Punya etos kerja kayak orang Jerman dijamin bakal sukses! Mau tahu seperti apa semangat dan etos kerja mereka? Simak pembahasan berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Etos Kerja Orang Jerman

Sebagai salah satu negara yang sangat berpengaruh dalam dunia perekonomian, Jerman memang dikenal sebagai sebuah negara dengan berbagai keunggulan, dari segi pendidikan hingga etos kerjanya yang banyak dikagumi oleh negara lainnya.

Jerman sempat menjadi negara yang diakui sebagai negara dengan pengelolaan ekonomi yang baik, apalagi di tahun 2012 Jerman sempat memperlihatkan kehebatannya dalam memulihkan perekonomian Eurozone yang saat itu hampir saja mengalami kebangkrutan alias collapse.

Jerman memang menjadi negara yang tidak dapat dianggap remeh, terutama para pekerjanya yang memiliki dedikasi dan semangat serta etos kerja yang tidak main-main.

Tidak ada kata kompromi soal pekerjaan. Semuanya dilakukan atas dasar loyalitas dan integritas tinggi.

 

Rahasia Etos Kerja Orang Jerman Terkuak!

Tentu kita mau juga dong menjadi orang-orang yang punya etos kerja tinggi untuk meningkatkan perekonomian Tanah Air agar mampu bersaing di kancah internasional?

Yuk intip semangat dan etos kerja orang Jerman yang sangat menginspirasi dunia berikut ini!

 

#1 Bekerja Tidak Main-main

Orang-orang Jerman memang dikenal sebagai orang yang tidak suka basa-basi, apalagi kalau soal pekerjaan.

Bekerja ya bekerja, ga ada kompromi untuk melakukan hal lainnya, apalagi kalau lagi kerja main game di hape, hmmm… udah ga ada ampun deh!

Intinya, melakukan berbagai aktivitas diluar pekerjaan itu sangat-sangat dilarang.

Pentingnya Kesejahteraan Karyawan Bagi Perusahaan 03

[Baca Juga: Orang Kaya dan Orang Sukses Mewujudkan Cita-cita Dengan 5 Cara Ini Lho!]

 

Kalau ada waktu luang sedikit pun, mereka tidak akan gunakan untuk ngobrol ngalor-ngidul sama rekan kerja, apalagi ngomongin atasan atau nge-gibah. Tidak ada yang seperti itu di kamus pekerja orang Jerman, guys!

Karena mereka fokus dengan pekerjaan mereka di jam kerja, tentu saja ini akan sangat memengaruhi kualitas kinerja mereka.

Selain fokus, mereka juga dikenal mampu bekerja dengan waktu yang cukup cepat. Sehingga tidak ada kata lelet, karena pekerjaan dilakukan dengan profesionalitas tingg. Kerja ya kerja, ga ada alasan lain buat ngerjain yang lain!

 

#2 Fokus dan Teliti dalam Kerja

Sudah disinggung sedikit tentang fokus kerja orang Jerman di poin pertama.

Fokus dan teliti merupakan 2 karakter yang melekat pada para pekerja Jerman.

Ketelitian orang Jerman nampak jelas terlihat dalam pengaturan pajak, pembangunan infrastruktur, bersosialisasi dan juga berbahasa.

Dalam membuat jalan, mereka mengukur komposisi dengan tepat, presisi dan tidak mengorupsi biaya dari bahan yang diperlukan agar masuk ke kantong mereka.

Tak jarang karena ketelitian dan fokus para pekerjanya, banyak negara yang menerima pekerja-pekerja asing asal Jerman dan mempercayakan barang-barang buatan Jerman untuk diimpor masuk ke negara-negara tetangga.

Finansialku punya tips bagi kamu untuk fokus bekerja. Yuk simak!

 

#3 Bicara dengan Jujur Apa Adanya

Orang Jerman juga dikenal dengan cirinya yang blak-blakan, berbicara sesuai dengan apa adanya, tidak ada yang ditutup-tutupi.

Kalau suka ya bilang oke, kalau tidak, mereka akan mengutarakan dengan jelas, tidak dipendam atau disimpan dan merasa berat di hati sehingga tersimpanlah kekesalan.

Mereka tidak akan sungkan untuk mengatakan atau meminta sesuatu dengan segera.

Jika ditunda, tentu mereka akan marah dan meminta untuk mengerjakannya saat itu juga.

Tidak ada basa-basi jika memang mereka harus melakukannya.

 

#4 Bekerja untuk Hidup Bukan Hidup untuk Bekerja

Moto ini memang dilakukan oleh para pekerja asal Jerman. Mereka pasti akan meminta kompensasi lebih untuk pekerjaan yang mereka lakukan jika harus lembur.

Meskipun mereka menyukai apa yang mereka kerjakan, mereka akan tetap menagih uang lembur atau jam libur untuk mengganti kerja lembur yang telah mereka lakukan kepada perusahaan mereka.

Jika perusahaan tidak melakukan sesuai prosedur dan terjadi ketidakadilan serta kecurangan, mereka tidak segan untuk melaporkan perusahaan tempat mereka bekerja.

Finansialku punya e-Book gratis untuk kamu yang belum mengatur gaji kamu dengan benar, penasaran bagaimana caranya? Download di sini ya

Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala KARYAWAN

Download Sekarang, GRATISSS!!!

