Perawatan di dokter gigi adalah salah satu hal wajib untuk dilakukan, agar tubuh tetap sehat. Cari tahu jenis dan rincian biayanya dalam ulasan Finansialku ini. 

 

Summary:

  • Biaya perawatan gigi tergantung pada tinggi/rendahnya permasalahan area mulut pasien, kualitas dokter, dan jenis pusat kesehatan yang pasien kunjungi. 
  • Menjaga kesehatan mulut dan menerapkan gaya hidup sehat membantu mengurangi timbulnya masalah di area gigi dan mulut.

 

Jenis Perawatan Dokter Gigi

Dokter gigi merupakan spesialis yang menangani berbagai masalah di mulut dan gigi. Sebagai spesialis, tentu biaya perawatan oleh dokter ini pasti relatif tinggi. 

Pasalnya, layanan yang dokter berikan tidak hanya mendiagnosis atau memberi resep obat. Akan tetapi, dokter gigi akan langsung memberikan tindakan yang tepat guna menangani masalah dan mulut dengan cepat.

Pada dasarnya, jenis perawatan gigi paling sederhana adalah dengan merawatnya setiap hari secara mandiri. Seperti rutin menggosok gigi dan bila perlu gunakan antiseptik untuk berkumur-kumur. 

Dengan merawat kebersihan mulut dan daerah sekitarnya secara rutin, kamu bisa terhindar dari berbagai permasalahan.

Selain self maintenance, kamu juga harus memeriksakan kesehatan daerah tersebut minimal enam bulan sekali. 

Manfaat dari konsultasi yang dilakukan setiap pertengahan tahun itu adalah untuk pencegahan. Jika ternyata pasien terindikasi masalah, dokter bisa segera menanganinya. 

Selain karena permasalahan serius, perawatan rutin oleh spesialis juga kamu perlukan guna memastikan keindahannya. Salah satu perawatan yang penting dilakukan adalah pembersihan karang gigi. 

Seperti kita ketahui, karang gigi bisa makin membesar dan mengurangi nilai estetika senyuman jika kita biarkan.

Selain itu, berbagai permasalahan lain bisa timbul akibat plak hasil endapan sisa makanan yang tidak kamu bersihkan secara rutin ini. 

Akibat kurangnya perawatan, mulut bisa mengalami pembengkakan, gigi berlubang, dan permasalahan serius lainnya. Sebelum sampai pada penyakit itu, sebaiknya mencegah dengan rutin merawat kesehatan dan kebersihannya. 

Gigi yang bersih tidak hanya menyehatkan, tetapi bisa menghemat biaya perawatan kamu setiap kali konsultasi.

 

 

Biaya Perawatan Gigi

Sebagaimana penjelasan sebelumnya, gigi yang sehat akan mengurangi nominal biaya perawatannya. Artinya, nominal biaya perawatan gigi tergantung pada beberapa faktor.

Di antaranya, tinggi/rendahnya permasalahan area mulut pasien, kualitas dokter, dan jenis pusat kesehatan yang pasien kunjungi.

Nah, berikut adalah estimasi biaya perawatan gigi yang ditetapkan oleh berbagai lembaga pelayanan kesehatan, simak hingga tuntas, ya. 

 

#1 Perawatan di Rumah Sakit

Sebagai informasi, biaya pemeriksaan yang ditetapkan oleh tiap-tiap rumah sakit dokter gigi relatif berbeda. Terlebih, jika status hingga lokasi rumah sakit tersebut juga tidak sama. 

Rata-rata, rumah sakit dengan status swasta akan menetapkan biaya yang lebih tinggi dibandingkan rumah sakit milik pemerintah.

Kemudian, rumah sakit yang berlokasi di kota besar juga umumnya menetapkan biaya cukup mahal untuk layanan perawatannya. 

Disadur dari laman Lifepal yang mengutip dari Alodokter, berikut adalah perkiraan biaya perawatan gigi di rumah sakit. 

  • RS Islam Jemursari, Surabaya mulai dari Rp160.000
  • Banyumanik, Semarang mulai dari Rp60.000. 
  • Siloam Hospitals Kebon Jeruk mulai dari Rp150.000.
  •  RS Mulya Tangerang mulai dari Rp100.000. 
  • Rumah Sakit Budi Asih Cikarang, mulai dari Rp25.000.
  • Rumah Sakit FMC Bogor mulai dari Rp75.000.

 

#2 Periksa Gigi di Klinik

Serupa dengan biaya di rumah sakit, tiap-tiap klinik juga punya kebijakan masing-masing mengenai harga pelayanan kesehatannya. Sebagai informasi, biaya periksa di klinik drg. Dedy Wijaya RS Budi Asih Cikarang mulai dari Rp25.000

Sementara itu, drg. Kim Marygold Abidin di Siloam Hospitals menentukan biaya perawatannya sebesar Rp300.000.

Sebagai informasi, rata-rata biaya perawatan di rumah sakit lain daerah Jabodetabek adalah Rp100.000 sampai Rp200.000.

