Seberapa pentingnya sih memilih tempat beli emas? Penting banget! Kali ini kita akan bahas bagaimana caranya beli emas tanpa was-was di Galeri 24!

So, simak artikel berikut sampai selesai ya, biar kamu semakin merasa aman saat beli emas.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Beli Emas Tanpa Was-was

Dalam episode kali ini, kita akan ngobrolin topik tentang beli perhiasan emas via online. Tapi ngomong-ngomong apakah kamu pernah beli emas atau perhiasan emas via online? Aman gak tuh barangnya? Apa lagi saat ini banyak penipuan di online!

Di podcast eps 94 ini, Melvin Mumpuni CFP akan berdiskusi dengan Pak Yusuf Badar dari Galeri 24 mengenai cara membeli emas online yang aman dan tanpa was-was.

 

Dan seperti biasa, saya akan jawab salah satu curhat dari sobat Finansialku yang ada di tiket Aplikasi Finansialku.

Tetapi sebelum bahas lebih detail, sobat Finansialku juga dapat mengirimkan pertanyaan atau curhat keuangan melalui fitur Konsultasi Keuangan di Aplikasi Finansialku, dan jangan lupa memberi hashtag #curhatkeuangan.

Salah satu curhatan kali ini adalah:

“Pak Melvin, saya X dari Jakarta, terima kasih sebelumnya karena konten-konten di Podcast Fintalk setiap hari selasa saya jadi paham dengan keuangan. Saya ingin tau apakah harga emas akan mengalami kenaikan dalam waktu dekat ini?”

 

Jawaban Melvin,

#LetMeShareMyView

Jujur saja, saya sebagai seorang financial planner tidak bisa meramalkan harga emas, yang saya dapat lakukan adalah mempelajari kondisi-kondisi sekarang dan membuat simulasi.

Jadi ada beberapa kondisi yang membuat potensi harga emas naik di Indonesia, yaitu:

    1. Harga emas akan mengalami kenaikan jika banyak bank sentral atau pemerintah di negara-negara luar negeri yang memberikan stimulus. Ketika stimulusnya banyak, investornya tidak tau mau dibeliin apa, akhirnya dia beli emas.
    2. Harga emas di Indonesia akan mengalami kenaikan jika dolar Amerika meningkat.
    3. Selama Covid-19 belum selesai dan masih banyak ketidakpastian, maka pasti investor akan memburu safe haven (aset investasi aman), salah satunya adalah emas. Karena pembelinya meningkat dan supply-nya tetap maka harganya meningkat.

 

Dan buat sobat Finansialku yang lain, kamu juga bisa curhat mau pun konsultasi dengan perencana keuangan yang ada di Finansialku loh.

Masih bingung caranya bagaimana?

Jangan khawatir karena caranya tuh GAMPANG bangeeet!!!

Sobat Finansialku hanya perlu men-download Aplikasi Finansialku di Google Play Store buat pengguna Android ataupun melalui Apps Store buat kamu yang menggunakan iOS.

Baru setelahnya, sobat Finansialku langsung saja buka aplikasinya dan masuk ke menu yang namanya menu Konsultasi Keuangan, trus baru deh kamu bisa langsung curhat dengan perencana keuangan dari Finansialku.

Download Aplikasi Finansialku Sekarang!!

Download Aplikasi Finansialku

 

Oh iya, teman-teman juga bisa mendapatkan informasi, motivasi dan inspirasi seputar keuangan lebih banyak lagi di akun Instagram @finansialku_com dan juga di akun Instagram pribadi saya @melvin_mumpuni, serta di program Melek Finansial Bersama Melvin Mumpuni di YouTube channel Finansialku.com yang tayang setiap Hari Rabu.

 

Ngobrol Jual-Beli Emas Bareng Galeri 24

Untuk topik yang spesial ini, kita akan berdiskusi dengan Bapak Yusuf Badar, Corporate Secretary dari PT Pegadaian Galeri 24.

 

Mengenal Galeri 24

Galeri 24 adalah anak perusahaan dari PT Pegadaian Persero yang notabene adalah perusahaan BUMN milik pemerintah. Kalau Pegadaian sendiri berdiri lebih dari 100 tahun, kurang lebih 119 tahun, sementara Galeri 24 ini baru saja berdiri kurang lebih 2 tahun.

