Ternyata emas sebagai dana darurat bisa jadi cara jitu buat kumpulkan dana darurat sekaligus berinvestasi. Apa saja keuntungannya?

Simak manfaat mengumpulkan emas sebagai dana darurat melalui artikel Finansialku berikut ini! Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Pentingnya Mempersiapkan Dana Darurat

Simak ilustrasi di bawah ini!

Pak Hendra baru saja kena Pemutusan Hubungan Kerja alias PHK dari kantornya yang sedang mengadakan “perampingan”.

Untuk mencari pekerjaan yang baru, ia membutuhkan waktu. Membuka usaha baru, ia belum punya cukup modal.

Meski dia masih belum punya anak dan hanya tinggal dengan istrinya, ia tetap harus menanggung biaya bulanan rumah tangga, apalagi istrinya sedang mengandung 4 bulan.

Hitung punya hitung, uang tabungannya hanya bisa cukup untuk keperluan hidup selama 2 bulan.

 

Jika Anda menjadi Pak Hendra, apa yang seharusnya Anda lakukan?

 

Tentu dana darurat dalam kasus keuangan Pak Hendra akan sangat diperlukan. Namun, tabungannya hanya cukup untuk 2 bulan.

Lantas, seberapa pentingnya dana darurat itu? Berapa besarnya dana darurat yang harus dikumpulkan dan bagaimana cara yang efektif untuk mengumpulkan dana darurat?

Investasi Emas Sebagai Dana Darurat Ini Caranya! (1)

[Baca Juga: Online Pajak, Platform yang Mempermudah Wajib Pajak Dalam Melaksanakan Kewajiban Perpajakan]

 

Dana darurat merupakan dana yang perlu dipersiapkan untuk menghadapi keadaan-keadaan genting atau darurat, misalnya terjadinya PHK seperti yang dialami oleh Pak Hendra.

Kebutuhan biaya karena sakit, biaya kecelakaan, biaya ketika terjadi kedukaan, dan berbagai kebutuhan mendesak lainnya yang membuat Anda harus mengeluarkan biaya.

Dana darurat sangat penting untuk dipersiapkan sebelum mewujudkan berbagai rencana keuangan lainnya. Untuk mempersiapkan dana darurat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain:

  • Dana darurat harus terpisah dari rekening, instrumen investasi, atau tabungan jangka pendek. Hal ini diterapkan untuk mengantisipasi gelap mata saat melihat nominal dana darurat tersebut.
  • Dana darurat harus mudah diambil kapan saja dan di mana saja. Saat ini, proses penarikan akan lebih efisien dengan adanya ATM Bersama dan ATM Prima.

Investasi Emas Sebagai Dana Darurat Ini Caranya! (2)

[Baca Juga: Pajak E-Commerce Marketplace: PPN atas Transaksi Online dan Penerapannya di Indonesia]

 

  • Dana darurat harus likuid dan dapat dicairkan saat dibutuhkan. Jenis simpanan seperti deposito, RDPU, dan LM bisa saja diterapkan, tapi pilihan terbaik tetaplah tabungan ber-ATM.
  • Dana disimpan di instrumen yang aman.
  • Hasil investasi tinggi itu penting. Tapi, bukan berarti menjadi pertimbangan utama untuk menyimpan dana darurat.

 

Siapkan Dana Darurat Dengan Aplikasi Finansialku

Founder dan CEO Finansialku, perusahaan perencana keuangan, Melvin Mumpuni mengatakan bahwa dana darurat merupakan instrumen keuangan yang harus disiapkan paling awal, baik bagi individu maupun keluarga.

 

Sudahkah Anda mempersiapkan dana darurat Anda?

Anda bisa mempersiapkannya dari sekarang dengan bantuan Aplikasi Finansialku dan mencatat hasil investasi emas Anda dalam hasil investasi melalui aplikasi pencatatan keuangan yang akan sangat bermanfaat bagi Anda.

Ayo segera siapkan dana darurat sekarang juga jika Anda belum mempersiapkannya.

Belum tahu berapa besaran dana darurat yang harus disiapkan? Mari siapkan dana darurat dengan Aplikasi Finansialku yang dapat Anda unduh secara gratis dari Google Play Store.

