Siapa yang tidak tahu aplikasi penerjemah Google Translate? Walaupun Anda pernah menggunakannya, tapi tahukan Anda mengenai beberapa fitur menarik Google Translate?

Artikel ini akan membahas fitur-fitur menarik Google Translate yang jarang orang tahu. Simak artikel ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Google Translate

Google Translate atau Google Terjemahan adalah sebuah layanan yang dapat menerjemahkan satu bahasa ke bahasa lainnya yang disediakan oleh Google Inc.

Di dalam Google Translate, terdapat 103 jenis bahasa yang mana Bahasa Indonesia resmi dimasukkan pada tanggal 25 September 2008, dan kini bahkan memiliki Bahasa Sunda di dalamnya.

Google Translate dapat digunakan melalui browser dan melalui aplikasi smartphone.

Mengenal 5 Fitur Menarik Google Translate yang Jarang Orang Tahu 02 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Jitu dan Cara Membuat Google Form yang Menarik Perhatian]

 

Pengguna dapat dengan mudah mengakses alamat situs https://translate.google.co.id, selain itu pengguna pun dapat mengunduh aplikasi Google Translate melalui Android atau IOS.

Google Translate sangatlah membantu para pengguna dalam memberikan arti umum bahasa asing. Namun, salah satu kelemahan Google Translate adalah pengertiannya yang kurang akurat.

Walaupun begitu, Google terus melakukan perkembangan dan perubahan dengan teknologi terjemahan mereka. Google pun memastikan bahwa teknologi NMT (Neural Machine Translation) milik mereka semakin lama semakin cerdas.

 

Fitur Menarik Google Translate yang Jarang Orang Tahu

Berikut adalah beberapa fitur yang disediakan oleh Google Translate yang jarang diketahui orang.

 

#1 Dapat Digunakan Offline

Google Translate sebenarnya dapat digunakan secara offline. Ini berarti, Anda tidak membutuhkan koneksi internet. Yang Anda butuhkan adalah smartphone aktif yang memiliki aplikasi Google Translate.

Keuntungan pertama adalah Anda dapat memakainya kapan saja dan dimana saja. Keuntungan kedua adalah Anda dapat menghemat paket data.

Mengenal 5 Fitur Menarik Google Translate yang Jarang Orang Tahu 03 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Sundar Pichai, CEO Google]

 

Apalagi jika Anda berada di luar negeri, harga paket data yang berlaku tentu berbeda dengan di Indonesia dan cenderung lebih mahal.

Untuk dapat menggunakan Google Translate secara offline, pertama, Anda harus memiliki aplikasi Google Translate. Kemudian, pilih ‘menu’ dan pilih ‘offline translation’.

Pada halaman ini, akan ada daftar bahasa yang dapat Anda pilih sesuai keinginan. Tekan pilihan ‘download’ pada bagian kanan pilihan bahasa. Triknya adalah men-download bahasa sebelum Anda tiba di destinasi tujuan.

Salah satu kelemahan fitur ini adalah memori yang terpakai untuk men-download seluruh bahasa akan cukup banyak. Setiap bahasa memerlukan memori sekitar 40MB hingga 50MB.

 

#2 Menerjemah melalui Kata yang Diketik

Ini merupakan salah satu fitur utama penggunaan Google Translate, apabila Anda tidak mengetahuinya, mungkin Anda tidak menggunakan fitur ini dengan benar.

Baik aplikasi Google Translate di smartphone dan situs Google Translate dari browser, keduanya dapat langsung menerjemah ketikan Anda.

Hal menariknya, selagi Anda mengetik, Google Translate dapat sembari melakukan terjemahan kata per kata.

Dengan adanya fitur ini, Anda tidak perlu menunggu lama untuk mengetahui terjemahan suatu kalimat bahkan sebuah paragraf.

Anda dapat mengetik di bagian kolom sebelah kiri untuk Google Translate browser dan mengetik di bagian atas untuk Google Translate smartphone.

Kemudian, hasil terjemahannya akan muncul di sebelah kanan untuk Google Translate browser dan sebelah bawah untuk Google Translate smartphone.

Tidak hanya teks yang diketik, Google juga dapat melakukan terjemahan untuk situs dalam bahasa asing.

Caranya, Anda hanya perlu mengetik alamat situs pada kotak kiri, kemudian pilih ‘Detect language’ dan pilih ‘Translate’.