Yang perlu digarisbawahi, Galeri 24 tidak menjual barang-barang emas atau elektronik hasil lelangan Pegadaian, jadi Galeri 24 khusus menjual emas batangan dan perhiasan baru secara tunai.

Persis seperti toko emas, jadi meskipun masih ada bahasa Pegadaian-nya di perusahaan kita, teman-teman mungkin merasa ini tempat gadai atau lelang, tetapi image ini harusnya dihilangkan, karena sebenarnya kita membangun image kalau Galeri 24 itu adalah toko emas milik Pegadaian, kita adalah anak usahanya.

Produk yang dijual adalah emas batangan, perhiasan dari berbagai vendor ternama di Indonesia, kemudian kita juga menjual berlian, dinar, ada souvenir emas yang memiliki motif batik dan sebagainya.

Galeri24 juga punya LM Gift dengan berbagai tema. Jadi LM Gift ini modelnya adalah semacam kartu, ada kartu yang berisi tulisan ucapan selamat tahun, atau atas kelahiran anaknya, nah itu dengan berbagai tema kita telah siapkan juga.

Ada juga edisi Disney yang merupakan produksi dari UBS, sedangkan kalau yang diproduksi sendiri oleh Galeri 24 dan memiliki brand Galeri 24, itu adalah LM Gift dan souvenir yang berkolaborasi dengan UBS.

Finansialku Podcast Eps 94 - Galeri 24_ Beli Emas Tanpa Was-Was! 01

[Baca Juga: Beli Perhiasan Tanpa Ribet, Cuma Modal Kuota dan HP! Mau?]

 

Kalau untuk perhiasan, kita jual perhiasan dari berbagai vendor atau produsen emas, ada dari UBS, Lotus, HWT.

Untuk HWT sendiri adalah produsen mahkota emas yang dipakai oleh Puteri Indonesia, jadi sudah pasti barang-barangnya berkualitas karena kita jual dari brand ternama di Indonesia.

Kemudian ada juga logam mulia yang bentuknya kotak, dan ada yang memiliki cap Galeri 24.

Jadi kalau untuk logam mulia, kita kita tidak hanya menjual logam mulia produksi Antam, tetapi kita juga jual emas mulia produksi dari UBS, kemudian ada Lotus Archi, kemudian juga kita jual logam mulia produksi dengan brand Galeri 24.

Untuk berlian, kita juga jual dari HWT, kemudian dari CMK, ada juga dari Heldi dan Hala Gold.

Kalau yang berlian karat aslinya ada berbagai macam karatase, ada dari 375, kemudian ada 700 atau 750, sampai dengan yang emas 24 karat itu kita jual juga.

Jadi buat teman-teman yang mau nyari berlian buat cincin pernikahan, teman-teman bisa ke Galeri 24, karena disini juga kita menyediakan cincin untuk pernikahan dan saat ini juga kita sedang mengembangkan cincin perhiasan yang bisa dipesan modelnya, dan itu bisa dilakukan dengan pemesanan khusus ke Galeri 24.

Teman-teman bisa dengan menggunakan desain sendiri atau dibantu oleh desainer kita.

Galeri 24 ini lengkap sekali, mulai dari logam mulia, perhiasan juga ada seperti anting-anting, kalung, gelang dan sebagainya, ada juga berlian, ada gift card dan ada juga logam mulia yang seri batik, itu bagus sekali karena ukiran-ukirannya.

Logam mulia dengan seri batik ini dikategorikan ke souvenir.

 

Beli Emas Secara Online, Bisa Gak Ya?

Untuk beli emas online, biasanya sudah disiapkan spesifikasinya. Jadi misalnya kayak cincin itu ada ukurannya, misalkan diameternya berapa.

Misalkan mau beli cincin ya tinggal ukur sendiri, nanti ada standar ukurannya berapa dan bisa pesan sesuai dengan ukuran yang kita sediakan.

Website untuk penjualannya adalah di kataloggaleri24.com.