Jika Aplikasi Finansialku sudah ter-install di smartphone Anda, ikuti langkah berikut ini untuk menyiapkan dana darurat:

  • Buka menu Aplikasi Rekeningku kemudian pilih menu “Rencana Keuangan”.
  • Klik tanda + pada bagian kanan bawah untuk menambahkan Rencana Keuangan.
  • Pilih Dana Darurat.
  • Masukkan pengeluaran bulanan: besarnya pengeluaran Anda setiap bulan
  • Pilih status perkawinan saat ini: lajang, menikah (belum punya anak), menikah dan memiliki anak.

Misalnya:

Pengeluaran bulanan Anda adalah Rp10.000.000 dan Anda sudah menikah. Maka besarnya dana darurat yang harus Anda persiapkan adalah sebesar Rp90.000.000.

Mau dapatkan harga ekonomis berlangganan Aplikasi Finansialku? Gunakan kode promo POTONG50RIBU dan manfaatkan fitur berkonsultasi langsung dengan Konsultan Perencana Keuangan Bersertifikat dari Finansialku.

Unduh juga panduan gratis berinvestasi emas dari Finansialku berikut ini:

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Investasi Emas Bisa Jadi Dana Darurat

Tahukah Anda bahwa investasi emas bisa jadi salah satu strategi jitu untuk mengumpulkan dana darurat Anda?

Mengingat tabungan emas dapat diambil sewaktu-waktu dan dapat disimpan melalui safety box di bank atau melalui pengelola tabungan emas seperti pegadaian, emas sangat memungkinkan untuk menjadi pilihan sebagai alternatif untuk mengumpulkan dana darurat Anda.

Emas memang dipercaya sebagai sebuah instrumen investasi yang sangat menguntungkan, seperti yang dilansir oleh Duwitmu.com di bawah ini:

  • Anda bisa mulai investasi dari 1 gram emas yang sangat terjangkau
  • Anda tidak perlu menyimpan emas karena emas disimpan pengelola tabungan emas.
  • Anda bisa mencairkan tabungan emas dengan cara amat mudah, yaitu menjual kembali ke pengelola, dan uang hasil penjualan kembali akan langsung masuk rekening tabungan Anda.
  • Anda bisa mendapatkan fisik emas dengan meminta pengelola mencetak emas.

 

Tunggu apalagi? Ayo segera berinvestasi emas dan persiapkan dana darurat Anda sekarang juga dengan bantuan Aplikasi Finansialku yang akan memudahkan Anda dalam pencatatannya!

Untuk menambah khazanah literasi keuangan Anda, unduh juga panduan gratis merencanakan keuangan sesuai usia dari Finansialku berikut ini:

 

Menurut Anda, apakah Anda investasi emas bisa jadi pilihan tepat bagi Anda saat ini untuk berinvestasi sekaligus mengumpulkan dana darurat Anda?

Mudahkan menjadikan emas sebagai dana darurat? Nah, Anda juga bisa tonton TIPS AMPUH KREDIT EMAS! Ketahuilah Dibalik Resiko dan Keuntungannya dibawah ini.

 

 

Apakah Anda cara efektif lainnya untuk mengumpulkan dana darurat? Anda juga dapat membagikan informasi di atas kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan!

Konsultasikan masalah keuangan Anda dengan Konsultan Perencana Keuangan Finansialku yang siap menolong Anda!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 12 Maret 2019. Menabung Emas Buat Dana Darurat? Coba Platform Investasi Ini! Jawapos.com – https://bit.ly/2FVMA3H
  • Mutia Fauzia. 12 Maret 2019. Dana Darurat Bisa Disiapkan dengan Investasi Emas Batangan. Kompas.com – https://bit.ly/2FICQcX
  • Admin. 3 November 2018. Dana Darurat Terbaik 2019 dan 4 Cara Menabungnya. Duwitmu.com – https://bit.ly/3a3pnu7
  • Wayan Diananto. 29 Maret 2019. Menyimpan Emas untuk Dana Darurat Rumah Tangga, Apa Keuntungannya? Today.Line.me – https://bit.ly/35Ti6Kc
  • Wahyu Utama. Apakah Emas Termasuk Investasi yang Bagus? Ayo Simak Kelebihan dan Kekurangannya di Bawah Ini. Koinworks.com – https://bit.ly/2NkNx9v

 

Sumber Gambar:

  • Emas sebagai dana darurat 01 – https://bit.ly/2TvwN3t
  • Emas sebagai dana darurat 02 – https://bit.ly/2FWiNb5