Saat ini istilah escrow atau rekening bersama sudah banyak terdengar di kalangan masyarakat, tapi apakah itu?

Meskipun ramai terdengar, masih banyak yang belum memahami tentang arti dari escrow itu sendiri serta konsepnya. Penasaran dengan definisi dan serba serbinya? Yuk simak penjelasannya di bawah ini:

 

Isu Escrow Account (Rekening Bersama) pada Tahun 2017

Tahukah Anda? Escrow atau rekening bersama yang sudah sangat umum pada saat ini sempat menjadi isu besar per tahun 2017 silam. Isu apa yang dimaksud?

Pada waktu tersebut, para pelaku industri meminta aturan mengenai jangka waktu penempatan dana di “escrow account” diperpanjang atau dihapus terkait draf aturan turunan (SE) dari POJK No 77/2016 tentang Penyelenggaraan Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis TI (LPMUBTI).

Dalam draf surat edaran POJK, disebutkan jangka waktu maksimal penempatan dana dari pengguna yang tidak digunakan untuk transaksi pemberian pinjaman pada escrow account tidak melebih tujuh hari kerja.

Definisi Escrow Atau Rekening Bersama Adalah 02

[Baca Juga: Apakah Bisa Mengajukan KTA Tanpa Kartu Kredit? Jawabannya Bisa! Ini Syaratnya]

 

Sementara demikian, pelaku industri meminta agar penggunaan akun rekening bersama ini dalam praktek P2P lending untuk diperpanjang jadi 60 hari atau bahkan dihapuskan.

Alasannya adalah karena aturan tersebut dinilai merugikan para pemain industri P2P Lending. Sebagai contohnya, CEO dan Co-Founder Modalku Reynold Wijaya menuturkan pihaknya merasa aturan escrow account tersebut merugikan karena terlalu ketat waktunya. Setidaknya kalau bisa diubah menjadi 60 hari, tentunya akan memberi kelonggaran bagi pelaku industri.

“Kalau tetap tujuh hari, menurut saya kurang ideal. Bisa-bisa industri ini tidak bisa tumbuh.”

 

Selain pelaku industri, pihak perbankan juga kurang setuju mengenai aturan tersebut. Sebab dalam kurun waktu tujuh hari, mereka harus mengalihkan dana ke bank lain. Tentunya hal tersebut akan mempengaruhi likuiditas perbankan.

Ditambah lagi, pihak perbankan merasa bisnis P2P lending itu sudah 100% tunduk di bawah sistem perbankan sehingga, mau tak mau mereka harus mematuhi aturan perbankan yang berlaku.

Oleh karenanya, dia merasa regulator tidak perlu menambah aturan yang dinilai memberatkan industri.

Pada akhirnya, Direktur Pengaturan, Perijinan, dan Pengawasan Fintech OJK, Hendrikus Passagi menuturkan regulator akan menampung dan mempertimbangkan beberapa ketentuan yang berpotensi memberatkan pelaku industri.

Nah, melihat ulasan tadi apakah Anda mempertanyakan apa itu escrow alias rekening bersama? Jika Anda masih ragu dengan istilah ini, yuk simak definisinya seperti dirangkum Finansialku berikut ini.

 

Definisi Escrow (Rekening Bersama)

Dewasa ini, istilah escrow sudah semakin umum di masyarakat. Misalnya saja saat terjadi proses jual beli atau transaksi online, escrow account (rekening bersama) kerap digunakan untuk meminimalisasi risiko penipuan.

Belakangan ini istilah escrow account (rekening bersama) sering disingkat “rekber”.

Untuk memahami apa itu rekening escrow, pertama dapat kita lihat dari arti kata escrow itu sendiri.

Escrow merupakan dokumen sah berisi perjanjian legal dimana suatu aset, umumnya berupa uang, dikirimkan oleh pihak grantor ke tangan pihak ketiga, untuk disimpan hingga waktu tertentu sampai timbulnya suatu kondisi yang telah disepakati, untuk selanjutnya diserahkan kepada pihak grantee.

