Dipecat dari perusahaan keluarga, tak sedikit yang penasaran kenapa hal ini terjadi. Nah, inilah alasan, gaji dan profil Rian Mahendra, eks Direktur Operasional PO Haryanto. 

 

Summary:

  • Rian Mahendra merupakan anak dari pebisnis PO Haryanto yang dipecat dari perusahaan keluarga sebagai Direktur Operasional PO Haryanto karena masalah keuangan.
  • Setelah dipecat, Rian Mahendra bekerja di PO Kencana yang merupakan pesaing bisnis PO Haryanto.

 

Profil Rian Mahendra

Jika Anda sering bepergian menggunakan bus untuk perjalanan luar kota, Anda pasti sudah tidak asing dengan Perusahaan Otobus (PO) Haryanto.

Haryanto sebagai pemilik, mempekerjakan anaknya Rian Mahendra sebagai Direktur Operasional.

Namun belakangan ini tersebar kabar kalau Haryanto memecat sang anak dari jabatannya. Cukup menarik mengingat Rian dipecat dari perusahaan keluarga.

Rian Mahendra adalah anak dari pasangan Suheni dan Haji Haryanto yang merupakan pemilik PO Haryanto. Pria asal Kudus ini lahir pada tahun 1983.

Ia adalah anak pertama dan memiliki dua adik yaitu Agus Hartopo dan Dewi Tri Cahyani. Saat ini ia sudah memiliki istri bernama Alina Tristi. 

Rian mengelola dan mengembangkan PO Haryanto, bersama dengan kedua adiknya yang di supervisi langsung oleh sang ayah, Haji Haryanto.

Haji Haryanto sendiri merupakan seorang purnawirawan TNI AD. Ketika PO Haryanto dibangun, Haryanto harus melakukan pinjaman ke bank untuk mengembangkan bisnisnya tersebut.

 

Menjadi Direktur Operasional PO Haryanto Sejak Belia

Haryanto mulai merintis bisnis PO Haryanto pada 2003 dengan lima unit bus pada awalnya. Rian Mahendra menjadi Direktur Operasional PO Haryanto sejak berusia 19 tahun pada saat itu.

PO Haryanto sendiri merupakan perusahaan transportasi berbasis di Kudus, Jawa Tengah yang memiliki ciri khas berupa livery wayang di badan busnya. 

Berkembangnya PO Haryanto tentunya tak terlepas dari kontribusi Rian sebagai Direktur Operasionalnya sehingga bisnis tersebut bisa memiliki berbagai trayek-trayek baru, termasuk rute yang dilintasi, jalur agen, hingga rekrutmen karyawan.

Di awal perkembangannya,  PO Haryanto semakin berkembang dengan trayek rute dari Jakarta ke Jawa Tengah, Jawa Timur, bahkan hingga Madura.

Setelah Rian bergabung menjadi Direktur Operasional sejak awal berdirinya PO Haryanto di tahun 2003, pada 2009 adik Rian bergabung di PO Haryanto untuk memegang keuangan sehingga ia fokus di operasional.

Sama seperti bisnis-bisnis lainnya, ketika awal di bangun tentu tidak semaju sekarang. Di masa awal perusahaan ini dibentuk, penumpang PO Haryanto tak ramai atau terbilang bisa dihitung jari. 

Seiring berjalannya waktu, Rian berhasil mengembangkan PO Haryanto. Ketika ia membuka jalur ke Pekalongan, PO Haryanto menjadi bus nomor satu ke kota tersebut.

Rian Mahendra menjadi sorotan publik lantaran ia aktif di media sosial baik Instagram ataupun TikTok.

Sampai saat penulisan artikel ini, akun Instagram miliknya @rianmahendra83 kini memiliki 212 ribu pengikut. Sedangkan akun TikTok miliknya @rianmahendra83 memiliki 230,5 ribu pengikut.

[Baca Juga: Intip Profil Pemilik SCBD Tomy Winata, Bukti Roda Hidup Berputar!]

 

Alasan Pemecatan Rian dari PO Haryanto

Perjuangan yang ia mulai dari tahun 2003, harus berhenti di tahun 2022 karena adanya surat pemecatan dari sang ayah Haryanto.

Haryanto mengungkapkan alasan pemecatan putranya selaku Direktur PO Haryanto itu. Menurut pemilik PO Haryanto ini, anaknya, Rian merupakan sosok keras kepala.

Di balik ketekunan dan usahanya dalam membangun bisnis, ternyata ada beberapa masalah yang hadir karena keteledoran Rian.

Salah satunya seperti terjerat utang miliaran rupiah. Selain itu, Haryanto juga ingin Rian lebih fokus mendidik anak dan istri yang selama ini waktunya ia korbankan untuk mengurus PO Haryanto.

