Stadia hasil garapan Google telah menghebohkan dunia dan industri game sejak digelarnya Game Developers Conference pada bulan Maret lalu.

Nah seperti apakah layanan yang disuguhkan oleh Google Stadia ini? dan apa keuntungannya bagi Anda pecinta game?

Simak ulasannya berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Masalah yang Sering Dialami Pecinta Games

Industri game dalam kurun waktu terakhir memang semakin mengalami peningkatan. Terlebih lagi, semakin banyak perusahaan yang mulai fokus dalam pengembangan berbagai jenis game.

Tidak hanya memunculkan sebuah permainan yang seru saja, kali ini developer atau perusahaan pembuat game juga tampaknya fokus dalam meningkatkan kenyamanan setiap penggunanya.

Gamers, Jangan Sampai Salah! Inilah Tips Memilih Ponsel Gaming 02 Ponsel Gaming 2 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Rekomendasi Games Offline Android yang Seru dan Paling Menarik]

 

Bagi usher sendiri, ini tentu merupakan hal yang menyenangkan.

Namun sampai saat ini, untuk memainkan sebuah game maka seorang usher atau gamers harus meng-install game tersebut terlebih dahulu, ataupun dengan menggunakan konsol.

Hal ini bukan tidak mungkin menjadi penghalang bagi seseorang untuk memainkan sebuah game.

Salah satu penyebabnya adalah harga konsol yang cukup fantastis. Misalnya saja adalah konsol game Xbox One X Console 1 tb yang di banderol dengan harga setidaknya Rp5.400.000.

Ada juga konsol game milik perusahaan Sony, yaitu PS4 Pro yang dijual dengan harga Rp7.500.000. Nah harga ini tentunya akan membuat sebagian besar orang menjadi tidak dapat memilikinya.

Tidak hanya itu, untuk game yang biasa dimainkan dengan smartphone ataupun PC, maka penggunanya biasanya dituntut untuk menggunakan perangkat yang memiliki spesifikasi cukup tinggi.

Misalnya saja untuk game online PUBG yang saat ini sedang banyak diminati, Anda tidak mungkin memainkannya dengan smartphone yang memiliki spesifikasi rendah atau yang memiliki kapasitas RAM 2 GB kebawah.

Hal-hal tersebut mungkin bukan sebuah masalah bagi sebagian gamers, namun hal serupa bisa dianggap menjadi masalah tersendiri untuk seseorang yang ingin bermain game namun tidak memiliki biaya yang cukup.

 

Hadirnya Google Stadia, Cloud Gaming Masa Depan

Pada tanggal 19 Maret yang lalu, dalam gelaran Game Developers Conference di San Francisco, Amerika Serikat, perusahaan Google tampil dengan memperkenalkan sebuah layanan cloud gaming hasil garapannya, yang diberi nama Google Stadia.

Layanan yang satu ini jelas sangat banyak menarik perhatian publik, khususnya bagi mereka pecinta games. Kerennya lagi, layanan ini bahkan dianggap sebagai masa depannya gaming.

Hal ini tidak mustahil mengingat layanan yang ditawarkan oleh stadia ini cukup menarik dan hebat.

Sebab, jika selama ini untuk memainkan game Anda perlu menggunakan komputer, smartphone, ataupun sebuah konsol game, maka stadia sama sekali berbeda dengan ini semua atau dalam kata lain, tidak membutuhkan sebuah konsol khusus.

Selain tidak membutuhkan konsol khusus, stadia sendiri juga bukanlah sebuah konsol. Layanan ini merupakan layanan game streaming, yang cara kerjanya cukup mirip seperti halnya pada video streaming Netflix.

Google Stadia dijalankan di data center Google dengan menggunakan komputer yang bertenaga besar sehingga di yakini mampu menjalankan game dengan baik.

Karena itu, dengan Stadia Anda tidak perlu lagi repot mengenai spesifikasi dari perangkat Anda, karena program ini tidak dijalankan pada perangkat yang Anda gunakan.

Pencinta Games, Ini Dia Biaya Langganan Games di Google Stadia 02 - Finansialku

[Baca Juga: Nostalgia, 5 Games Online Pertama di Indonesia, Ada yang Masih Eksis Hingga Sekarang]

 

Pada komputer yang digunakan oleh google, tersemat GPU AMD yang kemampuan pemrosesan grafisnya mencapai 10,7 teraflops!!!

Kemampuan ini jauh lebih besar dari PS4 Pro ataupun Xbox One X yang saat ini dianggap sebagai konsol terkuat dengan masing-masingnya memiliki kemampuan pemrosesan sebesar 4,2 teraflops dan 6 teraflops.

Dilansir dari Kompas.com, komputer data center ini menjalankan sistem operasi Linux dengan processor costum x86 dengan kecepatan 2,7 GHz dengan fitur Hyperthreading dan AVX2.

Untuk memorinya, komputer tersebut memiliki kapasitas RAM 16 GB serta mampu mentransfer data hingga kecepatan 484 GB per detiknya, juga memiliki L2 + L3 cache sebesar 9,5 MB.

Nah.. layanan Stadia ini bisa Anda mainkan dengan perangkat apa saja, baik itu smartphone, laptop, dan bahkan di TV dengan syarat harus memiliki koneksi internet.