Jadi disini benar-benar jelas semua barang-barangnya, dan teman-teman bisa langsung belanja di situ. Jadi misalnya teman-teman ingin beli cincin, ya tinggal klik aja cincinnya kemudian pilih, lalu langsung bisa bayar dan membelinya.

Kalau untuk pengiriman barang, saat ini Galeri 24 sudah bekerja sama dengan perusahaan ekspedisi yang khusus emas, kemudian barang yang dikirimkan juga sudah diasuransikan sehingga konsumen tidak perlu khawatir barangnya tidak sampai, kami menjamin barangnya sampai dengan aman dan selamat sampai ke tangan pembeli.

Jadi kalau misalnya “amit-amit” terjadi sesuatu selama pengiriman, berarti barang itu sudah diasuransikan semua, dan barangnya itu pasti diterima oleh pembeli.

Untuk pengiriman barang dari Galeri 24 itu biasanya seperti standar saja, yaitu sekitar 3 sampai dengan 5 hari.

Sementara untuk metode pembayaran sendiri untuk saat ini baru dengan tunai melalui sistem transfer, tetapi saat ini juga sedang mengembangkan sistem pembayaran lain seperti virtual account atau via COD (cash on delivery).

Kita juga sedang menyiapkan transaksi dengan melalui aplikasi, kita sedang bangun aplikasi penjualan untuk Galeri 24.

Di market place kita sudah ada di Shopee dan Tokopedia, kalau di Shopee itu nama akunnya adalah Galeri 24 Official dan kalau di Toko Pedia Galeri 24 By Pegadaian.

Jadi teman-teman yang mau belanja online, bisa di katalog galeri24.com itu e-commerce kita langsung atau melalui market place di Shopee dengan nama akun Galeri 24 Official serta di Toko Pedia dengan akun Galeri 24 By Pegadaian. Jadi saat ini ada tiga opsi untuk pembelian secara online.

Nah kemudian sebagai informasi, untuk Instagram kita adalah @galeri24.id, jangan sampai salah karena di Instagram itu banyak akun-akun palsu.

 

Bagaimana Kalau Barang yang Diterima Ternyata Tidak Cocok?

Kalau pembeliannya langsung mungkin langsung bisa ditukar ya, tapi kalau misalnya pembeliannya secara online berarti barangnya tidak bisa ditukar, dan yang bisa hanyalah dengan cara buy back atau dijual kembali di Galeri 24.

Teman-teman juga sebenarnya bisa beli emas Galeri 24 ini di local store atau di tokonya langsung, dan kalau di tokonya langsung ya kita bisa cobain barangnya ditangan kita, kita bisa melihat apakah modelnya cocok atau tidak.

Tetapi kalau belinya secara online itu tidak bisa dikembalikan kalau desainnya tidak cocok, dan hanya bisa dijual kembali.

 

Beli Emas Online Tanpa Was-was

Apakah sobat Finansialku merasa takut atau khawatir untuk beli emas secara online? Kalau jawaban sobat Finansialku adalah “Iya”, penjelasan berikut ini wajib sobat ketahui.

 

Kelebihan Beli Emas di Galeri 24

Pertama, sesuai tagline Galeri 24 “beli emas tanpa was-was”, dan memang Galeri 24 mendalami bagian tanpa was-was tersebut.

Karena kita menjamin keaslian barang-barang yang kita jual, tidak hanya asli emas, tetapi juga memastikan karatasenya sesuai.

Jadi misalkan kita beli karatase 75% ya maka emas yang kita jual benar-benar karatasenya 75%.

Ada banyak oknum tidak bertanggung jawab menjual emas yang dipalsukan. Sebagai orang awam, kita tidak bisa membedakan mana yang asli dan tidak.

Inilah yang dijaga oleh Galeri 24, yaitu rasa nyaman pembeli. Jadi kalau beli di Galeri 24, emasnya bida dipastikan tidak ada yang palsu, semuanya asli emas dan sesuai dengan karatasenya.

Ada beberapa teknik pemalsuan emas, ada yang menggunakan teknik sepuhan, ada yang teknik lapisan, dan juga ada yang menggunakan teknik rupa-rupa yang mana dalam rangkaiannya itu ada berbagai jenis karatase, kalau misalnya dalam kalung dan gelang ada cantelannya, itu bisa saja cantelannya bukan emas.