Dalam waktu singkat Anda akan melihat halaman muka situs yang telah diterjemahkan dalam bahasa yang Anda inginkan.

Jika Anda ragu dengan bahasa awalnya, Anda dapat memilih pilihan ‘detect language’.

Dengan cara ini, Google akan otomatis melacak bahasa asing tersebut dan menerjemahkan ke bahasa yang Anda inginkan. Hal ini tentu sangat memudahkan penerjemahan bukan?

 

#3 Menerjemah Melalui Kata yang Ditulis Tangan

Fitur ini sangat berguna untuk bahasa yang menggunakan karakter yang Anda tidak ketahui pelafalannya. Bahasa yang cenderung membutuhkan penulisan karakter adalah Bahasa Mandarin, Korea, Arab dan lainnya.

Biasanya fitur ini sangat berguna untuk pengguna smartphone yang bepergian ke negara dengan tulisan yang sangat berbeda dari bahasa Indonesia.

Tetapi tidak hanya karakter, Anda pun dapat menulis alphabet membentuk kata dan meminta Google Translate untuk menerjemahkannya.

Anda tidak hanya dapat melakukan terjemahan atas 1 karakter, tetapi Anda juga dapat langsung menulis beberapa karakter atau kalimat dan Google Translate akan melakukan terjemahannya.

 

#4 Menerjemah Melalui Kata yang Dibacakan

Jika Anda kesulitan menulis atau mengetik kata bahasa asing yang ingin Anda terjemahkan, Anda dapat memilih fitur penerjemah via suara.

Anda dapat mengatakan kata tersebut sendiri atau meminta bantuan orang lain untuk mengatakannya.

Fitur ini sangat berguna apalagi jika Anda sedang berusaha untuk berkomunikasi dengan warga asing. Anda dapat berbicara dengan bahasa yang Anda mengerti dan meminta terjemahan ke bahasa asing melalui suara.

Google Translate akan langsung mengubah suara menjadi teks dan kemudian menerjemahkan teks tersebut. Anda dapat menggunakan fitur ini dengan memilih ikon mikrofon pada bagian bawah.

Salah satu trik yang jarang diketahui orang adalah, sebenarnya, Anda juga dapat belajar pelafalan sebuah kata melalui fitur ini. Ketik kata yang Anda inginkan, dan kemudian, tekan tombol ‘speaker’.

Pilih bahasa sesuai dengan kata yang Anda tulis agar pelafalan yang dikeluarkan benar. Misalnya jika Anda ingin mengetahui cara membaca “financial”, Anda harus memilih bahasa Inggris.

Jika Anda memilih bahasa lain, maka pelafalannya akan mengikuti bahasa yang Anda pilih. Tentu Anda dapat membayangkan apabila Anda memilih bahasa Indonesia.

 

#5 Instant Camera Translation

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan terjemahan hanya dengan mengandalkan kamera smartphone. Caranya adalah dengan mengarahkan kamera ke teks yang ingin diterjemahkan.

Ketika teks sudah disejajarkan sesuai dengan kotak yang diminta, maka secara langsung Google akan melakukan terjemahan sesuai dengan pilihan bahasa yang Anda masukkan di bagian atas layar.

Fitur ini sangat memudahkan para traveler ketika membaca menu dalam bahasa asing, atau membaca pengarah jalan hingga peta.

Selain itu, terjemahan akan dilakukan pada real time sesuai dengan teks yang disejajarkan dengan kotak tersebut.

 

Maksimalkan Fitur untuk Membantu Aktivitas

Dengan berbagai fitur yang disediakan oleh Google Translate, Anda tidak harus lagi kebingungan mencari aplikasi terjemahan lain. Yang penting, Anda hanya perlu memaksimalkan dan mengerti cara pemakaiannya.

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

 

Setelah membaca artikel ini, diharapkan Anda lebih mengerti dan mengetahui penggunaan Google Translate untuk membantu aktivitas Anda.

Bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat dan berikan komentar Anda pada kolom di bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 1 Oktober 2018. 5 Fitur Google Translate yang Patut Kamu Tahu. Liputan6.com – https://bit.ly/2OLwwZB

 

Sumber Gambar:

  • Google Translate 1 – http://bit.ly/2GSb0eZ
  • Google Translate 2 – http://bit.ly/33hGchm
  • Google Translate 3 – http://bit.ly/33gLbPv