Covid-19 buat pertumbuhan ekonomi Jakarta kuartal II 2020 turun tajam dibandingkan tahun sebelumnya. Simak kata Gubernur dalam artikel ini.

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Pertumbuhan Ekonomi Jakarta Minus 8,22%

Pandemi virus corona atau Covid-19 telah membikin ekonomi di belahan dunia jadi tersendat. Belum lama ini ekonomi Indonesia pada kuartal II-2020 tercatat minus 5,32% dibanding tahun lalu.

Lalu, Jakarta sebagai Ibu Kota Indonesia, justru mengalami kemerosotan ekonomi yang lebih dalam lagi hingga minus 8,22%.

Angka tersebut merosot jauh dibandingkan kuartal II tahun lalu. Pada saat itu, Ekonomi DKI tumbuh 5,18 persen pada 2019.

7+ Tempat Wisata Kuliner Jakarta Yang WAJIB Kamu Cicipi dengan Mie sebagai Menu Utama 00 - Finansialku

[Baca Juga: Gantikan SIKM Jakarta, Ini Panduan Cara Mengisi CLM]

 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, sejak awal dirinya sudah dapat melihat bahwa pertumbuhan ekonomi di Jakarta akan lebih dalam dibanding nasional.

“Sejak awal, memang diperkirakan ekonomi DKI akan turun lebih dalam daripada Nasional disaat krisis akibat virus COVID-19,” kata Anies mengutip dari cuitan instagram pribadinya.

Turunnya pertumbuhan ekonomi di DKI Jakarta tentu tak lepas dari cepatnya penyebaran Covid-19 di sudut-sudut Ibu Kota ini, yang mengakibatkan pada lumpuhnya sektor perekonomian.

Meski begitu, eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini optimis pertumbuhan ekonomi Jakarta akan pulih (rebound) paling cepat ketika wabah sudah terkendali.

“Kita memang sedang menghadapi tantangan besar, Insyaallah, tidak jadi berat. Sebabnya adalah krisis kesehatan, dampaknya adalah krisis ekonomi,” terangnya mengutip dari Medcom, Kamis (06/08).

Anies mengajak seluruh elemen mengatasi sumber masalah yakni pandemi Covid-19.

Dirinya meminta warga tetap patuh menjalankan 3M: Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, serta saling mengingatkan untuk disiplin.

 

Ebook Perencanaan Keuangan ENTREPRENEUR & FREELANCE

Download Sekarang, GRATISSS!!!

Mockup ebook entrepreneur dan freelancer

Download Ebook Sekarang

 

Sementara itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah melakukan 3T (testing, tracing, treatment), peningkatan kapasitas rumah sakit dan penegakan aturan pembatasan sosial, serta perlindungan sosial bagi mereka yang paling rentan.

“Ayo kita disiplin,” tutur dia.

 

Bagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan! Jika membutuhkan bantuan berupa solusi jitu tentang mengatur keuangan pribadi bisnis atau keluarga, kamu dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku.

 

Sumber Referensi:

  • Sri Yanti Nainggolan. 05 Agustus 2020. Tertekan 8,22%, Kontraksi Ekonomi Jakarta Lebih Dalam dari Nasional. Medcom.id – https://bit.ly/2DD2LVC
  • Bima Setiyadi. 05 Agustus 2020. Kuartal II-2020 Minus 8,2%, Anies: Ekonomi Jakarta Akan Rebound Paling Cepat. Okezone.com – https://bit.ly/31ofiUT
  • Soraya Novika. 05 Agustus 2020. EkonomiJakarta Minus 8,22%, Anies: Sudah Diperkirakan. Finance.detik.com – https://bit.ly/3gyIRtq
  • Dionius Arya Bima Suci. 05 Agustus 2020. Imbas Pandemi Covid-19, Pertumbuhan Ekonomi Jakarta di Kuartal II 2020 Turun 8,22 Persen. Tribunjakarta.com – https://bit.ly/3fuFCBP