Dalam teknik sepuhan, itu dilakukan dengan cara seperti mengecat emas, sedangkan untuk lapisan itu dengan cara dibungkus layaknya kabel listrik yang dilapisin, jadi logam yang aslinya itu hanya dilapisi dengan emas saja.

Teknik-teknik seperti tidak kelihatan di mata karena bentuknya sama semua. Yang menjadi konsen adalah kamu harus beli di tempat yang benar-benar aman, di tempat yang benar-benar asli, dan itu lah yang menjadi keunggulannya toko emas Galeri 24.

 

Selanjutnya keuntungan beli emas di Galeri 24 adalah sudah memiliki lebih dari 100 outlet fisik di kota-kota besar yang ada di seluruh Indonesia.

Outlet fisik ini bertujuan juga untuk memastikan keberadaan kita karena ada juga yang menjual secara online trus tiba-tiba menghilang, sedangkan di Galeri 24 itu pasti ada, dan di Bandung saja sudah banyak.

Untuk Galeri 24, tokonya itu sebagian besar berada di dalam kantor cabang Pegadaian, tetapi ada beberapa yang berada di luar Kantor Pegadaian, seperti misalnya di mal dan tempat lain. Kalau di Jakarta, ada di Tamrin City, Kalibata City, dan ada juga Point Square.

 

Apa Bisa Menjual Emas ke Galeri 24?

Bisa, tetapi saat ini hanya menerima barang yang dijual oleh Galeri 24, jadi tidak semua barang perhiasan atau emas bisa dijual kembali.

Barang yang bisa dijual kembali diberi istilah buyback, jadi barang yang bisa di buyback adalah barang yang sebelumnya dibeli di Galeri 24 atau barang yang belinya di Pegadaian, karena Pegadaian juga menjual barang seperti logam mulia emas secara cicilan dan itu bisa dijual kembali ke Galeri 24.

Tetapi kalau sobat Finansialku sebelumnya membeli emas tersebut dari toko lain dan bukan dari Galeri 24, maka untuk saat ini Galeri 24 masih belum menerima atau buyback.

Untuk sistemnya, pertama barangnya harus di bawa, kemudian membawa juga kuitansi pembeliannya dan harganya kita taksir sesuai dengan harga pada hari dilakukan transaksi tersebut, jadi mengikuti harga emas pada saat dilakukan transaksi buyback. Hanya se-simple itu saja, dan itu gampang banget.

Untuk saat ini buyback hanya bisa dilakukan di outlet fisik, belum bisa secara online.

 

banner -investasi emas untuk pemula

 

Apakah Galeri 24 Selalu Ready Stock?

Untuk yang dijual sudah pasti ready semua, kalau barangnya ada atau sudah dipajang di online maka sudah pasti barangnya itu ada, kemudian kalau datang ke toko fisik maka berarti barang yang dipajang semuanya ada.

Mungkin untuk barang yang perlu dipesan sebelumnya, seperti cincin kawin customize itu bisa dipesan modelnya, desainnya.

Selain cincinnya, mata cincinnya juga bisa dipesan, jadi sobat Finansialku bisa meminta apakah mau dikasih berlian, atau pun mungkin ring-nya bisa dituliskan nama.

 

Cara Mengakses Galeri 24

Sobat Finansialku bisa kunjungi outlet fisik Galeri 24 yang telah tersebar di berbagai kota besar yang ada di Indonesia.

Untuk melihat alamat lengkapnya dengan jelas sobat Finansialku bisa membuka di website resmi Galeri 24 yaitu galeri24.co.id.

Kemudian untuk yang online, sobat Finansialku dapat mengunjungi ­e-commerce kami di kataloggaleri24.com, atau di market place Shopee dengan akun Galeri 24 Official serta di Tokopedia dengan akun Galeri 24 By Pegadaian, serta bisa mengunjungi Instagram kami di @galeri24.id

Untuk pembelanjaan online, Sobat Finansialku harus ekstra hati-hati, pastikan mengunjungi website dan akun resmi dari Galeri 24, karena banyak juga oknum yang memanfaatkan layanan online ini untuk melakukan penipuan.