 

#3 Cek Kesehatan Gigi di Puskesmas

Puskesmas atau Pusat Kesehatan Masyarakat terkenal sebagai tempat pemeriksaan medis dengan biaya yang lebih rendah.

Hal ini karena selain berada di bawah naungan Kemenkes, pemerintah juga telah menetapkan anggaran sebagai subsidi untuk tempat ini. 

Meskipun nominal biaya perawatan cek kesehatan bagian mulut ini terbilang rendah, kualitas dokter di Puskesmas tidak perlu kamu ragukan.

Sebab, penetapan harga tersebut juga merupakan ketentuan yang harus dipenuhi puskesmas sebagai standar pelayanannya. 

Sebagai informasi, besaran biaya cek kesehatan mulut juga terbilang variatif, tergantung pada lokasi tempat hingga kualitas dokter.

Di DKI contohnya, Gubernur telah membuat peraturan mengenai tarif pelayanan tempat medis ini dalam Pergub Nomor 143.

Di antaranya, biaya tambal gigi sementara di DKI mulai dari Rp30.000, sementara tambal gigi tetap biasanya mencapai Rp50.000.

Kemudian, perawatan tarifnya mencapai Rp30.000 per gigi dan biaya cabut gigi geraham tanpa injeksi tarifnya adalah Rp30.000 per gigi. 

Bagaimana, sangat murah, bukan? Harga tersebut tentu jauh lebih rendah daripada tarif perawatan di rumah sakit swasta atau negeri. 

Untuk daerah lain, tentu harganya juga bervariasi, sebab tiap pemerintah daerah menetapkan tarifnya masing-masing.

Namun, satu hal yang sama, perkiraan biaya cabut gigi atau tindakan medis lainnya di puskesmas selalu lebih rendah ketimbang di rumah sakit swasta. 

 

Cara Menjaga Kesehatan Gigi

Menjaga kesehatan mulut dan gigi merupakan satu tujuan yang dapat dikatakan susah-susah gampang. Pasalnya, untuk menjadikan gigi tetap sehat harus kamu mulai dengan gaya hidup sehat

Misalnya, tidak mengonsumsi banyak makanan dengan kandungan gula berlebih, berhenti merokok, mengurangi minum-minuman dingin, dan mengurangi makanan asam.

Kemudian, perbanyak minum air putih, memakan makanan bergizi sesuai yang dibutuhkan, dan masih banyak lagi. 

Selain menjaga pola makan, kebersihan bagian mulut juga harus selalu kamu jaga. Caranya adalah dengan memilih sikat berbulu lembut agar tidak merusak tekstur gigi.

Selain sikat, pasta gigi juga harus kamu perhatikan. Pilihlah pasta dengan kandungan fluoride yang cukup dan pastikan menggosoknya secara menyeluruh. 

Selanjutnya, untuk meningkatkan kekuatan, obat kumur bisa kamu manfaatkan guna membunuh bakteri dan menjadikan mulut terasa lebih fresh.

Supaya langkah-langkah tersebut bisa memberikan efek positif, maka cara itu harus kamu lakukan dengan rutin. 

Kamu perlu menggosok dengan teknik lembut dan menggosok sebelum tidur secara rutin. Dengan desain lembut dan motif yang lebih baik, semoga kesehatan mulut pun membaik.

Kamu bisa menyikat gigi setelah bangun tidur, setelah makan, sebelum tidur, dan lain-lain. Selain merawat dengan cara mandiri, pastikan untuk check-up  sesekali ke dokter gigi klinik, rumah sakit, maupun puskesmas. 

Jika kamu memiliki asuransi, maka biaya perawatan gigi bisa terkover sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan uang. Hal ini berlaku pula jika BPJS Kesehatan milikmu aktif dan tidak memiliki tunggakan. 

Tentu kamu tahu kalau kita bisa merasakan sakit kapan saja, apalagi jika gaya hidup kita tidak baik. Oleh karena itu, peran asuransi begitu penting untuk membantu kamu meringankan biaya pengobatan.

Tak hanya itu, kamu juga bisa mengetahui pentingnya asuransi kesehatan bagi kehidupanmu dengan mambaca ebook gratis di bawah ini! 

Banner Iklan Ebook Anti Pusing Mikirin Biaya Kalau Sakit - HP
Banner Iklan Ebook Anti Pusing Mikirin Biaya Kalau Sakit - PC

 

Pastikan untuk selalu mengecek kesehatan gigi kamu secara rutin, dan pahami rincian biaya di atas agar bisa mempersiapkan anggarannya. 

Cek juga apakah orang terdekat kamu sudah tahu info ini, jika belum maka saatnya untuk berbagi. 

 

Editor: Ratna Sri H.

Sumber Referensi:

  • Raditya Wardana. 4 Juni 2020. Update Terbaru Biaya Dokter Gigi dan Perawatan Gigi. Lifepal.co.id – https://bit.ly/3OUpGLL