Mau membayar DP mobil menggunakan kartu kredit? Apakah bisa? Bagaimana caranya? Yuk, ketahui jawabannya di artikel berikut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Kegunaan Kartu Kredit Untuk Bayar DP Mobil

Kartu kredit (credit card/cc) merupakan salah satu pilihan metode pembayaran yang sering dipilih untuk meringankan beban dari pembeli.

Hal ini dikarenakan, dengan menggunakan kartu kredit maka pembeli dapat melakukan cicilan setiap bulannya. Sehingga, mereka dapat menyisihkan uang sedikit demi sedikit untuk memperoleh barang yang mereka inginkan.

Di sisi lain, kartu kredit juga sering menawarkan promo yang tak kalah menarik. Ada promo cicilan 0%, promo buy 1 get 1, diskon, dan promosi lainnya yang bisa berguna jika Anda gunakan dengan bijak.

Bayar DP Mobil Pakai Kartu Kredit. Memang Bisa 03 - Finansialku

[Baca Juga: Simulasi Kredit dan Mengenal 3 Jenis Bunga Kredit yang Perlu Anda Ketahui]

 

Seiring dengan kemajuan teknologi, sekarang membeli kendaraan saja bisa dilakukan secara online. Dengan melalui sebuah platform digital maka Anda dapat membeli kendaraan yang Anda inginkan dengan lebih mudah dan praktis.

Biasanya, pembeli hanya perlu mengirimkan KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan KK (Kartu Keluarga) untuk memproses STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan).

Apalagi, pembeli dapat menggunakan kartu kredit untuk membeli kendaraan yang mereka inginkan.

Walaupun, penggunaan kartu kredit untuk bayar DP (Down Payment) masih rendah di multifinance. Hal ini dikarenakan tidak semua multifinance memiliki fasilitas pembayaran dengan menggunakan kartu kredit.

Selain itu, fee menggunakan kartu kredit hampir sama dengan bunga kredit. Tapi ternyata kartu kredit bisa digunakan untuk membayar DP mobil, lho.

 

5 Penggunaan Kartu Kredit yang Harus Dihindari

Walaupun kartu kredit bisa digunakan untuk berbagai hal, salah satunya adalah untuk membayar DP mobil.

Namun, ada beberapa penggunaan kartu kredit yang sebaiknya Anda hindari. Berikut 5 penggunaan kartu kredit yang harus kamu hindari.

 

#1 Melakukan Gesek Tunai (Gestun)

Gesek tunai atau yang dikenal dengan istilah gestun merupakan penggunaan kartu kredit yang sebaiknya Anda hindari. Apa itu gestun? Gestun adalah proses tarik tunai yang dilakukan oleh pemilik kartu kredit melalui ATM.

Jadi, merchant/pemilik mesin EDC yang menawarkan jasa gestun biasanya akan menggesek kartu kredit Anda. Jadi, seolah-olah Anda melakukan transaksi.

Setelah itu, Anda akan menerima uang tunai yang sesuai dengan limit kartu kredit yang Anda miliki.

Nah, pada kenyataannya Anda akan tetap dikenakan bunga setiap Anda melakukan gesek tunai. Bahkan, praktik gestun ini juga sudah dilarang pemerintah.

Hal ini dalam upaya mengantisipasi kebiasaan berutang yang tidak bertanggungjawab yang mengakibatkan kredit menjadi bermasalah.

Gestun ini juga kerap kali digunakan pihak yang tidak bertanggung jawab dengan melakukan pencucian uang. Jadi, sebaiknya jangan melakukan gestun, ya.

Tapi, jika Anda sudah terlanjur melakukannya dan memiliki utang yang cukup besar, simak video berikut ini untuk mendapatkan tips melunasi utang kartu kredit.

 

#2 Untuk Pengeluaran Sehari-Hari

Penggunaan kartu kredit yang sebaiknya Anda hindari juga adalah menggunakan kartu kredit untuk kebutuhan sehari-hari. Mengapa demikian?

Karena seringkali orang yang menggunakan kartu kredit tidak menyadari sudah berapa banyak tagihan yang menumpuk. Awalnya sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukti deh tagihannya.

Padahal, kalau terlalu sering menggunakan kartu kredit untuk kebutuhan sehari-hari seperti belanja kebutuhan di mini market, membayar kopi di kafe, membayar transportasi online, dan lain sebagainya maka dapat membuat tagihan kartu kredit Anda menumpuk.

Oleh karena itu, sebaiknya gunakan kartu kredit untuk membayar hal-hal yang menguntungkan saja, ya.