Tetapi kalau teman-teman sudah mengunjungi website yang tepat dan resmi milik Galeri 24, teman-teman dapat membeli emas tanpa was-was.

 

Pesan Spesial Buat Sobat Finansialku

Di akhir diskusi, Pak Yusuf berpesan:

“Kalau ingin beli emas atau membeli perhiasan emas, beli lah di toko yang bisa dipercaya, dan salah satunya adalah di Galeri 24.

Kenapa Galeri 24 bisa dipercaya?

Alasannya adalah karena Galeri 24 merupakan anak usaha dari BUMN, yaitu milik pemerintah yang artinya di Galeri 24 kita akan tetap eksis melayani masyarakat sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah.”

 

Yakin Beli Emas? Yuk Rencanakan!

Nah setelah menyimak diskusi bersama Pak Yusuf, Sobat Finansialku tentunya semakin merasa aman saat membeli emas bukan? Baik itu membeli emas langsung ke outlet maupun membeli secara online.

Eits… tetapi tentunya selain wajib memastikan keamanan tempat penjualan emasnya, kita juga perlu merencanakan dan mempersiapkan dana yang nantinya akan kita gunakan untuk membeli emas bukan?

Apalagi kalau ternyata Sobat Finansialku belum memiliki dana yang cukup untuk membeli emas dalam jumlah yang banyak.

Nah salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menabung rutin setiap bulannya. Kamu bisa langsung mengalokasikan sebagian gaji yang kamu terima, menabungnya dan kemudian menggunakannya untuk membeli emas.

Untuk membantu kamu supaya bisa konsisten dalam menabung, dan agar tujuan membeli emas ini tidak sampai mengganggu keuangan kamu, maka kamu bisa menggunakan Aplikasi Finansialku.

Aplikasi Finansialku adalah sebuah platform keuangan yang bertugas layaknya asisten pribadi, yang bisa kamu manfaatkan untuk mengatur keuangan kamu, melakukan pencatatan keuangan, membuat perencanaan keuangan dan menyusun anggaran.

 

Lalu bagaimana Aplikasi Finansialku dapat membantu kamu untuk membeli emas?

Seperti yang dikatakan sebelumnya, kamu bisa menyisihkan sebagian dari penghasilanmu untuk membeli emas, dan dalam hal ini kamu membutuhkan fitur Anggaran yang ada di Aplikasi Finansialku.

Mengapa demikian? Alasannya, tanpa adanya anggaran yang jelas maka keuangan kamu bisa saja terganggu karena adanya pengeluaran yang baru.

Nah, dengan fitur Anggaran dari Finansialku, kamu bisa membuat sebuah perencanaan keuangan yang tersusun secara sistematis, teratur dan terpadu.

Dengan begitu kamu akan memiliki arah yang jelas dalam menyusun tujuan dan kebijakan keuanganmu dan keluarga, dan dapat mengendalikan keuangan dengan lebih baik karena kamu jadi memiliki kesadaran akan kondisi keuanganmu sendiri.

Lebih spesialnya lagi, Aplikasi Finansialku memiliki fitur Investasi yang bisa kamu manfaatkan untuk mengelola semua investasi yang kamu miliki, termasuk emas yang nantinya sudah kamu beli.

Sebagai informasi, emas yang khususnya berbentuk batangan merupakan sebuah benda yang sering dimanfaatkan untuk investasi dan dana darurat karena memiliki likuiditas yang baik alias bisa diuangkan dengan cepat.

Maka dari itu kamu juga perlu mengelola emas yang kamu miliki dengan baik, sehingga kamu bisa mendapat manfaat yang maksimal dari membeli emas.

 

Nah sampai disini pembahasan kita kali ini, semoga bisa bermanfaat buat sobat semua. Akhir kata, Make A Plan And Get Your Financial Dreams Come True.

 

Sumber Gambar:

  • https://bit.ly/3lyMQJX

 

Finansialku Talk Podcast juga dapat kamu dengarkan di:

Logo Spotify