Mau Beli Waralaba? Kenali Dahulu Franchise Minimarket Alfamart!

Tertarik beli bisnis waralaba yang sedang trend akhir-akhir ini? Apa tertarik membeli franchise minimarket seperti Alfamart?

Tentu saja melihat banyaknya bisnis waralaba yang berkembang pesat menggoda para pebisnis muda seperti Anda. Namun sudah tahukah Anda mengenai franchise minimarket Alfamart?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Waralaba (Franchise)

Secara umum, waralaba merupakan sebuah hubungan kontrak kerja antara pemilik waralaba (franchisor) dan penerimanya (franchisee).

Bisnis waralaba biasanya dilakukan dengan pertukaran uang dengan perjanjian untuk menjalankan bisnis terkait dalam jangka waktu tertentu.

Franchisor dan franchisee berbagi brand yang sama, namun tidak saling terkait satu sama lain.

Mengapa demikian? Franchisee menjual produk atau jasa sesuai dengan ketentuan franchisor, sedangkan franchisor bertugas mengembangkan bisnis waralabanya.

Mau Beli Waralaba Kenali Dahulu Franchise Minimarket Alfamart! 02 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Website Penyedia Informasi Bisnis Franchise atau Bisnis Waralaba]

 

Waralaba tradisional umumnya digunakan untuk memperluas produknya dengan cara distribusi yang luas, namun dengan tetap mempertahankan kualitas yang sama demi kepuasan masyarakat.

Waralaba menjadi salah satu solusi bisnis yang menarik dan kabar baiknya sudah banyak alternatif pilihan dalam berbisnis waralaba, misalnya saja franchise minimarket. Penasaran?

Finansialku mengajak Anda untuk melihat seputar franchise minimarket Alfamart berikut ini:

 

Sejarah Alfamart

Sejarah berdirinya franchise minimarket Alfamart berawal dari terbentuknya outlet minimarket pertama di Karawaci Tangerang pada tahun 1999.

Alfamart sendiri mendeskripsikan diri sebagai penyedia produk kebutuhan sehari-hari bagi masyarakat Indonesia.

Kini, hampir 18 tahun Alfamart melayani konsumennya dengan jumlah outlet mencapai 11.500 buah. Selain itu, Alfamart mengembangkan bisnisnya dengan menyediakan produk di luar kebutuhan sehari-hari, yakni tiket kereta api, tiket pesawat, layanan pulsa prabayar, hingga tagihan listrik.

Mau Beli Waralaba Kenali Dahulu Franchise Minimarket Alfamart! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Pemasaran Jaringan: Memiliki Bisnis Waralaba Pribadi dengan Biaya Terjangkau]

 

Alfamart juga telah menyediakan layanan belanja online yang memudahkan masyarakat menjangkau produknya. Kini Alfamart sudah menjangkau wilayah Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, dan Lombok.

Bisnis ini semakin diperlebar dengan terbentuknya franchise minimarket Alfamart yang membuka peluang bagi para investor untuk membuka gerai Alfamart. Seperti apa perkembangan franchise minimarket Alfamart ini?

 

Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Franchise Minimarket Alfamart

Berdasarkan kebijakan pemerintah terkait usaha waralaba atau franchise, kepemilikan franchisee minimal adalah sebesar 40%.

Franchise Marketing General Manager Alfamart, Tomy Sugianto mengungkapkan bahwa setelah 16 tahun membuka peluang franchise, baru sekitar 3.000 outlet yang merupakan mitra (franchisee).

“Bisnis waralaba tidak semata-mata dimiliki franchisor, tapi juga menjadi milik masyarakat. Baik dari lokasi tempat, perusahaan, hingga perizinan usahanya. Manfaatnya juga bisa dirasakan langsung, baik dari tenaga kerja, income buat perusahaan, lingkungan di sekitar melalui program CSR, dan bagi pemerintah melalui kebijakan wajib pajak kami.”

 

Pangsa pasar bisnis minimarket ini juga dinilai semakin luas, sehingga tidak melulu dapat dibuka di wilayah potensial baru, namun juga pada lokasi fasilitas umum seperti stasiun kereta api, terminal bus, pelabuhan, dan sebagainya.

Mau Beli Waralaba Kenali Dahulu Franchise Minimarket Alfamart! 04 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Membeli Waralaba? Pertimbangan 6 Sumber Pendanaannya]

 

Bisnis yang bergerak di bawah bendera dagang PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Ini senantiasa melakukan survei lokasi untuk mengestimasi potensi pasar pada setiap kilometernya. Selain itu, traffic masyarakat juga turut dipertimbangkan.

Tomy mengungkapkan bahwa potensi pasar franchise minimarket Alfamart bisa mencapai 1.500 hingga 2.000 kepala keluarga dalam radius 1 kilometer, ini belum termasuk traffic dan potensi pelanggan fasilitas umum di sekitarnya.

Dengan visinya yakni menawarkan kemudahan bagi para pelanggan dan calon mitra yang ingin bekerja sama, bisnis ini terbuka bagi Anda para pebisnis yang tertarik dengan bisnis franchise minimarket ini.