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

Gunakan juga aplikasi Finansialku untuk membantu budgeting kebutuhan kamu setiap bulannya. Semoga bermanfaat!

playstore icon
appstore icon

 

#5 Tidak Mencampuradukkan Urusan Pekerjaan

Pekerja Jerman juga tidak suka mencampuradukkan urusan pekerjaan dengan urusan pribadi.

Mereka menganut asas profesionalitas tinggi. Urusan kantor tidak akan dibawa-bawa ke rumah, demikian sebaliknya.

Jika ada masalah soal kompor mleduk di rumah sekalipun, itu tidak akan mengganggu urusan mereka di kantor.

Para Karyawan, Jangan Lupa Pahami Isi Surat Kontrak Kerja Ya 01 - Finansialku

[Baca Juga: VIDEO : 5 Hal Yang Dilakukan Oleh Orang Kaya ! Ini Kunci Sukses Dari Jack Canfield !]

 

Pekerjaan mereka jadi lebih produktif karena mereka tetap fokus pada kerjaan mereka seperti yang telah dibahas di poin yang kedua.

Inilah salah satu etos kerja yang membuat orang-orang Jerman dikenal sebagai para pekerja yang mumpuni dan patut diacungi jempol.

 

#6 Hari Libur Para Pekerja

Tahukah kalian bahwa hari libur bagi para pekerja di Jerman itu sangat diperhatikan.

Agar pekerja semakin produktif, pemerintah dengan sengaja memberikan waktu libur bagi para pekerjanya sebanyak 30 hari dalam satu tahun.

Jumlah tersebut belum termasuk dengan hari libur nasional dan tanggal merah lho!

Jadi pengen kerja di Jerman niih!! Hehehee

Hal ini memang dicanangkan pemerintah agar pekerjanya tidak stres dan mereka dapat bersenang-senang di waktu libur yang mereka dapatkan.

 

#7 Tunjangan Bagi Para Pekerja

Selain hari libur yang bikin tingkat stres para pekerjanya semakin ditekan, dari segi penghasilan pun mereka sangat diperhatikan.

Jangan tanya soal gaji ke-13, selain bonus, tunjangan lainnya seperti tunjangan orang tua, tunjangan ibu hamil adalah beberapa diantara tunjangan wajib yang mereka terima jika menjadi pegawai atau pekerja di Jerman.

Menarik bukan?

 

#8 Taat dengan Peraturan & Kebijakan

Sebagai warga negara yang baik, orang-orang Jerman juga dikenal sebagai warga dan pekerja yang taat dan patuh kepada peraturan serta kebijakan yang dicanangkan oleh pemerintah.

Para warganya memang percaya penuh terhadap pemerintah yang pastinya akan memiliki tujuan baik untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Jangan ditanya soal membayar pajak, mereka tidak suka yang namanya melanggar aturan apalagi sampai didenda karena lalai membayar atau melakukan pelanggaran.

Ga ada kata pelanggaran bagi orang Jerman.

Soal rambu-rambu lalu lintas, jangan ditanya! Meski ga ada mobil yang melintas, kalau yang namanya lampu merah ya tetap berhenti sampai lampu hijau tanda jalan menyala.

 

#9 Bertanggung Jawab & Jujur

Saking jujurnya, mereka akan langsung blak-blakan bilang secara frontal, tapi bukan berarti nantangin atau cari ribut ya guys.

Apalagi soal kejujuran dalam bekerja, dari korupsi uang sampai waktu, mereka anti sama itu semua.

Waktu adalah uang dan itulah yang membuat mereka menghargai setiap waktu kerja sehingga tetap efektif.

Ga ada kompromi soal waktu datang dan waktu pulang kerja, semuanya on time.

Kerja 8 jam ya tetap kerja 8 jam,kecuali kalau ada lembur, mereka pasti akan kerjakan sesuai dengan waktu yang dibayarkan oleh mereka.

 

Setelah tahu etos kerja orang Jerman, gimana ni dengan etos kerja kita?

Semoga artikel ini bisa membuat kita merefleksi diri dan setidaknya belajar untuk meniru berbagai hal positif dari cara kerja dari orang-orang Jerman yang dikagumi oleh dunia.

Kamu juga bisa membagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan kerja, supaya mereka semakin semangat untuk kerja seperti orang Jerman.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 17 November 2017. Fakta Kerja Produktif ala Orang Jerman, Kerja Bentar Tapi Tugas Beres! Idntimes.com – https://bit.ly/2CBbeIs
  • Putu Rizki. 20 Januari 2019. Berikut ini 7 Etos Kerja Orang Jerman yang Wajib Kalian Tiru. Antvklik.com – https://bit.ly/3fsXzl8
  • 4 Juni 2014. Pelajarilah Budaya dan Etos Kerja Bangsa Jerman. News.detik.com – https://bit.ly/30cz2Ky
  • Redaksi Petitum. Inilah Tujuh Etos Kerja Orang Jerman. Petitum.id – https://bit.ly/2AXnUIZ
  • German Culture Blog. 23 Februari 2017. Mengapa Meskipun Jam Kerjanya Dikit, Jerman Jauh Lebih Produktif Dibanding Negara Lain?: 10 Alasan. Denkspa.com – https://bit.ly/38UlirM