Kali ini kita akan membahas tentang “Mulai Saja, Titik”. Hmm kira-kira apa saja yang harus kamu mulai dalam keuangan kamu?

Yuk simak artikel Finansialku yang satu ini sampai selesai…

 

Jangan Diam Saja Tetapi Mulai Saja

Hallo Sobat Finansialku…

Kali ini kita akan ngobrolin satu topik yang pastinya seru banget, yaitu Mulai Saja, Titik. Apa saja yang harus kamu mulai dalam keuanganmu?

Dengarkan podcastnya di sini!

 

Dan seperti biasa, saya akan jawab salah satu curhat dari sobat Finansialku yang ada di tiket Aplikasi Finansialku.

Tetapi sebelum bahas lebih detail, sobat Finansialku juga dapat mengirimkan pertanyaan atau curhat keuangan melalui fitur Konsultasi Keuangan di Aplikasi Finansialku, dan jangan lupa memberi hashtag #curhatkeuangan.

 

Salah satu curhatan kali ini adalah,

“Ko Melvin, nama saya X. Saya mau nanya, penghasilan saya saat ini masih UMR dan keuangan saya agak berantakan. Saya ingin bertanya bagaimana ya caranya supaya saya bisa konsul tetapi pemasukan saya ini masih UMR, bagaimana ya ko?”

 

Jawaban Melvin,

#LetMeShareMyView

Hi, terima kasih dan saya sangat senang karena kamu berani, tidak mudah untuk mengetik kata-kata seperti kamu, sangat-sangat tulus dan jujur.

Setiap orang pasti memiliki masalah keuangannya masing-masing, ada yang bermasalah di pemasukannya terlalu kecil, ada yang bermasalah di pengeluarannya yang terlalu besar, ada yang bermasalah di cicilannya yang terlalu besar.

Saya yakin setiap masalah pasti ada solusinya, saranku coba lakukan Finansial Check-Up dan gunakan fitur Konsultasi Keuangan di Aplikasi Finansialku. Menurutku dalam kasus kamu, konsultasi via Aplikasi Finansialku bisa membantu kamu.

Aku ingin menghargai keberanian kamu, biasanya konsultasi di Finansialku itu Rp 1 juta untuk 2 jam, aku kasih kamu free 20 menit konsultasi bermasaku secara online. Kita bisa atur waktu lewat Google Meet atau lewat Zoom karena aku pengen kamu mulai melakukan perubahan untuk keuangan kamu.

Dan selain itu, aku saranin kamu coba tambah pemasukan kamu, di Finansialku.com kami punya kursus online yang bisa diakses secara gratis, berjudul Income Breakthrough – Bagaimana Cara Menambah Pemasukan.

Kamu bisa mengakses kursus online itu di course.finansialku.com atau kamu bisa kunjungi aja Instagram pribadi aku di @melvin_mumpuni karena disana ada penjelasannya juga. Itu gratis dan semoga bisa bermanfaat buat kamu.

Online course income breakthrough banner

Dan buat sobat Finansialku, jika kalian mengalami kegalauan mengenai keuangan, investasi, asuransi atau apa pun itu, langsung saja curhat ke podcastnya Finansialku.

Caranya GAMPANG bangeeet!!!

Kamu cukup perlu download Aplikasi Finansialku di Google Play Store buat pengguna Android ataupun melalui Apps Store buat kamu yang menggunakan iOS.

Download Aplikasi Finansialku Sekarang!!

Download Aplikasi Finansialku

 

Baru setelahnya, kamu langsung saja buka dan masuk ke menu yang namanya menu Konsultasi Keuangan, trus baru deh kamu bisa langsung curhat dengan perencana keuangan dari Finansialku.

Eits, jangan lupa juga buat ngasih hastag #curhatkeuangan ya…

Oh iya, teman-teman juga bisa mendapatkan informasi, motivasi dan inspirasi seputar keuangan lebih banyak lagi di akun Instagram @finansialku_com dan juga di akun Instagram pribadi saya @melvin_mumpuni, serta di program Melek Finansial Bersama Melvin Mumpuni di YouTube channel Finansialku.com yang tayang setiap hari rabu.

 

Jangan Takut, Segera Melangkah

Beberapa waktu terakhir, aku banyak terkagum dengan anak-anak muda usia 20an yang sudah berkarya, berani mencoba hal yang baru dan berani gagal. Mereka show semua karya-karya mereka, konten-konten mereka lewat Instagram, lewat YouTube dan sebagainya.

Aku menyadari, sebagian dari kita males untuk mencoba hal yang baru akrena takut salah, takut gagal dan lain sebagainya.

Menurutku, 100 episode FinTalk ini bisa menjadi teman kamu untuk mulai mencoba, untuk mulai melangkah melakukan hal-hal baru dan untuk up grade kondisi keuangan kamu.

Ada sebuah kutipan bagus dari Lao Tzu,

“Perjalanan seribu mil dimulai dari satu langkah”

 

Menurutku, yang bisa kamu lakukan sekaran adalah, selesai menyimak podcast ini, take your time dan mulai lah melakukan perencanaan keuangan. Mulai saja dulu dengan melakukan financial check-up, sekali lagi take your time and start financial planning.

