Fakta Unik Dunia Sains adalah hal yang paling penuh misteri dan sangat menarik untuk diikuti perkembangannya. 

Kita akan bahas fakta unik tersebut pada artikel Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

10 Fakta Unik Dunia Sains Beserta Rahasianya

Sains merupakan cabang ilmu pengetahuan yang luas dan sangat erat dalam kehidupan kita sehari-hari. Dengan Sains, seluruh fenomena yang terjadi di kehidupan kita dapat dikaji dengan sangat detail. Sehingga umat manusia akan semakin mengetahui dan memetik hikmahnya dari semua fenomena tersebut.

Tidak hanya itu, banyak sekali fakta-fakta dalam sains yang sangat menarik untuk di eksplor. Dan semua fakta tersebut mungkin saja sama sekali tidak terpikirkan olehmu sebelumnya. Nah kali ini artikel Finansialku spesial pembahasan mengenai sains.

Fakta Sains 1

[Baca Juga: Kisah Sukses Ibnu Sina, Ilmuwan Islam dan Bapak Pengobatan Modern]

 

kami akan membagikan kepada kalian semua sepuluh fakta menarik dalam dunia sains. Dijamin bikin mind-blown!!! Tanpa berlama-lama berikut ini kesepuluh fakta tersebut.

 

#1 Ternyata Jumlah Pohon di Bumi Jauh Lebih Banyak dari Bintang di Angkasa

Bintang merupakan salah satu benda luar angkasa yang memiliki karakteristik dapat memancarkan cahayanya sendiri. Dengan jarak yang sangat jauh, kita bisa melihat keberadaan mereka dalam bentuk titik-titik putih yang menghiasi gelapnya malam.

Jumlahnya amatlah banyak, bahkan di galaksi Bima Sakti saja mencapai 400-500 miliar. Namun tahukah kamu bahwa jumlah itu belum ada apa-apanya jika dibandingkan dengan jumlah pohon di bumi.

Sebuah makalah di jurnal Nature pada tahun 2015 menyebutkan bahwasannya jumlah pohon menyentuh angka 3,04 triliun.

 

#2 Oksigen Memiliki Warna lho!

Oksigen merupakan gas yang kita hirup sehari-hari. Dapat kita rasakan manfaatnya namun tak nampak dalam penglihatan. Akan tetapi fakta sains menunjukkan bahwasannya oksigen memiliki warna yakni biru.

Wow… sesuatu yang mungkin saja kita baru bukan?

 

#3 Sifat Radioaktif Dalam Pisang

Radioaktif merupakan sifat atau kondisi yang menunjukkan suatu benda dapat memancarkan  radiasi dan sangat erat kaitannya dengan inti atom. Hal ini disebabkan adanya kandungan unsur kimia yang terdapat di dalamnya.

Fakta Sains 3

[Baca Juga: 5+ Fakta Restoran Plataran Menteng, Khas Nusantara]

 

Nah sifat ini juga berlaku dalam pisang. Sebagai salah satu buah-buahan favorit yang sering kita makan, di dalamnya terdapat unsur Kalsium (Ca) yang sangat reaktif dan bersifat radioaktif.

 

#4 Hujan Berlian di Planet Lain

Ingin kaya mendadak? Kalau mau coba datangi planet Neptunus, Jupiter, Saturnus, dan Uranus. Karena di ke empat planet ini berpotensi mengalami hujan berlian.

Hal ini dikarenakan atmosfer di planet-planet tersebut mengalami tekanan yang sangat ekstrem. Sehingga atom Carbon dapat terkristalisasi dan berubah menjadi berlian.

 

#5 Air Panas Lebih Cepat Membeku daripada Air Dingin

Fakta dunia sains selanjutnya adalah air panas lebih cepat membeku daripada air dingin, begitu pun sebaliknya.

Hal ini berawal dari seorang mahasiswa asal Tanzania bernama Ernesto Mpemba yang memberitahu dosennya bahwa campuran panas es krim lebih cepat membeku daripada campuran es krim dingin.

Fakta Sains 4

[Baca Juga: Seputar Kemoterapi: Fakta, Biaya, dan Prosedurnya di Indonesia]

 

Tentunya fakta tersebut sangat jauh dari mindset pada umumnnya. Fenomena ini juga dikenal dengan istilah efek Mpemba, dimana kecepatan partikel air mengalami disposisi tertentu.

Fenomena ini juga berlaku sebaliknya yakni air dingin lebih cepat mendidih dibandingkan dengan air panas.

 

#6 Fakta Unik Dunia Sains, Bola Ternyata Bisa Terbang

Kamu ternyata bisa membuat sebuah bola terbang. Caranya yakni kamu harus memutarkannya saat bola akan dijatuhkan. Fenomena ini disebut juga dengan efek Magnus yang pemanfaatannya sering digunakan pada olahraga sepakbola maupun tenis.

 

#7 Mustahil Bersendawa di Luar Angkasa

Tahukah kamu bahwasannya sendawa ternyata dipengaruhi oleh gravitasi. Zat padat dan cairan yang ada dalam makanan akan ditahan oleh gravitasi tersebut sehingga hanya gas saja yang akan dikeluarkan. Oleh karenanya jika kamu berada diluar angkasa, maka tidak akan bisa bersendawa.

 

#8 Hanya Ada Satu Mamalia yang Memiliki Sayap

Apakah kamu tahu hewan mamalia apakah yang memiliki sayap? Biasanya sayap merupakan karakteristik utama dari hewan unggas.


Namun ternyata ada satu mamalia yang juga memiliki sayap yakni Kelelawar. Tidak hanya itu, sama halnya seperti burung, kelelawar juga memiliki kemampuan untuk terbang.

 

#9 Setengah Tubuh Manusia Merupakan Bakteri

Tahun 2014 dilakukan sebuah studi yang menghasilkan sebuah fakta bahwasannya setengah tubuh manusia merupakan bakteri. Jika dikalkulasikan tubuh kita terdiri dari sel yang berjumlah 30 triliun dan bakteri yang berjumlah 39 triliun.

 

#10 Fakta Unik Dunia Sains terakhir, Alam Semesta yang Didominasi Kegelapan

Yang terakhir, 96 persen dari alam semesta ini terdiri dari materi dan energi yang gelap. Artinya materi dan energi tersebut sama sekali tidak bisa di deteksi oleh manusia.

Menurut para ilmuwan hal tersebut dikarenakan partikel-partikel yang ada tidak berinteraksi dengan cahaya maupun materi regular.

 

 

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Nah itulah kesepuluh fakta unik mengenai sains. Kira-kira dari keseluruhan fakta tersebut, mana yang paling menarik perhatianmu?

Atau dari kesepuluh tersebut, manakah yang yang sudah pernah kamu ketahui sebelumnya? Yuk beri komentar kamu di kolom yang sudah disediakan, dan jangan lupa bagikan artikel ini pada teman-teman kamu terima kasih

 

Sumber Referensi:

  • Hairami. 10 Agustus 2018. 17 Fakta Unik Sains yang Mungkin Belum Anda Ketahui. Ivoox.id-https://tinyurl.com/ycfjm7d8

 

Sumber Gambar:

  • Fakta Sains 1 – https://bit.ly/3dCXOce
  • Fakta Sains 2 – https://bit.ly/3cF9qKt
  • Fakta Sains 3 – https://bit.ly/2zaqbzM
  • Fakta Sains 4 – https://bit.ly/3gSKzXf