Anda sedang mencari penjelasan mengenai Sistem Ekonomi Pancasila? Maka Anda sedang membaca artikel yang tepat, yaitu artikel Finansialku.

Dalam artikel ini Anda akan menemukan jawaban atas pertanyaan Anda seputar Sistem Ekonomi Pancasila.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Pengertian dan sejarah Ekonomi Pancasila

Coba sebutkan apa saja kelima sila yang tertuang dalam Pancasila sebagai dasar negara kita. Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan, serta keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Kelima sila tersebut merupakan pedoman bagi kita semua selaku warga negara Indonesia dalam menjalankan kehidupan bernegara. Kita bisa mengimplementasikannya pada berbagai aspek kehidupan, dan salah satunya adalah ekonomi.

Sebagai salah satu implementasi dari nilai-nilai Pancasila dalam ekonomi di Indonesia, muncul sebuah gagasan yang disebut sebagai Sistem Ekonomi Pancasila. Sistem Ekonomi Pancasila sendiri merupakan sistem ekonomi yang berasaskan dengan nilai dan moral Pancasila. 

Sistem Pancasila 1

[Baca Juga: Ini Ramalan Resesi Ekonomi 2020 yang Agak Seram Untuk Indonesia]

 

Sistem ini merupakan identitas dari bangsa Indonesia. Sehingga nilai-nilai tersebut harus senantiasa diaplikasikan dalam setiap kegiatan perekonomian. Istilah Sistem Ekonomi Pancasila sendiri dalam sejarahnya muncul pada tahun 1967 melalui artikel yang ditulis Dr. Emil Salim. Beliau kembali menjelaskannya secara rinci melalui artikelnya pada tahun 1979 lalu.

Dalam artikel tersebut diketahui bahwa ekonomi Pancasila dapat dipahami sebagai sistem ekonomi pasar dengan kendali pemerintah.

Selain itu ada pula beberapa istilah yang memiliki makna terkait dengan Sistem Ekonomi ini, seperti ekonomi pasar terkendali, sistem ekonomi campuran, dan sistem ekonomi jalan ketiga.

 

Ciri-ciri Sistem Ekonomi Pancasila

Terdapat beberapa ciri yang menandakan bahwasannya sebuah sistem ekonomi telah menerapkan nilai-nilai Pancasila, antara lain:

  • Etika dan nilai agama terlibat dalam pengambilan keputusan perekonomian.
  • Kebijakan ekonomi mengedepankan nilai kemanusiaan.
  • Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berasas kekeluargaan.
  • Pengelolaan ekonomi dilakukan secara musyawarah mufakat oleh lembaga perwakilan rakyat.
  • Cabang-cabang produksi yang penting dikuasai oleh negara untuk kemakmuran rakyat.
  • Kekayaan alam di bumi Indonesia dikuasai oleh negara untuk kemakmuran rakyat.
  • Kreasi dan inovasi masyarakat tidak merugikan kepentingan umum
  • Fakir miskin serta anak-anak terlantar dipelihara sepenuhnya oleh negara

 

Kelebihan dan Kekurangan 

Meski begitu tentu sebuah sistem tidaklah sempurna tanpa cacat. Termasuk sistem ekonomi pancasila, memiliki kekurangan dan kelebihan. 

Kelebihannya di antaranya:

  • Pengelolaan ekonomi merupakan usaha kolektif untuk mencapai kemakmuran bersama.
  • Perekonomian nasional diutamakan untuk kemakmuran rakyat.
  • Inovasi dan kreativitas individu dikembangkan tanpa mengganggu kepentingan umum.

Sistem Pancasila 3

[Baca Juga: Yuk, Intip Kondisi Perekonomian Indonesia Saat Ini!]

 

Sementara kekurangannya antara lain:

  • Daya kreasi dan inovasi masyarakat berpotensi mati karena dominasi negara dalam pengelolaan perekonomian.
  • Keputusan ekonomi diambil secara lambat karena perlu penyelarasan kepentingan bersama.
  • Perekonomian berjalan secara tidak efisien karena mengedepankan proses demokrasi yang relatif lama.

