Untuk meningkatkan pemasukan, negara melakukan kebijakan ekonomi empat sektor. Lantas bagaimana sistem ini berjalan?

Simak pembahasannya dalam artikel Finansialku berikut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Ekonomi Empat Sektor, Apakah Itu?

Perekonomian empat sektor merupakan kegiatan ekonomi yang dibedakan berdasarkan empat sektor di dalamnya, yakni rumah tangga, perusahaan, pemerintah, serta luar negeri.

Dalam istilah lain, perekonomian empat sektor disebut perekonomian terbuka. Hal karena dalam kegiatannya melibatkan transaksi dengan luar negeri. Dalam praktiknya, keempat sektor tersebut membentuk bagan lingkaran yang saling menyambung.

Barang-barang hasil produksi digunakan di dalam negeri serta dijual ke negara lain. Di samping itu, ada pula barang-barang impor yang berasal dari negara lain.

 

Kegiatan Perekonomian Empat Sektor

Perekonomian empat sektor melibatkan masyarakat luar negeri selama kegiatannya. Hal itulah yang menyebabkannya disebut juga perekonomian terbuka.

Pasar-pasar yang mempengaruhi kegiatan ekonomi di antaranya pasar barang, uang, tenaga kerja, lembaga keuangan, serta pasar luar negeri.

Empat komponen dalam ekonomi 4 sektor antara lain:

 

#1 Rumah Tangga

Rumah tangga dapat diartikan sebagai dua atau lebih orang yang mendiami sebuah tempat tinggal dan berbagi makanan serta akomodasi hidup, terdiri dari satu atau lebih keluarga.

Dalam definisi yang luas, istilah rumah tangga juga dapat dipakai untuk menyebut perusahaan bahkan negara.

Mengenal Ekonomi Empat Sektor Apa Saja Kegiatannya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Dihantam Covid-19, Spanyol Teperosok Dalam Jurang Resesi]

 

Hubungan rumah tangga dengan sektor lain di antaranya:

  1. Hubungan dengan perusahaan. rumah tangga memiliki SDM dan menjualnya ke perusahaan. kemudian, terjadi interaksi antara perusahaan dan rumah tangga di pasar tenaga kerja. Dari penjualan, rumah tangga mendapat income berupa upah, bunga, dan keuntungan. Aspek tersebut disatukan dalam pasar keuangan dan lembaga keuangan.
  2. Hubungan dengan pemerintah. Rumah tangga menyetorkan pajak kepada pemerintah dan menerima bukti pembayaran.
  3. Hubungan dengan negara lain. Rumah tangga melewati pasar barang dan jasa untuk dapat mengimpor barang dan jasa.

 

 

#2 Perusahaan

Perusahaan adalah tempat terjadinya kegiatan produksi dan berkumpulnya semua faktor produksi. Secara resmi, ada perusahaan yang terdaftar dan tidak. Perusahaan yang terdaftar akan diakui pemerintah.

Hubungan perusahaan dengan sektor lain yakni:

  1. Hubungan dengan rumah tangga. Perusahaan merilis produk yang bermanfaat bagi masyarakat. Dari sana, perusahaan mendapatkan penghasilan. Interaksi jual beli dilakukan di pasar barang.
  2. Hubungan dengan pemerintah. Perusahaan menyetorkan pajak kepada pemerintah serta menjual barang dan jasa kepada pemerintah melalui pasar barang.
  3. Hubungan dengan luar negeri. Perusahaan mendatangkan produk dari luar negeri, kemudian memperoleh profit dari sana.

 

#3 Pemerintah

Di Indonesia, peran pemerintah dalam sektor ekonomi cukup besar. Sebab, di sini pemerintah bertindak sebagai pelaku sekaligus pengatur kegiatan ekonomi.

Secara umum, peran pemerintah dalam perekonomian antara lain:

  1. Mengalokasikan sumber-sumber ekonomi secara efisien.
  2. Menjaga kestabilan sosial.
  3. Menstabilkan perekonomian.

Mengenal Ekonomi Empat Sektor Apa Saja Kegiatannya 03 - Finansialku

[Baca Juga: Tidak Terelakkan, AS Resesi Juga, Minus Sampai 32 Persen!]

