Finansialku Podcast Eps 05 – Reksa Dana untuk Millennials

Halo sahabat Finansialku, para millennials apakah Kamu sudah mulai berinvestasi reksa dana? Zaman dahulu orang-orang banyak berinvestasi di properti, tanah dan emas. Bagaimana dengan zaman sekarang?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Zaman sekarang ini sudah ada yang namanya reksa dana (mutual fund)

 

Apa itu Reksa Dana?

Reksa dana adalah wadah untuk menyimpan uang masyarakat (investor) untuk selanjutnya dikelola oleh manajer investasi ke dalam produk-produk efek (surat utang jangka pendek, surat utang jangka panjang dan saham).

 

Apa Saja Jenis Reksa Dana?

Secara umum terdapat empat jenis reksa dana adalah:

Reksa Dana Pasar Uang (Money Market)

Reksa dana yang isinya adalah surat utang jangka pendek dan produk setara kas, (seperti deposito). Produk reksa dana pasar uang relative stabil harganya. Saya pribadi menggunakan reksa dana pasar uang untuk kebutuhan likuiditas (contoh: dana darurat).

 

Reksa Dana Pendapatan Tetap (Fixed Income Fund)

Reksa dana yang isinya adalah surat utang jangka panjang. Potensi return dan risiko reksa dana pendapatan tetap lebih besar dari pada reksa dana pasar uang. Biasanya saya menggunakan reksa dana pendapatan tetap untuk tujuan-tujuan keuangan dengan target investasi 6% – 9% per tahun.

 

Reksa Dana Saham (Equity Fund)

Reksa dana saham, 80% portofolionya berisi saham. Reksa dana saham adalah jenis reksa dana yang saya gunakan untuk tujuan-tujuan keuangan dengan target investasi 15% – 20% per tahun. Jika saat ini Anda berusia 25 – 28 tahun, gunakan reksa dana saham untuk kebutuhan dana hari tua (pensiun).

 

Reksa Dana Campuran (Balance Fund)

Reksa dana yang berisi campuran antara saham dan surat utang jangka panjang. Reksa dana campuran ini paling enak digunakan pada saat pasar saham sedang tidak bersahabat. Jadi manajer investasi dapat mengelola portofolio investasinya di saham (jika pasar modal sedang uptrend) dan surat utang jangka panjang (jika suku bunga sedang turun).

 

Reksa Dana: Untung vs Rugi

Reksa dana adalah produk keuangan yang sangat mudah dan dapat dibeli dengan modal Rp100 ribu. Anda dapat menggunakan Aplikasi Finansialku untuk membeli reksa dana, caranya:

 

Satu-satunya risiko yang paling membuat saya kurang nyaman adalah return reksa dana tidak dijamin. Namun hal tersebut tidak menjadi masalah, karena semua produk investasi tidak dijamin return-nya.

Jadi strategi yang saya lakukan adalah:

  1. Memiliki rencana keuangan dan rencana investasi.
  2. Memilih produk reksa dana sesuai dengan return dan risiko.
  3. Melakukan diversifikasi terbatas sesuai dengan target investasi.
  4. Rebalancing investasi untuk memaksimalkan investasi.
  5. Me-review kembali rencana investasi.

 

Jadi reksa dana adalah satu-satunya investasi yang paling mudah dan terjangkau untuk para millennial. Jadi apa lagi yang masih membuat Kamu belum mencoba investasi reksa dana?

Finansialku Talk Podcast juga dapat kamu dengarkan di:

Logo Spotify

Curhat keuangan, akses di Aplikasi Finansialku, menu Tanya Perencana Keuangan, kirim kode: PODCAST CURHAT.

 

Gunakan kode voucher FINPODCAST untuk DISKON 10% upgrade Aplikasi Finansialku.

By |2018-12-05T15:13:04+00:00December 5th, 2018|Categories: Finansialku Podcast|Tags: , , , , |0 Comments

About the Author:

Nurdevi Noviana, S.Kom. memiliki background pendidikan S1 di Ilmu Komputer, Fakultas Matematika & IPA, Institut Pertanian Bogor. Memiliki spesialisasi di bidang digital marketing, khususnya Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM).

Leave A Comment