 

Mendirikan PO Mahendra Transportation Indonesia (PO MTI)

Setelah menerima surat pemecatan dari sang ayah, Rian Mahendra memulai petualangan baru dengan mendirikan perusahaan otobusnya sendiri yang bernama PO Mahendra Transportation Indonesia (PO MTI).

Rian sendiri memastikan bahwa respon dari Haji Haryanto dan kolega positif setelah mendengar kabar bahwa ia telah mendirikan perusahaan otobus miliknya.

Bahkan sang ayah bangga bahwa sang anak bisa memiliki perusahaannya sendiri. 

“Komentar Pak Haji soal MTI alhamdulillah baik responsnya, saya denger respons dari temen-temennya juga baik. Ya baiklah, orang tua mana sih yang nggak bangga anaknya mandiri?” ujar Rian, melansir Detik OTO (24/01).

 

Rute PO MTI Besutan Rian Mahendra

Berikut ini adalah informasi seputar rute PO MTI yang telah dirilis dan masih fokus pada perjalanan di Pulau Jawa.

Jalur 1 (Armada MTI 001 dan MTI 002)

  • Tujuan: Tangerang – Bojong – Kajen – Karanganyar – Wonopringo – Kedungwuni
  • Lintasan: Cipulir – Tanah Abang – Cawang

Jalur 2 (Armada MTI 001 dan MTI 002)

  • Tujuan: Tangerang – Bojong – Kajen – Karanganyar – Wonopringo – Kedungwuni
  • Lintasan: Cikokol – Paris – Kebon Besar – Kalideres – Ring Road – Jembatan Gantung – Pesakih – Grogol.

[Baca Juga: Mengenal Adrian Zecha: Menjadi Raja Hotel di Negeri Orang]

 

Bakal Nyaleg DPR-RI, Ini Alasannya

Kabar terbaru, Rian Mahendra dikabarkan akan menjadi Calon Legislatif atau Caleg DPR RI yang akan bertarung di Jawa Tengah.

Keputusannya untuk terjun di dunia politik ia ambil setelah bertemu dengan Pimpinan Partai Kebangkitan Nusantara atau PKN, Anas Urbaningrum.

Rian Mahendra yang sering dijuluki calo terkuat di muka bumi mengaku akan memraktikkan politik bersih.

“Calo terkuat dibumi pengen nyoba tanpa politik uang untuk menuju senayan, walau peluangnya kecil, mudah2an niat tulus kita dan rasa cinta kita terhadap dunia transportasi, bisa membuat kita duduk dan berjuang dr kursi DPR RI,” tulisnya dalam unggahan sosial media, melansir Jawapos (4/09).

 

[Baca Juga: Istri Pamer Kemewahan, Berapa Gaji Esha Kasubag Kemensetneg?]

 

Atur Keuanganmu agar Terhindar dari Utang!

Itulah informasi mengenai gaji dan profil Rian Mahendra selaku eks Direktur Operasional PO Haryanto yang dipecat dari perusahaan keluarganya karena memiliki utang miliaran rupiah. 

Ini menjadi pelajaran bagi kita semua kalau perencanaan keuangan bisnis itu sangat penting.

Jadi, selain fokus mengembangkan perusahaan, kita juga harus memperbanyak literasi mengenai perencanaan keuangan untuk perusahaan.

Agar keuangan bisnismu lancar dan terkelola dengan baik, Anda sebagai pebisnis bisa diskusi secara langsung dengan Perencana Keuangan Finansialku yang akan membantu Anda merencanakan keuangan bisnis.

Hubungi Financial Planner Finansialku sekarang via WhatsApp di nomor 0851 5866 2940 sekarang, ya.

 

Semoga informasi mengenai gaji dan profil Rian Mahendra bisa menambah wawasan Anda dan menambah pengetahuan mengenai perencanaan keuangan untuk perusahaan agar tidak terlilit hutang ya.

Jika Anda sudah memiliki perusahaan, bagaimana caramu mengatur keuangan perusahaanmu? Share di kolom komentar ya!

 

Editor: Ratna Sri H.

Sumber Referensi:

  • Ignacio Geordi Oswaldo, 21 Maret 2023. Profil PO Kencana yang Jadi Tempat Kerja Baru Rian Mahendra. Detik.com – https://bit.ly/3LmwmBR
  • Ignacio Geordi Oswaldo, 22 Maret 2023. Segini Gaji Rian Mahendra di PO Kencana, Berkali-kali Lipat dari PO Haryanto. Detik.com – https://bit.ly/3HmAEb6
  • Redaksi. 24 Juni 2023. Rian Mahendra Bikin PO Sendiri, Begini Respons Haji Haryanto. Oto.detik.com – https://bit.ly/3QuatnI
  • Dzikrina Abdillah. 4 September 2023. Rian Mahendra, Anak Pemilik Bus PO Haryanto Bakal Nyaleg DPR RI, Ini Alasannya! Radarkudus.jawapos.com – https://bit.ly/498kLBl

 

Sumber Gambar:

  • https://bit.ly/3AXuYkf