Bayar DP Mobil Pakai Kartu Kredit. Memang Bisa 01 - Finansialku

[Baca Juga: 3 Hal untuk Bebas Utang Kartu Kredit]

 

#3 Untuk KPR (Kredit Pemilikan Rumah)

Penggunaan kartu kredit lebih cocok untuk cicilan dalam jangka waktu pendek. Misalnya, untuk bayar cicilan smartphone yang dicicil selama 6 bulan.

Jadi, pembayaran untuk produk tersebut masih dalam nominal yang masih wajar untuk dibayar di bulan selanjutnya.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda tidak menggunakan kartu kredit untuk membayar cicilan rumah, ya. Mengapa demikian? Karena hal tersebut dapat membuat Anda mengembangkan kebiasaan gali lubang tutup lubang.

Seperti yang kita ketahui bahwa biasanya KPR itu sendiri sudah diikuti dengan bunga yang cukup tinggi karena harga rumah yang sudah tinggi. Dengan begitu, maka kemungkinan Anda akan membayar cicilan yang semakin tinggi juga.

Kalau Anda membayar total cicilan KPR dan bunga kartu kredit maka harganya akan semakin tinggi lagi. Jadi, sangat tidak disarankan, ya.

Selain itu, Bank Indonesia juga memberitahukan bahwa kartu kredit sudah dilarang untuk penggunaan membayar angsuran fasilitas kredit lainnya. Jadi, sebaiknya gunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran saja.

 

#4 Untuk Kredit Kendaraan Bermotor (KKB)

Penggunaan kartu kredit untuk kredit kendaraan bermotor juga tidak disarankan. Misalnya, Anda mau cicilan mobil dan membayar DP mobil dengan kartu kredit.

Mobil memiliki nominal yang cukup besar apalagi jika dilakukan dalam jangka waktu yang bertahun-tahun. Hal itu dikarenakan bunga KKB dan bunga kartu kredit yang sudah membuat harga semakin mahal.

Selain itu, Anda juga bisa terjebak dalam kredit macet apabila Anda tidak betul-betul memerhatikan kemampuan membayar cicilan yang dalam jumlah besar tersebut.

Bayar DP Mobil Pakai Kartu Kredit. Memang Bisa 02 - Finansialku

[Baca Juga: Pakai Kartu Kredit untuk Modal Usaha Cek Dulu Deh Informasi Ini]

 

Misalnya, jika Anda mengalami gangguan keuangan di bulan cicilan berikutnya seperti dalam kondisi ekonomi yang sedang melesu ini (karena Covid-19) maka akan berpengaruh terhadap cicilan mobil Anda.

Padahal, bunga kredit dan bunga KKB terus berjalan sehingga harga kendaraan yang Anda beli menjadi mahal.

 

#5 Untuk Modal Bisnis

Tidak jarang orang yang menggunakan kartu kredit untuk modal bisnis mereka. Padahal, menggunakan kartu kredit untuk modal bisnis sangat tidak disarankan.

Sebagai alternatifnya, Anda dapat menggunakan program kredit usaha yang sudah disiapkan oleh bank atau bisnis-bisnis kecil termasuk unit bisnis mikro.

Sehingga, Anda tidak terjerat oleh utang kartu kredit hanya karena modal bisnis.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Entrepreneur & Freelance

Mockup ebook entrepreneur dan freelancer

Download Ebook Sekarang

 

Penggunaan Kartu Kredit

Setelah mengetahui apakah bisa bayar DP mobil pakai kartu kredit serta penggunaan kartu kredit apa saja yang perlu Anda hindari, maka sekarang Anda dapat lebih bijak dalam menggunakan kartu kredit.

Kartu kredit bisa digunakan untuk membayar DP mobil walaupun belum terlalu umum. Pada dasarnya, kartu kredit memberikan keuntungan jika Anda menggunakannya dengan benar.

Jadi, jangan sembarangan menggunakan kartu kredit, ya.

 

Jadi, biasanya Anda menggunakan kartu kredit untuk apa? Silahkan berikan komentar dan pendapat Anda di kolom yang telah tersedia. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Finley Susanto. Jangan Gunakan Kartu Kredit untuk Membayar 5 Hal Ini. Amalan.com – https://bit.ly/2BopcwX
  • Admin. Pembayaran DP dengan kartu kredit akan meningkat. Kontan.co.id – https://bit.ly/3eIWB3Z
  • Tim VIVA. Kredit Mobil Tapi Enggak Punya Uang Muka, Pakai Cara Ini. Viva.co.id – https://bit.ly/3eIUiO5

 

Sumber Gambar:

  • DP 1 – https://bit.ly/38y4g2y
  • DP 2 – https://bit.ly/31RuRpY
  • DP 3 – https://bit.ly/2AFYwaE
  • DP 4 – https://bit.ly/3iG2vVS