Jadi misal anda ingin menggunakannya untuk membeli barang secara online, berarti escrow berperan sebagai perantara antara anda dan penjual.

Dilansir dari Wikipedia,

“Escrow adalah suatu perjanjian legal di mana sebuah barang (umumnya berupa uang, namun bisa juga benda apapun lainnya) disimpan seorang pihak ketiga (yang dinamakan agen escrow) sementara menunggu isi kontrak dipenuhi.”

 

Singkatnya, escrow atau rekening bersama dapat dipahami sebagai sebuah akun yang disediakan oleh pihak ketiga untuk menampung dan menyalurkan dana kepada para pihak yang terlibat dalam transaksi secara online.

Artinya,  keberadaan agen escrow tidak sebatas hanya mengelola dana saja, tetapi juga memastikan bahwa para pihak yang terlibat dalam transaksi melaksanakan kewajiban dan mendapatkan haknya.

Sebagai contoh, saat Anda melakukan sebuah transaksi jual beli online, agen menerima sejumlah dana yang dibayarkan oleh pembeli atas barang yang dibelinya setelah ditambah dengan ongkos kirim.

Dana tersebut kemudian akan ditampung dalam escrow account untuk beberapa saat hingga penjual mengirimkan barangnya kepada pembeli.

Definisi Escrow Atau Rekening Bersama Adalah 04

[Baca Juga: Definisi Remittance Adalah]

 

Jika pembeli telah menerima barang yang dibelinya dari penjual, maka agen kemudian menyalurkan dana ke penjual.

Konsep ini kerap digunakan dewasa ini pada sistem jual beli online, terutama pada sistem titip jual. Titip jual adalah saat sebuah online shop menjual barang yang dititipkan kepadanya oleh pihak lain.

Jadi, online shop tersebutlah yang akan menjadi agen atau pihak ketiga antara pihak yang menitipkan barang dan pihak pembeli.

Bukan melulu sebagai agen saja, namun escrow juga mencakup definisinya sebagai sebuah akun atau rekening yang digunakan bersama demi meningkatkan keamanan dalam bertransaksi online.

Escrow account dikelola oleh agen yang berperan mengamankan aset berupa uang yang telah disetorkan oleh pihak pembeli untuk nantinya diserahkan kepada pihak penjual.

Penyerahan uang dari pihak pembeli ini dapat dilakukan oleh agen apabila penjual telah mengirimkan barangnya dan diterima oleh pihak pembeli.

Jika tidak, maka agen tidak akan menyerahkan uang kepada penjual, tetapi dikembalikan kepada pembeli.

Setelah mengenal apa itu escrow (rekening bersama), kini Anda akan dikenalkan pada serba serbi istilah tersebut.

 

#1 Fungsi

Untuk bisa lebih memahami mengenai escrow account atau rekening bersama, mari melihat fungsi utamanya.

Pada dasarnya, sistem ini diciptakan untuk meningkatkan keamanan transaksi antara dua pihak, misal antara penjual dan pembeli barang.

Pihak ketiga dilibatkan sebagai agen escrow, yang akan mengamankan aset yang telah disetorkan oleh pihak pertama untuk nantinya diberikan pada pihak kedua.

Escrow akan menguntungkan kedua belah pihak dimana fitur keamanan transaksi melalui rekening bersama ini berlaku untuk kedua pihak selama mereka mengirim/menyerahkan aset antar satu sama lain.

Definisi Escrow Atau Rekening Bersama Adalah 03

[Baca Juga: Lakukan Simulasi Kredit Terlebih Dahulu, Sebelum Ajukan Kredit Agar Keuangan Anda Tidak Berantakan]

 

Dalam bertransaksi, kedua belah pihak memiliki kewajiban/obligasi yang harus mereka penuhi masing-masing. Jika salah satu diantara kewajiban tersebut tidak dipenuhi, maka transaksi dapat dibatalkan 

Contoh lain adalah saat escrow dimanfaatkan dalam industri peer to peer marketplace, dimana Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai penggunaan jasa escrow account (rekening penampung sementara)  akan sangat penting guna meningkatkan kepercayaan dari pemberi pinjaman.

