan untuk berbagi artikel ini dengan teman-teman, terima kasih. 

 

Editor: Ratna SH

Sumber Referensi: 

  • Kastolani. 25 Oktober 2021. Doa Menghadapi Kesulitan Membayar Hutang yang Diajarkan Rasulullah SAW. Inews.id – https://bit.ly/3CE8R2e