Apakah kamu sudah mengetahui fakta unik perayaan tahun baru imlek? Inilah 10+ fakta unik perayaan tahun baru imlek yang perlu kamu ketahui.

Yuk jangan ketinggalan, langsung aja simak artikel berikut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Fakta Unik Perayaan Tahun Baru Imlek

Perayaan tahun baru imlek dirayakan oleh orang Tionghoa. Pada tahun 2019 ini, perayaan tahun baru imlek jatuh pada hari Selasa, tanggal 5 Febuari 2019.

Menjelang perayaan tahun baru imlek ini tentunya dekorasi imlek sudah terlihat dimana-mana.

10+ Fakta Unik Perayaan Tahun Baru Imlek yang Harus Kamu Ketahui 02 Tahun Baru Imlek 2 - Finansialku

[Baca Juga: Tradisi Imlek Yang Dapat Menambah Keberuntungan Selama Tahun Baru Imlek]

 

Perayaan tahun baru imlek biasanya dilakukan dengan berkumpul bersama-sama dengan keluarga.

Sanak saudara yang merantau juga akan mempersiapkan diri untuk pulang ke kampung halaman mereka untuk merayakan perayaan tahun baru bersama-sama dengan keluarga.

Banyak tradisi yang masih melekat di orang Tionghoa sampai sekarang. Misalnya acara makan malam dengan keluarga, memberikan angpau, membeli baju baru, dan sebagainya.

Namun, ternyata dalam perayaan tahun baru imlek terdapat beberapa fakta uniknya lho. Fakta unik ini harus kamu ketahui. Yuk, langsung aja simak fakta uniknya.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

10+ Fakta Unik Perayaan Tahun Baru Imlek Yang Harus Kamu Ketahui

Kali ini rubrik Finansialku akan berbagi fakta-fakta unik seputar perayaan tahun baru imlek yang harus kamu ketahui. Berikut 10+ fakta unik perayaan imlek.

 

#1 Tanggal Perayaan Tahun Baru Imlek Setiap Tahun Berubah

Tahukah kamu kalau tanggal perayaan tahun baru imlek setiap tahunnya berubah lho. Tanggal perayaan tahun baru imlek ini ditentukan oleh kalender China.

Namun, biasanya perayaan tahun baru imlek jatuh pada sekitar tanggal 21 Januari-20 Febuari. Pada tahun 2019 ini, perayaan tahun baru imlek jatuh pada tanggal 5 Febuari 2019.

 

#2 Setiap Tahun Baru Imlek Memulai Shio Baru

Setiap tahun baru imlek maka akan memulai zodiak china yang baru. Zodiak china lebih dikenal dengan nama shio.

Terdapat 12 shio yaitu, shio tikus, kerbau, macan, kelinci, naga, ular, kuda, kambing, monyet, ayam, anjing, dan babi. Pada tahun ini shio nya adalah babi tepatnya adalah babi tanah.

 

#3 Tahun Baru Imlek Dirayakan Selama 15 Hari

Apakah kamu mengetahui bawa ternyata perayaan tahun baru imlek dirayakan selama 15 hari lho? Tidak seperti tahun baru biasanya yang dirayakan hanya 1 hari.

Di malam hari ke 15 (19 Febuari 2019), biasanya akan ada acara penutupan untuk tahun baru imlek. Ada yang berkumpul bersama keluarga, menghidupkan kembang api, dan sebagainya.

 

#4 Banyak Angpau

Angpau atau amplop merah ini tentunya akan sangat banyak ketika perayaan tahun baru imlek. Orang Tionghoa suka warna merah. Oleh karena itu, angpau yang diberikan pada perayaan tahun baru imlek berwarna merah.

Angpau ini berisi sejumlah uang. Angpau diberikan oleh orang yang sudah menikah kepada anak-anak ataupun orang yang dituakan. Pemberian angpau ini dimaksudkan untuk memberikan harapan yang baik dan keberuntungan.

 

#5 Festival yang Menyebabkan Migrasi Tahunan Terbesar di Dunia

Perayaan tahun baru imlek telah menjadi festival yang menyebabkan migrasi tahunan terbesar di dunia. Bagi orang Tionghoa, bagian yang paling penting dari perayaan tahun baru imlek adalah saat berkumpul bersama keluarga.

Pada malam imlek (Chinese New Year’s Eve) biasanya akan diadakan acara makan malam keluarga.

Tak heran, jika perayaan tahun baru imlek ini dapat menyebabkan migrasi terbesar.

Orang-orang yang berada di luar kota atau luar negeri bahkan akan berusaha untuk pulang ke kampung halamannya agar bisa berkumpul bersama dengan keluarga.

 

#6 Tahun Baru Imlek adalah Tentang Potensi Baru

Bagi orang Tionghoa, tahun baru imlek adalah potensi baru untuk mendapatkan banyak keberuntungan dan kemakmuran di tahun yang baru.