Peneliti Eksekutif Senior Departemen Pengembangan Kebijakan Strategis OJK, Hendrikus Passagi mengatakan kepercayaan dan perlindungan konsumen merupakan hal yang paling penting dan utama dalam industri jasa keuangan.

Oleh karenanya, lanjut Hendrikus, sangatlah penting bagi lending platform menggunakan jasa escrow account pada lembaga perbankan untuk memberi keyakinan kepada pihak pemberi pinjaman bahwa status dana yang dipinjamkan dapat dilacak dan dimonitor.

“Demikian pula, setiap saat pihak berwenang harus dapat memeriksa escrow account untuk memastikan tidak terjadi tindak pidana fraud atau penipuan yang merugikan pihak pemberi pinjaman.”

 

#2 Cara Kerja

Melihat fungsinya, maka tak aneh jika escrow atau rekening bersama terus dimanfaatkan hingga kini. Dengan semakin umumnya transaksi secara online, maka fungsinya pun semakin diandalkan.

Jika Anda juga merupakan pelaku jual beli atau transaksi serta investasi online, penting untuk mengetahui bagaimana cara kerja escrow itu sendiri.

Adapun cara kerja dari escrow account melansir dari Simulasikredit.com adalah sebagai berikut:

  1. Pertama-tama para pihak yang ingin bertransaksi bersepakat untuk menggunakan layanan escrow account agar keamanan transaksi terjamin. Pastikan bahwa masing-masing pihak baik penjual maupun pembeli memahami cara kerja dari escrow account
  2. Setelah memilih barang yang akan dibeli, pembeli kemudian memilih metode pembayaran. Umumnya, agen menyediakan beberapa metode pembayaran yang bisa dipilih pembeli.
  3. Selanjutnya pembeli membayar sejumlah uang sesuai dengan harga barang dan ongkos kirim ke alamat tujuan melalui rekening atau akun yang diberikan oleh agen.
  4. Agen menampung dan menyimpan uang yang telah dibayarkan oleh pembeli untuk sementara waktu.

  1. Berikutnya agen menginformasikan kepada pihak penjual bahwa pembeli telah melakukan pembayaran dan meminta penjual untuk segera melakukan pengiriman barang.
  2. Informasi dari agen tersebut kemudian ditindaklanjuti oleh penjual dengan mengirimkan barang yang dipesan pembeli ke alamat tujuan yang telah diinformasikan sebelumnya.
  3. Penjual kemudian melakukan konfirmasi kepada agen bahwa barang telah dikirimkan kepada pembeli sekaligus menginformasikan nomor resi pengiriman.
  4. Agen memberitahukan nomor resi pengiriman barang kepada pembeli agar pembeli dapat melakukan tracking atas barang yang dibelinya.
  5. Setelah barang sampai ke alamat tujuan, pembeli mengonfirmasi agen bahwa barang sudah diterima.
  6. Terakhir, agen mengirimkan dana atau uang hasil penjualan barang ke rekening penjual.

 

#3 Manfaat

Melihat fungsi dan cara kerjanya, escrow account tentu memberikan manfaat yang jelas bagi kedua belah pihak yang terlibat dalam transaksi atau jual beli online tersebut.

Kembali melansir dari Simulasikredit.com, adapun manfaat yang dimaksud adalah sebagai berikut:

 

Melindungi pembeli

Dalam transaksi jual beli online, pembeli sering kali menjadi pihak yang dirugikan karena menjadi korban penipuan.

Mekanisme transaksi jual beli online umumnya adalah penjual baru akan mengirimkan barang kepada pembeli, setelah pembeli melakukan pembayaran melalui transfer bank.

Dari banyak kasus penipuan online yang terjadi, penjual tidak mengirimkan barang kepada pembeli meski pembeli telah melakukan pembayaran.

Dengan escrow account, hak pembeli untuk mendapatkan barang pesanannya dilindungi.