Terima kasih sudah menyimak Finansiallku Talk Podcast season 1, sampai jumpa di season 2 dengan diskusi lainnya yang lebih seru lagi.

Bila sobat Finansialku memiliki saran, sobat bisa mengirimkannya di Instagram pribadi @melvin_mumpuni.

 

BONUS: Fitur-fitur Aplikasi Finansialku yang Bisa Membantu Kamu untuk Mulai Melangkah!!!

Kamu masih kesulitan untuk “mulai saja”?

Tenang!!! Ada Aplikasi Finansialku yang akan membantu dan menemani kamu, untuk memulai dengan langkah yang lebih pasti.

 

Apa yang bisa dilakukan oleh Aplikasi Finansialku?

Aplikasi Finansialku memiliki beragam fitur yang akan sangat membantu kamu dalam mengelola dan merencanakan keuangan pribadi maupun keluarga.

Beberapa diantaranya adalah,

 

#1 Anggaran

Untuk memperbaiki kondisi keuangan maka kamu harus mulai disiplin dengan keuanganmu, salah satu caranya adalah dengan menyusun anggaran bulanan. Anggaran adalah perencanaan keuangan yang kamu susun secara teratur untuk jangka waktu yang telah kamu tentukan.

Adanya anggaran akan memberi arahan bagi penyusunan tujuan keuanganmu, membuatmu sadar dengan kondisi keuangan, serta membuat kamu menjadi lebih bisa mengendalikan uang yang kamu miliki sehingga setiap rupiah tersebut bisa kamu gunakan dengan lebih bijak.

Nah, zaman dahulu orang-orang membuat anggaran dengan mencatat di kertas atau menggunakan Excel, namun saat ini kamu sudah bisa menggunakan Aplikasi Finansialku juga untuk membuat anggaran.

Tentunya, Aplikasi Finansialku akan membuat proses pembuatan anggaran menjadi lebih efisien dan mudah karena bisa diakses kapan pun dan dimana pun dengan menggunakan smartphone kamu.

 

#2 Catatan Keuangan

Masih bertujuan untuk mengendalikan keuangan, Aplikasi Finansialku juga memiliki fitur Catatan Keuangan. Buat kamu yang selama ini sering bingung dengan uang yang “suka ngilang entah kemana” itu, nah fitur yang satu ini akan sangat membantu kamu.

Pasalnya dengan Catatan Keuangan, kamu bisa mencatat pengeluaran dan pemasukan harian, sehingga nantinya akan tau kemana saja uang kamu pergi, dan dari mana saja uang yang kamu miliki. Yuk cobain biar uangnya gak suka ngilang lagi…

 

#3 Rekeningku

Fitur Rekeningku yang ada di Aplikasi Finansialku dapat kamu gunakan untuk membagi akun dalam bentuk bank, dompet, kartu kredit dan pinjaman. Dengan adanya fitur ini, kamu bisa mengontrol semua uangmu dalam satu aplikasi saja.

 

#4 Laporan Keuangan

Tidak hanya bisa merekam seluruh catatan keuangan dan membuat anggaran saja, Aplikasi Finansialku juga akan memberikan laporan keuangan yang sangat rinci. Dengan fitur Laporan Keuangan ini kamu bisa mengevaluasi keuangan kamu, sehingga apabila ada yang “tidak beres” kamu bisa segera mengetahuinya.

 

#5 Investasi

Buat kamu yang sudah atau pun mau mulai berinvestasi, fitur Aplikasi Finansialku ini dapat kamu gunakan untuk mencatat seluruh investasi yang kamu miliki, seperti investasi saham, reksa dana, deposito dan jenis investasi lainnya. Ada juga kalkulator investasi yang bisa kamu gunakan untuk menghitung keuntungan investasi.

 

#6 Transaksi Berulang

Untuk membuat kamu lebih mudah dalam mencatat keuangan, Aplikasi Finansialku secara khusus menyediakan fitur Transaksi Berulang yang bisa kamu gunakan untuk mengatur pencatatan transaksi yang sifatnya berulang, seperti biaya listrik, air, pulsa dan transaksi berulang lainnya secara otomatis.

 

banner -Bagaimana Membantuk Money Habit yang Sehat (1)

 

Melangkah Bersama Finansialku.com

Aplikasi Finansialku memiliki banyak fitur yang keren bukan? Eitss… selain yang sudah disebut di atas, Aplikasi Finansialku masih memiliki fitur keren lainnya loh, yang tentu saja akan sangat membantu kamu untuk mulai mengatur dan merencanakan keuanganmu.

Biar gak penasaran, yuk langsung saja download Aplikasi Finansialku di perangkat kamu, dan mulailah melangkah bersama Finansialku.com

 

Semoga episode kali ini bisa berguna buat kamu, dan akhir kata,

Make A Plan And Get Your Financial Dreams Come True!

 

Finansialku Talk Podcast juga dapat kamu dengarkan di:

Logo Spotify