Lebih wow-nya lagi, google Stadia memungkinkan penggunanya untuk berpindah-pindah perangkat untuk bermain game, misalnya Anda sedang bermain di  smartphone, maka jika ingin, Anda bisa langsung berganti ke layar TV dengan game yang sama!

Kecepatan internet yang digunakan oleh seorang gamers akan mempengaruhi resolusi nge-game di Stadia.

Pencinta Games, Ini Dia Biaya Langganan Games di Google Stadia 03 - Finansialku

[Baca Juga: Garena Free Fire: Game Gratis No. 1 di Google Play Store!]

 

Dalam hal ini, Stadia sendiri telah membaginya dalam tiga jenis kecepatan dan resolusi.

Untuk mendapat hasil gambar 720p di 60 fps, internet Anda setidaknya berada pada kecepatan rata-rata 10 Mbps.

Jika kecepatan internet sudah mencapai 20 Mbps, Anda sudah bisa menikmati game di 1080p 60 fps, sedangkan untuk resolusi maksimalnya adalah 4K 60 fps namun membutuhkan kecepatan 35 Mbps.

Selain resolusi yang lebih baik, pada kecepatan 20 Mbps dan 4K Mbps Anda juga dapat menikmati fitur audio 5.1 Surround Sound. Hal ini akan menjadikan keseruan bermain game Anda lebih epik lagi.

Jika soal kenyamanan saat bermain, Stadia juga rupanya sudah menyediakan controller sendiri yang bisa dihubungkan dengan layanan stadia melalui WiFi.

Meskipun controller ini tampak sama dengan alat yang biasanya, namun yang satu ini memiliki kelebihan sendiri, yaitu dapat langsung terhubung dengan pusat data stadia, sehingga dapat dipakai langsung.

Dengan controller ini, Anda juga dapat memperoleh panduan untuk menyelesaikan game dengan menggunakan layanan Google Assistant.

Lalu games apa saja yang akan disuguhkan oleh google Stadia?

Hingga saat ini, google mengumumkan bahwa setidaknya akan ada 31 game dari 21 publisher yang bisa didapat saat Stadia pertama diluncurkan.

Diantaranya akan ada publisher besar seperti Warner Bros dengan game Mortal Kombat 11, dan publisher SNK dengan game Samurai Shodown.

Tidak ketinggalan juga, Sega dengan membawa game Football Manager. Dan juga games menarik dari Ubisoft, Bandai Namco, Square Enix dan perusahaan game lainnya

 

Lalu Berapa Biaya yang Harus Dikeluarkan untuk Dapat Menikmati Layanan Google Stadia?

Meskipun layanan yang ditawarkan oleh google sangat menarik dan revolusioner, namun nyatanya biaya yang dibutuhkan untuk berlangganan tidaklah terlalu mahal, dan bahkan dapat dianggap cukup murah.

Bahkan layanan garapan google ini dianggap akan mampu menyaingi eksistensi perusahaan Microsoft dan Sony, yang selama ini jelas mendominasi industri game.

Pasalnya, untuk berlangganan selama sebulan, pengguna cukup merogoh sebesar US$9,99 atau setara dengan Rp141 ribu.

Selain itu, google juga menawarkan paket Founder’s Edition seharga US$130 (setara dengan Rp1,8 juta) berupa starter kit hardware sekaligus biaya berlangganan selama 3 bulan.

Starter kit yang baru saja disebutkan adalah sebuah Chromecast Ultra dan juga sebuah controller khusus Stadia yang berwarna biru.

Dan jika Anda ingin membeli controller saja, Anda bisa mendapatnya dengan harga US$69 (setara dengan Rp975ribu) per unit.

Nah kabar gembiranya ialah, paket ini sudah dapat dipesan.

Untuk itu, bagi Anda yang ingin mendapatkan layanan game dari google ini, ada baiknya jika Anda mempersiapkan dananya mulai dari sekarang.

Jika belum dapat membayarnya secara langsung, ada baiknya jika Anda mulai menabung. Terlebih jika Anda adalah seorang pelajar dan belum memiliki penghasilan sendiri.

Anda bisa merencanakan keuangan Anda dengan bantuan Aplikasi Finansialku. Aplikasi ini dapat dengan mudah Anda download melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store.

Selain itu, Anda juga bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini secara GRATIS, agar tujuan keuangan Anda bisa tercapai sesuai rencana.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Itulah informasi seputar Google Stadia, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda ya! Salam Gamers!!

 

Sumber Referensi:

  • Anggoro Suryo Jati. 07 Juni 2019. Ini Daftar Game yang Bakal Ada di Google Stadia. Detik.com – https://bit.ly/2XBRiOu
  • Bill Clinten. 25 Maret 2019. Apa Itu Google Stadia, Layanan “Streaming” Game yang Tak Butuh Konsol?. Kompas.com – https://bit.ly/2NnuduZ
  • Roy Frenedya. 07 Juni 2019. Rilis November, Ini Biaya Berlangganan Game di Google Stadia. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/2FGLcSt

 

Sumber Gambar:

  • Google Stadia 1 – http://bit.ly/2KUKkxS
  • Google Stadia 2 – http://bit.ly/2KYnbe9
  • Google Stadia 3 – http://bit.ly/2JbcAu6