Orang Tionghoa meyakini bahwa di tahun yang baru maka banyak keberuntungan yang akan datang.

 

#7 Tidak Boleh Mencuci, Menyapu, Ataupun Membuang Sampah

Terdapat salah satu tradisi unik dalam perayaan tahun baru imlek. Tradisi tersebut adalah tidak boleh mencuci, menyapu ataupun membuang sampah selama tahun baru imlek.

Orang Tionghoa tidak mencuci, menyapu, ataupun membuang sampah karena mereka meyakini bahwa jika mereka melakukannya hal itu berarti mereka juga menyapu keberuntungan.

Selain itu, mereka juga tidak boleh memotong rambut, tanaman, dan sebagainya selama perayaan tahun baru imlek.

 

#8 Anak-Anak Sibuk Menerima Angpau

Pada saat perayaan tahun baru imlek, maka anak-anak akan sangat senang ketika menerima angpau.

Mereka akan sangat sibuk menerima angpau dari saudara-saudaranya yang sudah menikah. Tentunya hal ini menjadi kebahagiaan tersendiri bagi anak kecil yang menerimanya.

 

#9 Membeli Baju Baru

Perayaan tahun baru imlek juga identik dengan pakaian yang baru. Oleh karena itu, banyak orang Tionghoa yang akan membeli baju baru menjelang perayaan tahun baru imlek.

10+ Fakta Unik Perayaan Tahun Baru Imlek yang Harus Kamu Ketahui 03 Tahun Baru Imlek 3 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Beda? Inilah Ucapan Tahun Baru Imlek yang Beda dari yang Lain]

 

Tidak hanya anak-anak saja yang memakai baju baru, tentunya orang dewasa juga akan memakai pakaian baru untuk perayaan tahun baru imlek.

Orang Tionghoa percaya dengan memakai baju baru maka akan membawa keberuntungan, kesehatan, dan hal positif lainnya.

 

#10 Makan Berbagai Makanan yang Enak

Biasanya di meja ruang tamu orang Tionghoa akan disajikan berbagai makanan ringan dan manisan spesial imlek.

Tentunya hal ini akan menjadi kesenangan sendiri bagi anak-anak karena terdapat banyak makanan yang mereka sukai seperti permen, coklat, dan sebagainya.

 

#11 Perayaan Tahun Baru Imlek Tidak Hanya Dirayakan di China

Walaupun tahun baru imlek merupakan tahun baru China, namun ternyata perayaan tahun baru imlek tidak hanya dirayakan di China lho. Faktanya beberapa negara di dunia juga merayakan tahun baru imlek.

Beberapa negara yang juga merayakan tahun baru imlek adalah Vietnam, Singapura, dan sebagainya. Tak kalah, orang Indonesia yang beretnis Tionghoa tentunya juga merayakan tahun baru imlek lho.

 

Merayakan Tahun Baru Imlek 2019

Setelah mengetahui fakta-fakta unik  tentang perayaan tahun baru imlek tentunya sekarang kamu sudah mengetahui dong ya apa saja sih yang dilakukan oleh orang Tionghoa saat perayaan tahun baru imlek.

Tentunya tradisi-tradisi yang dilakukan juga berdasarkan keyakinan orang Tionghoa.

Beberapa tradisi tersebut masih kental di kalangan orang yang beretnis Tionghoa. Tak heran jika perayaan tahun baru imlek menjadi salah satu acara yang penting bagi mereka.

Tentunya dalam menyambut tahun baru imlek ini terdapat anggaran khusus yang kamu siapkan bukan? Kamu bisa menggunakan bantuan Aplikasi Finansialku untuk menganggarkan berbagai pengeluaran keuanganmu.

Aplikasi Finansialku dapat dengan mudah kamu download melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store. Jika Anda ingin upgrade menjadi Premium, gunakan kode voucher ANGPAO untuk mendapatkan DISKON 10% sebelum tanggal 6 Februari 2019.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Selain itu, kalau kamu ingin memiliki rencana keuangan yang tepat sasaran, kamu bisa baca ebook Perencanaan Keuangan untuk usia 30 an di bawah ini secara GRATIS.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Apakah Kamu memiliki fakta unik perayaan tahun baru imlek lainnya? Yuk, langsung aja berikan komentar dan pendapat kamu di kolom yang telah tersedia.

Kamu juga dapat membagikan artikel ini kepada teman-teman kamu ya. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Cindy Tang. 25 Desember 2018. 10 Interesting Facts about Chinese New Year. Chinahighlights.com – https://goo.gl/STzzAc
  • Rory Boland. 12 November 2018. 10 Facts About Chinese New Year. Tripsavvy.com – https://goo.gl/sJHmUR

 

Sumber Gambar:

  • Tahun Baru Imlek – https://goo.gl/GPfdY3
  • Tahun Baru Imlek 2 – https://goo.gl/WbzHTG
  • Tahun Baru Imlek 3 – https://goo.gl/QUj8b8