Gojek umumkan keterlibatan dua perusahaan digital raksasa; Facebook dan PayPal, sebagai investor mereka untuk membangun ekonomi digital.

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Menyusul Google, Facebook dan Paypal Resmi Jadi Investor Gojek

Pada Rabu (06/05) Gojek mengumumkan Facebook dan PayPal resmi menjadi investor di dalam penggalangan dana perseroan putaran terkini.

Pendanaan seri F Gojek telah dimulai sejak 30 Oktober 2018. Saat putaran terakhir pendanaan tersebut mendapat kucuran dana US$ 1,2 miliar atau setara Rp 17 triliun pada 10 Maret 2020.

Bergabungnya Facebook dan PayPal sebagai investor Gojek, menyusul Google dan Tencent yang sudah lebih dulu menaruh investasi. Meski begitu, tak disebutkan berapa nilai investasi Paypal dan Facebook.

Untuk diketahui, Sobat Finansialku Gojek merupakan perusahaan Indonesia pertama yang menerima investasi dari Facebook

Kerjasama antar perusahaan ini selaras dengan keinginan Facebook memperlebar peluang bisnis dan menggenjot pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia dengan fokus pada layanan pembayaran dan keuangan.

Co-CEO Gojek, Andre Soelistyo mengatakan masuknya Facebook, PayPal, Google dan Tencent merupakan pengakuan di mana perusahaan teknologi paling inovatif di dunia melihat dampak positif Gojek terhadap Indonesia dan Asia Tenggara.

“Dengan bekerja sama, kami memiliki kesempatan untuk mencapai sesuatu yang betul-betul unik seiring dengan upaya kami mendukung lebih banyak digitalisasi di dunia usaha dan memastikan jutaan pelanggan mendapat manfaat dari ekonomi digital,” kata Andre dikutip dari cnbcindonesia, Rabu (03/06).

Gojek Dapat Kucuran Dana dari Facebook, Paypal hingga Google 01

[Baca Juga: Wow! Gojek Resmi Akuisisi Moka Aplikasi Kasir Online]

 

Menurutnya, pandemi Covid-19 dapat diartikan sebagai bentuk peringatan bahwa perekonomian menjadi lebih kuat dan tangguh harus didukung dengan infrastruktur digital yang mumpuni dan memberikan berbagai opsi untuk masyarakat dalam melakukan transaksi.

 

Saham Facebook dan Paypal di Bursa Nasdaq

Facebook Inc adalah situs jejaring sosial terbesar di dunia dengan 2,5 miliar pengguna aktif bulanan (MAU/monthly active users) pada akhir tahun 2019.

Sementara PayPal Inc. pengelola sistem pembayaran secara elektronik yang menggantikan transaksi konvensional berupa cek dan transfer uang.

Kedua saham perusahaan tersebut tercatat di Bursa Nasdaq.

Pada penutupan perdagangan Rabu pagi waktu Indonesia (03/066), data perdagangan mencatat saham Facebook berkode FB naik 0.35% di level US$ 232,72/saham atau Rp 3,4 juta/saham (asumsi kurs Rp 14.700/US$).

Melansir CNBC Indonesia kapitalisasi pasar perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama temannya ini mencapai US$ 663,7 miliar atau Rp 9.756 triliun dengan kenaikan harga saham secara year to date atau tahun berjalan mencapai 13,38%.

Adapun saham Paypal Holdings Inc dengan kode PYPL, juga melesat 1,92% di level US$ 157.49/saham atau Rp 2,3 juta/saham.

Kapitalisasi pasar PYPL mencapai US$ 184,9 miliar atau Rp 2.718 triliun, dengan penguatan saham year to date melesat 45,59%.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Entrepreneur & Freelance

Mockup ebook entrepreneur dan freelancer

Download Ebook Sekarang

 

Integrasi Pembayaran Paypal dan Gojek

Terkait investasi yang dilakukan PayPal, antara Gojek dan PayPal menyepakati bahwa layanan pembayaran PayPal akan diintegrasikan ke Gojek.

Kedua perusahaan tersebut berkolaborasi demi membuka akses bagi para pengguna GoPay ke jaringan PayPal yang terdiri dari 25 juta merchant di seluruh dunia.

Sementara itu, Head of Corporate Development and Ventures for APAC PayPal, Farhad Maleki mengatakan, Asia Tenggara sedang berada di titik yang sangat krusial dalam proses adopsi digital.

“Kami sangat bersemangat dalam memasuki sebuah hubungan strategis dengan Gojek untuk memperluas akses dan memberikan pengalaman baru bagi para pengguna kami di pasar yang sangat dinamis ini dan di seluruh dunia,” katanya mengutip dari Kontan.

Seiring dengan perjalanannya Gojek berkomitmen untuk membantu usaha mikro, kecil, menengah hingga bisnis berskala besar yang ingin memperkuat infrastruktur pembayaran digital mereka. Sebagian besar dari pencapaian ini adalah kontribusi dari GoFood.

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang artikel diatas? Kamu bisa berbagi komentar lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya.

 

Sumber Referensi:

  • Rinaldi Mohammad Azka. 03 Juni 2020. Google dan Tencent Tambahkan Investasi ke Gojek Bisnis.com – https://bit.ly/3czKS5I
  • Achmad Dwi Afriyadi. 03 Juni 2020. Di Tengah Corona, Gojek Diguyur Modal oleh Facebook hingga Google Detik.com – https://bit.ly/2Xy5ya9
  • Tahir Saleh. 03 Juni 2020. Facebook & Paypal Suntik Gojek, Berapa Kapitalisasi Pasarnya? Cnbc Indonesia – https://bit.ly/3gRrkx7
  • Pingit Aria. 03 Juni 2020. Facebook, PayPal, Google hingga Tencent Suntik Investasi ke Gojek Katadata.co.id – https://bit.ly/3eQ6xrI

 

Sumber Gambar:

  • Investor – https://bit.ly/3gJ2Ea5