Jangan salah paham! Ini fakta yang benar tentang fungsi hasil investasi dari asuransi unitlink?

Simak informasi selengkapnya pada rubrik artikel berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Ini Fungsi Hasil Investasi Dari Asuransi Unitlink

Apakah Anda sudah pernah mendengar mengenai asuransi unitlink? Sekilasnya, sering kali didatangi oleh agen asuransi yang menjual produk ini.

Produk unitlink termasuk produk yang advance sehingga sudah didesain sedemikian rupa untuk memudahkan nasabahnya dengan proteksi sekaligus investasi.

Investasi di unitlink untuk tujuan utamanya ya untuk biaya asuransi dan administrasi tersebut.

 

Apa yang Dimaksud Dengan Asuransi Unitlink?

Asuransi unitlink merupakan produk hybrid advance dari proteksi dan investasi.

Perlu diingat, investasi disini bukan untuk diambil ya, tapi untuk membiayai cost of insurance (COI) dan biaya administrasi asuransi itu sendiri.

Asuransi unitlink, booming untuk masyarakat Indonesia, khususnya karena masyarakat punya kecenderungan tanggapan “Rugi banget duit gw hangus, kalo mau proteksi tapi uang gak hangus ada nggak?” jika ditawarkan asuransi murni.

Mindset yang seharusnya adalah “Syukurlah saya sehat, sehingga saya tidak perlu memakai asuransi ini. Kalau sakit pun, sudah ada proteksinya.”

Fungsi Hasil Investasi Dari Asuransi Unitlink 02 Mahasiswa - Finansialku

[Baca Juga: Lebih Baik Mana, Asuransi Murni atau Asuransi Unitlink?]

 

Sebetulnya asuransi yang murni dan unitlink ini sama-sama tetap harus bayar COI. Kalau ada yang bilang asuransi unitlink cukup bayar 10 tahun dan sisanya seumur hidup tidak perlu bayar lagi, itu salah.

Asuransi murni harus tetap dibayar untuk renew per tahunnya, begitu juga dengan unitlink. COI harus tetap dibayar agar asuransinya tidak lapse atau mati.

 

Dimana Fungsi Unitlink?

Perlu diketahui, kebanyakan perusahaan asuransi menginvestasikan dana Anda sepenuhnya pada produk unitlink setelah tahun ke lima. Untuk tahun pertama hingga kelima, hanya sebagian saja yang ditempatkan di unitlink.

Misalnya, 0 persen pada tahun pertama, karena pada tahun pertama dana habis untuk biaya akuisisi alias membayar bonus agen. Tahun kedua porsi investasinya naik menjadi 20 persen, tahun ketiga menjadi 40 persen dan tahun keempat 80 persen baru pada tahun kelima menjadi 100 persen yang ditempatkan pada unitlink.

Maka dari itu, saya suka amazed dengan orang yang mengeluh: “Ini investasi asuransi unitlink sama deposito kok lebih tinggi hasil deposito.”

Atau ada juga yang bilang “Saya ada dana nih, bagusnya investasi apa ya di asuransi?”

Orang ini sudah mengerti belum ya fungsi investasi di asuransi unitlink? Apakah Anda pun demikian? Supaya tidak memiliki mindset yang salah, maka Anda perlu membaca informasi ini hingga selesai.

Karakteristik Unitlink 01 - Finansialku

[Baca Juga: Unitlink Berbeda Dengan Tabungan! Kenali Karakteristik Unitlink]

 

Adapun fungsi investasi dari asuransi unitlink adalah:

  1. Jika suatu hari, asuransi tersebut ditutup karena tertanggung tutup usia, maka hasil investasi yang tersisa itulah untuk ahli waris.
  2. Jika sebelum tutup usia dan masih berjalan, hasil investasinya bisa “dipinjam” dan disisakan untuk COI dan biaya admin. Tapi perlu diingat, Anda harus setor kembali dana yang sudah dipinjam tersebut. Karena dana itu untuk COI asuransi yang sedang berjalan bukan untuk dana kebutuhan Anda yang lain.
  3. Hal yang sama juga berlaku jika pasar modal Indonesia IHSG mengalami penurunan sehingga bukan tidak mungkin jika hasil investasi bisa negatif. Anda perlu setor sejumlah dana untuk membuat asuransi tetap valid.
  4. Bagian dari investasi unitlink itu dimasukkan ke dalam suatu manajemen investasi yang bisa dikembangkan sehingga mempunyai imbal hasil yang cukup untuk membiayai COI. Investasinya bisa disimpan di reksa dana pasar uang, pendapatan tetap, dana campuran atau saham. Tinggal dipilih sesuai dengan preferensi dari nasabah.

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 728 x 90

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 336 x 280

Asuransi Memberikan Proteksi

Baik asuransi murni ataupun unitlink, keduanya sama-sama memberikan proteksi.

Jika merasa kurang informasi, banyaklah membaca dan bertanya sampai Anda mengerti. Jangan membeli produk karena tidak enak sama agennya karena saudara atau teman. Ujungnya menyesal kenapa asal beli tanpa mengerti produknya. It’s your hard earn money, you should be careful on spending it.

Apapun itu produk asuransinya dan sebelum masuk ke investasi, ada baiknya mempunyai perlindungan yang cukup.

Anda bisa melakukan perencanaan keuangan yang detail dengan goal terarah dengan menggunakan aplikasi Finansialku.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Terimakasih telah membaca artikel ini hingga selesai. Saya yakin Anda sudah mendapatkan pandangan baru mengenai investasi di asuransi unitlink.

Mungkin ada teman atau kenalan Anda yang perlu membaca artikel ini untuk melakukan lebih memahami produk asuransi unitlink.

Jika Anda share informasi ini, maka Anda akan membuka pemahaman baru akan asuransi unitlink.

 

Sumber Referensi:

  • Anastasia Joice. 16 Oktober 2013. Apa itu Unit Link? Kompas.com – https://goo.gl/Z7Fqhv

 

Sumber Gambar:

  • Fungsi Hasil Investasi Dari Asuransi Unitlink 01 – https://goo.gl/MzsKmG
  • Fungsi Hasil Investasi Dari Asuransi Unitlink 02 – https://goo.gl/eWtQfc