Gagal merencanakan keuangan keluarga berarti… Ada orang bijak mengatakan gagal melakukan perencanaan, sama artinya dengan merencanakan untuk gagal.

 

 

Rubrik Finansialku Fin Quotes

 

Apa yang terjadi jika seseorang gagal merencanakan keuangan keluarga? Perencana keuangan independen Finansialku akan membahas lebih dalam konsekuensi jika seseorang gagal merencanakan keuangan keluarga.

 

English:

Most people don’t plan to fail. They fail to plan.

John L. Beckly

 

Gagal Merencanakan Keuangan Keluarga - Perencana Keuangan Independen Finansialku (Web)

 

Indonesia: 

Orang tidak merencanakan untuk gagal, tetapi mereka gagal merencanakan.

John L. Beckly

 

Gagal Merencanakan Keuangan Keluarga Berarti…

Merencanakan keuangan disadari atau tidak telah mengalami perubahan. Mungkin zaman orang tua kita dahulu keuangan keluarga bukan hal yang repot atau ribet untuk diurus. Nah mengapa sekarang harus mulai merencanakan keuangan keluarga?

Kenapa harus merencanakan keuangan?

 

  1. Satu hal yang jelas, kebutuhan dan gaya hidup manusia modern semakin kompleks. Banyak kebutuhan dan keinginan yang ingin dimiliki, contohnya: rumah, kendaraan, pendidikan, kesehatan dana hari tua dan lainnya.
  2. Tantangan kedua adalah biaya hidup di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Terlebih jika Anda hidup di kota-kota besar.
  3. Tantangan ketiga adalah Indonesia sebagai negara berkembang mulai mengenal beragam investasi. Kurang lebih ada 500 produk reksadana di Indonesia, lebih dari 400 perusahaan terdaftar sebagai perusahaan publik yang sahamnya dapat dibeli di bursa.
  4. Masyarakat modern rentan terhadap penyakit-penyakit. Biasanya penyakit yang timbul karena gaya hidup yang kurang sehat, seperti makanan yang tidak bersih, kurang istirahat, kurang olahraga. Kesehatan erat hubungannya dengan keuangan, seperti biaya untuk berobat, rawat inap dan lainnya. Berbicara kesehatan pasti tidak jauh dari asuransi. Indonesia memiliki lebih dari 100 produk asuransi kesehatan, asuransi jiwa dan rider.
  5. Dana untuk pensiun atau hari tua sudah menjadi kebutuhan yang mewah. Banyak orang gagal pensiun aman dan nyaman secara keuangan karena tidak merencanakan dari jauh-jauh hari.

Semua orang termasuk saya dan Anda, tentu saja tidak ada yang merencanakan untuk gagal. Hal yang terjadi adalah kita sering kali gagal merencenakan keuangan keluarga. Kegagalan tersebut karena banyak alasan, seperti malas, tidak ada dana, nanti dulu dan lainnya. Hal yang harus dilakukan adalah mulai disiplin terhadap diri sendiri, tahu mana prioritas. Jangan sampai kita gagal mencapai tujuan-tujuan keuangan, hanya karena gagal merencanakan keuangan keluarga. 

 

Kesimpulan

Gagal merencakan keuangan keluarga, berarti kita gambling atau mempetaruhkan tujuan-tujuan keuangan kita. Jika Anda membuat rencana keuangan sekarang, Anda mampu menyiapkan dana pendidikan anak, Anda mampu memiliki rumah dan kendaraan, Anda mampu hidup aman dan nyaman secara keuangan di saat pensiun dan lainnya. Jadi jangan sampai Anda gagal merencanakan keuangan keluarga. 

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan

dan ayo mulai menetapkan tujuan keuangan Anda! 

Ebook Perencanaan Keuangan (Menetapkan Tujuan dan Mewujudkannya)

Download Sekarang

 

Subscribe Finansialku

dan dapatkan update Perencanaan Keuangan dan Promo Finansialku!

[formcraft id=’4′] 

 

Baca E-Magazines #IndonesianDreams

Edisi Febuari 2015

Baca E Magazine Sekarang!