 

Sementara itu, hubungan pemerintah dengan sektor lain yaitu:

  1. Hubungan dengan rumah tangga. Pemerintah menerima pembayaran pajak dari rumah tangga untuk pengembangan, operasional, serta kebutuhan lain yang berdampak penting bagi negara. Dalam beberapa keadaan, pemerintah memberi bantuan kepada rumah tangga yang membutuhkan untuk menumbuhkan perekonomian mereka.
  2. Hubungan dengan perusahaan. Pemerintah menerima pajak sekaligus dapat membeli produk perusahaan dengan anggaran belanja yang dimiliki.
  3. Hubungan dengan negara lain. Pemerintah bekerja sama membangun kebijakan untuk kepentingan dua negara yang bekerja sama.

 

#4 Sektor Luar Negeri

Hubungan sektor luar negeri dengan sektor lain yakni:

  • Hubungan dengan rumah tangga. Negara-negara yang memiliki produk rumah tangga dan sesuai untuk negara lain dapat menjualnya ke masyarakat di negara tersebut. Transaksi berlangsung di pasar luar negeri. Dari sana, produk diteruskan ke pasar domestik sehingga dapat dinikmati oleh setiap individu.

Mengenal Ekonomi Empat Sektor Apa Saja Kegiatannya 02 - Finansialku

[Baca Juga: Haduh, Jerman Juga Tidak Selamat Dari Jeratan Resesi Ekonomi!]

 

  • Hubungan dengan perusahaan. Negara lain dapat menjual produk mereka ke perusahaan. barang terjun ke pasar domestik. Kemudian diteruskan ke pasar barang. Dalam hubungan dengan sektor luar negeri, dikenal kegiatan ekspor impor. Dua kegiatan tersebut memiliki plus minusnya masing-masing. Tetapi, secara umum, kegiatan ekspor lebih menguntungkan dibanding impor.

 

Empat Sektor untuk Pertumbuhan Ekonomi yang Positif

Kebijakan ekonomi empat sektor diharapkan mampu mewujudkan Indonesia sejahtera. Untuk mewujudkannya, bisa dimulai dari setiap orang.

Misalnya, dengan memakai produk dalam negeri. Dengan begitu, perekonomian di Indonesia bisa meningkat.

Namun, jangan sampai Anda bersikap konsumtif, ya. Tetap membeli yang memang dibutuhkan agar keuangan bisa terjaga. Anda bisa mencatat dan merencanakan keuangan Anda dengan aplikasi Finansialku.

Aplikasi ini bisa membantu Anda merencanakan keuangan, berkonsultasi dengan ahli keuangan dan mengecek kesehatan finansial Anda.

Download aplikasi sekarang dan manfaatkan promo potongan Rp 50 ribu dengan memasukkan kode CUAN50 untuk menjadi member premium. Ayo wujudkan kesejahteraan ekonomi sekarang.

playstore icon
appstore icon

 

Itulah penjelasan mengenai ekonomi empat sektor di Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa bagikan artikel ini pada Sobat Finansialku lainnya. Terima kasih.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 30-an, GRATIS!

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Keseimbangan Perekonomian Empat Sektor, Pengertian Contoh Soal Perhitungan. Ardra.biz – https://bit.ly/3fo5AH1
  • Gumelar Ardiansyah. 26 Februari 2020. Perekonomian 4 Sektor (Terbuka). Blog.malavida.co.id – https://bit.ly/3gDMSgl
  • Yuli. Perekonomian Empat Sektor Beserta Komponen Penting di Dalamnya. Dosenekonomi.com – https://bit.ly/33Avohd

 

Sumber Gambar:

  • Ekonomi 1 – https://bit.ly/33KxxqD
  • Ekonomi 2 – https://bit.ly/2F9W4eq
  • Ekonomi 3 – https://bit.ly/3kyvBHt