Sebab, pembayaran atas barang yang dibeli tidak langsung dilakukan ke rekening penjual, tetapi ke escrow account yang disediakan oleh agen.

Apabila penjual tidak segera mengirimkan barang pesanan dalam jangka waktu yang ditentukan atau disepakati bersama, maka pembeli dapat menarik kembali dana yang telah dibayarkan.

Dengan demikian, pembeli tidak mengalami kerugian kehilangan aset berupa uang yang telah dibayarkan.

 

Melindungi penjual

Penipuan dalam jual beli online tidak hanya memakan korban dari pihak pembeli saja, tetapi juga penjual.

Dari kasus yang ada, pembeli mengaku telah melakukan pembayaran melalui transfer ke rekening bank penjual. Selanjutnya pembeli mendesak bahkan memaksa korban untuk segera mengirimkan barang yang dipesannya.

Atas kelalaian penjual yang tidak mengecek rekeningnya terlebih dahulu, penjual mengirimkan barang atas permintaan pembeli tersebut. Guna menghindari aksi penipuan online tersebut, penggunaan escrow account sangat bermanfaat bagi penjual.

Penjual baru akan mengirimkan barang kepada pembeli, apabila pembeli benar-benar telah melakukan pembayaran. Hal ini tentunya dikonfirmasi oleh agen yang menjadi perantara dalam transaksi jual beli tersebut.

Setelah pembeli menerima barang pesanannya, penjual berhak untuk mendapatkan sejumlah pembayaran yang telah ditransfer oleh pembeli.

Definisi Escrow Atau Rekening Bersama Adalah 05

[Baca Juga: 5 Jenis Kartu Kredit yang Cocok untuk Wanita Milenial: Jenis, Contoh dan Manfaatnya]

 

Namun di samping manfaat tersebut, rekening bersama ini juga disebut-sebut memiliki kelemahan yakni waktu untuk mendapatkan pembayaran atas barang penjual menjadi lebih lama.

Hal tersebut dikarenakan setelah pembayaran terjadi, agen akan menunggu selesainya transaksi secara aman barulah men-transfer uang kepada pihak penjual.

Jadi, waktu diterimanya uang akan jauh lebih lama dibandingkan transaksi pada akun biasa.

 

Kenali Escrow Sekarang Juga

Melalui penjabaran di atas, apakah Anda masih bingung dengan definisi dan serba-serbi istilah escrow?

Kami berharap artikel ini bisa menggambarkan istilahnya dengan jelas bagi Anda.

 

Jika artikel ini bermanfaat bagi Anda, bagikan sekarang juga kepada teman-teman Anda yang masih kebingungan akan istilah escrow dan serba-serbinya.

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai definisi escrow (rekening bersama) lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Escrow. Wikipedia.org – http://bit.ly/2LU6r6O
  • Admin. Definisi Escrow Account. Simulasikredit.com – http://bit.ly/33bn3wH
  • Fajar Sulaiman. 18 Februari 2016. OJK: “Escrow Account” Penting untuk Tingkatkan Kepercayaan. Wartaekonomi.co.id – http://bit.ly/2p0giiz
  • Marsya Nabila. 23 November 2017. Aturan Turunan POJK Fintech: “Escrow Account” Jadi Isu. Dailysocial.id – http://bit.ly/2VlRzS1
  • Intan Syafira. 2018. Transaksi Aman dengan Rekening Escrow. Amalan.com – http://bit.ly/339tdgU

 

Sumber Gambar:

  • Definisi Rekening Bersama 01 – http://bit.ly/2p0f0UV
  • Definisi Rekening Bersama 02 – http://bit.ly/2LYHNlP
  • Definisi Rekening Bersama 03 – http://bit.ly/2oXiCHg
  • Definisi Rekening Bersama 04 – http://bit.ly/338Z69t
  • Definisi Rekening Bersama 05 – http://bit.ly/2B3qNVj

 

Bagaimana CARA AMPUH Membeli Rumah Pertama?

Download ebook-nya, GRATIS!!!

ebook rumah pertama

Download Ebook Sekarang