Mau Beli Waralaba Kenali Dahulu Franchise Minimarket Alfamart! 05 - Finansialku

[Baca Juga: Belajar Mengenal Bisnis Waralaba Indonesia yang Mendunia]

 

Jika Anda berpikir akan repot dan ribet, jangan salah! Sistem franchise minimarket Alfamart sudah mempersiapkan segala kebutuhannya, dan akan senantiasa mendampingi Anda mulai dari set-up toko hingga toko siap dioperasikan.

Tomy mengungkapkan bahwa dasar sistem bisnis ini merupakan rasa saling percaya antara franchisor dan franchisee, sehingga bisa membuat bisnis kerja sama berjalan dengan baik dan memberikan manfaat yang menguntungkan semua pihak.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Prosedur Franchise Minimarket Alfamart

Setelah memperoleh seluruh informasi dan pemahaman tentang bisnis minimarket, operasional bisnis, kontrol pembukuan, syarat, modal yang dibutuhkan, dan sebagainya Anda bisa menyiapkan usulan lokasi dengan luas ±100 m2 dalam bentuk ruko, kios, atau tanah.

Anda juga perlu mempersiapkan dana sebesar 397 juta rupiah yang akan digunakan untuk set-up lokasi, supply perlengkapan operasional, serta biaya franchise untuk jangka waktu 5 tahun.

Untuk survei lokasi, pembuatan proposal bisnis, studi feasibilitas, hingga urusan perizinan akan dikerjakan dengan baik oleh pihak Alfamart.

Setelah semuanya selesai, Anda bisa membuka gerai Alfamart tersebut. Sederhana sekali bukan?

 

BONUS: Untung dengan Gerai Take Over

Dengan semakin berkembangnya franchise minimarket Alfamart ini, Anda sudah bisa melihat banyaknya gerai-gerai Alfamart yang lokasinya saling berdekatan.

Apabila dalam satu wilayah sudah terdapat banyak outlet Alfamart, misalnya seperti di kota-kota besar di Jabodetabek, maka tidak menjadi masalah.

Alfamart menerapkan konsep model Pasar Persaingan Sempurna (PPS) yang merupakan bentuk pasar paling ideal dalam prinsip ekonomi.

Dengan demikian, diperbolehkan terdapat lebih dari satu pengusaha dengan barang atau jasa yang bersifat homogen dalam satu pasar.

Mau Beli Waralaba Kenali Dahulu Franchise Minimarket Alfamart! 06 - Finansialku

[Baca Juga: Kalau Mau Sukses, Lakukan 5 Cara Jitu Ini! Sebelum Mulai Bisnis Waralaba]

 

Malah diungkapkan bahwa hal ini justru mendukung tujuan franchise minimarket Alfamart, yaitu menyediakan kemudahan bagi masyarakat untuk menjangkau berbagai consumer goods.

Tomy mengungkapkan:

“Kami akan tetap prioritaskan mitra untuk bisa memiliki lokasi sendiri sebagai tempat gerai minimarket-nya beroperasi. Namun bila mitra belum menemukan lokasi yang ideal, kami akan tawarkan sistem take over sambil mencari lokasi yang cocok.”

 

Diharapkan dengan sistem gerai take over ini, Anda bisa langsung berjualan dan langsung memperoleh untung.

 

Untung dengan Franchise Minimarket Alfamart

Kini Anda sudah mengenal franchise minimarket Alfamart dan bisa mempertimbangkan untuk mengambilnya.

Namun, sebaiknya Anda juga mempertimbangkan beberapa hal berikut saat akan membeli bisnis franchise:

  1. Lokasinya
  2. Syarat dan Ketentuannya
  3. Sistem dan Produknya
  4. Peluang Kesuksesannya
  5. Harganya

Dengan pertimbangan yang matang dan teliti, tentunya Anda juga bisa menjadi pebisnis waralaba yang sukses!

 

Disclaimer: Penyebutan merek pada artikel ini hanya bertujuan sebagai sarana edukasi, bukan untuk tujuan-tujuan lainnya.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai waralaba minimarket Alfamart lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Heksa Ragil Pamungkas, Dian Eko Prasetio, Ramdhan Anugerah. 2017. 250 Franchise Business Prospects 2017.

 

Sumber Gambar:

  • Alfamart – https://goo.gl/PPuVcx dan https://goo.gl/nDYt1A
  • Gerai Alfamart – https://goo.gl/4EnN1e dan https://goo.gl/2qdXgZ
  • Franchise Minimarket Alfamart – https://goo.gl/Dx8Wdk
  • Belanja di Alfamart – https://goo.gl/n1zmkR

 

Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

By | 2017-11-06T20:45:24+00:00 November 6th, 2017|Categories: Waralaba (Franchise)|Tags: , , , , |0 Comments

About the Author:

Fransiska Ardela, S.T
Fransiska Ardela, S.T. memiliki background pendidikan S1 di Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Katolik Parahyangan. Memiliki ketertarikan dan pengalaman di bidang pendidikan, product management, dan entrepreneurship.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download