 

Contoh Implementasi Sistem Ekonomi Pancasila

Nah selain itu ada beberapa contoh implementasi dari setiap nilai-nilai yang tertuang di dalam kelima sila tersebut. Lalu apa saja contoh implementasi tersebut?

Tanpa berlama-lama akan kami jabarkan untuk Anda.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Entrepreneur & Freelance

Mockup ebook entrepreneur dan freelancer

Download Ebook Sekarang

 

#1 Implementasi Sila Ke-1

Salah satu contoh penerapan dari nilai sila ke-1 adalah pengelolaan sistem keuangan yang baik. Selain itu hindari adanya potensi kerugian dan penyalahgunaan keuangan yang pada dasarnya telah bertolak belakang dengan norma dan nilai agama.

 

#2 Implementasi Sila Ke-2

Selanjutnya contoh penerapan dari nilai sila ke-2 adalah memberikan gaji serta fasilitas kepada karyawan sesuai dengan kinerja dan tanggung jawabnya. Tentu hal tersebut sebagai penerapan akan nilai-nilai kemanusiaan.

 

#3 Implementasi Sila Ke-3

Untuk sila ke-3 salah satu implementasinya yakni menghasilkan sebuah produk usaha terbaik yang bisa dinikmati manfaatnya oleh kalangan masyarakat luas. Pastikan bahwasannya produk tersebut tidak memiliki masalah dalam pemanfaatannya.

 

#4 Implementasi Sila Ke-4

Dalam menerapkan nilai dari sila ke-4 salah satunya adalah dengan dilaksanakannya musyawarah mufakat dalam setiap pengambilan keputusan dan tidak sepihak.


 

#5 Implementasi Sila Ke-5

Dan penerapan nilai sila yang terakhir salah satunya adalah dengan pemerataan distribusi dan pemasaran dari produk usaha agar dapat dinikmati oleh semua kalangan masyarakat. Selain contoh Implementasi pada ke lima sila itu.

Ada beberapa contoh dari penerapan dari sistem ini yang terimplementasikan terbentuknya institusi, organisasi, maupun lembaga negara. 

 

Istilah Lain

Koperasi: merupakan usaha kolektif yang berasaskan kekeluargaan, di mana pengelolaan serta distribusi kekayaan dikelola oleh para anggota

BUMN: Badan Usaha Milik Negara, merupakan salah satu wujud tanggung jawab negara dalam mengelola kekayaan, sumber daya, dan perekonomian dari segala bidang.

Serikat buruh: Adalah organisasi kolektif yang bertujuan memberikan perlindungan bagi golongan pekerja dari kemungkinan-kemungkinan adanya tindakan eksploitasi serta perlakuan tidak adil lainnya.

 

 

Baiklah kami sudah menjabarkan mengenai sistem ekonomi pancasila. Semoga apa yang baru saja Anda baca menjawab semua pertanyaan Anda seputar ekonomi pancasila.

Apabila seluruh isi artikel ini belum mewakili semua jawaban yang Anda butuhkan, silakan ajukan pertanyaan Anda lebih spesifik pada kolom komentar dan kami akan menjawabnya dengan detail. Akan lebih baik lagi bila Anda juga membagikan artikel ini. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 25 April 2018. Sistem Ekonomi Pancasila: Pengertian, Ciri-ciri, Contoh. Sosiologis.com – https://bit.ly/3fGQ5uk
  • Sugi Priharto. 5 November 2019. Pengertian Sistem Ekonomi Pancasila di Indonesia Secara Lengkap. Cpssoft.com – https://bit.ly/2V2n8Bi
  • Novia Widya Utami. 7 Januari 2020. Implementasi Sistem Ekonomi Pancasila Dalam Bisnis. Jurnal.id – https://bit.ly/31153HL

 

Sumber Gambar:

  • Sistem Pancasila 1 – https://bit.ly/2ByrclN
  • Sistem Pancasila 2 – https://bit.ly/2NgtxVe
  • Sistem Pancasila 3 – https://bit.ly/3eoQGAH